KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Ertiga Hybrid vs Xpander

Dunia otomotif yang semakin maju memengaruhi perkembangan dari kendaraan yang juga semakin berkembang. Semakin banyak jenis mobil yang ada di pasaran termasuk di pasar otomotif Indonesia. Ertiga Hybrid dan Xpander merupakan dua merek mobil yang sedang bersaing erat.

Kedua mobil ini digadang memiliki persamaan yang tidak terlalu berbeda jauh. Untuk mengetahui mana yang lebih baik di antara kedua mobil yang banyak bersaing di pasaran Indonesia yang satu ini, yuk simak penjelasan yang ada di bawah!

Pilih Mana: Ertiga Hybrid vs Xpander

Ertiga Hybrid

Ertiga hybrid merupakan mobil keluaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM). Teknologi SHVS yang disematkan pada All New Ertiga bisa dikatakan bukan barang baru. Sebelumnya Suzuki juga sudah menyematkan teknologi serupa di Ertiga generasi terdahulu.

Bahkan SIS sempat memasarkan Ertiga diesel berteknologi SHVS di dalam negeri, hanya saja pemasarannya dihentikan pada 2018 karena kurang mendapat sambutan positif dari konsumen. Nah, kali ini kami akan mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan ertiga hybrid, yuk disimak.

Kelebihan Ertiga Hybrid

  • Mesin yang lebih irit dan bertenanga
    Mesin dieselnya merupakan keunggulan utama yang ditawarkan Ertiga Hybrid. Seperti disebut sebelumnya, tak ada kompetitor yang menawarkan mesin sama. Secara umum mesin diesel bisa lebih irit dan bertenaga dibandingkan mesin bensin.

    Mesin Ertiga Hybrid mengadopsi punya Spin Diesel. Dengan kode D13A, mesin Multijet 1.3 dikembangkan bersama Fiat dan General Motors. Tenaga yang dihasilkan 89 PS dan torsinya besar, 200 Nm pada 1.750 rpm.

  • Sistem mild hybrid SHVS yang mampu menyimpan tenaga
    Kelebihan berikutnya, sistem mild hybrid SHVS. Bukan seperti mobil hybrid dengan dua sumber tenaga, SVHS menggunakan Integrated Starter Generator (ISG) yang berfungsi sebagai altenator dan generator untuk menyimpan energi terbuang dari pengereman (brake regeneration).

    Tenaga tersimpan disalurkan untuk mengaktifkan fitur unggulan berikutnya, idle start/stop dan torque assist function. Idle start/stop mematikan mesin tatkala mobil berhenti sesaat. Fitur itu berkontribusi pada keiritan bahan bakar.

  • Harga yang lebih murah
    Nilai plus lain Ertiga Hybrid adalah di soal harga. Dengan banderol Rp 219,5 juta, Ertiga Diesel masih termasuk sepadan. Harganya di atas Suzuki Ertiga GX manual. Dengan harga yang ditawarkan kamu sudah mendapat Dual SRS Airbag, rem ABS, dan lampu depan yang bisa diatur ketinggian sorotannya.

Pilih Mana: Ertiga Hybrid vs Xpander

Kekurangan Ertiga Hybrid

Semua pasti memiliki kekurangan. Meski tak banyak, tapi kekurangan pada Ertiga Diesel menjadi pertimbangan banyak orang. Berikut ini adalah beberapa kekurangan ertiga hybrid:

