HomeMasak

Pilih Mana: Food Processor atau Chopper?

Kegiatan masak-memasak sangatlah menyenangkan, oleh sebab itu banyak produk yang mengeluarkan alat yang lebih memudahkan kegiatan memasak agar memasak lebih menghemat waktu dan untuk ibu-ibu bisa menghemat tenaga untuk pekerjaan lainnya. Salah satu alat masak yang dapat mempermudah yaitu Food Processor dan Chopper, sekilas kedua alat ini di lihat sangat serupa tetapi, kedua alat ini sangatlah berbeda. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai keduanya lebih lanjut yaa. Jadi tetap stay tune..

Food Processor

Food processor merupakan alat dapur yang multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat membuatkan makanan. Tidak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga bisa untuk menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan. Tentu alat ini sangat dibutuhkan di dapur anda. Baca juga Pilih Mana: Blender Miyako atau Maspion?

Cara Memilih Food Processor

Pilihlah jenis yang sesuai dengan kebutuhan
Food processor tipe stasioner terdiri dari mangkok makanan dan alat pemotong yang digerakkan dengan motor. Model ini sangat stabil dan bisa digunakan sambil diletakkan di atas meja. Bagi Anda yang ingin mengolah bermacam makanan sekaligus dalam jumlah banyak, tipe ini sangat direkomendasikan. Anda akan bisa memotong sembari melakukan pekerjaan yang lainnya.

Yang mempunyai kinerja yang efisien 
Food processor tipe ini memiliki ukuran yang besar sehingga akan membutuhkan banyak tempat untuk memasang dan menyimpannya. Selain itu, jenis ini juga tersusun dari cukup banyak bagian yang memerlukan perawatan lebih rumit dibandingkan food processor tipe stik.

Jenis food processor tipe ini juga beragam dengan fungsi yang berbeda-beda. Ada yang hanya bisa untuk mencincang saja, untuk men-slice, dan ada juga yang bisa untuk menggiling kopi atau kacang-kacangan. Food processor yang dijual dengan harga relatif murah biasanya hanya bisa digunakan untuk mencincang saja. Semakin banyak fungsi dan fitur yang ada dari suatu produk, harganya akan semakin mahal. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mudah di bersihkan
Sebelum Anda memilih suatu produk food processor, perhatikan juga, apakah setiap bagiannya mudah dilepaskan, apakah jumlah bagiannya terlalu banyak? Selain itu, apakah food processor tersebut bisa dibersihkan dengan mesin pencuci piring? Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah daya tahan mata pisau dan mangkuk.

Jika food processor Anda sulit dibersihkan, Anda akan membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk mencucinya. Akhirnya, Anda malah merasa kerepotan dan tidak ingin menggunakannya. Untuk itu, pilihlah food processor yang mudah dibersihkan. Jika Anda kelak akan banyak mengolah makanan yang berminyak, Disarankan Anda memilih produk yang bisa dibersihkan dengan mesin pencuci piring.

Jenis Food Processor

Panasonic Gobel Indonesia Food Processor MK-F800
Jika Anda ingin serius menekuni dunia memasak, Panasonic MK-F800 dapat membantu pekerjaan Anda di dapur. Dengan menu pemrograman otomatis, food processor ini akan memberikan hasil ideal untuk setiap olahan makanan Anda. Anda dapat memasak seperti koki profesional.

Kenwood Food Processor FPM270
Kenwood membuat produk ini agar dapat ditempatkan di dapur yang berukuran lebih mungil. Dengan ukurannya yang cukup mini, setiap bagian food processor ini tetap terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Membersihkan produk ini pun tidak sulit karena semua bagiannya bisa dilepas.

Multi Mayaka FP – 101 HU
Mayaka FP-101 HU akan membantu Anda mengolah hingga sepuluh jenis masakan yang sangat serbaguna, Tidak hanya itu saja, bagian mangkuk produk ini dibuat dari bahan tristan sehingga tidak mudah retak. ditambah, Anda bisa membersihkannya di mesin pencuci piring.

