Elektronik

Pilih Mana: EPSON L3110 atau L360?

Epson telah menjadi pemimpin global dalam teknologi pencetakan dan pemimpin pasar untuk printer tangki tinta dan sudah menghadirkan banyak seri printer yang memiliki kualitas unggul diantaranya adalah Epson seri L3110 dan L360. Keduanya dilengkapi dengan fitur yang canggih, Namun di antara keduanya mana yang lebih unggul?

Untuk menjawabnya, kami telah mengulas lebih lanjut antara Epson seri L3110 dan L360 ini pada artikel di bawah ini. Jadi, jangan sampai terlewatkan ya! Yuk di simak sampai selesai!

EPSON L3110

Seiko Epson Corporation atau yang lebih familiar didengar dengan Epson adalah perusahaan elektronik Jepang yang merupakan salah satu produsen printer komputer dan peralatan informasi dan yang berhubungan gambar terbesar di dunia. Berkantor pusat di Suwa, Nagano, Jepang, perusahaan ini memiliki banyak anak perusahaan di seluruh dunia yang memproduksi inkjet, dot matrix dan laser printer, scanner, komputer desktop,dll.

Epson L3110 juga memiliki teknologi pencetakan yang hemat tinta sehingga irit dalam biaya cetak. 

Salah satu printer nya yaitu EPSON L3110 yang terbilang cukup cepat untuk kebutuhan para pemakai yang sering melakukan pencetakan dalam jumlah yang cukup banyak. Adapun dari segi resolusi pencetakan memiliki kualitas cetak maksimal hingga 5760 x 1440 dpi yang membuat hasil dari pencetakan cukup memuaskan. Baca juga Pilih Mana: Printer Inkjet atau Laser?

Desain  EPSON L3110

EPSON L3110 memiliki kelebihan di bagian model desain printer yang lebih hemat ruangan. Terbukti dengan desain dan model kali ini, EPSON menghilangkan ciri tabung tinta yang biasanya berada di sisi samping sebelah printer dan sekarang hampir menjadi satu di sisi bagian depan. Dengan model penempatan seperti ini, printer tidaklah lagi menghabiskan ruang di sisi samping.

Model tabung tintanya pun juga lebih terlihat elegan dengan lekukan di bagian atas tutup tabungnya, sementara di bagian depan tabungnya terdapat indikator setiap tinta dari tempat tinta yang transparan. Kelebihan lain dari printer EPSON L3110 adalah model pengisian tintanya.

Epson  mendesain bagian tutup botol tinta agar dapat langsung tertancap di bagian lubang pengisian tinta pada tabung. Hal ini akan berdampak positif dikarenakan akan mengurangi resiko tinta tumpah saat pengisian.

Spesifikasi Epson L3110
Fitur Cetak, Pindai, Salin
Kualitas cetak 5760 x 1440 dpi (dengan Teknologi Tetesan Berukuran Variabel)
Dukungan OS Windows XP / Vista / 7/8 / 8.1 / 10, Windows Server 2003/2008/2012/2016, Hanya fungsi pencetakan dan pemindaian yang didukung untuk OS Windows Server, Mac OS X 10.6.8 atau lebih baru
Konektivitas USB 2.0
Ukuran 375 x 347 x 179 mm (WxDxH)

Kelebihan EPSON L3110

  • Memiliki bodi yang tidak memakan tempat
    Kelebihan yang pertama pada printer Epson L3110 ini dapat terlihat langsung yaitu dari segi bodinya yang tidak memakan tempat dan lebih simple dalam peletakannya dan lebih gampang dipindahkan di berbagai tempat.
  • Cara kerja lebih cepat
    Kelebihan selanjutnya yang ada pada printer Epson L3110 ini yaitu performa saat mencetaknya lebih cepat jika dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya. Untuk kecepatan mencetaknya bisa 15 lembar per satu menit.
  • Performa tinggi ketika mencetak warna
    Untuk keunggulan selanjutnya yang ada pada Epson L3110 ini adalah kemampuannya ketika mencetak berbagai warna karena sangat detail dan tajam. Sehingga kemampuan mencetaknya tidak perlu diragukan lagi.