  • Transmisi yang masih manual
    Kekurangan yang paling menonjol adalah transmisi. Ertiga diesel hanya punya transmisi manual tanpa ada opsi otomatis. Performa transmisi manualnya juga bukan tanpa cela, yang terasa saat bertemu dengan tanjakan.
  • Desain yang biasa saja
    Selain itu, desain interior dan eksterior tak jauh berbeda dengan Ertiga bensin tipe GX. Padahal, kalau ada peningkatan bisa menjadi nilai lebih dari Ertiga Hybrid yang menjadi wajah baru dari mobil ertiga ini. Sayangnya, perubahan itu belum ada.
  • Fitur lain yang tidak ditingkatkan
    Seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang tidak ditingkatkan oleh suzuki pada mobil terbarunya ini, termasuk pula fitur pendukung hiburan dalam kabin yang masih bisa ditingkatkan.
Ertiga Hybrid Xpander
Kapasitas mesin 1.248 cc dengan bore 69,6 mm dan stroke 82 mm1.500 cc
DimensiPanjang keseluruhan 4.265 mm, lebar 1.695 mm, serta tinggi yang mencapai 1.685 mm4.475 mm P x 1.750 mm L x 1.695-1.700 mm T
Harga per Januari 2020Rp. 200.000.000-, Rp. 230.000.000-,

Xpander

Mitsubishi Xpander adalah sebuah MPV 7 penumpang yang dirancang dan diproduksi di Indonesia oleh Mitsubishi Motors. Mobil ini pertama kali dimunculkan di situs web Mitsubishi Motors pada tanggal 17 Juli 2017.

Mitsubishi Expander ini diperkenalkankan pada tanggal 24 Juli 2017 di Jakarta dan diluncurkan pada 10 Agustus 2017 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang Selatan.

Mobil ini mulai dijual pada tanggal 3 Oktober 2017. Mobil ini didasarkan dari atau ditampilkan oleh XM Concept yang pertama kali ditampilkan di acara yang sama sebelumnya pada ajang GIIAS tahun 2016. Xpander tersedia dalam lima pilihan tipe, yaitu GLX Manual, GLS Manual or Automatic, Exceed Manual or Automatic, Sport Manual or Automatic, dan varian tertinggi yaitu Ultimate.

Kelebihan Xpander

  • Performa tangguh dan dilengkapi fitur handal
    Menginjak kelebihan Mitsubishi Xpander yang lain, sektor permesinan dan fitur pelengkap pun menjadi salah satu keunggulan yang memiliki daya tarik sendiri dari mobil MPV ini. Sebab, bukan Mitsubishi namanya jika tidak melahirkan mobil dengan performa mesin yang bertenaga.

    Di mana, dari hasil uji coba mesin tipe Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) berteknologi 4A91 DOHC berkapasitas 1.5 liter dengan 16 katup yang dibenamkan pada mobil ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 120Ps per putaran 6000 rpm dengan torsi 145 Nm per putaran 4000 rpm.

    Selain itu, keunggulan dari Low MPV ini juga terletak pada perpindahan transmisinya terasa sangat halus dan irit bahan bakar. Sementara itu, kelebihan Mitsubishi Xpander yang lain juga terlihat pada fiturnya. Seperti fitur keselamatan yang berupa rem berteknologi ABS,EBD dan BA.

    Dengan fitur pengereman yang lengkap tersebut, tentu Kelebihan Mitsubishi Expander yang tidak dimiliki oleh mobil MPV lainnya. Di sisi lain, kelebihan Mitsubishi Expander yang lain pada sektor ini yaitu fitur keamanan yang berupa kunci immobilizer di semua type sehingga mobil ini tidak bisa disentuh oleh orang yang ingin mencuri mobil ini.

  • Interior super mewah dengan ragam fitur canggih
    Selain eksterior, kelebihan Mitsubishi Xpander juga terletak pada sisi interiornya di mana kali ini pihak produsen telah mengusung tampilan interior cukup mewah dengan ruang kabin lega. Di samping itu, Kesan mewah pada interior mobil ini bisa kita lihat dengan penggunaan material interior yang bagus serta desain dashboard yang modern dengan tata letak panel yang begitu rapi dan bagus.

    Apalagi, beberapa fitur canggih yang turut disematkan pada Mitsubishi Xpander, seperti konsol kendali, layar sentuh yang luas dengan beberapa menu, dan fitur entertainment yang siap memanjakan para penumpangnya. Dengan begitu maka tak heran jika kelebihan Mitsubishi Xpander ini pun menjadi sektor yang diunggulkan.

