KendaraanOtomotif

Pilih Mana: Evalube atau Enduro?

Melakukan perawatan kendaraan tidak dipungkiri dilakukan pada setiap orang yang mempunyai kendaraan, agar tetap awetnya mesin pada kendaraan menjadikan kendaran dapat bertahan lama. Salah satu perawatan yang dilakukan untuk menjaga kualitas mesin pada kendaraan adalah rutin mengganti oli paling tidak 3 bulan sekali. Merk oli di pasaran juga berbagai macam kedua diantaranya adalah Evalube dan Enduro.

Evalube dan Enduro merk oli berkualitas tinggi yang banyak menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia, dengan memiliki berbagai keuntungan yang akan Anda rasakan ketika menggunakan oli ini seperti mesin menjadi lebih halus dan ringan. Tetapi jika Anda masih bingung untuk memilih dari keduanya, artikel kali ini kami akan membahas kedua merk oli tersebut.

Evalube

Salah satu pelumas dalam negeri, Evalube, dinobatkan sebagai salah satu merek lokal Indonesia yang memiliki kinerja terbaik setelah meraih penghargaan Top “Indonesia Original Brands” 2013. Evalube adalah pelumas yang diproduksi oleh PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI).

Penghargaan yang diterima Evalube adalah untuk yang ketiga kalinya sebagai kategori peringkat pertama dari salah satu majalah ekonomi nasional. Evalube memiliki indeks ALSI (kepuasan, loyalitas dan advokasi) yang tertinggi.

Banyaknya orang yang mempercayakan Evalube ini untuk menjaga kualitas kendaraan Anda agar tetap baik, dengan oli merk Evalube ini mesin Anda akan tetap terjaga dan suara mesin menjadi lebih halus dari sebelumnya. Baca juga Pilih Mana: Honda Beat atau Honda Vario?

Kelebihan Evalube

  • Kualitas oli yang sangat baik
    Untuk kualitas oli dari Evalube ini sudah tidak perlu Anda ragukan lagi dengan memiliki penghargaan terbaik dan adanya indeks ALSI (kepuasan, loyalitas dan advokasi) tentu saja menjadi produk oli unggulan bagi banyak pengguna kendaraan.
  • Hemat bahan bakar di dalam pengoperasian mesin
    Oli ini menggunakan teknologi Veltec, artinya dengan teknologi ini, tujuannya untuk penghematan bahan bakar di dalam pengoperasian mesin, dan juga dengan adanya aditif yang baik yang mengandung dispersancy serta detergensi, artinya oli ini jika digunakan dalam mesin, kebersihan mesinnya itu terjaga.
  • Mudah didapatkan
    Jika Anda lebih ingin memberikan oli dengan kualitas terbaik untuk kendaraan Anda Evalube dapat menjadi pilihan yang sangat tepat. Mudah didapatkan menjadi kelebihan dari oli ini, sehingga Anda tidak susah untuk mencari oli Evalube ini.

Kekurangan Evalube

  • Kualitas oli hanya bertahan 45 hari
    Kekurangan yang banyak menjadi keluhan adalah dengan oli Evalube ini memang memiliki berbagai banyak kelebihan. Tetapi adanya kekurangan juga dapat menjadi pertimbangan untuk Anda ketika ingin memilih sebuah oli. Kualitas oli Evalube ini hanya bisa bertahan hingga 45 hari saja. 1 bulan lebih ini menjadikan Anda harus mengganti oli pada bulan berikutnya. Padahal oli sebenarnya bisa kamu ganti paling tidak 3 kali dalam 1 bulan.
  • Harga yang relatif mahal
    Meski ada beberapa oli dari Evalube ini memiliki harga yang terjangkau tetapi jika digabungkan maka harga yang ditawarkan untuk oli Evalube ini memiliki harga yang relatif mahal baik untuk kendaraan roda 2 atau juga roda 4, jika dibandingkan dengan pesaingnya.

  • Warna oli lebih cepat menghitam
    Banyak review yang mengatakan bahwa saat mengganti oli dengan merk Evalube ini warna dari oli kuning keemasan, hingga 1 bulan lamanya bahkan kurang dari 1 bulan warna yang terdapat pada oli Evalube akan cepat berubah menjadi hitam. Hal ini menandakan bahwa Anda harus segera mengganti oli lagi.
Jenis Oli EvalubeKeterangan
Evalube 4T Pro RacingDiformulasikan dari base oil full synthetic dengan PAO + Ester Base Technology dan aditif khusus yang hasilkan penambahan tenaga mesin dan peningkatan akselerasi kendaraan. khusus dirancang untuk mesin motor sport 4-tak berkapasitas 250 cc atau lebih.
Evalube Scootic HXOli ini dapat digunakan untuk semua kendaraan bermotor roda dua yang menggunakan mesin 4 langkah matic spesialis merk Honda dengan spesifikasi API SL. Dengan Teknologi Veltec yang mengandalkan akselerasi tinggi mampu mengurangi keausan sehingga menjadikan umur pakai mesin lebih tahan lama.
Evalube Helios Platinum Sangat baik digunakan untuk kendaraan beroda empat berbahan bakar bensin dengan teknologi mesin mutakhir yang mengutamakan penghematan bahan bakar dan gas buang emisi yang rendah.
Evalube Super Transco Untuk kendaraan roda empat, pada mesin diesel dengan performance tinggi yang membutuhkan emisi yang rendah serta dilengkapi dengan EGR, baik yang menggunakan bahan bakar dengan kadar sulphur rendah maupun tinggi.

