Kecantikan

Pilih Mana: Foundation atau BB Cream?

Memilih kosmetik yang tepat dan sesuai merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan kosmetik yang digunakan akan memiliki dampak dan memengaruhi wajah dan penampilan, termasuk dalam memilih alas bedak yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Banyak jenis alas bedak yang dapat Anda gunakan, dua di antaranya yaitu foundation dan BB cream. Dari dua jenis alat bedak tersebut, mana yang paling cocok untuk Anda gunakan? Foundation atau BB cream?

Fundation dan BB cream memiliki fungsi dasar yang sama untuk menjadi alas bedak. Namun, dua jenis kosmetik ini memiliki fungsi lain yang berbeda. Foundation lebih mengkhususkan untuk memberikan hasil coverage yang maksimal. Sedangkan BB cream memberikan fungsi lain seperti menjaga dan melindungi kulit wajah Anda.

Foundation

Foundation merupakan alas bedak yang digunakan sebelum memakai bedak. Tujuan penggunaan alas bedak ini adalah agar membuat kulit tampak lebih halus dan menyamarkan jerawat serta noda hitam pada wajah. Tujuan utama penggunaan foundation ini adalah untuk menutupi kekurangan-kekurangan pada wajah. Baca juga: concealer vs foundation.

Kelebihan Foundation

Berikut kelebihan foundation yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Coverage yang Lebih Baik

Jika Anda memilih coverage sebagai hal yang utama pada saat berdandan, Anda dapat memilih foundation. Pasalnya, kebanyakan dari BB Cream tidak memiliki coverage yang cukup untuk menutupi kekurangan pada wajah. Ditambah lagi, jika Anda lebih menginginkan coverage wajah yang dapat tahan sepanjang hari, berarti foundation-lah jawabannya. Foundation memang lebih baik dalam hal menutupi noda hitam, pori-pori serta kekurangan-kekurangan lainnya pada wajah.

  • Memiliki Banyak Pilihan Warna

Kelebihan lain yang dimiliki oleh foundation adalah memiliki banyak pilihan warna yang akan sesuai dengan warna kulit. Warna yang disediakan mulai dari warna yang terang sampai yang gelap. Dengan demikian, pemilik kulit dengan warna yang agak gelap masih tetap bisa menggunakan foundation sesuai dengan warna kulitnya.

  • Awet dan Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki foundation adalah awet dan tahan lama. Beberapa foundation malah menyediakan varian yang waterproof sehingga dapat tahan lebih lama dan tahan terhadap keringat, air hujan dan lain sebagainya. Jika dibandingkan dengan BB cream, foundation memang lebih awet dan tahan lama.

Kekurangan Foundation

Berikut kekurangan foundation yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Sedikit Mengandung SPF

Dibandingkan dengan BB cream, SPF yang terkandung dalam foundation jauh lebih kecil. Jadi, foundation kurang bisa melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Jika Anda membutuhkan perlindungan kulit dari sinar matahari, sebaiknya Anda menggunakan BB cream.

  • Menampilkan Hasil yang Cakey

Foundation memberikan hasil yang cakey karena teksturnya yang lebih berat. Foundation juga akan tampak cakey dan terkadang pecah apabila salah memulaskan atau tidak sesuai dengan jenis kulit. Inilah mengapa terkadang wanita seperti terlihat sedang memakai topeng. Sedangkan BB cream lebih lembut dan menyatu pada tampilan kulit. Foundation akan memberikan hasil yang lebih cakey apabila tidak benar mengaplikasikannya atau tidak sesuai dengan jenis kulit, foundation juga terkadang akan pecah. Inilah mengapa terkadang wanita seperti terlihat sedang memakai topeng. Sedangkan BB cream lebih lembut dan menyatu pada tampilan kulit.

  • Kurang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Foundation memang memiliki fungsi untuk menutupi jerawat beserta bekas-bekasnya. Namun, kulit yang berjerawat kurang cocok menggunakan foundation karena lebih berat dan dapat membuat jerawat meradang. Untuk kulit yang berjerawat sebaiknya memilih BB cream karena lebih ringan dan memiliki banyak kandungan yang baik untuk wajah.

Kelebihan FoundationKekurangan Foundation
- Memiliki coverage yang lebih baik - Lebih sedikit mengandung SPF
- Memiliki banyak pilihan warna- Menampilkan hasil yang cakey
- Awet dan tahan lama- Kurang cocok untuk kulit berjerawat

BB Cream

BB cream merupakan alas bedak yang memiliki fungsi yang sama seperti foundation, yaitu berfungsi sebagai alas bedak untuk meratakan warna kulit. BB cream saat ini semakin digemari banyak orang karena memiliki fungsi yang lebih kompleks daripada sekedar alas bedak. BB cream memiliki tekstur yang lebih ringan saat dipakai, mengandung pelembap dan masih banyak kandungan lainnya yang memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah Anda.

