Pilih Mana: Fitness atau Aerobik?

Loading...

Selain mengonsumsi makanan yang sehat agar mendapatkan tubuh yang sehat, Anda juga memerlukan aktivitas olahraga. Melakukan olahraga secara rutin telah terbukti dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat dan sehat. Banyak jenis olahraga yang dapat Anda lakukan dengan fungsi yang berbeda-beda. Dua dari banyak jenis olahraga tersebut yaitu fitness dan aerobik. Dari dua jenis tersebut, manakah olahraga yang akan Anda lakukan? Fitness atau aerobik?

Fitness banyak dilakukan oleh orang-orang yang menyukai bentuk tubuh berotot. Olahraga jenis ini memerlukan energi dan beban yang berat. Untuk melakukan fitness, Anda perlu untuk mendaftarkan diri sebagai member terlebih dahulu. Sedangkan aerobik merupakan olahraga yang tidak terlalu membutuhkan energi yang banyak. Dalam prosesnya, aerobik mengutamakan oksigen untuk menghasilkan energi. Untuk melakukan aerobik ini Anda tidak perlu bergabung menjadi member. Anda dapat melakukannya setiap hari-hari libur secara gratis di tempat-tempat tertentu.

Fitness

Fitness merupakan serangkaian aktivitas yang dapat membantu untuk membentuk otot dan kekuatan tulang. Fitness dilakukan pada tempat-tempat gym dan perlu untuk menjadi member. Fitness dilakukan dan dipandu oleh seorang trainer yang telah berpengalaman. Penjelasan mengenai fitness pernah kami bahas sebelumnya pada fitness vs yoga.

Kelebihan Fitness

Berikut beberapa kelebihan fitness yang perlu Anda ketahui:

  • Efektif dalam Membentuk Otot dan Kekuatan Tulang

Bagi Anda yang ingin fokus dalam membentuk otot, membentuk tubuh dan menguatkan tulang, maka fitness merupakan pilihan yang tepat. Fitness menggunakan alat-alat dan memerlukan beban yang memiliki daya atau berat yang dapat memaksimalkan pembentukan otot dan penguatan tulang.

  • Efektif dalam Membakar Lemak

Melakukan fitness secara teratur lebih efektif dalam membakar lemak pada tubuh daripada aerobik. Melakukan fitness lebih unggul 5 kali hingga 7 kali dibandingkan dengan aerobik. Karena itu, fitness lebih cepat membakar lemak daripada aerobik. Hal ini wajar saja mengingat energi yang dibutuhkan saat fitness jauh lebih besar daripada aerobik.

  • Melatih Kekuatan Fisik

Melakukan fitness secara teratur dan berkala juga dapat melatih kekuatan fisik. Jadi selain mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, fitness juga dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat. Dengan demikian, kemampuan Anda dalam mengangkat beban serta kekuatan fisik Anda akan menjadi lebih baik.

Kekurangan Fitness

Berikut beberapa kekurangan fitness yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok untuk Kesehatan Jantung dan Latihan Pernapasan

Fitness merupakan latihan yang lebih cocok untuk membentuk otot dan kekuatan tubuh dan tulang. Namun, kurang cocok untuk kesehatan jantung dan latihan pernapasan. Dalam latihannya fitness tidak membutuhkan oksigen saja untuk menghasilkan energi. Selain itu, fitness tidak dilakukan dengan gerakan cepat sehingga kurang cocok untuk latihan pernapasan.

  • Kemungkinan Cedera Lebih Besar

Kekurangan lain yang dimiliki oleh fitness adalah kemungkinan cedera yang bisa terjadi jauh lebih besar daripada aerobik. Hal ini dikarenakan fitness menggunakan beban yang lebih berat, dan memerlukan energi yang sangat besar. Jadi, kemungkinan terjadinya kecelakaan dan cidera pada fitness jauh lebih besar.

Loading...
  • Adanya Kemungkinan Tubuh Memendek

Kekurangan fitness selanjutnya adalah dapat menyebabkan tubuh menjadi memendek. Dikutip dari Tribunnews.com angkat beban berlebih turut menjadi penyebab pemendekan tubuh. Tanpa angkat beban pun tubuh manusia secara perlahan memendek karena ada tekanan dari gravitiasi bumi. Karena itulah, bagi Anda yang memiliki tubuh yang cenderung pendek seharusnya tidak terlalu sering dalam mengangkat beban.

