Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: Frisian Flag atau Ultra Milk?

Pemilihan susu formula untuk anak memang harus memilih dengan tepat dan benar, sehingga akan membuat anak cocok dan tumbuh kembang anak menjadi sangat baik saat mengkonsumsi susu formula tersebut guna mengganti ASI.

Saat bingung untuk memilih merek susu formula yang baik untuk anak, pada artikel kali ini membahas dua merek susu formula yang bisa menjadi rekomendasi yaitu Frisian Flag dan Ultra Milk. Apa kelebihan dan kekurangan kedua susu tersebut? Baca penjelasannya di bawah ini.

Frisian Flag

PT Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah produsen produk- produk nutrisi berbasis susu di Indonesia dengan merek Frisian Flag, yang juga diketahui sebagai Susu Bendera. Frisian Flag merupakan salah satu produk susu yang sudah dipasarkan dan berdiri sejak tahun 1871 di dunia dan tahun 1922 di Indonesia dan sudah menemani masyarakat Indonesia dari waktu ke waktu.

Prinsip- prinsip produksi yang baik dan menggunakan teknologi proses yang modern dengan menerapkan sistem jaminan mutu dan keamanan produk yang dijamin oleh sistem Food Safety System Certification (FSSC) dan menerapkan standar produk yang ketat sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Susu Frisian Flag dibuat dengan bahan dasar susu yang pada proses produksinya menggunakan teknologi yang modern dan melalui sistem jaminan mutu dan keamanan produk, susu kental manis Frisian Flag menjadi produk unggulan dengan rasa lezat dan juga enak. Saat ini terdapat berbagai jenis susu yang diproduksi oleh Frisian Flag. Baca juga Pilih Mana: SGM atau Dancow?

Varian Produk Frisian Flag

Susu Kental Manis
Susu kental manis bermerek Frisian Flag dipasarkan sejak 1871 di Belanda dan 1922 di Indonesia. Susu kental manis Frisian Flag memiliki berbagai rasa seperti di bawah ini.

  • Frisian Flag Full Cream Gold
  • Frisian Flag Bendera Kental Manis
  • Frisian Flag Bendera Cokelat
  • Frisian Flag Bendera Cocopandan Kental Manis
  • Frisian Flag Bendera Rasa Susu Jahe
  • Frisian Flag Omela Krimer Kental Manis

Susu Cair
Frisian Flag juga menyediakan susu jenis cair dengan kemasan kotak dan juga kemasan botol yang praktis dan higienis siap dikonsumsi. Memiliki berbagai rasa yang cukup banyak seperti di bawah ini.

  • Frisian Flag Purefarm Full Cream
  • Frisian Flag Purefarm Coconut Delight
  • Frisian Flag Purefarm Rasa Stroberi
  • Frisian Flag Purefarm Swiss Chocolate
  • Frisian Flag Purefarm Kacang Hijau
  • Frisian Flag Purefarm Low Fat

Susu Balita
Susu untuk balita memiliki banyak jenis atau tipenya yang diproduksi oleh Frisian Flag dan juga terdapat susu balita sesuai usia. Di bawah ini beberapa berbagai susu Frisian Flag Balita.

  • Frisian Baby Tahap 1
    Varian pertama ini adalah varian susu Frisian Flag khusus untuk balita untuk usia 0-6 bulan.
  • Frisian Baby Langkah Lanjutan
    Varian yang kedua ini adalah varian susu Frisian Flag khusus untuk balita usia 6-12 bulan.
  • Frisian Flag Jelajah 123
    Varian ini adalah varian susu Frisian Flag khusus untuk balita untuk usia menginjak 1-3 tahun.
  • Frisian Flag 456 Primanutri
    Varian ini adalah varian susu Frisian Flag khusus untuk balita untuk usia 4-6 tahun.

