Finance

Pilih Mana: EOS atau Ripple?

Cryptocurrency (mata uang crypto) adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dirancang sebagai alat tukar. Cryptocurrency menggunakan sistem kriptografi untuk mengamankan dan memverifikasi setiap transaksi, serta untuk mengontrol pembuatan unit-unit (token) baru dari suatu cryptocurrency tertentu.

Banyak jenis cryptocurrency yang dapat kamu temukan, pada artikel kali ini akan merekomendasikan kamu cryptocurrency atau mata uang digital yaitu EOS dan Ripple. Penasaran mengenai penjelasan mata uang digital ini? Apakah kamu ingin mencobanya? Artikel ini cocok sekali untuk kamu.

EOS

Mata uang kripto EOS diciptakan oleh Block.one, 1 Juni 2018 perusahaan yang fokus melakukan penelitian pada cryptocurrency dan bagaimana dampaknya pada dunia. Adapun tim Block.one diantaranya yaitu Dan Larimer, Brandon Blumer, dan Brock Pierce. Larimer merupakan ‘otak’ di balik terciptanya mata uang digital EOS, Steemit, dan Bitshares, yang ketiganya masuk ke dalam peringkat 50 besar kapitalisasi pasar cryptocurrency.

EOS merupakan sebuah sistem atau platform terdesentralisasi berbasis blockchain yang didesain khusus untuk memungkinkan penskalaan secara vertikal dan horizontal. Sederhananya, platform ini didesain untuk memudahkan kebutuhan aplikasi komersial, baik itu berbasis web maupun mobile.EOS akan sangat mempermudah para pelaku bisnis untuk lebih fokus pada pengembangan bisnis, dan tidak hanya fokus pada sistem pembayaran saja.

Antara lain seperti penyediaan account, signature (perizinan), autentikasi, database, penjadwalan, dan penanganan komunikasi antara aplikasi yang terhubung di jaringan internet. Dengan berbagai fasilitas tersebut, Misalnya, bagi perusahaan besar yang melakukan e-commerce, mengelola layanan global, ataupun jejaring sosial.

Tidak hanya itu, EOS juga mempunyai skema fleksibel yang memungkinkan penskalaan dalam jumlah besar dan tidak terbatas, sehingga mampu memproses jutaan transaksi setiap detiknya. Tidak hanya cepat, biaya transaksi pada EOS ini juga dapat ditekan hingga ke angka mikro alias hampir tanpa biaya. Baca juga Pilih Mana: Zcoin atau Bitcoin?

Keunggulan Transaksi EOS

  • Keamanan Terbaik. Dengan enam otoritas regulasi dan akun yang terpisah, uang kalian selalu terlindungi setiap saat.
  • Tidak Ada Biaya Tersembunyi. Tidak ada biaya komisi dan biaya bank untuk transaksi perdagangan.
  • Batasi Resiko Kamu. Kamu dapat menetapkan tingkat laba dan rugi dengan menggunakan fitur stop loss atau batas laba saat melakukan kegiatan perdagangan. Tentukan jumlah maksimal yang siap dipertaruhkan untuk melakukan spekulasi harga, atau tetapkan harga di mana kalian ingin mengambil laba.

Kelebihan EOS

  • Proses Transaksi yang Cepat
    EOS memiliki fitur kapasitas transaksi ratusan kali lebih besar. Data dari EOS block explorer saat ini menunjukkan EOS mampu memproses 3.000 transaksi per detik. Ini adalah keunggulan utama yang ditawarkan EOS.
  • Bisa Untuk Investasi
    EOS selain untuk alat pemBayaran EOS juga dapat menjadi sebagai investasi yang bisa diandalkan. Karena EOS menawarkan keamanan dalam investasi yang bisa kamu lakukan.
  • Menghindari Pemalsuan Uang
    Salah satu masalah dari penggunaan duit kertas maupun kartu kredit adalah rawan pencurian dan pemalsuan. Secara teknis di dunia digital, ada istilah “double spend”, yang bermakna dengan menggunakan uang yang sama, seseorang melakukan transaksi untuk dua hal yang beda.Skema blockchain di mata uang kripto tidak memungkinkan hal ini terjadi, bisa dibilang aman.

Kekurangan EOS

  • Transaksi Tidak Dapat Dibatalkan
    Karena blockchain ini merupakan suatu mata uang kripto yang terdesentralisasi, semua transaksi akan terekam di buku besar digital di semua komputer yang memilikinya, sehingga transaksi tidak dapat dibatalkan. Berbeda dengan sistem tradisional pada bank yang memungkinkan pembatalan transaksi jika ada kesalahan.
  • Kurang Efisien
    Konfirmasi block data yang terjadi di jaringan blockchain membutuhkan kesepakatan dari pihak-pihak di jaringan blockchain tersebut, sehingga tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan adanya otoritas utama. Jika ada otoritas utama mungkin hanya membutuhkan hitungan detik, namun jaringan blockchain membutuhkan waktu 1 menit, 10 menit, atau bahkan sampai hitungan hari, tergantung kecepatan dan kapasitas jaringan tersebut.
  • Sulit Merubah Data
    Satu kelemahan lagi dari sistem blockchain adalah setelah data ditambahkan ke dalam blockchain, sangatlah sulit untuk merubahnya. Walaupun stabilitas adalah salah satu kelebihan dari blockchain, ini tidaklah selalu baik. 

Ripple

Ripple diciptakan oleh perusahaan Ripple Labs pada tahun 2012, dengan mengadopsi teknologi blockchain. Tujuan utama penciptaan Ripple adalah sebagai alat pembayaran global berbasis Internet Protocol, seperti HTTP dan TCP atau IP yang digunakan dalam pengaturan website dan data.