Kelebihan FitnessKekurangan Fitness
- Efektif dalam membentuk otot dan kekuatan tulang - Kurang cocok untuk kesehatan jantung dan latihan pernapasan
- Efektif dalam membakar lemak- Kemungkinan cedera lebih besar
- Melatih kekuatan fisik- Adanya kemungkinan tubuh memendek

Aerobik

Aerobik merupakan aktivitas kebugaran atau sistem latihan fisik yang diperlukan untuk meningkatkan pemasukan oksigen ke dalam tubuh Anda. Aerobik biasanya dilakukan pada hari-hari libur di tempat-tempat tertentu seperti lapangan. Aerobik ini dipandu oleh beberapa instruktur.

Kelebihan Aerobik

Berikut beberapa kelebihan aerobik yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Memanjangkan Umur

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1986. Disebutkan dari penelitian tersebut bahwa terdapat hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang. Salah satu olahraga yang dapat membantu membuat umur lebih panjang adalah dengan melakukan aerobik secara rutin.

  • Meningkatkan Mood dan Mengurang Stres

Salah satu kelebihan atau manfaat melakukan aerobik ini adalah dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Salah satu olahraga yang dapat mengaktifkan endorfin yang dapat memicu rasa tenang dan sejahtera adalah aerobik. Karena itulah, Anda perlu melakukan aerobik secara teratur agar memiliki emosi yang lebih stabil.

  • Baik untuk Kesehatan Jantung dan Latihan Pernapasan

Latihan aerobik merupakan olahraga yang memiliki fungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, melatih pernapasan serta melancarkan peredaran darah. Aerobik ini merupakan latihan yang memanfaatkan oksigen untuk memberikan energi pada tubuh. Sedangkan fitness atau latihan beban tidak cukup menggunakan oksigen, fitness membutuhkan energi yang jauh lebih besar daripada aerobik.

Kekurangan Aerobik

Berikut beberapa kekurangan aerobik yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Cocok untuk Membentuk Tubuh

Jika Anda menginginkan olahraga yang dapat membentuk otot tubuh dan kekuatan tulang secara maksimal, seharusnya Anda tidak melakukan aerobik. Olahraga yang paling tepat untuk membentuk tubuh, membuat tubuh berotot dan menguatkan tulang adalah fitness. Aerobik tidak memerlukan beban yang lebih banyak daripada fitness sehingga kurang efektif untuk membuat tubuh berotot.

  • Kurang Efektif dalam Membakar Kalori

Dibandingkan dengan fitness, kalori yang dibakar saat melakukan aerobik jauh lebih kecil. Jika latihan aerobik dapat membakar kalori sebesar 75 % maka aerobik dapat membakar kalori sebesar 100 %. Hal ini wajar saja mengingat latihan aerobik tidak terlalu keras dan tidak terlalu menguras energi.

  • Adanya Kemungkinan Cedera

Aerobik merupakan olahraga yang membutuhkan gerakan yang cepat, dan lincah yang akan membuat nafas dan denyut nadi menjadi lebih cepat. Gerakan yang cepat dan lincah ini perlu diperhatikan dengan baik-baik dan dilakukan dengan teliti. Jika Anda melakukannya dengan sembarang, akan ada kemungkinan cedera yang terjadi. Misalnya, terjadi keseleo dan cedera lainnya.

Kelebihan AerobikKekurangan Aerobik
- Dapat memanjangkan umur- Kurang cocok untuk membentuk tubuh
- Meningkatkan mood dan mengurang stres- Kurang efektif dalam membakar kalori
- Baik untuk kesehatan jantung dan latihan pernapasan- Adanya kemungkinan cedera

Pilih Mana: Fitness atau Aerobik?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara fitness dan aerobik. Berikut merupakan rangkuman perbedaan antara keduanya:

FitnessAerobik
- Membutuhkan energi dan beban yang lebih besar- Energi yang dibutuhkan kurang dari energi fitness
- Cocok untuk membentuk otot dan kekuatan tulang- Cocok untuk kesehatan jantung dan latihan pernapasan
- Membakar lemak lebih banyak- Membakar lemak sedikit daripada fitness

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai fitness dan aerobik di atas. Tidak dapat disimpulkan olahraga mana yang lebih baik untuk dilakukan. Lebih baik atau tidaknya tergantung dari tujuan Anda dalam melakukan olahraga. Jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bagus dan berotot serta membentuk kekuatan tulang, maka lebih baik untuk Anda melakukan fitness. Tapi, jika Anda hanya ingin mendapatkan tubuh yang bugar, atau ingin menyehatkan jantung dan melatih pernapasan, maka olahraga yang lebih baik untuk Anda lakukan adalah aerobik. Jika dilihat dilihat dari kemungkinan cedera, kemungkinan cedera saat melakukan fitness lebih besar daripada cedera yang mungkin terjadi saat aerobik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Fitness vs Aerobik

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *