Aplikasi

Pilih Mana: Facebook Lite atau Facebook Biasa?

Facebook Lite dan Facebook biasa, apa bedanya? Padahal sama-sama berlogo “Facebook”, kenapa bisa sampai dibandingkan satu sama lain? Terlebih lagi, saat ini Facebook Lite sedang mendapat pamor tinggi mengenai fitur hemat kapasitas internet maupun memori. Selain itu, apa sajakah perbedaan antar keduanya? Mari kita simak pembahasannya sebagai berikut.

Facebook Lite : Pengganti Facebook Reguler?

Facebook telah mengumumkan sebuah aplikasi Android baru bernama Facebook Lite, yang merupakan versi Facebook yang dibangun dari nol untuk bekerja dengan lancar dengan koneksi data yang rendah dan ponsel berspesifikasi low-end. Facebook jenis ini menjadi aplikasi untuk beberapa negara tertentu, misalnya negara berkembang dimana konektivitas data sulit didapat.

Tapi seperti yang kita semua tahu, Facebook seolah memberikan segala informasi untuk Anda, bahkan Facebook tetap menjadi sosial media yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Lantas, apakah aplikasi Facebook Lite lebih baik dari Facebook biasa? Bagaimana dengan pengalaman pengguna secara umum? Apakah akan layak untuk seseorang dengan koneksi Internet yang stabil dan cepat untuk mendownload Facebook Lite? Mari kita lihat secara mendalam aplikasi ini dan jawab semua pertanyaan itu. Baca juga Pilih Mana: Twitter atau Facebook?

Manfaat Facebook Lite

Sebelum diunduh, ukuran Facebook Lite di bawah 1MB, dan setelah terinstal, dibutuhkan ruang 2.82 MB pada perangkat. Bandingkan dengan jumlah space Facebook biasa yang memakan memori cukup banyak, yaitu sekitar 195 MB. Tentunya perbedaan ini menjadi salah satu faktor paling signifikan bukan?

Selain itu, Facebook Lite tidak memerlukan preload foto seperti cara yang dilakukan Facebook. Sebagai gantinya, ia mendownload versi resolusi rendah foto yang dapat Anda gulir di garis waktu (beranda) Anda, sehingga jika Anda benar-benar menekannya, maka akan sistem mendownload versi resolusi yang lebih tinggi. Begitu juga saat mengunggah foto, gambar akan dikompres dan dikirim di latar belakang sehingga pengguna tidak perlu menatap layar upload selama beberapa menit setiap kalinya.

Antarmuka pengguna

Facebook Lite bukan hanya ‘wrapper’ untuk situs mobile, melainkan ini adalah aplikasi yang didesain ulang sepenuhnya dari Facebook reguler. Fitur pengeposan status telah dipindahkan ke bagian atas aplikasi (bukan tombol mengambang di kanan bawah), yang berarti bilah penelusuran telah menyusut menjadi tombol.

Sejujurnya, tata letaknya tidak lebih buruk dari Facebook reguler, hanya sedikit berbeda karena Anda masih memiliki tab dasar yang sama seperti News Feed, Friends Requests, Messages, Notifications, Search, and Options. Namun, Anda tidak bisa swipe sehingga Anda harus menyentuh langsung bar tersebut.

Ada teks dan tombol yang umumnya lebih besar, yang ditujukan untuk perangkat dengan layar resolusi rendah. Masih terlihat semi modern dengan warna putih berlatar belakang abu-abu, dimana tidak ada efek bayangan nyata di belakangnya.

Di panel notifikasi di bagian bawah, Anda dapat melihat bahwa versi Lite tidak menampilkan foto profil siapa pun, namun memilih gambar kecil dan beresolusi rendah untuk menunjukkan apakah seseorang menyukai atau mengomentari sesuatu. Satu-satunya hal yang sedikit off adalah bahwa tidak ada batas antara pemberitahuan dan sisi layar, membuatnya terasa squished.

Menggulir aplikasi Lite terasa menyebalkan daripada menggulir melalui Facebook biasa. Jelas bahwa mereka membuat beberapa potongan agar bisa berfungsi dengan baik pada perangkat dengan RAM rendah dan daya CPU rendah. “Fitur” lainnya telah dihapus, seperti browser dalam aplikasi Facebook yang sering dinonaktifkan orang. Namun secara keseluruhan, aplikasi ini tentunya bisa digunakan, meskipun sedikit kurang mulus dibanding aplikasi Facebook biasa.