Lihat juga:  Pilih Mana: Tessa atau Paseo?

Star Cosmos FP-300 – Food Processor 300 ml
Walaupun dengan penampilan yang simpel, food processor ini memiliki teknologi yang dapat diandalkan. Produk Cosmos FP-300 dilengkapi dengan Turbo Knop yang membuatnya mampu menghaluskan makanan dengan lebih cepat.dan dapat menghemat waktu.

Chopper

Salah satu hal yang merepotkan saat memasak, yaitu harus mencincang sayuran dan daging ataupun menghaluskan bumbu. Akan tetapi, kini telah hadir food chopper alias alat penggiling bumbu dapur dan bahan makanan yang akan memudahkan Anda. Dengan beragam variasi fungsi, desain, dan cara penggunaan.

Cara Memilih Food Chopper

Pilihlah yang  gampang digunakan
Pada umumnya, food chopper terbagi menjadi 3 tipe, yaitu tipe dengan tali penarik, tipe dengan handle dan tipe push . Pilihlah yang sesuai dengan dapur Anda dan yang anda butuhkan.

Pilih yang gampang dirawat
Dengan adanya food chopper di dapur Anda, mencincang bahan makanan dan menghaluskan bumbu dapur menjadi mudah. ​​Akan tetapi, jika setelah itu Anda malah kerepotan membersihkan alat tersebut, maka akan sangat merepotkan.

Oleh sebab itu, pilihlah food chopper yang mudah untuk dibersihkan. Pilihlah produk berstruktur simple dan dapat dipisahkan bagian-bagiannya dengan mudah dan dapat dipasang dengan mudah.

Jenis Food Chopper

Tupperware Turbo Chopper
Kapasitas food chopper Tupperware Turbo Chopper ini hanya 300 ml, sehingga sangat mudah untuk digenggam dan disimpan. Alat ini dilengkapi dengan 3 mata pisau yang mampu mencacah bahan makanan hingga halus dalam waktu yang singkat dan tali pengungkit yang fleksibel.

Miibox Swift Chopper
Alat ini didesain dengan wadah yang besar. Dengan ukuran handle yang besar, Anda dapat mudah memutar chopper-nya sehingga bahan makanan Anda dapat potong menjadi halus. Dengan alat ini, Anda dapat menggiling buah, sayur, dan daging, mengocok telur, memisahkan kuning telur dengan putih telurnya, serta mengeringkan sayuran

Swizzz Prozzz The Cutting Revolution
Walau ukuran food chopper ini mini, alat ini dapat digunakan untuk banyak hal. Anda dapat memotong, mencincang, dan mencampur bahan makanan walau dalam jumlah yang sedikit. Fungsinya tidak berbeda dengan blender, hanya saja menghaluskan bahan makanan secara manual.

Pilih Mana: Food Processor atau Chopper?

Food ProcessorChopper
Kelebihan - Sangat efektif memotong dengan jumlah banyak - Dapat menghaluskan daging - Dapat di tinggal dan mengerjakan pekerjaan lain - Dapat mencincang bahan-bahan dengan efektif - Tidak memakan ruang - Sangat mudah di gunakan
Kekurangan - Harga yang lumayan mahal - Membutuhkan daya listrik yang besar- Tidak dapat digunakan memotong dalam skala besar - Membutuhkan sedikit tenaga

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua alat masak Food Processor dan Chopper mempunyai fungsi yang sama yaitu mempermudah memotong atau mencincang bahan masakan dengan waktu yang cepat. Tetapi keduanya pun berbeda dari segi bahan makanan yang bisa di potong. Seperti food chopper yang hanya bisa mencincang dan memotong seperti bahan dasar bawang, cabai dll. Lain halnya dengan food processor yang dapat menghaluskan daging maupun biji-bijian sekalipun. Jadi dapat kalian pilih sesuai dengan kebutuhan kalian ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Food Processor VS Chopper

VS

Leave a Reply