Elektronik

Pilih Mana: Flashdisk atau Harddisk?

Dalam penggunaan komputer atau laptop, kita sangat membutuhkan alat atau perangkat untuk mentransfer data saat tidak ada koneksi dengan internet. Dua alat yang dapat melakukan hal ini yaitu flashdisk dan harddisk. Manakah yang paling baik untuk Anda gunakan? Flashdisk atau harddisk?

Flashdisk dan harddisk merupakan dua alat yang memiliki fungsi untuk penyimpanan data dalam sistem komputer. Meskipun memiliki fungsi dasar yang sama, flashdisk dan harddisk sebenarnya berbeda. Dilihat dari ukurannya, flashdisk memiliki ukuran yang kecil dan sangat ringan sehingga lebih mudah untuk dibawa. Sedangkan harddisk memiliki ukuran dan bobot yang lebih besar dan lebih berat.

Flashdisk

Flashdisk merupakan alat penyimpanan file atau data berupa NAND. Terdapat controller dan memori penyimpanan data yang berada dalam perangkat penyimpanan ini. Flashdisk tetap dapat menyimpan data meskipun tidak terdapat aliran arus listrik.

Kelebihan Flashdisk

Berikut beberapa kelebihan flashdisk yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Bentuk yang Kecil Sehingga Mudah Dibawa

Salah satu kelebihan flashdisk adalah memiliki bentuk yang lebih kecil dan ringan. Karena memiliki bentuk yang kecil dan ringan ini, Anda bisa dengan mudah membawa flashdisk ini. Untuk penyimpanannya pun tidak memerlukan ruang yang besar.

  • Harga Lebih Terjangkau

Kelebihan lain yang dimiliki oleh flashdisk adalah memiliki harga yang lebih terjangkau. Anda hanya memerlukan budget yang relatif kecil untuk bisa mendapatkan flashdisk untuk bisa menyimpan file.

  • Dapat Menyimpan Data yang Cukup Besar

Meskipun memiliki bentuk yang kecil dan ringan, terdapat flashdisk yang memiliki cukup besar untuk menyimpan file dan data Anda. Anda dapat dengan mudah membawa banyak data Anda pada flashdisk yang kecil ini.

  • Memiliki Perawatan yang Lebih Mudah

Flashdisk juga memiliki perawatan yang cukup mudah. Jika virus yang terdapat dalam flashdisk sangat sulit untuk dibersihkan, Anda dapat memformat flashdisk tersebut. Jika flashdisk telah kosong, maka virus akan otomatis hilang dari flashdisk tersebut.

Kekurangan Flashdisk

Berikut beberapa kekurangan flashdisk yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kapasitas yang Lebih Kecil

Salah satu kekurangan flashdisk adalah memiliki kapasitas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan harddisk. Selama ini flashdisk memang memiliki kapasitas penyimpanan yang beragam dan lebih kecil dibandingkan dengan harddisk. Ukuran flashdisk paling tinggi selama ini hanya berada di 64 GB. Namun, seiring perkembangan zaman, flashdisk juga telah dibuat dengan kapasitas yang besar. Dikutip dari IDNTimes.com
Sandisk memamerkan sebuah alat transfer data yakni flash disk berkapasitas jumbo yakni berukuran 1TB atau setara sekitar 1000GB.

  • Proses Transfer Data Lebih Lambat

Kekurangan lain yang dimiliki flashdisk adalah membutuhkan waktu yang lebih lama dan lebih lambat saat melakukan proses transfer data. Hal ini tentu berbeda dengan waktu yang dibutuhkan pada saat proses transfer data. Proses transfer data dengan menggunakan hardisk lebih cepat.

  • Lebih Rawan Hilang

Kekurangan flashdisk selanjutnya yaitu lebih mudah dan rawan hilang karena bentuknya terlalu kecil. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menambahkan tali atau hal lain agar flashdisk lebih mudah ditemukan.