Kelebihan Frisian Flag

  • Memiliki Banyak Jenis
    Susu Frisian Flag ini memiliki banyak jenis susu yang sudah diproduksi mulai dari susu kental manis yang biasanya banyak digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan, susu cair yang siap dikonsumsi dengan kemasan kotak dan botol, hingga susu untuk balita guna mencukupi kebutuhan gizi pada tubuh anak.
  • Dapat Dikombinasikan dengan Makanan Dan Minuman
    Susu kental Manis Frisian Flag dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan maupun minuman dan sebagai pelengkap sajian. Kombinasi susu Frisian flag dengan bahan makanan maupun minuman, dapat menghasilkan menu makanan dan minuman yang sehat dan pastinya menabah kelezatan cita rasa pada makanan dan minuman.
  • Terkenal dan Populer
    Kelebihan yang banyak diketahui banyak orang adalah bahwa susu Frisian Flag adalah susu ini sudah sangat diketahui banyak orang populer di kalangan masyarakat, karena banyak dijual hingga di toko yang kecil. Dengan slogan yang banyak disebut orang “hingga tetes terakhir”. Untuk kandungan susu balita Frisian Flag sudah cukup memenuhi kebutuhan pada anak.
KeteranganFrisian Flag
BrandFrisian Flag
Nama PerusahaanPT Frisian Flag Indonesia (FFI)
Tahun BerdiriTahun 1871
Varian Produk SusuSusu kental manis, susu cair siap minum, susu balita (usia 0-6 bulan, 6-12 bulan, 1-3 tahun, 4-6 tahun)

Kekurangan Frisian Flag

  • Banyak Mengandung Gula
    Berdasarkan penelitian yang ada, susu Frisian flag terbukti memiliki kandungan gula yang begitu tinggi dibandingkan kandungan nutrisi lainnya. Kandungan gula yang tinggi, tentunya sangat berdampak pada tubuh, karena dapat menyebabkan obesitas pada anak karena mengonsumsi gula yang berlebihan.
  • Tidak Tepat Untuk Pengganti ASI
    Kandungan nutrisi pada susu kental manis Frisian Flag yang tidak setara dengan kandungan nutrisi yang ada pada susu ASI. Banyaknya kandungan gula dan juga lemak, menjadikan susu ini tidak begitu direkomendasikan bagi balita, remaja bahkan dewasa. Susu ini hanya sesuai untuk susu pendamping anak saja.
  • Banyak Mengandung Lemak
    Untuk jenis susu kental Manis Frisian Flag memiliki kandungan lemak yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan produk susu lainnya. Kandungan lemak yang tinggi dapat menyebabkan kegemukan bagi anak yang mengkonsumsi susu ini.

Ultra Milk

Ultra Milk salah satu brand produk susu dari PT Ultrajaya Milk Industry Tbk berdiri tahun 1958. Ultra Milk merupakan produk minuman susu yang sudah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia. Ultra Milk merupakan produk susu yang menggunakan bahan baku dari susu sapi pilihan yang segar.

Produk susu Ultra Milk dibuat dan disterilkan dengan proses Ultra High Temperature (UHT). Pada proses ini, susu dijaga kandungan nutrisinya sementara mengeliminasi seluruh kuman bakteri. Produk susu ini tahan lama, dikemas dengan 6 lapisan karton. Keenam lapisan ini melindungi dari sinar ultraviolet, udara dan bakteri yang bisa mengkontaminasi susu.

Susu Ultra Milk mempunyai kandungan kalsium, protein, karbohidrat, vitamin, fosfor, magnesium yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan pertumbuhan. Ultra Milk tersedia dalam varian produk Ultra Milk Full Cream, Ultra Milk Low Fat High Calcium, Ultra Milk Varian Rasa.

Susu UHT dapat bertahan lama karena dikemas menggunakan teknologi aseptik, yang memungkinkan susu untuk ditaruh pada suhu ruang hingga berbulan- bulan, yang penting kemasan belum dibuka, juga dan tidak rusak.