Kekurangan EPSON L3110

  • Printer sering tidak menarik kertas
    Kekurangan yang pertama pada printer ini adalah banyak dari review pengguna banyak mengeluh bahwa printer sering tidak menarik kertas walaupun semua komponen dalam keadaan bagus.
  • Komponen penarik kertas yang mudah rusak
    Untuk komponen penarik kertas pada printer Epson L3110 yang terbilang rentan rusak jadi ketika kalian hendak mencetak dalam jumlah banyak sebaiknya di perhitungkan terlebih dahulu dan di jeda dalam proses mencetaknya.
  • Perawatannya yang agak susah
    Beberapa cara perawatan memang telah disediakan dalam buku perawatan printer. Namun sebagian orang masih merasa susah untuk mengatasi masalah pada printer untuk Epson ini. Solusinya, pemilik printer harus membawa printernya ke servis senter terdekat. 

EPSON L360

Epson L360 ialah salah satu bukti bahwa produsen Epson ini sangat serius untuk merilis printer kualitas terbaik dengan sisi ekonomis yang bermakna, khususnya bagi anda yang memiliki anggaran terbatas, namun memiliki fitur yang terhitung sempurna. Jadi, jika anda sedang mencari printer multifungsi untuk melengkapi semua pekerjaan anda baik dirumah maupun dikantor, Epson L360 layak anda pertimbangkan.

Epson L360 dilengkapi dengan 4 tombol utama, yakni :

  • Tombol Power : Untuk menyalakan dan mematikan perangkat
  • Tombol kedua disebelah kanan Power untuk proses copy dengan dasar hitam putih
  • Tombol ketiga untuk proses copy dengan dasar warna
  • Tombol terakhir merupakan tombol untuk menghentikan proses operasi, anda juga bisa memakai tombol ini untuk menjalankan head cleaning (dengan menahan tombol selama 3 detik)

Desain

Epson L360 dirancang untuk ruangan yang cukup kecil, sehingga printer ini tampaknya tidak ada masalah jika anda memiliki sebuah ruangan sederhana dirumah atau dikantor. Dengan desain yang cukup kompak, ia memiliki berat sekitar 4.4 Kg, panjang 48 cm, tinggi 14.5 cm dan lebar 30 cm.

Lihat juga:  Pilih Mana: MNC Play atau IndiHome?

Desain printer ini cukup kompak dan akan meninggalkan jejak yang sangat berarti bagi anda untuk bisa memuat perangkat ini dengan nyaman di mana saja, sehingga bisa menciptakan lingkungan kerja yang ergonomis.

Performa EPSON L360

Epson L360 ini dilengkapi dengan metode printing On-demand inkjet, dimana klasifikasi teknologi cetak inkjet saat meneteskan tinta yang dikeluarkan dari atas pencetakan hanya jika diperlukan. Selain itu, L360 juga memiliki Print Direction baik itu Bi-directional printing maupun Uni-directional printing.

Sederhannya, dengan pencetakan bi-directional, kalian akan mendapatkan dua kali lipat kecepatan, tetapi dengan uni- directional, kalian umumnya mendapatkan beberapa kualitas yang lebih baik, tapi proses ini akan memberikan lebih banyak waktu untuk tinta mengering sebelum menambahkan yang lain, ini untuk menghindari saturasi tinta.

Epson L360 ini juga dibekali dengan maksimum resolusi hingga 5760 x 1440 dpi (dengan bentuk ukuran yang bervariasi) yang cukup layak.

Dalam proses pencetakan, DPI (dots per inch) mengacu pada resolusi output dari printer atau imagesetter, dan PPI (pixel per inch) berpatokan pada resolusi masukan dari sebuah foto atau gambar.

DPI mengacu pada kepadatan titik fisik dari suatu gambar ketika direproduksi sebagai entitas fisik yang nyata, misalnya saat sebuah gambar dicetak di atas kertas. Sehingga, semakin DPI yang didapatkan, akan semakin akurat tingkat ketajamannya.