  • Memiliki suspensi kokoh dan ground clearance cukup tinggi
    Nah, untuk menunjang kenyamanan penumpangnya saat berkendara, salah satu hal yang menjadi kelebihan  Mitsubishi Xpander ini yaitu pada suspensinya yang begitu kokoh. Di mana, Mitsubishi telah mengandalkan tipe suspensi berupa Mac Pherson Strut Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakangnya yang mana keduanya sanggup meredam setiap getaran ketika melewati jalanan berkontur tak rata dan sanggup menjaga tingkat keseimbangan secara maksimal.

    Di samping itu, kelebihan Mitsubishi Xpander juga teletak pada ukuran ground clearance yang dinilai cukup tinggi. Pasalnya, dengan jarak terndah ke tanah setinggi 200 mm, tentu saja dinilai sudah cukup ideal dan pas untuk sekelas Small MPV.

Pilih Mana: Ertiga Hybrid vs Xpander

Kekurangan Xpander

  • Biaya perawatan maupun harga spare part mahal
    Perlu diketahui bahwa kekurangan Mitsubishi Xpander yang dinilai cukup menonjol yakni perawatan dan harga sparepartnya yang tergolong mahal, meskipun harganya tergolong cukup bersahabat untuk jenis mobil MPV. Wajar mengingat biaya spare part Mitsubishi memang dari dulu terbilang cukup tinggi.

    Dengan kekurangan Mitsubishi Xpander pada biaya spare part yang cukup mahal tersebut maka sangat disarankan harus mempersiapkan dana yang lebih untuk biaya perawatan.

  • Varian transmisi hanya pada varian tertinggi saja
    Sejumlah kekurangan Mitsubishi Xpander tampaknya juga tak lepas dari sisi transmisinya. Di mana, kali ini mobil Low MPV ini hanya menawarkan transmisi manual untuk 3 varian terendah. Sedangkan, 3 varian tertinggi menggunakan transmisi otomatis. Tentu saja, dengan batasnya pilihan transmisi tersebut maka menjadi salah satu kekurangan Mitsubishi Xpander.
  • Sistem transmisi Matic hanya empat percepatan
    Nah, kekurangan Mitsubishi Xpander yang Mas Sena nilai cukup mencolok yakni pada penggunaan transmisi otomatis 4 percepatan. Pasalnya, di era modern seperti sekarang ini, banyak konsumen yang menganggap bahwa penggunaan transmisi ini dinilai ketinggalan zaman mengingat sekarang ini pada umumnya mobil baru sudah menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan. Dengan begitu, maka hal tersebut menjadi kekurangan Mitsubishi Xpander yang menyandang sebagai mobil modern masa depan.

Pilih Mana: Ertiga Hybrid vs Xpander

Ertiga HybridXpander
Kelebihan- Mesin yang lebih irit dan bertenanga - Sistem mild hybrid SHVS yang mampu menyimpan tenaga - Harga yang lebih murah - Performa Tangguh dan Dilengkapi Fitur Handal - Interior Super Mewah dengan Ragam Fitur Canggih - Memiliki Suspensi Kokoh dan Ground Clearance Cukup Tinggi
Kekurangan- Transmisi yang masih manual - Desain yang biasa saja - Fitur lain yang tidak ditingkatkan - Biaya Perawatan maupun Harga Spare Part Mahal - Varian Transmisi hanya Pada Varian Tertinggi Saja - Sistem Transmisi Matic hanya 4 Percepatan

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan mengenai ertiga hybrid dan expander dapt disimpulkan bahwa kedua mobil ini memiliki kualitas yang sama bagusnya, meski begitu harus diakui bahwa performa yang dimiliki Xpander dinilai banyak orang lebih mumpuni dibanding dengan ertiga.

Namun meski begitu, ertiga memiliki harga jual yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Xpander. Jadi, kamu bisa memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu, ya! Semoga bermanfat!

Pilih Mana: Ertiga Hybrid vs Xpander

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Ertiga Hybrid vs Xpander

VS

Leave a Reply