Varian Produk Ultra Milk

Ultra Milk Full Cream
Varian yang pertama ini yaitu Ultra Milk Full Cream ini baik untuk kebutuhan keluarga sehat. cocok diminum sehari-hari, susu ini juga bisa direkomendasikan untuk anak usia 1 tahun ke atas lebih baik di usia 2 tahun

Ultra Milk Low Fat High Calcium
Memiliki kandungan lemak yang sedikit dengan kandungan kalsium yang tinggi. Cocok untuk orang dewasa dan yang menginjak dewasa tidak untuk anak balita. Susu ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Ultra Milk Varian Rasa
Dengan kombinasi rasa spesial yang lezat. Susu ini cocok untuk diminum sehabis beraktivitas atau berolahraga. Varian rasanya terbuat dari bahan alami, susu ini juga baik untuk dikonsumsi anak-anak berusia 1 tahun ke atas. Memiliki beberapa varian rasanya seperti di bawah ini.

  • Coklat
  • Strawberry
  • Mocca
  • Taro
  • Karamel

Kelebihan Ultra Milk

  • Memiliki Banyak Varian Produk dan Rasa
    Kelebihan dari susu Ultra Milk ini memiliki varian produk untuk anak diatas 1 tahun dan juga untuk anak dewasa. Varian produk yang sudah dijelaskan di atas terbagi menjadi 3. Dan untuk susu Ultra Milk varian rasa memiliki rasa yang berbagai macam.
  • Mudah Didapatkan
    Susu Ultra Milk ini juga mudah untuk kamu dapatkan, karena di setiap toko sepertinya memang sudah banyak dijual dari dulu hingga sekarang.
  • Harga Terjangkau dan Banyak Nutrisi
    Untuk harga susu UHT ini memiliki harga yang murah atau terjangkau, karena susu ini adalah susu yang siap dikonsumsi membuat susu ini dijual dengan harga yang terjangkau. Selain itu susu UHT juga memiliki banyak nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi pada anak.
KeteranganUltra Milk
BrandUltra Milk
Nama PerusahaanPT Ultrajaya Milk Industry Tbk
Tahun BerdiriTahun 1958
Varian Produk SusuUltra milk full cream, ultra milk low fat high calcium, ultra milk varian rasa

Kekurangan Ultra Milk

  • Tidak Untuk Pengganti ASI
    Seperti yang sudah dijelaskan dari penjelasan di atas bahwa susu UHT Ultra Milk ini tidak dapat menjadi susu pengganti ASI. Karena susu ini juga hanya terdapat produk yang paling tidak untuk anak usia di atas 1 tahun itu juga sebaiknya anak sudah menginjak usia 2 tahun.
  • Jarang Menjadi Pilihan
    Susu Ultra Milk ini jarang sekali menjadi pilihan para ibu-ibu untuk anaknya, karena pada dasarnya ibu memberikan susu formula yang memang sudah ada takaran kandungannya pada susu formula dan sesuai usia anak.
  • Rasa Dapat Berubah
    Untuk kekurang yang satu ini sebenarnya hanya terjadi jika cara penyimpanan susu UHT ini secara tidak benar. Susu UHT jika disimpan dengan tidak benar menyebabkan rasa susu yang berubah hingga akan membuat susu menjadi jamuran, jadi hati-hati saat menyimpan susu UHT siap konsumsi ini ya ibu-ibu.

Pilih Mana: Frisian Flag atau Ultra Milk?

Frisian FlagUltra Milk
Kelebihan- Memiliki banyak jenis - Dapat dikombinasikan dengan makanan dan minuman - Merek susu sudah terkenal dan populer- Memiliki banyak varian produk dan rasa - Mudah didapatkan - Harga terjangkau dan banyak nutrisi
Kekurangan- Banyak mengandung gula - Tidak tepat untuk pengganti ASI - Banyak mengandung lemak- Tidak untuk pengganti ASI - Jarang menjadi pilihan - Rasa dapat berubah

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai susu Frisian Flag dan Ultra Milk keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi pada artikel kali ini saya lebih merekomendasikan untuk memilih susu Frisian Flag karena jenis varian produk yang dijual jauh lebih banyak untuk balita juga tersedia. Sedangkan Ultra Milk adalah susu UHT yang bisa dikonsumsi untuk anak mulai dari usia diatas 1 tahun.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Frisian Flag vs Ultra Milk

VS

Leave a Reply