Pilih Mana: FIFA 17 atau PES 17?

Loading...

Pembahasan persaingan game sepak bola paling populer sejagat raya memang selalu jadi perbincangan yang menarik. Konami yang menghadirkan gameplay khas melalui PES dan EA yang meluncurkan gameplay FIFA. PES 17 dan FIFA 17 merupakan versi penerus dari PES 16 dan FIFA 16. Jika sebelumnya kami pernah membahas versi terbaru 2018, lantas dalam versi 2017 bagus mana FIFA 17 vs PES 17?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat FIFA 17 dan PES 17
– Kelebihan & kekurangan J7 Plus dan PES 17

FIFA 17
FIFA 17 dirilis pertama kali pada 29 September 2016. FIFA 17 beralih ke engine Frostbite EA Digital Illusions CE (DICE) dari mesin grafis sebelumnya, Ignite. Dari mesin terbarunya ini FIFA 17 menampilkan grafis luar biasa di Battlefield 4, Battlefield 1 dan Star Wars: Battlefront.

Kelebihan FIFA 17 yang bisa Anda ketahui:

1. Grafis unggul
Grafik FIFA 17 terlihat lebih nyata, baik itu wajah pemain, bentuk tubuh, keringat, jarsey, lapangan, pencahayaan, dan rumput. Lebih menarik lagi kehadiran pelatih seri FIFA 17 ini hadir di Liga Inggris, lalu adboard lapangan, papan skor, terlihat lebih nyata rasanya seperti liga Inggris nyata yang biasanya ditonton di TV.

2. Mesin Frosbite
Dikutip dari Okezone.com, FIFA 17 lebih mendominasi dan lebih unggul dari kompetitor PES 17 karena tidak ada engine saat ini yang dapat menandingi radang frostbite yang digunakan oleh EASport. Salah satu mesin ini telah diterapkan pada game battlefield, sebuah game yang sangat keren yang membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi.

Loading...

Kekurangan FIFA 17 yang bisa Anda ketahui:
Saat gamer bermain FIFA 17 dan melakukan tendangan bebas, terlihat susah untuk menendang bola layaknya tendangan bola pisang karena tendangannya seperti hanya melintir lurus-lurus terus. Hal ini mungkin adanya pengaruh dari spesifikasi PC atau Joystik-nya yang abal-abal.

PES 17
PES (Pro Evolution Soccer) 17 dirilis pertama kali pada 15 September 2016. PES 17 menggunakan mesin grafis yang sama seperti PES 16 dan juga di dalam game Metal Gear Solid 5: The Pantom Pain yang disebut FOX engine.

Kelebihan PES 17 yang bisa Anda ketahui:

1. Gameplay nyaman
Gaya individual pemain di PES 17 dibuat lebih nyata, sementara FIFA 17 sedikit monoton. Konami benar-benar merevolusi simulasi pertandingan sepak bola di PES 16. Dan mereka melakukannya lebih baik dari PES 17. Mekanika baru dan kontrol first touch-nya benar-benar keren. Setiap pemain bergerak dalam gaya mereka sendiri, sama seperti di dunia nyata. Meskipun pemainnya masih terlihat kaku dan tidak seluwes FIFA 17.

2. Sempurna melakukan tendangan
PES 17 lebih sempurna dalam melakukan tendangan, baik itu tendangan bola mati, dan tendangan sudut. Misalnya tendangan bola mati PES 17 lebih bisa dikendalikan bolanya sehingga disinilah bola pisang terjadi dan begitu nyata, tetapi tendangan penaltinya terasa jenuh dan kurang nyata.

Kekurangan PES 17 yang bisa Anda ketahui:
Walau unggul pada beberapa hal, namun kabarnya banyak penggemar PES yang bermigrasi ke FIFA. Ini mungkin lantaran grafis dan engine FIFA yang unggul sehingga dapat menampilkan sosok pemain bola yang persis sama dengan aslinya.

Pilih Mana: FIFA 17 atau PES 17?

FIFA 17PES 17
Grafis– Lebih unggul– Biasa saja
Mesin– Frosbite engine– FOX engine
Harga– Lebih mahal dan tidak ada bajakan– Cenderung terjangkau

Kesimpulan
Yang pasti setiap game ada kelebihan dan kekurangan yang lebih menonjol, karena dari segi grafis dan game play ternyata keduanya beda tipis, dan sangat layak untuk dimainkan. FIFA 17 membutuhkan PC spesifikasi lebih tinggi, berbeda dari PES 17. Dari segi harga jelas FIFA 17 lebih mahal daripada PES 17 karena FIFA 17 sampai saat ini tidak ada versi bajakan, berbeda dengan PES 17. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

FIFA 17 vs PES 17

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *