Olahraga

Pilih Mana: Fitness atau Yoga?

Selain dapat menyehatkan dan memberikan kebugaran pada tubuh. Beberapa jenis olahraga juga memiliki banyak manfaat lain. Dua olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh adalah fitness dan yoga. Dari dua jenis olahraga ini, manakah yang paling baik untuk Anda lakukan? Fitness atau yoga?

Fitnes dan yoga merupakan olahraga yang dapat memberikan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh. Selain baik untuk kebugaran tubuh, fitness merupakan olahraga yang dapat menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin memiliki tubuh yang berbentuk. Sedangkan yoga merupakan aktivitas yang umumnya dilakukan untuk memberikan relaksasi pada tubuh.

Fitness

Fitness merupakan latihan fisik yang dapat membantu untuk membentuk otot-otot tubuh serta membentuk kekuatan fisik. Untuk mendapatkan tubuh yang berbentuk, Anda perlu melalukan fitness secara rutin dan berkala. Baca juga: treadmill vs jogging.

Kelebihan Fitness

Berikut beberapa kelebihan fitness yang perlu Anda ketahui:

  • Membantu Membakar Lemak

Apapun jenis olahraga yang dilakukan pastinya akan membakar lemak. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda dapat melakukan fitness secara teratur agar bisa membantu pembakaran lemak. Misalnya, fitness dengan latihan mengangkat beban dalam waktu tiga hari dalam seminggu, dan dilakukan rutin selama dua bulan dapat membantu membakar lemak hingga 3,65 pounds.

  • Melatih Kekuatan Fisik dan Membentuk Tubuh

Selain membentuk badan agar menjadi lebih baik, melakukan program fitness akan memberikan perubahan dalam hal kekuatan fisik. Kemampuan Anda dalam mengangkat beban akan menjadi lebih baik dan fisik Anda akan menjadi lebih kuat. Anda bisa memilih program yang tidak terlalu membentuk badan menjadi kekar tetapi memiliki kekuatan fisik yang baik.

  • Mengurangi Risiko Munculnya Penyakit

Anda sebetulnya bisa menjalani beberapa program fitnes yang sederhana dan bisa menurunkan banyak risiko penyakit seperti jantung dan diabetes. Kinerja jantung akan lebih optimal jika sirkulasi darah dapat berjalan dengan lancar lancar jika menjalani program fitnes secara teratur. Konsentrasi gula darah juga akan semakin seimbang sehingga bisa menghindarkan kita dari risiko diabetes.

Kekurangan Fitness

Berikut beberapa kekurangan fitness yang perlu Anda ketahui:

  • Memungkinkan Terjadi Patah Tulang

Melakukan fitness terlalu sering dapat memberikan banyak dampak buruk. Salah satunya yaitu mengalami patah tulang. Anda harus memerhatikan kondisi tubuh untuk melakukan beberapa aktivitas fitness. Jangan memaksakan tubuh yang masih lelah atau belum mampu untuk melakukan aktivitas berat dalam fitnes karena akan memberikan risiko cedera otot hingga patah tulang.

  • Membuat Nafsu Makan Meningkat

Aktivitas fitness membuat tubuh banyak mengeluarkan energi sehingga akan menyebabkan lapar. Masalah yang sering terjadi adalah setelah melakukan fitness, banyak orang yang setelahnya makan dengan tidak terkontrol. Padahal, salah satu tujuan fitness adalah untuk membakar lemak dan kalori. Namun, hal ini akan menjadi sia-sia jika Anda tidak bisa mengontrol nafsu makan yang tinggi ini.

  • Membuat Siklus Haid Menjadi Tidak Teratur

Salah satu kekurangan melakukan fitnes adalah dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur. Aktivitas fitness seharusnya membuat siklus haid menjadi teratur. Namun jika terjadi pola latihan yang salah, maka siklus haid Anda malah menjadi tidak teratur. Aktivitas fisik yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan amenorrhea, yaitu tidak datangnya haid. Terdapat beberapa sebab yang dapat membuat menstruasi menjadi tidak teratur dan tidak datang. Salah satunya karena level estrogen yang terlalu rendah, yang berindikasi pada meningkatnya risiko osteoporosis. Ada baiknya Anda berhenti dulu fitnes apabila mengalami amenorrhea dan berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

  • Dapat Menyebabkan Kurang Tidur

Banyak orang yang melakukan fitness dengan alasan agar bisa meningkatkan kualitas tidur. Tapi Anda malah bisa mendapatkan efek yang sebaliknya. Fitness dapat menyebabkan tidur Anda menjadi kurang nyenyak karena latihan yang terlalu berlebihan. Jika hal ini terjadi, Anda perlu menghentikan sementara fitness Anda.