Lihat juga:  Pilih Mana: Obligasi atau Saham?

Ripple sebuah network yang dapat membuat pengiriman mata uang antara dua pihak dengan waktu yang sangat cepat. Token yang digunakan dalam network ripple ini yang disebut dengan XRP. Semua bisa ditukarkan ke dalam bentuk XRP, baik mata uang fiat (Rupiah, dolar, lainnya), emas, maupun miles pesawat terbang. Dan perlu Anda ketahui, ripple tidak menggunakan energi maupun proof of work.

Namun, Ripple didesain khusus untuk melakukan pengiriman dan penerimaan pembayaran Cross Chain Universal. Artinya, Ripple bisa bertindak sebagai exchanger terhadap mata uang Negara (Rupiah, Dollar, Poundsterling dan lain-lain), cryptocurrencies (BTC, ETH, LTC dan lain-lain), hingga komoditas (Emas dan Perak). Singkatnya, Ripple menjadi solusi mudah atas pertukaran mata uang satu dengan lainnya.

Keunggulan Transaksi Ripple

  • Pembayaran yang murah. Sebab Ripple merupakan mata uang kripto yang tidak bisa diatur nilainya oleh institusi manapun, pemerintah, bahkan penciptanya sendiri.
  • Lebih cepat melakukan pembayaran. Transaksi Ripple bersifat otomatis, delay yang terjadi hanya sebatas hitungan detik saja.
  • Keuangan yang terinterkoneksi. Protokol penukaran uang Cross Chain Universal memudahkan transaksi antar bisnis menjadi lebih mudah dan cepat.

Kelebihan Ripple

  • Keamanan yang Baik
    Penggunaan Ripple (XRP) sangat aman, karena memiliki perlindungan jaringan dari penyalahgunaan dengan sistem Shared Ledger dari akun ke akun. Jadi, hampir tidak mungkin penyerangan (hacking) terhadap Ripple ini berhasil, karena server Ledger (Buku Besar) catatan transaksi tidak hanya dimiliki satu komputer pada satu tempat saja, namun dimiliki semua pengguna Ripple di seluruh dunia.
  • Harga Masih Murah
    Ripple awalnya dirancang sebagai sistem pembayaran sehari-hari, jadi Ripple lebih hemat tenaga maka hal ini akan membuat nilai transaksi yang termasuk murah atau transaksinya lebih cepat dan murah.
  • Ripple Aman Akan Pemeriksaan
    Ripple telah dimulai sebagai sebuah organisasi resmi, sebagaimana fokus utamanya untuk digunakan oleh bank. Sehingga Ripple tidak menjadi subjek beberapa pemeriksaan regulasi seperti banyak cryptocurrency lainnya.

Kekurangan Ripple

  • Tidak Ada Rencana Jangka Panjang
    Tujuan utama Ripple adalah untuk mempromosikan teknologi transfer uangnya dan koin XRP tampaknya menjadi bagian sekunder dari strategi keseluruhan mereka. Ini, oleh karena itu, menunjukkan Ripple tidak bermain sesuai dengan aturan cryptos tradisional.
  • Memegang 50% Pasokan Koin XRP
    Sementara cryptocurrency dalam sifatnya dimaksudkan untuk didesentralisasi, Ripple telah menentang biji-bijian dan memiliki lebih dari 50% dari seluruh pasokan pada koin XRP . Para ahli percaya bahwa ini dapat memiliki semacam efek buruk pada prediksi harga Ripple.
  • Buku Besar yang Tidak Standar
    Pendekatan buku besar konsensus Ripple juga berbeda dari standar cryptocurrency biasa karena mengharuskan peserta yang “divalidasi” untuk memberikan verifikasi transaksi.
SpesifikasiEOSRipple
DiciptakanBlock.one Ripple Labs
Tahun Berdiri1 Juni 2018Tahun 2012
Koin EOSRipple (XRP)
Keunggulan TransaksiKemanan transaksi, transaksi tidak ada yang tersembunyi, sapat membatasi resikoPembayaran murah, pembayaran cepat, keuangan yang terinterkoneksi.
Sistem Keamanan TransaksiAdanya fitur stop loss atau batas laba saat melakukan kegiatan perdaganganCatatan transaksi tidak hanya dimiliki satu komputer pada satu tempat saja, memiliki perlindungan jaringan dari penyalahgunaan dengan sistem Shared Ledger dari akun ke akun

Pilih Mana: EOS atau Ripple?

EOSRipple
Kelebihan- Proses transaksi yang cepat - Bisa untuk investasi - Menghindari pemalsuan uang - Keamanan yang baik - Harga masih murah - Ripple aman akan pemeriksaan
Kekurangan- Transaksi tidak dapat dibatalkan - Kurang efisien - Sulit merubah data - Tidak ada rencana jangka panjang - Memegang 50% pasokan koin XRP - Buku besar yang tidak standar

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas mengenai mata uang digital EOS dan Ripple keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sebagai mata uan digital atau cryptocurrency. Tetapi jika kamu sudah membaca dengan teliti mengenai kedua uang digital di atas maka kamu akan mendapatkan kesimpulannya.

Jika kamu lebih memilih uang digital atau cryptocurrency  sebagai bisnis atau investasi dan pembayaran maka EOS adalah pilihan yang tepat. Tetapi jika memilih cryptocurrency hanya untuk sistem pembayaran saja maka Ripple adalah pilihan yang tepat, karena Ripple didesain khusus untuk melakukan pengiriman dan penerimaan pembayaran.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

EOS vs Ripple

VS