HomeMakanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: Enfagrow atau Friso?

Kebutuhan nutrisi terbaik untuk bayi tentunya berasal dari Air Susu Ibu (ASI). Namun sekarang sudah banyak susu formula yang bersifat sebagai pendamping ASI yang memiliki beragam kandungan baik dan beragam manfaat untuk si kecil, seperti Enfagrow dan Friso.

Enfagrow dan Friso memiliki banyak varian yang bisa disesuaikan dengan umur dan kebutuhan si kecil. Kamu bisa mendapatkan kedua susu ini di toko bayi, supermarket, mall dan toko online juga sekarang sudah banyak yang menjualnya.

Detail lebih dalam mengenai Enfagrow dan Friso akan dibahas melalui artikel ini sehingga bisa kamu bisa jadikan referensi dalam memilih susu formula yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Stay tune!

Enfagrow

Enfagrow adalah susu formula yang dapat menjadi susu untuk dikonsumsi si buah hati, karena banyak varian susu Enfagrow yang memiliki fungsi yang baik untuk melengkapi gizi pada anak. Susu Enfagrow ini adalah susu bubuk karbohidrat yang kemudian menjadi kesuksesan besar pertama dari perusahaan Mead Johnson Nutrition.

Mead Johnson didirikan di Jersey City, New Jersey, oleh Edward Mead Johnson, Sr. Perusahaan ini dibangun di atas dasar nutrisi yang berbasiskan ilmu pengetahuan. Perusahaan ini merupakan salah satu dari perusahaan pertama di Amerika Serikat yang menitikberatkan penelitian ilmiah pada nutrisi untuk bayi dan anak.

Susu Enfagrow ini diperkaya dengan banyaknya kandungan nutrisi yang baik yang dapat membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih baik, dan menjadikan anak menjadi lebih cerdas. Untuk harga memang susu ini dipasarkan atau dijual dengan harga yang cukup tinggi. Baca juga Pilih Mana: Enfagrow atau Bebelac? 

Kelebihan Enfagrow

  • Meningkatkan kecerdasan otak anak
    Susu formula Enfagrow ini banyak mengandung nutrisi yang cukup baik untuk mngembangkan otak anak, sehingga anak dapat menjadi lebih cerdas. Hal ini sudah dijelaskan pada susu ini terdapat kandungan omega 3 (ALA) dan Omega 6 (LA) tertinggi mendukung perkembangan otak saat masa pertumbuhan anak.
  • Membantu kesehatan pencernaan anak
    Susu formula Enfagrow dipercaya dapat menjaga kesehatan pada pencernaan anak, karena adanya kandungan sumber serat pangan GOS (Galakto Oligosakarida) secara bersamaan untuk memberi nutrisi pada pencernaan anak sehingga lebih sehat.
  • Bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak
    Susu formula Enfagrow ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada anak, sehingga anak menjadi lebih aktif bermain tanpa khawatir akan mudah jatuh sakit.

Kekurangan Enfagrow

  • Harga yang lumayan mahal
    Susu Enfagrow dijual dengan harga yang cukup tinggi, namun ini sesuai dengan kandungan yang bermanfaat bagi anak. Faktor ini menjadi pertimbangan orang tua untuk membeli susu formula ini.
  • Sulit ditemukan
    Susu Enfagrow memang banyak yang menjualnya, tetapi pada dasarnya susu merek satu ini cukup sulit untuk didapatkan di toko-toko kecil. Kamu bisa mendapatkan susu ini di supermarket atau toko perlengkapan anak.
  • Belum banyak yang mengenal susu ini
    Dan yang terakhir adalah masih belum banyak yang mengenai susu Enfagrow ini. Hal ini tentu menjadi persoalan tersendiri karena orang tentunya akan membeli susu yang sudah terkenal dan banyak diiklankan di tv.

Varian Enfagrow

Enfamil A+1
Susu Enfamil A+1 adalah susu dari Enfagrow yang dikhususkan untuk usia anak 0-6 bulan, memiliki kandungan yang cukup untuk anak. Varian untuk anak usia 0-6 bulan juga ada Enfamil A+ Gentle Care dimana susu ini khusus untuk anak yang mengalami gangguan pada pencernaan.

