KesehatanOlahraga

Pilih Mana: Fitness atau Jogging?

Sudah jelas bahwa rutin berolahraga, maka tubuh akan terasa lebih fit dan segar. Oleh sebab itu jika kalian ingin mendapatkan tubuh yang sehat kalian wajib rutin berolahraga, tidak perlu takut dan malas berolahraga karena saat ini olahraga banyak membuat variasi yang membuat kalian enjoy ketika olahraga. Kali ini akan kita bahas mengenai olahraga yang sudah tidak asing dan bisa dijumpai di manapun dan juga bisa dilakukan sendiri yaitu Fitness atau Jogging. Dan agar kalian mengetahui manfaat dari kedua olahraga tersebut di bawah ini ya..

Fitness

Fitness merupakan aktivitas fisik yang membawa berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat fitness tidak hanya membuat tubuh jadi bugar, tetapi juga turut berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Banyak orang yang melakukan fitness dengan tujuan utama untuk menurunkan berat badan. Tetapi perlu kalian ketahui banyak manfaat lain dari jogging tersebut. Baca juga Pilih Mana: Treadmill atau Jogging?

Manfaat Fitness

Meningkatkan percaya diri
Penurunan berat badan, otot yang semakin terbentuk dan lemak tubuh yang semakin terkikis merupakan manfaat fitness di gym yang dapat Anda peroleh. Perubahan bentuk tubuh ini tentu dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih menarik sehingga Anda dapat tampil lebih percaya diri.

Memelihara kesehatan mental
Manfaat fitness tidak hanya untuk kesehatan fisik semata, tetapi juga baik untuk kesehatan mental. karena, dengan melakukan latihan fisik, hormon serotonin yang terdapat di otak akan mengalami peningkatan, sehingga mampu membuat kinerja otak atau kejernihan mental mengalami peningkatan.

Fitness sebagai pilihan olahraga juga dapat membantu mengurangi stres. Hal ini dapat bermanfaat terhadap kinerja seseorang di aktivitas sehari-hari Seseorang yang aktif melakukan aktivitas fisik dan olahraga, cenderung lebih produktif di tempat kerja.

Terhindar dari berbagai macam penyakit
Aktivitas fisik seperti fitness yang dilakukan secara rutin mampu mengurangi risiko terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, kanker usus besar, kanker payudara, depresi, demensia, dan osteoarthritis.

Sebuah studi memberitahukan  bahwa wanita berusia 45 tahun ke atas yang kerap melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan cepat, lebih dari dua jam dalam seminggu memiliki risiko 33% lebih kecil untuk terkena stroke dibandingkan mereka yang tidak melakukannya.

Detoksifikasi
Selain untuk membentuk fisik dan kekuatan, program fitnes yang dijalani secara teratur akan membantu proses detoksifikasi alias pengeluaran racun dari tubuh. Normalnya, racun dalam tubuh dikeluarkan melalui beberapa proses alami seperti urine, ludah dan nafas. Fitness akan membantu meningkatkan kualitas pernapasan sehingga kinerja ginjal akan semakin baik sekaligus melancarkan proses detoksifikasi

Meningkatkan Konsentrasi
Menurunnya daya konsentrasi dan ingatan dipengaruhi oleh umur yang bertambah. Tapi masalah tersebut bisa diatasi dengan menyeimbangkan latihan fisik dalam program fitnes. Tubuh yang bugar dan terlatih dengan baik akan terbebas dari risiko penurunan konsentrasi. Sebab Anda akan terbiasa dengan jadwal yang ketat tapi santai, sekaligus bisa melatih fokus. Anda juga dapat mengikuti kelas fitness di Celebrity Fitness yang cabangnya sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Jogging

Jogging di pagi hari merupakan kebiasaan sehari-hari bagi beberapa orang. Ini adalah olahraga santai yang memungkinkan Anda berolahraga tanpa tegang dan dapat dilakukan dimanapun.

Jogging adalah salah satu bentuk latihan sederhana yang dapat dilakukan oleh semua golongan usia. Olahraga ini bermanfaat baik bagi kesehatan otak dengan melepaskan endorfin yang dapat membantu menenangkan stres.

Tidak hanya itu, jogging ternyata bisa meningkatkan kapasitas paru-paru sekaligus meningkatkan kadar kolesterol darah. Sebuah data mengungkapkan bahwa jogging secara teratur dapat meningkatkan harapan hidup lima sampai enam tahun pada pria dan wanita, bisa dikatakan panjang umur.

Jika Anda ingin tetap bugar secara fisik agar pikiran dan tubuh Anda tetap segar dan juga mengurangi kalori. Anda bisa mencoba jogging di sekitar rumah Anda. Dan harus dilakukan secara rutin.

Manfaat Jogging

Melawan Diabetes
Diabetes melitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah/glukosa yang tinggi. Dalam batas normal, glukosa bisa menjadi sumber energi bagi otak dan juga sel-sel yang membentuk otot serta jaringan tubuh.

Diabetes pada anak muda biasanya disebabkan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Makan sembarangan, jarang berolahraga, dan jam tidur yang tidak teratur. Salah satu cara untuk mencegahnya yakni dengan jogging.
Tidak hanya bisa mencegah diabetes, mereka yang sudah terlanjur terkena diabetes juga bisa menjaga tingkat gula darah mereka agar tidak tinggi dengan rutin jogging.

Kekebalan Tubuh Meningkat
Dengan rutin jogging, kalian bisa lebih sulit terserang penyakit. Itu karena jogging bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika kalian jogging, sel darah putih dan anti bodi yang berfungsi melawan bakteri, memiliki sirkulasi yang lebih baik dan cepat. Ini bisa membantu lebih cepat dalam mendeteksi penyakit.

Pernafasan Semakin Bagus
Dengan melakukan jogging, pertukaran udara yang terjadi di dalam paru-paru menjadi lebih cepat dan efisien. Volume paru-paru otomatis juga semakin bertambah karena oksigen yang dibutuhkan ketika melakukan jogging juga bertambah. Paru-paru juga membuat lebih banyak alveolus dimana alveolus menjadi tempat pertukaran gas.

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Salah satu olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan jantung adalah dengan jogging. Dari hasil studi yang dilakukan, orang yang rajin olahraga dan jogging, memiliki kondisi jantung yang lebih sehat. Oleh American Heart Association, disarankan untuk melakukan jogging secara rutin setiap hari selama 150 menit. Dengan melakukan jogging, resiko terkena penyakit jantung semakin kecil.

Pilih Mana: Fitness atau Jogging?

Fitness Jogging
Kelebihan - Melatih tubuh menjadi atletis - Dapat menjaga kesehatan - Membentuk tubuh menjadi indah- Tidak perlu mengeluarkan biaya - Membuat jantung menjadi sehat - Lebih mudah mendapatkan vitamin D dari matahari
Kekurangan - Perlu mengeluarkan biaya yang lumayan - Membutuhkan pelatih yang berpengalaman jika tidak akan menimbulkan cedera otot- Otot dingin dan kaku pada pagi hari rentan cedera, jadi wajib pemanasan terlebih dahulu - Lebih sulit melaksanakan karena temperatur tubuh masih rendah dan tubuh masih belum siap untuk melaksanakan aktivitas pada pagi hari.

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa kedua olahraga tersebut mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Hanya saja caranya yg digunakan berbeda. Jika kalian termasuk orang yang senang melakukan olahraga simple kalian dapat memilih Jogging. Dan jika kalian ingin berolahraga membentuk otot dan punya misi yang lain untuk memperbagus bentuk tubuh Fitness dapat menjadi solusinya.
Fitness

Leave a Reply