KesehatanParenting

Pilih Mana: Folamil Genio atau Promavit?

Folamil Genio dan Promavit adalah suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin bagi ibu hamil dan menyusui, keduanya sudah sangat terkenal dan banyak dijual. Folamil Genio dan Promavit juga banyak menjadi pilihan para ibu hamil bagi mereka yang cocok mengkonsumsi diantara keduanya.

Tetapi bagi Anda yang baru ingin memilih suplemen untuk ibu hamil agar janin tetap terjaga, maka kami akan menjelaskan mengenai kedua suplemen ini secara detail agar dapat menjadi referensi untuk Anda. Langsung saja baca artikel di bawah ini.

Folamil Genio

Folamil Genio adalah suplemen dengan kandungan multivitamin, asam folat, DHA, kalsium, dan mineral lainnya. Suplemen ini merupakan suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi ibu hamil dan menyusui.

Diproduksi oleh PT Dexa Medica, dalam setiap kemasannya suplemen ini berisi 30 kapsul. Memiliki kemasan berwarna putih dan pink, Folamil Genio menjadi salah satu jenis suplemen yang banyak dikonsumsi oleh ibu hamil.

Simpan suplemen ini di dalam suhu ruangan, hindari dari paparan cahaya matahari secara langsung karena bisa merusak komposisi vitamin dan mineral di dalamnya. Hindari juga menyimpannya di tempat yang lembab. Baca juga Pilih Mana: Lactamam atau Asifit?

Kelebihan Folamil Genio

  • Memperbaiki sel tubuh
    Mengandung vitamin B2 yang dapat digunakan untuk membantu pembentukan energi serta untuk memperbaiki jaringan pada tubuh yang rusak. Vitamin B2 juga bisa mengatasi gejala anemia ketika digabungkan dengan unsur besi.
  • Mencegah gangguan pasca melahirkan
    Adanya kandungan Beta-karoten merupakan pigmen warna merah-jingga yang sering ditemukan dalam buah dan sayur. Di dalam tubuh, beta-karoten diubah menjadi vitamin A yang dibutuhkan tubuh. Pada wanita hamil, manfaat zat ini adalah untuk membantu menurunkan risiko komplikasi kehamilan, hingga mencegah gangguan pasca melahirkan seperti demam hingga diare.
  • Dapat menjaga perkembangan otak janin
    DHA adalah asam lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan selama pertumbuhan janin. DHA diklaim sangat penting untuk perkembangan otak janin dan anak agar dapat tumbuh cerdas. Dan juga adanya kandungan Asam arakidonat atau ARA adalah bentuk asam lemak lainnya yang juga penting untuk perkembangan otak bayi seperti DHA.

Kekurangan Folamil Genio

  • Tidak terlalu dianjurkan untuk ibu hamil 7 bulan
    Meski memang suplemen Folamil Genio ini dianjurkan untuk ibu hamil bahkan ibu menyusui, untuk ibu hamil yang usia kandungan sudah 7 bulanan ke atas suplemen ini tidak terlalu dianjurkan. Meski memang Anda masih tetap ingin mengkonsumsinya sangat dianjurkan untuk menjalankan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter kandungan.

  • Tidak bisa dikonsumsi dengan obat lain
    Banyak yang menyarankan jika ingin mengkonsumsi suplemen Folamil Genio tidak dianjurkan mengkonsumsi obat lain. Jadi, jangan sampai menggunakan suplemen ini bersamaan dengan suplemen lainnya. Ada baiknya untuk Anda selalu konsul terlebih dahulu ke dokter yang sudah Anda percaya.
  • Dapat terjadi alergi
    Setiap obat atau suplemen apapun yang Anda konsumsi tidak terlepas dari kecocokan atau kesesuaian pada tubuh Anda. Folamil Genio akan menimbulkan gata-gatal hingga kemerahan pada kulit Anda sebagai bentuk reaksi obat, dengan demikian maka harus diberhentikan saja penggunaan suplemen ini karena bisa jadi hal ini karena tidak cocok mengkonsumsi suplemen ini.

Promavit

Promavit adalah suplemen kehamilan yang dibutuhkan untuk menunjang perkembangan janin agar dapat tumbuh secara optimal. Suplemen ini berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk ibu hamil dan menyusui.

Promavit merupakan suplemen yang digunakan untuk membantu menunjang kesehatan dan gizi bagi para ibu hamil dan menyusui. Suplemen ini mengandung mineral, vitamin, dan omega 3 yang terbukti sangat baik untuk ibu hamil maupun ibu menyusui.

Suplemen Promavit ini sudah banyak dipercaya oleh para ibu hamil dan menyusui karena memang manfaat Promavit untuk program hamil sudah terbukti. Bagi Anda yang tertarik untuk mengkonsumsinya sebagai suplemen kehamilan dan menyusui, Anda dapat membelinya secara bebas di berbagai apotik dan toko obat.

Kelebihan Promavit

  • Meningkatkan kecerdasaan otak janin
    Salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh janin ketika masih dalam kandungan adalah asam folat dan asam Omega 3. Karena kedua kandungan nutrisi tersebut terbukti mampu membantu perkembangan dan pertumbuhan otak pada janin. Dengan mengkonsumsi Promavit secara teratur, maka besar kemungkinan janin yang berada di dalam kandungan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi untuk ibu dan janin
    Salah satu nutrisi lain yang terdapat dalam suplemen Promavit adalah kalsium. Kalsium sendiri juga merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh janin dan ibu hamil. Bagi janin, asupan nutrisi dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi di dalam kandungan. Sedangkan bagi ibu hamil, asupan kalsium juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak mengalami pengeroposan di hari tua nanti.
Lihat juga:  Pilih Mana: Obat Kumur Listerine atau Obat Kumur Total Care?

