Olahraga

Pilih Mana: Fitness atau Senam?

Salah satu nasihat hidup yang sering kita dengar adalah anjuran untuk melakukan olahraga. Olahraga memang memiliki peran yang sangat penting dalam membantu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Banyak ragam olahraga yang dapat Anda lakukan, di antaranya yaitu fitness dan senam. Dari dua jenis olahraga tersebut, manakah yang paling Anda minati? Fitness atau senam?

Fitnes dan senam merupakan olahraga yang sama-sama dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Fitness merupakan olahraga yang termasuk ke dalam jenis berat. Hal ini dikarenakan Anda memerlukan banyak sekali energi saat melakukan fitness. Sedangkan senam termasuk ke dalam jenis olahraga yang ringan. Hal ini dikarenakan gerakan-gerakan pada senam tidak terlalu berat meskipun harus cepat.

Fitness

Fitness merupakan olahraga yang pada umumnya terkenal sebagai cara efektif untuk membentuk otot tubuh. Selain dapat membentuk otot, fitness juga efektif untuk menguatkan tulang. Fitness dilakukan pada ruangan gym karena membutuhkan banyak peralatan, sehingga tidak bisa digunakan pada ruangan terbuka. Fitness dilakukan dan dipandu oleh seorang trainer yang telah berpengalaman. Baca juga Pilih Mana: Fitness atau Aerobik?

Kelebihan Fitness

Berikut beberapa kelebihan fitness yang perlu Anda ketahui:

  • Efektif dalam Membentuk Otot dan Kekuatan Tulang

Bagi Anda yang ingin fokus dalam membentuk otot, membentuk tubuh dan menguatkan tulang, maka fitness merupakan pilihan yang tepat. Fitness menggunakan alat-alat dan memerlukan beban yang memiliki daya atau berat yang dapat memaksimalkan pembentukan otot dan penguatan tulang.

  • Efektif dalam Membakar Lemak

Melakukan fitness secara teratur lebih efektif dalam membakar lemak pada tubuh daripada senam. Hal ini dikarenakan energi yang digunakan saat melakukan senam lebih sedikit daripada energi yang digunakan saat melakukan latihan fitness.

  • Memungkinkan untuk Dilakukan Secara Teratur

Salah satu kelebihan fitness adalah adanya kemungkinan Anda melakukan olahraga secara teratur. Hal ini dikarenakan Anda telah menjadi member dan telah memiliki jadwal khusus untuk melakukan fitness. Dengan demikian, Anda berkemungkinan untuk melakukan olahraga lebih teratur.

Kekurangan Fitness

Berikut beberapa kekurangan fitness yang perlu Anda ketahui:

  • Harus Menjadi Member Terlebih Dahulu

Salah satu kekurangan fitness adalah Anda diharuskan mendaftar menjadi member terlebih dahulu agar bisa dipandu dalam melakukan latihan fitness. Untuk menjadi member, Anda diperlukan untuk mengeluarkan dana sesuai yang telah ditetapkan. Sedangkan untuk melakukan senam, Anda tidak perlu mendaftar menjadi member dan dapat melakukannya secara gratis.

  • Tidak Menghirup Udara Segar Saat Berolahraga

Saat Anda melakukan fitness, Anda melakukannya di tempat gym yang merupakan sebuah ruangan, bukanlah di lapangan terbuka seperti senam. Ruangan tertutup biasanya jauh dari udara segar. Olahraga di ruangan terbuka dapat membuat Anda lebih rileks dan membuat lebih santai. Senam dapat dilakukan di dalam ruangan juga di lapangan atau di luar ruangan.

  • Kemungkinan Cedera Lebih Besar

Kekurangan lain yang dimiliki oleh fitness adalah kemungkinan cedera yang bisa terjadi jauh lebih besar daripada senam. Hal ini dikarenakan fitness menggunakan beban yang lebih berat, dan memerlukan energi yang sangat besar. Jadi, kemungkinan terjadinya kecelakaan dan cedera pada fitness jauh lebih besar. Dikutip dari Hellosehat.com terdapat beberapa penyebab cedera yang mungkin tidak Anda sadari seperti, mengangkat beban terlalu berat, melakukan hal yang sama berulang-ulang, melewatkan pemanasan dan sebagainya.

  • Adanya Kemungkinan Tubuh Memendek

Kekurangan fitness selanjutnya adalah dapat menyebabkan tubuh menjadi memendek. Mengangkat beban berlebih turut menjadi penyebab pemendekan tubuh. Tanpa angkat beban pun tubuh manusia secara perlahan memendek karena ada tekanan dari gravitasi bumi. Karena itulah, bagi Anda yang memiliki tubuh yang cenderung pendek seharusnya tidak terlalu sering dalam mengangkat beban.

