Pilih Mana: Es Krim atau Gelato?

Loading...

Kamu pasti pernah menikmati Es Krim atau Gelato sambil nongkrong bareng sahabatmu. Tetapi pada dasarnya, apakah kamu tahu jika Gelato dan Es Krim itu berbeda? Ya, jelas dari segi nama saja sudah beda sih, meski keduanya sama- sama disajikan dalam kondisi dingin. Disini saya akan menjelaskan mengenai definisi Es Krim dan Gelato dan perbedaan dari keduanya.

Es Krim

Es Krim sesuai namanya mempunyai rasa krim yang kuat. Bahan dasarnya, tidak hanya krim ialah kepala susu( bukan susu), serta kuning telur. Proses pencampuran bahan- bahan ini merupakan dengan diaduk secara cepat dan kuat. Pengadukannya menggunakan mesin. Ini membuat banyak gelembung udara masuk ke bahan yang sedang diaduk.

Seporsi es krim dalam cara pengadukannya dapat mengembang 25 hingga 90%. Sederhananya semakin beku suatu es krim semakin baik kualitasnya. Es krim kualitas premium bisa hanya mengembang sekitar 25%. Es krim didinginkan dengan suhu minus 20 hingga minus 12 derajat celcius. Ini yang menyebabkan es krim terasa tajam di lidah. Baca juga artikel kami sebelumnya Pilih Mana: Bolu Kukus atau Brownies Kukus?

Tetapi ini juga yang membuat es krim lebih tahan lama. Secara rasa, es krim lebih kuat rasa krimnya. Teksturnya juga lebih lembut serta mudah hancur karena tinggi kandungan gelembung udara. Sementara, kandungan lemak es krim berkisar antara 12- 14 persen

Gelato

Gelato sebenarnya adalah bahasa Italia yang berarti es krim. Kata gelato sendiri berawal dari kata congelati yang berarti beku. Meski begitu salam perjalanannya gelato menjadi jenis tertentu. Gelato terbuat dari susu, gula, kuning telur, serta air. Karena bersifat homemade, dalam hal bahan baku gelato lebih dinamis.

Sebagian ahli masak menciptakan gelato dengan tambahan kacang. Sebagian yang lain menghilangkan faktor kuning telur atau susu. GROM sendiri menjual bermacam jenis gelato, ada yang tanpa susu, tanpa kuning telur, atau tanpa kacang. Gelato diaduk dengan kecepatan pelan. Ini membuat teksturnya lebih padat.

Setelah itu didinginkan pada suhu yang lebih panas, sekitar minus 10 derajat celcius. Dengan suhu ini, gelato tidak tahan lama serta mudah cair. Untuk rasa gelato tidak tajam di lidah. Teksturnya juga padat. Rasa susunya lebih terasa. Kandungan lemak pada gelato sangat rendah.

Menurut Guido, hingga saat ini belum terdapat standar dasar berapa kisaran lemak yang pas agar suatu olahan dapat disebut gelato. Tetapi, sejauh ini pada umumnya kisaran lemak gelato di bawah 10%. Gelato berkualitas tinggi bahkan hanya memiliki 1- 3% lemak.

Loading...

Perbedaan Es Krim dan Gelato

Es Krim Lebih Terasa Tajam di Lidah Dibanding Gelato
Kamu pernah ngerasa tidak sih jika rasa es krim itu lebih tajam di lidah dibanding gelato? Hal ini dikarenakan proses pembekuan es krim dengan suhu yang lebih rendah mencapai minus 20 derajat celcius. Sedangkan, gelato hanya membutuhkan minus 10 derajat celcius.

Bahan Dasar Gelato Lebih Fleksibel Dari Es Krim
Sama- sama berbahan susu, tetapi pengerjaan keduanya cukup berbeda. Umumnya es krim terbuat dengan bahan dasar cream susu, gula, kuning telur, dan air. Gelato terdiri dari bahan yang lebih bervarian: susu, gula, kuning telur, air, dan tambahan kacang- kacangan.

Gelato Lebih Padat Dari Es Krim
Proses pengerjaan es krim dalam pengadukannya dapat mengikat udara lebih banyak ketimbang gelato. Hal ini menyebabkan gelato cenderung lebih padat dibanding es krim yang kandungan udara dalam adonannya lebih banyak.

Es Krim Lebih Tahan Lama Dari Gelato
Suhu jadi faktor utama pendukung ketahanan makanan dingin. Gelato yang diolah di suhu yang lebih panas yaitu minus 10 derajat celcius akan lebih cepat basi dibanding es krim yang mencapai suhu minus 20 derajat celcius.

Kandungan Lemak Es Krim Jauh Lebih Tinggi Dari Gelato
Ini penting dan sering sangat salah kaprah. Butuh kamu ketahui kalau es krim lebih banyak memiliki butterfat dibanding gelato. Kehadiran butterfat inilah yang membuat lemak di es krim mencapai 10% dari berat totalnya, sedangkan gelato hanya memiliki 3, 5%.

Harga Es Krim

Untuk mendapatkan Es Krim kamu hanya mengeluarkan uang kurang lebih Rp.10.000 sesuai merk dari Es Krim yang kamu beli. Karena sekarang sudah banyak Es Krim dengan harga terjangkau dan banyak varian rasa yang enak. Kamu bisa mendapatkan Es Krim di toko-toko seperti minimarket hingga supermarket seperti Hypermart.

Harga Gelato

Untuk harga gelato seperti yang kita ketahui Gelato dijual dengan harga per skop. Misal per skop Rp.30.000 bisa kamu sesuaikan kamu mau berapa skop dan mau varian rasa apa yang kamu sukai. Gelato memang cukup mahal dibanding Es Krim yang lebih murah. Dan untuk mendapatkan Gelato kamu bisa mendapatkannya di Mall, Restoran atau Cafe.

Pilih Mana: Es Krim atau Gelato?

Es KrimGelato
Kelebihan - Banyak varian rasa - Kaya kalsium - Kaya vitamin- Gelato mengandung protein tinggi - Mengatasi mual untuk ibu hamil - Gelato memiliki lemak yang relatif rendah
Kekurangan- Terlalu berlebihan konsumsi es krim bisa meningkatkan kolesterol - Memicu terserang penyakit jantung - Tidak tahan lama mudah mencair - Terlalu berlebihan konsumsi karena akan menaikan berat badan

Kesimpulan:

Pada dasarnya Es Krim dan Gelato memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan memiliki protein dan vitamin yang ada dalam kandungan bahan-bahan yang digunakan. Tetapi segala sesuatu jika berlebihan tidak baik juga, karena terdapat efek samping dari keduanya. Jadi jika kamu mengkonsumsi Es Krim ataupun Gelato jangan sampai berlebihan saja ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Es Krim vs Gelato

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *