Layanan

Pilih Mana: Fedex atau DHL?

Perkembangan ekonomi yang semakin pesat menjadi salah satu faktor usaha-usaha kecil dan menengah semakin tumbuh dan berkembang. Usaha-usaha ini juga tidak hanya membutuhkan hubungan lokal saja, tetapi juga hingga luar negeri. Untuk menunjang hal ini, seseorang membutuhkan jasa pengiriman internasional yang dapat menjadi media untuk mengantarkan atau mengirimkan barang hingga ke luar negeri. Dua jasa pengiriman internasional yang dapat Anda pakai yaitu Fedex dan DHL. Manakah jasa pengiriman yang baik untuk Anda? Fedex atau DHL?

Fedex merupakan jasa pengiriman yang berbasis di US dan didirikan pada 1997. Fedex telah memiliki jaringan yang sangat luas sehingga mudah bagi Anda untuk mengirimkan barang hingga ke daerah terpencil. Sedangkan DHL merupakan jasa pengiriman yang berbasis di Jerman yang telah didirikan terlebih dahulu, yakni tahun 1969.

Fedex

Fedex Corporation (Fedex) merupakan salah satu jasa pengiriman internasional yang bermarkas di US. Fedex didirikan pada tanggal 2 Oktober 1997. Fedex merupakan sebuah perusahaan yang bisnis utamanya adalah mengirimkan barang ke hampir seluruh belahan dunia. Fedex dapat semakin berkembang karena didukung oleh pengetahuan yang mendalam dan teknologi yang canggih di bidang barcode, komunikasi nirkabel, manajemen jaringan, dan program linear mereka. Baca juga Pilih Mana: J&T atau JNE?

Kelebihan Fedex

Berikut beberapa kelebihan Fedex yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Jaringan Besar

Salah satu keunggulan Fedex adalah telah memiliki jaringan yang sangat besar. Jaringan Fedex telah berkembang di 220 negara dan berbagai kawasan. Jaringan Fedex di Amerika Serikat dan Eropa sampai kini belum ada tandingannya. Saat ini telah terdapat jaringan intra regional yang paling ekstensif di industri ini. Jaringan tersebut adalah jaringan AsiaOne milik Fedex. Jaringan ini menghubungkan 22 kota besar Asia dengan 400 penerbangan perminggu. Dengan memiliki banyak pusat distribusi, Anda dapat dengan mudah memroses pengiriman barang ke alamat tujuan.

  • Status Barang yang Dikirim Bisa Dilacak

Kelebihan lain yang dimiliki Fedex adalah Anda dapat melacak status atau keberadaan barang yang Anda kirimkan. Dengan teknologi canggih yang dimiliki Fedex, Anda dapat memantau keberadaan barang Anda tanpa perlu merasa khawaitr.

  • Pelanggan Dapat Mengambil Keuntungan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki Fedex adalah Anda dapat mengambil keuntungan dari pasar internasional karena Fedex menggunakan IT. Fedex memang dikenal memiliki teknologi yang canggih, baik dibidang komunikasi nirkabel, barcode, manajemen jaringan, dan sebagainya yang dapat membantu pelanggan juga bisa mendapatkan keuntungan.

Kekurangan Fedex

Berikut beberapa kekurangan Fedex yang perlu Anda ketahui:

  • Biaya yang Harus Dikeluarkan Relatif Mahal

Salah satu kekurangan Fedex adalah biaya yang harus Anda keluarkan relatif mahal. Bila Anda melakukan pengiriman dari luar negeri, Anda memang akan mendapatkan harga murah dan diskon. Namun saat paket telah tiba di Indonesia, Anda akan dihubungi staf Fedex yang membicarakan masalah pembayaran dan biasanya meminta anda untuk membayar biaya pajak, administrasi dan fee dimuka, sebelum barang anda diterima. Penerima paket Fedex dipastikan selalu dikenai biaya. Minimal anda akan dikenai biaya handling (pengantaran). Hal ini berbeda dengan DHL yang bisa saja menerima barang tanpa dikenakan biaya handling.

  • Pelayanan Masih Kurang Optimal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Fedex adalah pelayanan customer service yang kurang optimal. Anda akan mendapatkan pelayanan yang kurang baik dan tidak akan mendapatkan pelayanan yang responsif saat Anda mengalami keluhan atau kendala terhadap Fedex. Masalah yang Anda dapatkan tidak ditanggapi dan tidak segera diselesaikan oleh staff Fedex. Anda juga kadang tidak menerima alasan mengapa terjadi keterlambatan kedatangan barang.

  • Kadang Terjadi Kenaikan Tarif Sepihak

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Fedex adalah, kadang Anda akan terkejut dengan adanya kenaikan harga yang tidak Anda ketahui. Meskipun tanpa sepengetahuan dan tanpa persetujuan, Anda tetap harus membayar tarif atau biaya yang dibebankan tersebut.