Kelebihan FlashdiskKekurangan Flashdisk
- Memiliki bentuk yang kecil sehingga mudah dibawa- Memiliki kapasitas yang lebih kecil
- Harga lebih terjangkau - Proses transfer data lebih lambat
- Memiliki perawatan yang lebih mudah- Lebih rawan hilang

Harddisk

Harddisk merupakan perangkat atau alat yang memiliki fungsi untuk menyimpan data atau file di komputer. Harddisk ini memiliki ukuran fisik dan kapasitas penyimpanan yang cukup besar untuk digunakan menyimpan berbagai macam data. Baca juga Pilih Mana: Seagate vs WD?

Kelebihan Harddisk

Berikut beberapa kelebihan harddisk yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kapasitas Penyimpanan yang Lebih Besar

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh harddisk adalah memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Anda dapat menyimpan banyak data dengan berbagai macam format di harddisk ini. Dengan demikian Anda tidak perlu mengkhawatirkan ruang penyimpanan file dan data Anda.

  • Proses Transfer Data Lebih Cepat

Kelebihan lain yang dimiliki oleh harddisk adalah lebih cepat pada saat proses transfer data. Saat melakukan transfer data ke harddisk, waktu yang dihabiskan jauh lebih sedikit dan lebih cepat jika dibandingkan dengan proses transfer data melalui flashdisk.

  • Storage Cukup Aman

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh harddisk adalah strorage pada harddisk cukup aman. Dengan demikian, Anda dapat menyimpan file atau data Anda dengan aman di harddisk.

Kekurangan Harddisk

Berikut beberapa kekurangan harddisk yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Mahal

Salah satu kekurangan harddisk adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan flashdisk. Hal inilah yang membuat lebih banyak orang memiliki flashdsk daripada harddisk eksternal, sebab harddisk memiliki harga yang lebih mahal.

  • Memiliki Bentuk Fisik yang Lebih Besar dan Berat

Kekurangan lain yang dimiliki oleh harddisk adalah memiliki bentuk fisik yang lebih besar daripada flashdisk. Bentuk yang besar ini juga memiliki bobot yang lebih berat, sehingga Anda akan merasa lebih berat saat membawa harddisk ini. Karena ukurannya yang lebih besar, Anda juga membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar pula.

  • Mudah Rusak Jika Terjadi Benturan Fisik

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh harddisk adalah lebih mudah rusak jika dibandingkan dengan flashdisk. Harddisk sangat sensitif terhadap benturan dan panas yang berlebih. Karena hal itulah, perawatan harddisk lebih sulit dibandingkan dengan flashdisk. Anda harus menjaga agar harddisk tidak terkena benturan dan tidak panas terlalu berlebih.

Kelebihan Harddisk Kekurangan Harddisk
- Memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar- Harga relatif mahal
- Proses transfer data lebih cepat- Memiliki bentuk fisik yang lebih besar dan berat
- Storage cukup aman- Mudah rusak jika terjadi benturan fisik

Pilih Mana: Flashdisk atau Harddisk?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara flashdisk dan harddisk. Perbedaan keduanya telah kami rangkum pada tabel berikut:

FlashdiskHarddisk
- Memiliki ukuran yang lebih kecil- Memiliki ukuran yang lebih besar
- Kapasitas penyimpanan lebih sedikit- Kapasitas penyimpanan lebih banyak atau lebih besar
- Memiliki perawatan yang mudah- Memiliki perawatan yang lebih sulit
- Cek harga flashdisk online termurah, Klik di sini- Cek harga harddisk online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai flashdisk dan harddisk di atas, dapat disimpulkan bahwa harddisk memiliki ruang penyimpanan atau kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada daripada flashdisk. Namun, harddisk ini lebih mudah rusak dan tidak fleksibel untuk dibawa ke mana-mana. Dalam hal kepraktisan dan untuk pemindahan saja, Anda dapat menggunakan flashdisk. Tapi untuk penyimpanan yang lebih lama dengan kapasitas yang besar, Anda dapat menggunakan harddisk.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Flashdisk vs Harddisk

VS

Leave a Reply