Enfagrow A+ Gentle Care
Enfagrow A+ Gentle Care adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun dengan teknologi PHP (Partially Hydrolyzed Protein) yang diproduksi di Belanda sehingga memiliki protein halus yang mudah dicerna untuk perut si kecil yang peka.

Enfamil A+2
Susu Enfamil A+2 ini adalah susu Enfagrow yang dikhususkan untuk usia anak 6-12 bulan saja. Susu ini juga diperkaya banyak nutrisi untuk anak tumbuh lebih sehat.

Enfagrow A+3 New Extra Advanced Formula
Enfagrow A+3 New Extra Advanced Formula adalah susu dari Enfagrow yang dikhususkan untuk usia 1-3 tahun. Tersedia dalam rasa vanilla, honey dan original, susu ini terdapat kandungan yang cukup baik untuk tumbuh kembang anak.

Enfagrow A+4 Extra Advanced Formula
Enfagrow A+4 Extra Advanced Formula adalah susu dari Enfagrow yang dikhususkan untuk usia anak 3-12 tahun. Tersedia dalam rasa vanilla dan juga rasa honey, susu ini banyak mengandung nutrisi yang baik untuk melengkapi kebutuhan gizi pada tubuh anak.

Varian Enfagrow Harga per September 2019
Enfamil A+1 Rp 154.000,- *400 gram
Enfagrow A+ Gentle Care Rp 164.000,- *400 gram
Enfamil A+2 Rp 134.000,- *400 gram
Enfagrow A+3 New Extra Advanced Formula Rp 333.200,- *900 gram
Enfagrow A+4 Extra Advanced Formula Rp 260.000,- *800 gram

Friso

Friso merupakan susu premium dari FrieslandCampina yang dipercaya di lebih dari 25 negara untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan si kecil dan membantu mempertahankan daya tahan tubuh untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan si kecil, saat ini hadir di Indonesia.

Selama lebih dari 130 tahun, FrieslandCampina menciptakan susu berkualitas untuk keluarga, termasuk si kecil, dari peternakan di negara Belanda, Belgia dan Jerman. FrieslandCampina mempunyai lebih dari 15.300 peternak sapi yang sudah bekerja sama dari generasi ke generasi dalam menjalani kesuksesan sampai hari ini.

Kelebihan Friso

  • Diperkaya nutrisi lengkap dan seimbang
    Diperkaya dengan ALA, LA, Nukleotida, Prebiotik, Vit A, Vit C, Vit E, Zink, Zat Besi, Kalsium serta Selenium, susu Friso Gold bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil supaya tubuhnya kuat dari dalam. Dengan begitu, ia dapat lebih banyak bereksplorasi untuk mendapatkan pengalaman bersama ibu.
  • Dilengkapi protection lid
    Friso dilengkapi dengan Protection Lid, yakni kemasan dengan segel yang rapat, tempat sendok higienis, dan alat takar yang akurat. Dengan begitu, ibu akan lebih gampang dalam menyajikan Friso dengan segala nutrisi alaminya untuk dukung si kecil bereksplorasi dan belajar lewat pengalaman.
  • Diproduksi dengan konsep grass to glass
    Friso diproduksi memakai konsep grass to glass, yakni dengan memperhatikan setiap tahap pengolahannya, bahkan sampai rumput pakan sapi di peternakan sekalipun. Perihal ini dilakukan dengan tujuan supaya susu yang dihasilkan terjaga kualitasnya, sehingga kebaikan alaminya dapat dirasakan oleh si kecil.

Kekurangan Friso

  • Tidak lancarnya pencernaan
    Kekurangan pertama yang dimiliki Friso adalah tidak lancarnya pencernaan. Karena seperti yang kita tahu bahwa tidak semua kandungan dari Friso akan cocok dengan semua bayi.
  • Resiko alergi
    Kekurangan selanjutnya yaitu resiko alergi. Efek samping ini terjadi jika si kecil tidak cocok dengan kandungan yang ada di dalam Friso sama seperti kekurangan yang pertama tadi. Alergi yang terjadi seperti muntah-muntah, demam, diare dan sebagainya.
  • Resiko obesitas
    Kekurangan yang terakhir adalah resiko obesitas. Hal ini akan terjadi apabila bunda terlalu banyak memberikan susu formula Friso kepada si kecil. Untuk itu beri si kecil susu formula sesuai dengan takaran yang sudah dianjurkan.