Keamanan dan Privasi

Facebook pasti menyukai informasi Anda, dan Anda ingin memastikan bahwa mereka tidak hanya menyerahkannya kepada semua orang. Baik untuk pemula, mereka memiliki alat online sehingga Anda dapat memverifikasi setelan privasi Anda, namun setelah melakukannya, bukan ide buruk untuk melihat izin yang dimiliki aplikasi seluler di perangkat Anda. Beberapa orang menganggap izin aplikasi Facebook biasa menjadi sedikit invasif.

Lihat juga:  Pilih Mana: Bukalapak atau Shopee?

Perbedaan utama dari segi ini ialah Facebook biasa memiliki izin untuk mengatur dan mengubah wallpaper, mengubah pengaturan audio, membaca atau mengubah pengaturan sinkronisasi, dan memperluas atau menciutkan status bar. Jadi tidak ada yang terlalu dramatis.

Pada dasarnya, jika izin Facebook biasa terlalu invasif untuk Anda, Facebook Lite mungkin juga begitu. Perlakuan tepat untuk menghindari perizinan adalah hanya untuk mengakses situs mobile Facebook melalui browser favorit Anda, dan untuk keamanan lebih, akses Facebook melalui Tor. Namun, jika Anda juga menggunakan fitur perpesanan Facebook, ada aplikasi lain yang harus Anda pertimbangkan yaitu Facebook Messenger. Yang paling menonjol di sini adalah Messenger memiliki izin untuk mengirim pesan SMS, dan jika itu membuat Anda khawatir, maka yakinlah bahwa Facebook Lite memang memiliki fitur olahpesan built-in.

Pesan

Karena Facebook Lite menyertakan fitur perpesanan, beberapa orang mungkin cenderung mendownloadnya alih-alih mendownload combo Facebook + Messenger. Beberapa waktu lalu, Facebook memutuskan untuk memaksa semua pengguna aplikasinya mendownload Messenger jika mereka ingin terus menggunakan layanan pesan. Tapi jika Anda akan beralih ke Facebook Lite, Anda perlu mengingat jika Facebook Lite diperuntukkan untuk pengguna yang minim data sehingga jelas jika layanan pesan mereka tidak semenarik Messenger milik Facebook biasa. Gelembung pesan lebih ketat dan tidak termasuk cap waktu atau tanda terima baca. Tapi fitur messaging utamanya masih ada. Jika Anda menemukan memori Messenger terlalu membengkak, Lite mungkin aplikasi perpesanan yang Anda cari.

Dan jika Anda penggemar stiker Facebook yang terlihat sangat menggemaskan, Anda akan dengan senang hati tahu bahwa bahkan versi Lite turut mendukungnya. Namun, memang tidak sebanyak Facebook biasa. Anda akan memiliki akses ke sejumlah emoji dan daftar stiker yang sangat acak. Ini fungsional, tapi tidak terlalu hebat.

Bagaimana cara mendownload Facebook Lite?

Facebook Lite saat ini diluncurkan di seluruh wilayah Asia, Amerika Latin, Afrika, dan Eropa. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan dapat terlihat oleh semua orang, namun jika Anda tidak berada di salah satu negara yang dipilih Facebook, Anda akan melihat pesan yang mengatakan: “Aplikasi ini tidak kompatibel dengan semua perangkat Anda.”

Jika Anda tidak berada di salah satu negara di mana Lite tersedia secara resmi melalui Play Store, Anda masih dapat mendownloadnya melalui situs web pihak ketiga dan memasukkannya ke perangkat Anda. Versi yang paling banyak digunakan adalah versi 1.10.0.55.128, namun pastikan untuk mendownload versi terbaru yang ada dan periksa kembali secara teratur untuk mendapatkan update secara rutin.

Facebook LiteFacebook Biasa
- Dapat diinstal untuk ponsel dengan memory penyimpanan yang kecil- Membutuhkan memory penyimpanan yang besar
- Stiker dan emoji yang tersedia cukup terbatas- Stiker dan emoji tersedia sangat bervariasi
- Lebih irit dan hemat kuota internet dan memory- Meskipun tidak seirit facebook lite, namun Anda dapat menikmati layanan facebook dengan maksimal

Mana yang kamu pakai?

Dari penjelasan di atas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa Facebook Lite merupakan Facebook versi ‘hemat’ dari Facebook reguler, yang tentunya memiliki keterbatasan dalam hal-hal tertentu. Namun Facebook Lite juga memiliki banyak kelebihan, salah satunya menghemat kuota, data, serta memori diperangkat Anda. Jadi, bagi yang memiliki ponsel dengan speksifikasi low-end, Facebook Lite adalah pilihan yang tepat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Facebook Lite vs Facebook Biasa

VS

Leave a Reply