Kecantikan

Pilih Mana: Emas Putih atau Kuning?

Perhiasaan merupakan sebuah investasi dan pelengkap penampilan yang memberikan kesan mewah bagi siapa pun yang menggunakannya. Terlepas dengan adanya kehadiran perhiasan dari platinum dan palladium, namun tetap saja emas menjadi perhiasan yang paling popular untuk dipilih. Seperti yang diketahui, saat ini tidak hanya emas kuning ada pula emas putih yang memiliki pamor tidak kalah popular dengan emas kuning. Namun, dari keduanya bagus mana emas putih atau kuning?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat emas putih dan kuning
– Kelebihan & kekurangan emas putih dan kuning

Emas Putih

Emas putih sebenarnya terbuat dari emas kuning yang telah dicampur dengan logam putih, seperti nikel atau palladium. Biasanya, agar perhiasan emas putih terlihat semakin putih dan berkilau, emas putih tersebut akan dilapisi dengan rhodium. Baca juga Pilih Mana: Gelang Rantai atau Gelang Bangle?

Kelebihan Emas Putih

1. Kuat dan kokoh
Emas putih terbuat dari campuran logam yang lebih kuat dibandingkan campuran emas murni, sehingga emas putih tergolong lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan emas kuning. Selain itu, meskipun lebih kuat emas putih tetaplah lebih ringan dan mudah dibentuk.

2. Terlihat lebih modern
Jika emas putih dipadukan dengan berlian, maka berlian tersebut akan terlihat lebih bersinar. Sedangkan berlian yang dipadukan dengan emas kuning malah akan membuat berlian terlihat kekuning-kuningan. Itu sebabnya, emas putih menjadi pilihan orang yang menginginkan perhiasan dengan tampilan modern.

Kekurangan Emas Putih

1. Perawatan ekstra
Karena dilapisi dengan rhodium yang membuat emas putih tampak lebih bersinar, sehingga membuat para pengguna perhiasan emas putih untuk berhati-hati dalam menggunakannya. Jika emas putih tergores dan memudar maka disarankan untuk melapisi rhodium kembali agar penampilan emas putih kembali berkilau. Sehingga emas putih dapat dikategorikan sebagai perhiasan yang membutuhkan perawatan ekstra.

2. Tidak cocok untuk yang memiliki kulit sensitif
Bagi yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya tidak memilih emas putih karena umumnya emas putih mengandung campuran nikel yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Namun, jika memang masih ingin memilih emas putih, sebaiknya tanyakan pada penjual, apa saja kandungan yang ada pada emas putih yang Anda pilih.

Emas Kuning

Secara umum emas kuning terdiri dari dua bentuk yakni emas perhiasan dan emas batangan. Kedua bentuk emas kuning sangat sering dijadikan istrumen untuk berinvestasi, terutama investasi jangka panjang.

Kelebihan Emas Kuning

1. Harga tergolong lebih murah
Dikutip dari Viva.co.id, banyak yang berpendapat ini menjadi salah satu kelebihan dari emas kuning. Selain harga lebih murah ketika emas kuning dijual kembali harga dari emas kuning terlihat lebih stabil. Sementara emas putih dijual dengan harga mahal dan harganya akan jatuh saat dijual kembali.

2. Biaya perawatan relatif murah
Setiap perhiasan memang membutuhkan perawatan, namun pada emas kuning biaya perawatan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan perawatan yang harus dilakukan oleh pemilik emas putih. Emas kuning hanya membutuhkan pemolesan berkala untuk mempertahankan kilau warnanya.

Kekurangan Emas Kuning

1. Hanya cocok pada warna kulit tertentu
Emas kuning akan lebih terlihat bagus saat dipakai oleh orang yang memiliki kulit hangat, seperti warna kulit sawo matang. Akan tetapi akan terlihat pucat dan pudar saat digunakan oleh orang yang memiliki warna kulit cerah (atau juga pucat).

2. Perlu kehati-hatian saat memakainya
Sebagai emas perhiasan, emas kuning lebih mudah tergores karena wujudnya yang lunak sehingga butuh kehati-hatian saat memakainya.

Pilih Mana: Emas Putih atau Kuning?

Emas PutihEmas Kuning
Harga– Tergolong lebih mahal– Cenderung lebih murah
Perawatan– Perlu dilapisi ulang– Tidak membutuhkan pelapisan ulang
Kesan– Terlihat elegan dan modern– Terkesan lebih klasik
Kekuatan– Lebih keras– Agak lunak
Biaya perawatan– Cenderung lebih mahal– Relatif lebih murah

Kesimpulan

Jika dilihat dari tampilannya, kesan yang dihadirkan emas putih memang tampak lebih menggoda. Namun jika Anda membeli perhiasan yang diniatkan untuk berinvestasi maka pilihlah emas kuning. Hal ini karena pada umumnya emas putih jarang untuk diperjual belikan dan saat dijual harga dari emas putih cenderung lebih jatuh. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Emas Putih vs Kuning

VS

Leave a Reply