Spesifikasi Epson L360
Fitur Cetak, Pindai, Copy
Kualitas cetak 5760 x 1440 dpi
Dukungan OS Windows XP / Vista / 7/8 / 8.1 / 10, Windows Server 2003/2008/2012/2016, Hanya fungsi pencetakan dan pemindaian yang didukung untuk OS Windows Server, Mac OS X 10.6.8 atau lebih baru
Berat 4.4 kg
Ukuran 482 x 300 x 145 mm

Kelebihan EPSON L360

  • Hasil cetakan yang cepat dan akurat
    Kemampuan Epson L360 dalam memberikan hasil cetak yang cepat dan akurat tidak perlu lagi diragukan. Penggunaan teknologi Print Head khususdapat menghasilkan resolusi maksimum sampai pada 5720 x 1440 dpi Selain itu, Variable Size Droplet Technology (VSDT) bisa menjadikan Print Head Epson L360 mengeluarkan tinta ke dalam berbagai ukuran.
  • Gampang dalam pengisian ulang tinta
    Fitur Ink Tank pada Epson L360 memiliki sistem infus yang dapat memberikan kemudahan bagi kamu dalam memasukkan pengisian ulang tinta ke dalam tabung tinta. Tabung tinta telah terintegrasi kuat dan tidak mudah bocor. Terdapat 4 buah tabung tinta (CMYK) yang diformulasikan untuk dapat menghasilkan kualitas cetak yang bervolume tinggi.
  • Irit daya dan biaya
    Epson L360 ini beroperasi pada angka 220-240 V ditambah tingkat frekuensi 50-60 Hz. Lebih hemat lagi, printer ini hanya menggunakan daya maksimal sebesar 13 W dalam melakukan scanning, printing serta meng-copy berbagai dokumen. Sementara saat posisi stand by, printer hanya akan menghabiskan daya 3.8 W. 

Kekurangan EPSON L360

  • Mengcopy dalam jumlah terbatas 
    Kekurangan yang pertama pada printer ini yaitu printer ini ketika mengcopy hanya bisa 1 kali copy sebanyak 20 lembar. Oleh sebab itu, kekurangan yang ini banyak menjadi keluhan beberapa orang karena dapat membuang waktu.
  • Tidak memiliki fitur wireless printing
    Kekurangan selanjutnya yang ada pada printer Epson L360 ini yaitu belum dilengkapi dengan fitur wireless printing dimana saat ini printer keluaran terbaru sudah menyematkan fitur tersebut agar lebih memudahkan dalam mencetak tanpa perlu sambungan kabel USB.
  • Masih menggunakan USB versi lama
    Kekurangan yang terakhir ini masih ada hubungannya dengan kekurangan sebelumnya, yaitu printer ini masih menggunakan USB versi lama yang membuatnya sedikit tertinggal dengan printer versi terbaru saat ini. Karena dengan menggunakan USB versi lama ini kita harus menyambyngkan dlu perangkat ke printer dan USB ini gampang goyang yang menhambat proses mencetak.

Pilih Mana: EPSON L3110 atau L360?

Epson L3110Epson L360
Kelebihan- Memiliki bodi yang tidak memakan tempat - Cara kerja lebih cepat  - Performa tinggi ketika mencetak warna  - Hasil cetakan yang cepat dan akurat - Gampang dalam pengisian ulang tinta - Irit daya dan biaya
Kekurangan- Printer sering tidak menarik kertas  - Komponen penarik kertas yang mudah rusak  - Perawatannya yang agak susah - Mengcopy dalam jumlah terbatas  - Tidak memiliki fitur wireless printing - Masih menggunakan USB versi lama

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas mengenai ulasan dari kedua printer Epson L3110 dan L360 ini dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua printer keluaran Epson ini memiliki kualitas mencetak yang tinggi. Namun, keduanya tentu saja memiliki keunggulannya masing-masing ya. Dari artikel mengenai Epson L3110 dan L360 kami dapat menyarankan jika kalian mencari printer untuk kebutuhan di rumah sebaiknya memilih Epson L3110 , dan ketika kalian mencari printer untuk kebutuhan kantor Epson L360 lah yang bisa kalian jadikan pilihan. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

EPSON L3110 vs EPSON L360

VS

Leave a Reply