Kelebihan FedexKekurangan Fedex
- Memiliki jaringan yang besar- Biaya yang harus dikeluarkan relatif mahal
- Status barang yang dikirim bisa dilacak- Pelayanan masih kurang optimal
- Pelanggan dapat mengambil keuntungan- Kadang terjadi kenaikan tarif sepihak
Lihat juga:  Pilih Mana: Lazada atau Bukalapak?

DHL

DHL merupakan perusahaan multinasional dalam bidang kurir ekspres dan logistik yang bermarkas di Jerman. Perusahaan ini didirikan tahun 1969 oleh Adrian Dalsey, Larry Hillblom, dan Robert Lynn.

Kelebihan DHL

Berikut beberapa kelebihan DHL yang perlu Anda ketahui:

  • Memberikan Pelayanan yang Baik

Salah satu kelebihan DHL adalah memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggannya. Anda akan dilayani dengan sangat baik. Anda juga akan diberikan saran saat akan melakukan pengiriman barang. Selain itu, pihak DHL Express memberikan pelayanan berupa saran untuk pengiriman yang sesuai dengan barang yang akan Anda kirim ke luar negeri. Beberapa layanan pengiriman yang ditawarkan oleh DHL Express adalah pengiriman barang ke daerah-daerah terpencil yang ada di luar negeri, mengirim barang tiruan seperti tas, sepatu, pakaian dan sebagainya.

  • Dapat Memilih Kemasan Pengiriman

Kelebihan lainnya yang akan Anda dapatkan, yaitu dapat memilih kemasan pengiriman. Anda dapat memilih sendiri kemasan pengiriman barang. Beberapa pilihan kemasan yang disediakan oleh DHL adalah jenis kemasan Flyer, Jumbo junior box, Small box, Large box, Drawing tube, Express envelope, Bix flyer, Jumbo box, Packing list pouch, Medium box dan express pallet.

  • Memiliki Jaringan yang Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki DHL adalah memiliki jaringan yang besar. DHL yang berbasis di jerman telah memiliki banyak sekali jaringan, mulai dari Asia, Eropa, hingga Afrika. Banyak dan besarnya jaringan ini dapat membantu memudahkan Anda dalam mengirimkan barang ke wilayah tertentu. DHL juga telah memiliki sistem yang modern dengan kemampuan tracking yang cepat.

Kekurangan DHL

Berikut beberapa kekurangan DHL yang perlu Anda ketahui:

  • Biaya yang Harus Dikeluarkan Relatif Mahal

Salah satu kekurangan yang dimiliki jasa pengiriman DHL adalah biaya pengiriman yang harus Anda keluarkan relatif sangat mahal. Meskipun begitu, DHL memiliki pelayanan yang baik. Pihak DHL akan cepat membawa barang Anda ke depan pintu dengan membawa rincian biaya yang harus Anda bayarkan. Jika paket yang anda terima tidak dikenai bea masuk, Anda bisa saja menerima barang tanpa harus membayar biaya handling. Namun meskipun mahal, DHL tidak pernah menaikkan tarif secara sepihak.

  • Regulasi Pengiriman yang Agak Sulit

Kekurangan lain yang dimiliki DHL adalah regulasi pengiriman DHL terbilang cukup sulit. Hal ini dikarenakan DHL telah memiliki sistem yang canggih dan demi menjaga kualitas dan kinerja DHL.

  • Masih Memiliki Risiko Keterlambatan

Meskipun DHL termasuk ke layanan yang bisa dikatakan cepat dan memberikan layanan yang baik. Namun masih ada risiko terjadinya keterlambatan barang yang datang. Dikutip dari Kaskus.co.id bahkan ada pelanggan yang mengeluhkan mengalami keterlambatan hingga 49 hari.

Kelebihan DHLKekurangan DHL
- Memberikan pelayanan yang baik- Biaya yang harus dikeluarkan relatif mahal
- Dapat memilih kemasan pengiriman- Regulasi pengiriman yang agak sulit
- Memiliki jaringan yang besar dan luas- Masih memiliki risiko keterlambatan

Pilih Mana: Fedex atau DHL?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Fedex dan DHL. Untuk kembali mengingatkan Anda, perbedaan tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

FedexDHL
- Berbasis di Amerika Serikat- Berbasis di Jerman
- Memiliki pelayanan yang kurang baik- Memiliki pelayanan yang cukup baik
- Sering terjadi kenaikan harga sepihak- Jarang terjadi kenaikan harga sepihak

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai kedua jasa pengiriman internasional di atas. Dapat diketahui bahwa DHL lebih banyak diminati daripada Fedex. Hal ini dikarenakan pelayanan dari Fedex dinilai kurang baik, dan kadang terjadi kenaikan harga yang tidak ketahui oleh pelanggan, harga tersebut tetap harus dibayar meskipun tidak disepakati. Dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan Fedex dan DHL sama-sama mahal, DHL dinilai lebih baik daripada Fedex.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Fedex vs DHL

VS

Leave a Reply