Enduro

Enduro merupakan salah satu produk oli yang dihasilkan dari Pertamina, dimana oli ini bisa dikatakan sudah cukup umur karena sudah mencapai lebih dari setengah abad, pasalnya dahulu Pertamina Lubricants di produksi mulai dari tahun 1957, yang diawali dari beroperasinya unit produksi di Jakarta.

Banyaknya penghargaan yang didapatkan oleh PT. Pertamina Lubricants, dengan penobatan menghasilkan produk oli yang unggul dengan kualitas tinggi. PT. Pertamina Lubricant berkomitmen untuk terus berinovasi, memberikan pelumas terbaik karya anak bangsa, memberikan pelayanan yang prima.

Untuk mendapatkannya oli Enduro ini tidaklah sulit, karena sudah tersedia sampai dengan pelosok negeri, bahkan di pom bensin sobat juga bisa membelinya di situ. Harga oli enduro bisa dikatakan ramah di kantong

Kelebihan Enduro

  • Harga yang relatif terjangkau
    Berbagai jenis oli dari Enduro ini memiliki harga yang cukup ekonomis dan terjangkau, dengan harga sedemikian Anda akan mendapatkan kualitas oli yang sangat baik untuk kendaraan Anda.
  • Kualitas oli yang kental
    Merk oli terbaik yang dijual di Indonesia ini memang dikenal memiliki kualitas unggul dengan tingkat kekentalan yang sangat baik. Maka, tak heran jika Pertamina Enduro ini menjadi salah satu oli motor terbaik yang banyak diminati oleh pecinta otomotif. Dengan kualitas yang baik dan oli yang kental in akan menjaga mesin kendaraan Anda agar tetap kondisi baik dan suara mesin dapat menjadi halus.
  • Banyaknya jenis oli
    Kelebihan yang dimiliki oli Enduro ini juga adalah banyaknya jenis oli yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Berbagai jenis oli Enduro ini juga memiliki kualitas terbaik dan harga yang sangat terjangkau. Adanya oli khusus motor sport dan matic juga menjadikan oli ini sangat diminati bagi pengguna kendaraan. Untuk mendapatkan oli Enduro ini terbilang sangat mudah, hampir di setiap toko otomotif Anda bisa mendapatkannya.

Kekurangan Enduro

  • Produk dapat dipalsukan
    Kekurangan dari oli ini adalah bahwa dengan keunggulan merknya menjadi oli ini dapat dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga untuk Anda harus lebih berhati-hati jika ingin membeli oli Enduro, jika harga jauh lebih murah dibandingkan dengan yang ada di pasaran pastikan kualitasnya bisa-bisa oli tersebut adalah palsu.
  • Oli mobil kurang populer
    Jika dibandingkan dengan oli motor Enduro, maka oli Enduro untuk mobil memang jarang menjadi pilihan banyak orang, tetapi tidak semua orang ya hanya sebagian saja, karena memang untuk oli Enduro ini terkenal dengan oli untuk kendaraan bermotor. Jika Anda memilih oli kendaraan mobil dengan kualitas yang baik maka Enduro bisa menjadi pilihan tentunya kualitas yang super bagus.
  • Warna oli terbilang cepat menjadi hitam
    Walaupun oli Enduro ini memiliki kualitas yang bagus tetapi seperti pada umumnya oli akan cepat menghitam pada hitungan bulan kedua setelah Anda mengganti oli. Tetapi hal tersebut sangat wajar saja, tidak sangat menjadi kekurangan yang penting.
Jenis Oli EnduroKeterangan
Enduro Matic-G Oli ini memiliki tingkatan mutu JASO MB, yang mana di ketahui standar tersebut adalah standar jepang untuk sebuah motor 4Tak tipe matic, dengan keunggulan dapat memberikan ketahanan tinggi terhadap oksidasi dan degradari akibat radiasi panas dari mesin.
Enduro Gear Untuk melengkapi kebutuhan motor matic di negri kita ini dan dunia, enduro juga menyediakan oli khusus gearbox motor matic, yang pasti dengan bandrol sangat terjangkau.
Enduro Matic Enduro juga tersedia untuk motor matic, yang disebut sebagai Endur Matic dengan tingkat kekentalan SAE 10W-30, yang merupakan pelumas motor empat langkah matic dengan kualitas di atas rata-rata.
Enduro 4T Termasuk sebagai oli synthetic yang memenuhi tingkatan mutu API SJ dan JASO MA, Enduro 4T menawarkan stabilitas oksidasi dan degradasi yang sangat baik pada temperatur operasi mesin yang tinggi.
Lihat juga:  Pilih Mana: Yamaha Mio S atau Honda Beat?

Tips Memilih Oli yang Tepat

Leave a Reply