Layanan

Pilih Mana: First Media atau Indihome?

Terdapat banyak penyedia layanan raksasa dengan teknologi fiber yang diklaim mampu memberikan kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan kabel logam. Dua diantaranya ialah First Media dan Indihome. Keduanya merupakan layanan yang menyediakan berbagai tawaran menarik untuk setiap penggunanya. Hal inilah yang menjadi alasan kami untuk membahasnya pada kesempatan hari ini. Lantas, bagus mana First Media atau Indihome? Berikut kelebihan dan kekurangan keduanya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat First Media dan Indihome
– Kelebihan & kekurangan First Media dan Indihome

First Media

First Media merupakan sebuah layanan yang berada di bawah naungan PT Safira Ananda, sebuah perusahaan yang juga membawahi banyak berita. Paket internet First Media menghadirkan paket internet dengan layanan TV kabel. Dengan paket ini, Anda bisa berselancar internet dengan lancar sekaligus bisa menikmati beragam acara TV dengan kualitas standar dan kualitas definisi tinggi. Baca juga Pilih Mana: Indosat atau XL?

Jika membahas harga, tentunya First Media memiliki harga yang beragam sesuai dengan wilayah penggunanya. Namun, perbedaan harga disetiap wilayah tidak terlalu mencolok.

Kelebihan First Media 

1. Menggunakan jaringan fiber optic murni
2. Kecepatan internet tergolong stabil dan lebih baik, jarang mengalami gangguan teknis dan jika ada masalah, Anda cukup menelpon teknisi
3. Pelayanan customer service yang sangat responsif
4. Paket yang ditawarkan sesuai dengan keinginan
5. Selalu komitmen terhadap pelanggan
6. Tayangan dari layanan First Media sudah Full HD
7. Dikutip dari KapanLagi.com, pengguna First Media bisa menonton acara TV tanpa harus berebut remote. Karena First Media bisa digunakan pada 4 TV sekaligus dengan channel yang berbeda-beda.

Kekurangan First Media 

1. Area jangkauan fiber optic-nya hanya ada di kota besar
2. Apabila menggunakan full fiber harga yang ditawarkan tergolong lebih mahal
3. Harganya tergolong lebih mahal namun berkualitas
4. Rasio download dan upload hanya sebesar 2 Mbps. Namun, hal ini tidak menjadi masalah ketika penggunanya jarang menggunggah video atau data besar.

Indihome

Indihome adalah sebuah layanan internet fiber rumahan dari Telkom. Paket yang dihadirkan Indihome merupakan paket pengembangan dari Speedy yang sudah menemani banyak pelanggan. Hanya saja bedanya Indihome merupakan layanan intenet dengan menggunakan kabel logam. Indihome juga terdiri dari layanan telepon rumah dan TV kabel. Oleh sebab itu, Telkom menyebut layanan Indihome sebagai layanan Triple Play.

Jika membahas harga, tentunya Indihome memiliki harga yang beragam sesuai dengan wilayah penggunanya. Dan di beberapa tempat terkadang perbedaan harganya cukup jauh. Khusus paket di bawah kecepatan 10 Mbps, Indihome masih menggunakan kabel logam bukan fiber. Namun, apabila di sekitar tempat Anda banyak yang menggunakan layanan Indihome, maka kabel logam biasanya akan diganti menjadi kabel fiber.

Kelebihan Indihome 

1. Layanan internet berkecepatan tinggi
2. Ada USeeTV sebagai layanan TV kabel
3. Layanan telepon rumah dengan benefit 1000 menit telepon gratis untuk lokal maupun interlokal
4. Ada kemajuan dari jaringan tembaga ke jaringan fiber optic

Kekurangan Indihome 

1. Tidak komitmen pada apa yang dijanjikan
2. Layanan terkadang tidak sesuai dengan permintaan
3. Adanya kebijakan menggunakan kuota
4. Adanya keluhan pelanggan akibat pelayanan teknisinya yang lambat
5. Biasanya harga yang ditawarkan di dalam brosur hanya berlaku satu tahun, sehingga bila sudah lewat dari satu tahun maka bersiap jika nanti biaya tagihan mencapai Rp 500 ribuan.
6. Jika segala fitur digunakan berbarengan, seperti internet, TV dan telepon rumah maka Anda harus bisa menerima apabila bandwith membuat pengeluaran lebih banyak.

Pilih Mana: First Media atau Indihome?

First MediaIndihome
Pelayanan– Pelayanan customer service yang sangat responsif– Pelayanan yang lambat
Harga di setiap wilayah– Berbeda, namun perbedaan harga tidak terlalu jauh– Berbeda, namun perbedaan dari setiap wilayah harganya cukup jauh
Jangkauan– Hanya di wilayah-wilayah tertentu, terutama di kota besar–Mampu menjangkau ke seluruh wilayah berkat dukugan Telkom

Kesimpulan

Jika ditarik kesimpulan keduanya memiliki layanan yang cukup memadai. Akan tetapi Indihome masih tetap menjadi solusi terbaik untuk digunakan oleh keluarga ataupun kantoran. Apalagi, Indihome sudah cukup tersebar luas berkat adanya dukungan dari Telkom. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

First Media atau Indihome

VS

Leave a Reply