Kelebihan FitnessKekurangan Fitness
- Efektif dalam membentuk otot dan kekuatan tulang- Harus menjadi member terlebih dahulu
- Efektif dalam membakar lemak- Tidak menghirup udara segar saat berolahraga
- Memungkinkan untuk dilakukan secara teratur- Adanya kemungkinan tubuh memendek

Senam

Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang membutuhkan performa gerakan. Gerakan yang dilakukan membutuhkan, kecepatan, kekuatan serta gerakan fisik yang teratur dan serasi. Senam termasuk ke dalam jenis olahraga yang ringan dan menyenangkan.

Kelebihan Senam

Berikut beberapa kelebihan senam yang perlu Anda ketahui:

  • Merupakan Olahraga yang Menyenangkan

Selain berfungsi untuk membakar membakar kalori dan lemak. Senam merupakan jenis olahraga yang tidak berat dan menyenangkan. Anda dapat melakukan olahraga ini tanpa harus merasakan sakit mengangkat beban atau merasakan ngilu pada persendian karena terlalu dipaksakan. Olahraga ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga, pasangan, atau teman-teman.

  • Membantu Meningkatkan Stamina

Salah satu kelebihan senam adalah dapat membantu meningkatkan stamina. Saat Anda melakukan olahraga termasuk senam, kadar oksigen di dalam darah meningkat dan kerja jantung menjadi lebih efisien. Efek positifnya, Anda akan menjadi lebih berenergi dan bersemangat yang tentunya mendukung aktivitas dan kesibukan harian.

  • Sebagai Sarana Bersosialisasi

Kelebihan lainnya dari olahraga senam ini adalah dapat pula dijadikan sebagai sarana bersosialisasi. Senam dapat dilakukan di dalam ruangan juga di lapangan pada hari-hari libur. Anda dapat bertemu dengan dengan orang-orang baru yang juga memiliki kegemaran yang sama dalam melakukan senam. Dengan demikian, Anda dapat bersosialisasi dengan orang-orang baru dan menghirup udara segar yang akan membuat otak menjadi lebih rileks.

  • Dapat Membuat Menjadi Bahagia

Senam dapat tingkatkan pelepasan hormon endorphine yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan membantu mengurangi stress. Selain itu, mereka yang rutin berolahraga juga diketahui memiliki kualitas tidur yang lebih baik karena lebih lelap. Tidur malam yang lelap jelas penting untuk membuat mood Anda lebih baik esok harinya.

Kekurangan Senam

Berikut beberapa kekurangan senam yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Efektif Membentuk Otot

Salah satu kekurangan senam adalah kurang efektif untuk membentuk otot tubuh. Hal ini dikarenakan senam tidak mengeluarkan energi yang terlalu banyak seperti fitness. Selain itu, senam juga tidak menggunakan alat bantuan yang dikhususkan untuk bisa membentuk otot.

  • Kurang Efektif Membakar Kalori

Melakukan senam memang akan membuat berkeringat dan membakar kalori. Namun, kalori yang dibakar dengan cara melakukan senam lebih sedikit daripada kalori yang dibakar dengan cara melakukan fitness. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, hal ini juga dikarenakan energi yang dikeluarkan saat Anda melakukan senam lebih kecil daripada energi yang akan Anda keluarkan saat melakukan senam.

  • Masih Ada Kemungkinan Cedera

Setiap olahraga memiliki kemungkinan cedera, termasuk saat melakukan senam. Cedera dapat terjadi jika Anda tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu. Namun, kemungkinan cedera ini relatif lebih kecil dan cedera yang terjadi bukan pula cedera serius.

Kelebihan SenamKekurangan Senam
- Merupakan olahraga yang menyenangkan - Kurang efektif membentuk otot
- Membantu meningkatkan stamina - Kurang efektif membakar kalori
- Sebagai sarana bersosialisasi - Masih ada kemungkinan cedera

Pilih Mana: Fitness atau Senam?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara fitness dan senam. Berikut merupakan rangkuman perbedaan antara keduanya:

FitnessSenam
- Membutuhkan alat bantu- Tidak membutuhkan alat bantu
- Perlu mendaftar sebagai member- Tidak perlu mendaftar sebagai member
- Efektiff untuk membentuk otot- Kurang efektif membentuk otot

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas telah diketahui bahwa dua olahraga ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda perlu menyesuaikan kebutuhan Anda kemudian baru menentukan jenis olahraga yang Anda pilih. Fitness merupakan olahraga yang cocok bagi Anda yang memang benar-benar serius untuk membentuk otot, membakar lemak serta menguatkan tulang. Sedangkan senam dapat Anda pilih jika Anda menyukai olahraga yang tidak terlalu berat namun tetap bisa menyehatkan dan membakar kalori.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Fitness vs Senam

VS

Leave a Reply