  • Dapat menambah darah pada ibu
    Bagi ibu hamil mengkonsumsi suplemen Promavit ini dan bisa juga ditambah mengkonsumsi multivitamin penambah darah lainnya seperti sangobion. Untuk membeli suplemen ini sangat mudah untuk Anda dapatkan karena sudah sangat terkenal hingga penjualannya beredar luas.

Kekurangan Promavit

  • Dapat terjadi alergi
    Alergi setelah mengkonsumsi suplemen menandakan bahwa Anda tidak cocok menggunakan atau mengkonsumsi suplemen tersebut. Begitu juga dengan Promavit ini akan menimbulkan alergi seperti kulit kemerahan dan gatal-gatal maka bagi ibu hamil dan menyusui tidak cocok dengan obat ini.
  • Adanya rasa mual
    Pengkonsumsian Promavit sebenarnya tidak akan menimbulkan efek samping selama dikonsumsi oleh ibu hamil yang tidak memiliki hipersensitif atau alergi terhadap kandungan yang ada didalamnya. Jika terjadi reaksi alergi seperti mual-mual, muntah segera mendapatkan penanganan dokter.
  • Dianjurkan dikonsumsi tidak bersamaan suplemen lain
    Kekurangan lainnya dari Promavit ini adalah untuk Anda yang sedang mengkonsumsi suplemen ini dianjurkan tidak mengkonsumsi obat atau suplemen lain secara bersamaan. Hal ini menghindari efek samping lainnya.

Tips Memilih Suplemen Ibu Hamil

  • Sesuaikan Kebutuhan
    Selama masa kehamilan, ibu memerlukan asupan nutrisi lebih banyak dari dari biasanya. Porsi dan menu makanan yang biasa ibu konsumsi sebelum hamil mungkin sudah mengenyangkan dan memenuhi nutrisi yang ibu butuhkan. Namun saat hamil, porsi yang sama belum tentu mencukupi asupan nutrisi yang diperlukan ibu sekaligus janin. Suplemen bisa melengkapi nutrisi yang belum terpenuhi dari makanan. Jika ibu jarang atau sulit mendapatkan ikan dan makanan tinggi omega 3, maka ibu bisa mengkonsumsi suplemen omega 3.
  • Perhatikan Kandungan yang Terdapat dalam Suplemen
    Selain disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil, ibu juga harus memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat dalam suplemen yang dikonsumsi. Misalnya adalah folat yang dapat mengurangi risiko kecacatan pada bayi, magnesium untuk pertumbuhan janin dan dapat mencegah kelahiran prematur, probiotik untuk pencernaan, vitamin B6 untuk metabolisme tubuh, atau vitamin C untuk kekebalan tubuh.

Meskipun mengkonsumsi suplemen tambahan dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dan vitamin, tetapi ibu juga harus memperhatikan efek samping yang ditimbulkan. Oleh karena itu, sebaiknya ibu juga harus tahu setiap efek samping yang ditimbulkan dari suplemen yang dikonsumsi.
  • Selalu Bicarakan Dengan Dokter
    Untuk memastikan asupan suplemen yang tepat selama kehamilan, ada baiknya ibu bicarakan langsung dengan dokter sebelum mulai mengkonsumsi suplemen. Dengan membicarakanke dokter, ibu bisa mengetahui asupan suplemen yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kesehatan ibu. Selain itu, dokter juga akan memberi tahu ibu dosis dan waktu yang tepat untuk mengkonsumsinya.
KeteranganFolamil GenioPromavit
Jenis ObatMultivitamin dan mineralMultivitamin dan mineral
KategoriObat bebasObat bebas
KegunaanSuplemen untuk ibu hamil dan ibu menyusui Suplemen untuk ibu hamil dan ibu menyusui
KonsumenDewasa (ibu hamil)Dewasa (ibu hamil)
ProdusenPT Dexa MedicaLapi Laboratories
Harga Per Oktober 2019Rp. 130.000 (isi 30 kapsul)Rp. 35.000 - Rp. 45.000 per strip isi 10 kapsul

Pilih Mana: Folamil Genio atau Promavit?

Folamil GenioPromavit
Kelebihan- Memperbaiki sel tubuh - Mencegah gangguan pasca melahirkan - Dapat menjaga perkembangan otak janin - Meningkatkan kecerdasaan otak janin - Menjaga kesehatan tulang dan gigi untuk ibu dan janin - Dapat menambah darah pada ibu
Kekurangan- Tidak terlalu dianjurkan untuk ibu hamil 7 bulan - Tidak bisa dikonsumsi dengan obat lain - Dapat terjadi alergi- Dapat terjadi alergi - Adanya rasa mual - Dianjurkan dikonsumsi tidak bersamaan suplemen lain

Kesimpulan

Folamil Genio dan Promavit suplemen untuk ibu hamil yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk memilih keduanya juga bisa Anda sesuaikan dengan tingkat kesesuaian saja. Jika Anda sudah memilih diantara keduanya pastikan tidak terjadi alergi, jika menimbulkan alergi maka berhentikan penggunaan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Folamil Genio vs Promavit

VS

Leave a Reply