Kelebihan FitnessKekurangan Fitness
- Membantu membakar lemak - Memungkinkan terjadi patah tulang
- Melatih kekuatan fisik dan membentuk tubuh- Membuat siklus haid menjadi tidak teratur
- Mengurangi risiko munculnya penyakit- Dapat menyebabkan kurang tidur

Yoga

Yoga memiliki arti penyatuan alam. Yoga merupakan aktivitas berupa meditasi mengerahkan panca indra dan pikiran secara menyeluruh. Bahkan yoga bisa dijadikan pengobatan alternatif dilakukannya pemanasan, olah tubuh atau meditasi.

Kelebihan Yoga

Berikut beberapa kelebihan yoga yang perlu Anda ketahui:

  • Merupakan Media Relaksasi

Salah satu kelebihan yoga adalah dapat menjadi media relaksasi. Gerakan yang perlahan dalam yoga akan membantu tubuh menjadi lebih rileks dan santai. Backsound atau suara latar pada saat melakukan yoga adalah suara-suara alam, seperti aliran air atau hembusan udara yang sangat membuat diri anda menjadi sangat rileks. Anda akan menjadi lebih santai dan rileks pada saat melakukan yoga yang diiringi dengan musik-musik bertempo lambat.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Salah satu kelebihan yoga adalah bermanfaat melancarkan peredaran Anda. gerakan-gerakan pada yoga dapat membantu mengalirkan darah secara maksimal. Yoga juga memiliki gerakan secara menyeluruh mulai dari ujung kaki hingga kepala. gerakan ini dapat membantu untuk mengalirkan darah ke otak. Dibandingkan dengan fitness yoga lebih baik untuk membantu memperlancar aliran darah karena gerakan fitnes hanya terfokus pada bagian-bagian tertentu.

  • Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Kelebihan lain yang akan Anda dapatkan jika melakukan yoga adalah konsentrasi dan daya ingat Anda akan meningkat. Hal ini dikarenakan yoga memiliki gerakan-gerakan kecil yang membutuhkan konsentrasi untuk mengikuti melakukan gerakan-gerakan tersebut. Selain itu, ketika akan melakukan relaksasi Anda juga akan terlatih untuk meningkatkan konsentrasi. Apabila anda sudah mampu meningkatkan konsentrasi, maka dapat dipastikan daya ingat Anda pun akan lebih baik setelah melakukan yoga.

Kekurangan Yoga

Berikut beberapa kekurangan yoga yang perlu Anda ketahui:

  • Mengakibatkan Nyeri Sendi

Banyak orang yang mengeluhkan terjadinya nyeri sendi setelah melakukan yoga. Hal ini wajar saja karena yoga memiliki banyak gerakan yang membutuhkan gerakan otot dan tulang. Jika sudah terbiasa dan sering melakukan yoga, maka nyeri sendi tidak akan benar-benar terasa atau bahkan tidak terjadi lagi. Dikutip dari Liputan6.com yoga memiliki manfaat yang lebih banyak daripada efek sampingnya.

  • Mengakibatkan Cedera Otot

Di dalam jurnal PLoS ONE terdapat sekitar 27 dari 76 kasus yang mengalami cedera yoga karena adanya gangguan otot atau cedera otot. Hal ini bisa dikarenakan pemanasan yang kurang maksimal dan memaksakan diri saat yoga. Anda perlu mengukur batas tarikan otot Anda dan tidak perlu untuk dipaksakan.

  • Meningkatkan Tekanan Darah

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya beberapa pose dalam yoga tidak perlu Anda lakukan. Pose tersebut misalnya Breath of Fire yang malah menjadikan penderita darah tinggi menjadi lebih parah.

Kelebihan YogaKekurangan Yoga
- Merupakan media relaksasi- Mengakibatkan nyeri sendi
- Melancarkan peredaran darah- Mengakibatkan cedera otot
- Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat- Meningkatkan tekanan darah

Pilih Mana: Fitness atau Yoga?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara fitness dan yoga. Berikut merupakan rangkuman perbedaan antara keduanya:

FitnessYoga
- Cocok untuk membentuk badan berotot - Cocok untuk merelaksasi dan meningkatkan konsentrasi
- Gerakan lebih bertenaga dan cepat- Gerakan bertenaga dan pelan
- Memerlukan banyak peralatan- Tidak memerlukan banyak peralatan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai fitness dan yoga di atas, tidak dapat disimpulkan mana yang lebih baik. Keduanya sama-sama baik sesuai dengan tujuan orang masing-masing. Dua aktivitas ini sama-sama memiliki kemungkinan cedera. Jika Anda lebih menyukai aktifitas fisik yang berat dan ingin membentuk tubuh maka sebaiknya Anda melakukan fitness. Tapi, jika Anda membutuhkan cara untuk merelaksasi dan menambah konsentrasi sebaiknya Anda melakukan yoga.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Fitness vs Yoga

VS

Leave a Reply