Lihat juga:  Pilih Mana: Beauty Blender atau Oval Brush?

Kelebihan BB Cream

Berikut beberapa kelebihan BB cream yang perlu Anda ketahui:

  • Mengandung SPF yang Lebih Tinggi

Umumnya kandungan SPF pada BB cream jauh lebih tinggi dan efektif ketimbang foundation. Karena sebagian dari BB cream adalah skin care, maka BB cream lebih efektif digunakan sehari-hari saat beraktivitas ketimbang foundation.

  • Lebih Praktis Digunakan

BB cream merupakan alas bedak yang lebih praktis untuk digunakan. Hal ini dikarenakan BB cream memiliki tekstur yang lebih ringan sehingga mudah untuk diaplikasikan pada wajah. Selain itu, BB cream juga lebih cocok untuk digunakan sehari-hari karena memiliki hasil akhir yang natural.

  • Memiliki Kandungan yang Baik untuk Kulit

Kelebihan lain yang dimiliki oleh BB cream ini adalah memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk wajah. Selain mengandung SFF yang lebih tinggi daripada foundation, BB cream juga mengandung pelembap, vitamin A, vitamin C dan kandungan lainnya yang berfungsi untuk menyamarkan noda hitam, mencerahkan kulit, melembapkan kulit serta merawat kulit. Jadi, BB cream tidak hanya berfungsi sebagai alas bedak, tapi juga cocok untuk perawatan kulit. Dikutip dari Doktersehat.com BB cream juga berfungsi untuk meregenerasi kulit, menjaga keremajaan kulit, serta menjaga kulit dari bahaya sinar matahari.

Kekurangan BB Cream

Berikut kekurangan BB cream yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Varian Warna yang Lebih Sedikit

BB cream memiliki fungsi coverage yang mencerahkan. Warna-warna pada BB cream juga kebanyakan merupakan warna-warna yang terang. Hal ini akan menyulitkan orang yang memiliki kulit yang gelap karena akan tampak sangat berbeda dengan warna kulit aslinya. Jika warna BB cream yang terang digunakan pada kulit wajah yang gelap, hasilnya akan tampak kurang natural.

  • Kurang Unggul untuk Hasil Coverage

BB cream memang memiliki manfaat yang banyak untuk kulit. Namun, jika Anda membutuhkan hasil coverage yang maksimal, sebaiknya Anda menggunakan foundation daripada BB cream. Foundation lebih unggul untuk menutupi noda dan kekurangan pada wajah Anda. Sedangkan BB cream memberikan hasil yang lebih ringan dan natural.

  • Kurang Tahan Lama

Kekurangan lain yang dimiliki BB cream ini adalah kurang awet an tahan lama digunakan. Hal ini wajar saja karena BB cream merupakan alas bedak yang ringan. Jika Anda membutuhkan alas bedak untuk acara formal dan membutuhkan ketahanan yang lebih lama, sebaiknya Anda menggunakan foundation daripada BB cream.

Kelebihan BB CreamKekurangan BB Cream
- Mengandung spf yang lebih tinggi- Memiliki varian warna yang lebih sedikit
- Lebih praktis digunakan- kurang unggul untuk hasil coverage
- Memiliki kandungan yang baik untuk kulit- Kurang tahan lama

Pilih Mana: Foundation atau BB Cream?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara foundation dan BB cream. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

FoundationBB Cream
- Memiliki banyak variasi warna untuk berbagai jenis kulit- Menyediakan warna yang relatif terang
- Memiliki coverage yang lebih baik untuk acara formal- Hasil lebih natural dan cocok untuk dipakai sehari-hari
- Memiliki fungsi khusus untuk menutupi kekurangan kulit wajah- Memiliki banyak fungsi untuk merawat kulit wajah

Kesimpulan

Foundation dan BB cream merupakan alas bedak yang sama-sama memiliki fungsi yang baik untuk wajah. Sebelum menentukan alas bedak yang lebih baik untuk Anda, Anda perlu menentukan tujuan Anda terlebih dahulu. Jika Anda mencari alas bedak untuk acara yang formal, atau Anda ingin maksimal menutup noda dan kekurangan pada wajah sebaiknya Anda menggunakan foundation. Tapi, jika Anda menginginkan alas bedak yang tidak berat dipakai sehari-hari yang memiliki fungsi untuk dipakai sehari-hari, sebaiknya Anda menggunakan BB cream. Solusinya, Anda bisa menggunakan BB cream untuk kebutuhan sehari-hari dan menggunakan foundation pada acara-acara tertentu saja agar kulit lebih sehat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Foundation vs BB Cream

VS

Leave a Reply