Kesehatan

Pilih Mana: Enervon C atau Vitalong C?

Melihat cuaca yang sangat tidak stabil akhir-akhir ini akan membuat tubuh mudah terserang penyakit. Agar menghindari hal itu kita dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Vitamin yang paling sering dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh adalan vitamin C. jangan beranggapan bahwa vitamin C hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh saja tapi vitamin C juga berfungsi untuk memelihara kesehatan kulit dan perawatan rambut. Baca Juga: 10 Merk Vitamin C Terbaik 2022

Beberapa vitamin C yang sering dikonsumsi adalah Enervon C dan Vitalong C melihat dari merk vitamin ini telah mengambarkan bahwa vitamin ini mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Vitamin C yang dikonsumsi pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, oleh karena itu sebelum mengonsumsi vitamin ini ada baiknya jika melihat kelebihan dan kekurangan dari kedua vitamin ini!

Vitamin Enervon C

Vitamin ini merupakan suplemen yang befungsi untuk membantu daya tahan tubuh, tidak hanya kandungan vitamin C saja tapi suplemen ini mengandung vitamin B kompleks juga. Selain menjaga daya tahan tubuh Enervon C biasanya digunakan juga untuk membantu mengatasi kekurangan vitamin dan mempercepat pemulihan.Meskipun dijual dengan cara bebas, hendaknya konsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi suplemen ini, khususnya jika mempunyai kondisi kesehatan khusus.

Kelebihan Vitamin Enervon C

1.   Memiliki beberapa varian

Kelebihan utama dari Enervon C ini adalah tersedianya berbagai varian dari vitamin ini, seperti Enervon C multivitamin, Enervon C multivitamin effervescent, Enervon C plus yang dikhususkan untuk anak-anak dan enervon active. Tentunya dengan berbagai varian ini dapat memudahkan dalam memilih vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh.

2.   Dapat mengobati kekurangan vitamin

Seperti yang diketahui bahwa Enervon C ini tidak hanya mengandung vitamin C saja tetapi juga mengandung vitamin B kompleks, sehingga untuk yang mengalami gejala kekurangan vitamin B dapat mengkonsumsi vitamin ini.

3.   Tersedia dalam bentuk sirup

Kelebihan lainnya adalah vitamin ini tersedia dalam bentuk sirup, vitamin yang berbentuk sirup ini memang dikhusukan untuk anak-anak. Sehingga memudahkan orang tua dalam memberikan vitamin ini kepada anak-anak dikarenakan berbentuk sirup dan manis.

4.   Aman diminum sehari-hari

Beberapa vitamin c ada yang tidak dianjurkan untuk diminum setiap hari tetapi Enervon C ini aman jika diminum tiap hari dikarenakan mengandung vitamin c dan b komplek yang mudah larut di dalam air.

Vitamin C yang larut di dalam air tidak akan menimbulkan tumpukan vitamin di dalam tubuh dikarenakan zat-zat ini akan keluar melalui urin, sehingga akan aman jika diminum setiap hari.

5.   Memiliki kandungan antioksidan

Kandungan vitamin C di dalam Enervon C ini juga memiliki andil sebagai antioksidan yang merupakan kandungan penting untuk menjaga sel tubuh rusak akibat dari radikal bebas. Selain itu vitamin c di dalam Enervon C ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah penuaan dini, mengangkal virus dan bakteri serta risiko penyakit jantung.

Kelemahan Vitamin Enervon C

1.   Menyebabkan alergi

Untuk konsumsi jangka panjang dari Enervon C ini akan menimbulkan reaksi alergi jika diminum oleh orang yang memiliki alergi terhadap kandungan yang ada di dalam vitamin ini.

2.   Mengandung pemanis buatan

Jika menderita penyakit fenilketonuri dianjurkan tidak meminum vitamin ini dikarenakan Enervon C mengandung pemanis buatan aspartame yang tidak baik unutuk penderita fenilketonuri.

3.   Tidak dianjurkan untuk ibu hamil

Lihat juga:  Pilih mana: Menstrual Cup vs Pembalut?

Untuk ibu yang sedang hamil, program hamil atau sedang menyusui tidak dianjurkan meminum Enervon C dikarenakan akan berpotensi mengalami cacat pada saraf tulang belakang jika terpapar asam folat. Asam folat  ini merupakan salah satu jenis vitamin B yang terdapat pada enervon-c

Vitamin Vitalong C

Vitalong C ialah obat yang berisi asam karbonat yang dapat membantumu memenuhi keperluan vitamin C harian. Produk ini adalah tipe obat bebas yang artinya dapat anda beli tanpa resep dokter.Selain untuk menjaga daya tahan tubuh tetapi Vitalong C juga dapat mengatasi permasalahan defisiensi vitamin C. defisiensi vitamin ini merupakan kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan vitamin sehingga sel-sel tubuh akan mudah mengalami kerusakan dan mengakibatkan gangguan kesehatan.

Produk dari Vitalong C ini mengandung asam karbonat sebesar 500 mg.

Kelebihan Vitamin Vitalong C

1.   Pembelian tanpa resep dokter

Untuk pembelian Vitalong C ini dapat dibeli di apotek atau toko obat lainnya tanpa memerlukan resep dari dokter dikarenakan vitamin ini digolongkan sebagai obat bebas.

2.   Tidak memiliki efek samping

Vitalong C ini tidak memiliki efek samping yang serius jika digunakan secara benar dan tepat. Tetapi jika meminum obat ini dari dosisi yang dianjurkan akan tetap mengalami efek samping seperti sakit perut dan diare.

3.   Memiliki banyak manfaat

Selain untuk mambantu kekebalan daya tubuh Vitalong C juga dapat meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh ketika sedang flu, mencegah pembekuan darah dan meningkatkan penyerapan zat besi.

4.   Harga yang terjangkau

Selain mempermudah dalam pembelian vitamin. Vitalong C juga memiliki harga yang sangat terjangkau untuk harga vitamin C itu sendiri.

Kekurangan Vitamin Vitalong C

1.   Hanya ada kandungan vitamin C

Untuk Vitalong C ini sendiri hanya mengandung Vitamin C saja tanpa adanya kandungan vitamin tambahan seperti vitamin B kompleks.

2.   Tidak tersedia untuk anak-anak

Produk Vitalong C belum mengeluarkan varian yang bisa dikonsumsi untuk anak-anak, sehingga yang dapat mengonsumsi hanyalah orang dewasa.

3.   Tidak dianjurkan untuk ibu menyusui

Untuk produk ini termasuk vitamin kategori C untuk keamanan ibu hamil, dilakukan uji coba kepada janin hewan tetapi tidak menimbulkan efek samping. Akan tetapi belum ada studi yang langsung melakukan uji coba kepada ibu hamil.

Untuk ibu yang menyusui sangat tidak dianjurkan mengonsumsi vitamin ini dikarenakan vitamin C dapat terserap pada ASI.

Pilih Mana: Enervon C atau Vitalong C?

Keterangan Vitamin Enervon CVitamin Vitalong C
Kelebihan - Memiliki beberapa varian - Dapat mengobati kekurangan vitamin - Tersedia dalam bentuk sirup - Aman diminum sehari-hari - Memiliki kandungan antioksidan- Pembelian tanpa resep dokter - Tidak memiliki efek samping - Memiliki banyak manfaat - Harga yang terjangkau
Kekurangan - Menyebabkan alergi - Mengandung pemanis buatan - Tidak dianjurkan untuk ibu hamil- Hanya ada kandungan vitamin C - Tidak tersedia untuk anak-anak - Tidak dianjurkan untuk ibu menyusui
Beli disiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Di antara kedua produk ini sangat terlihat kelebihan dan kekurangannya masing-masing, oleh karena itu gunakan dan konsumsilah vitamin C yang cocok untuk tubuhmu ya. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Enervon C vs Vitalong C

VS