Varian Friso

Frisolac Gold 1
Frisolac Gold 1 dikhususkan untuk bayi usia 0-6 yang memiliki kombinasi unik Prebiotik GOS, FOS dalam rasio 9/1 dan Probiotik Bifidobacterium dan Lactobacillus Casei yang bisa menstimulasi sistem imun dan melindungi akan dari bakteri-bakteri jahat dari dalam.

Frisolac Gold 2
Frisolac Gold 2 merupakan susu formula untuk bayi berusia 6-12 bulan yang bisa dikonsumsi oleh si kecil dengan saran dokter. Dalam sekaleng susu Frisolac Gold 2 terdapat kandungan nutrisi Prebiotik dan Probiotik yang penting buat melindungi kesehatan saluran pencernaan bayi.

Friso Gold 3
Friso Gold 3 untuk anak berumur 1-3 tahun yang kini hadir dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi tidak berubah saat proses pemanasan, sehingga gampang dicerna oleh tubuh si kecil.

Friso Gold 4
Diperuntukkan untuk anak usia 3-12 tahun yang semakin aktif mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya, Friso Gold 4 kini hadir dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi tidak berubah saat proses pemanasan, sehingga gampang dicerna oleh tubuh si kecil.

Varian FrisoHarga per September 2019
Frisolac Gold 1 Rp 137.500,- *400 gram
Frisolac Gold 2 Rp 136.600,- *400 gram
Friso Gold 3 Rp 244.000,- *400 gram
Friso Gold 4 Rp 94.000,- *400 gram

Hal yang harus diperhatikan saat akan memberikan susu formula pada bayi

  1. Frekuensi pemberian susu formula
    Setiap susu formula mempunyai aturan dan saran penyajian masing-masing yang perlu Kamu perhatikan. Umumnya bayi baru lahir akan membutuhkan 60-90 ml setiap kali menyusui dan perlu menyusu tiap 3-4 jam sekali.
  2. Perhatikan kebersihan botol bayi
    Selain memilih susu formula yang tepat, Kamu juga perlu memperhatikan kebersihan botol bayi. Senantiasa bersihkan dengan cara yang benar atau disteril supaya bayi tidak terkontaminasi zat berbahaya.
  3. Gunakan botol dan dot khusus bayi
    Hindari memilih botol susu bayi sembarangan. Pilih yang benar-benar dipakai khusus untuk bayi dan berlabel BPA-free yang aman untuk bayi. Jangan lupa pilih dot sesuai umur dan perkembangan gigi bayi.
  4. Simpan susu dengan baik
    Susu formula mempunyai tanggal kadaluarsa. Senantiasa perhatikan tanggal basi serta anjuran cara penyimpanan susu yang baik supaya susu tidak gampang rusak dan tidak membahayakan bayi.

Pilih Mana: Enfagrow atau Friso?

Enfagrow Friso
Kelebihan- Meningkatkan kecerdasan otak anak - Membantu kesehatan pencernaan anak - Bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak - Diperkaya nutrisi lengkap dan seimbang - Dilengkapi protection lid - Diproduksi dengan konsep grass to glass
Kekurangan - Harga yang lumayan mahal - Sulit ditemukan - Belum banyak yang mengenal susu ini - Tidak lancarnya pencernaan - Resiko alergi - Resiko obesitas

Kesimpulan

Enfagrow dan Friso merupakan susu formula yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Berbagai kandungan didalamnya menjadikan si kecil lebih sehat dan cerdas, Varian yang dihadirkan dari kedua susu ini juga cukup banyak sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan si kecil. Tentukan susu formula andalan si kecil sesuai dengan selera ya moms. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Enfagrow vs Friso

VS

Leave a Reply