Layanan

Pilih Mana: First Media atau Biznet?

Saat ini, Di kota-kota besar sangat membutuhkan koneksi internet karena internet sudah menjadi kebutuhan primer, tidak hanya bagi pelaku bisnis tetapi dari segala kalangan. Oleh sebab itu banyak produsen yang berlomba menghadirkan berbagai provider internet yang menawarkan performa yang jempolan contohnya, First Media dan Biznet.

Kedua Provider tersebut menjadi pesaing dalam bidang telekomunikasi dan multimedia, Terutama dari penyedia jaringan internetnya. Untuk melihat lebih lanjut perbedaan antara First Media dan Biznet, kami akan membahasnya pada artikel dibawah ini. Stay tune!

First Media

PT Link Net Tbk (LINK) dengan merek First Media, pemimpin di industri penyedia TV kabel dan High Speed Broadband Cable Internet terus konsisten menyediakan layanan berkualitas bagi pelanggan. Penetrasi TV berbayar serta akses ke fixed broadband internet yang masih rendah membuat industri ini memiliki potensi yang sangat baik. Baca juga Pilih Mana: Biznet atau IndiHome?

First Media merupakan sebuah layanan yang berada di bawah naugan PT Safira Ananda, sebuah perusahaan yang juga membawahi banyak berita yang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanannya dan memperbanyak akses masyarakat ke jaringan First Media. 
Pilihan Paket Harga per bulan (September 2019)
Metronet 1 + 30 MbpsRp. 960,000
Biznet Home Internet 1A Up To 50MbpsRP. 300.000
Biznet Home Internet 2A Up To 100Mbps Rp. 450.000
Biznet Home Gamers 3A Up To 100 Mbps Rp. 600.000

Kelebihan First Media

  • Harga dan kebijakan lebih stabil
    Kelebihan yang dimiliki oleh First Media adalah selalu komitmen terhadap pelanggannya. First Media telah dikenal bahwa mampu memberikan layanan yang sesuai dengan apa yang ditawarkan pada awalnya. Dengan demikian, kalian akan mendapatkan apa yang telah disepakati pada awalnya.
  • Pelayanan CS lebih responsif, dengan penanganan masalah yang lebih cepat
    Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh First Media adalah memiliki layanan customer service yang lebih responsif dibandingkan dengan layanan customer service yang dimiliki oleh Indihome. Dengan demikian, Anda bisa menyampaikan keluhan dengan nyaman.
  • Tayangan yang ditampilkan telah full HD
    Kelebihan lain yang dimiliki oleh First Media yaitu mampu memberikan tayangan atau tampilan yang telah full HD. Dengan demikian, Anda bisa menonton dengan maksimal karena pada First Media tidak rebutan bandwidth. Selain itu, First Media juga memiliki internet yang stabil dan jarang memiliki gangguan teknis.

Kekurangan First Media

  • Area jangkauan masih terbatas. Umumnya hanya disekitar kota-kota besar
    Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh First Media adalah memiliki jangkauan yang cukup terbatas. Area jangkauan fiber optik yang dimiliki Firs Media ini hanya bisa didapati di kota besar. Jika Anda berada jauh dari kota besar, lokasi Anda akan lebih sulit untuk dijangkau menggunakan fiber optik.
  • Harga cukup mahal
    Kekurangan lain yang dimiliki oleh First Media adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal. Namun, meskipun lebih mahal, tapi First Media memiliki kualitas yang sangat baik. Tidak hanya itu, jika Anda menggunakan full fiber, maka harga yang ditawarkan juga menjadi lebih mahal.
  • Upload dan download speed lambat
    Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh First Media adalah memiliki rasio download dan upload yang relatif kecil. Rasio download dan upload First Media hanya sebesar 2Mbps saja. Namun, jika pengguna jarang mengunggah video atau data lain dalam jumlah yang besar, maka hal ini tidak akan menjadi masalah.

Biznet

Biznet Networks ialah perusahaan yang fokus di bidang telekomunikasi dan multimedia, yang memiliki komitmen untuk membangun infrastruktur modern dengan tujuan mengurangi kesenjangan digital Indonesia dengan negara berkembang lainnya. Biznet memiliki dan mengoperasikan jaringan Fiber Optic tercanggih dan data center terbesar di Indonesia.

Biznet menyediakan layanan telekomunikasi dan multimedia yang lengkap untuk penuhi kebutuhan internet dan cable TV kamu dengan harga yang terjangkau. Customer Care serta Network Operation Center selalu tersedia 24/7, Kamu bisa menghubungi Biznet lewat telepon, email atau live chat.

Kalian akan mendapatkan akses gratis Biznet Wifi dan Biznet Video yang berlaku untuk semua konsumen Biznet Home. Biznet Wifi merupakan layanan akses internet di ruang publik dengan kecepatan sampai 100Mbps, dan Biznet Video yakni portal video-on-demand dimana kamu dapat menyaksikan acara favoritmu di lokasi-lokasi yang mempunyai akses Internet.

Selain itu Biznet juga memiliki layanan Biznet Home Gamers yang merupakan layanan Biznet yang khusus dirancang untuk menjawab kebutuhan gamers dalam bermain game, menawarkan kestabilan jaringan dan kapasitas bandwidth internet yang besar memastikan performa game online tetap optimal.

Pilihan Paket Harga per bulan (September 2019)
Metronet 1 + 30 MbpsRp. 960,000
Biznet Home Internet 1A Up To 50MbpsRP. 300.000
Biznet Home Internet 2A Up To 100Mbps Rp. 450.000
Biznet Home Gamers 3A Up To 100 Mbps Rp. 600.000

Kelebihan Biznet

  • Jarang mengalami gangguan
    Biznet sudah sanggup melakukan traffic shaping dengan bagus dan rapi alhasil tidak ditemui gangguan dikala berselancar di dunia maya.
  • Banyak website yang sudah diblokir
    Sudah ada banyak website yang memiliki konten negatif sudah diblokir sehingga untuk filteringnya amat baik. Perihal ini membuat para orang tua merasa tenang saat anak mereka sedang menggunakan internet untuk kebutuhan mereka.
  • Koneksi cepat
    Dengan paket dan harga yang dipilih, kecepatan koneksi sudah lumayan memuaskan. Walaupun belum mencapai kecepatan maksimum, tetapi para pemakai Biznet dirasa sudah puas sebab kecepatan yang disajikan sesuai dengan harga yang sudah dibayarkan.

Kekurangan Biznet

  • Jaringanya baru tersedia di wilayah tertentu
    Jika kalian para pengguna First Media  yang membutuhkan coverage di area tertentu, sama halnya dengan Biznet. Orang yang ingin menggunakan Biznet harus mengecek terlebih dahulu apakah di wilayahnya sudah ada yang menggunakan Biznet atau belum.
  • Harganya terbilang selangit
    Dengan kualitas koneksi yang sangat cepat, harga yang ditawarkan Biznet pun juga terbilang tinggi. Berbeda dengan kebanyakan provider yang mematok harga tidak terlalu tinggi dengan koneksi yang cukup cepat juga.
  • Bergantung dengan alamat DNS
    Ketergantungan dengan alamat DNS cukup tinggi jadi bila server DNS bermasalah, pasti koneksi akan secara otomatis terputus. Hal ini tentu menjadi kekurangan yang paling disesalkan oleh para pengguna Biznet.

Cara memilih Provider Internet

1. Kebutuhan
Pahami terlebih dahulu kebutuhan yang akan membantu kalian dalam memilih paket internet yang paling tepat. Karena dengan melihat kebutuhan kalian dapat menentukan pertama kali provider mana yang tepat untuk kalian.

2. Lokasi pemasangan
Pastikan jaringan provider tersebut sudah mengcover lokasi Anda, karena percuma saja jika kualitas jaringan bagus namun tidak support di lokasi kalian. Kamu perlu tahu bahwa tidak semua layanan provider broadband bisa menjangkau seluruh lokasi di seluruh Indonesia, mungkin termasuk lokasi kamu.

3. Harga
Pastikan tarif layanannya sesuai dengan kecepatan yang ditawarkan dan bandingkan dengan provider yang lain. Tetapi, harga bukanlah patokan, namun bisa menjadi gambaran untuk kalian dalam memilih.

Dengan mengetahui harganya, kalian dapat mengetahui berapa dana yang harus kamu siapkan untuk kebutuhan internet tiap bulannya. Karena itu, kamu perlu mengecek paket internet yang ditawarkan antarprovider dan juga sesuaikan dengan kebutuhanmu.

4. Perangkat
Kualitas jaringan internet yang baik pastinya harus didukung oleh perangkat yang berkualitas. Oleh sebab itu kalian dapat melihat review dari beberapa pengguna yang telah menggunakannya atau kalian dapat berkonsultasi terhadap staff, seles, maupun teknisi provider karena biasanya saat pemasangan mereka akan ke rumah kita terlebih dahulu.

5. Service
Yang namanya layanan jasa bukan hanya menjual produknya saja namun juga service (pelayanan), pilih provider internet yang memiliki support 24 jam, jadi ketika layanan internet gangguan di malam hari pun akan ada yang menghandle dan memberikan solusi tanpa harus menunggu pagi.

6. Kualitas Jaringan
Ketahui juga kualitas jaringan providernya, Kalian dapat mengetahui dari testimoni pelanggan yang sudah pakai sebelumnya atau review dari mesin pencari.

Pilih Mana: First Media atau Biznet?

First MediaBiznet
Kelebihan- Harga dan kebijakan lebih stabil - Pelayanan CS lebih responsif, dengan penanganan masalah yang lebih cepat - Tayangan yang ditampilkan telah full HD - Jarang mengalami gangguan - Banyak website yang sudah diblokir - Koneksi cepat
Kekurangan- Area jangkauan masih terbatas. Umumnya hanya disekitar kota-kota besar - Harga cukup mahal - Upload dan download speed lambat - Jaringanya baru tersedia di wilayah tertentu - Harganya terbilang selangit - Bergantung dengan alamat DNS

Kesimpulan

Setelah kita membahas First Media dan Biznet dan melihat beberapa kelebihan dan kekurangan dari keduanya. Apakah kalian sudah menentukan mana yang akan kalian pilih? Tentu saja keduanya merupakan provider yang terbaik yang memiliki koneksi yang cepat dengan beberapa kekurangan yang ada. Namun, semuanya tergantung pada kalian yang memilih. Untuk itu sesuaikan provider andalan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

First Media vs Biznet

VS

Leave a Reply