Pilih Mana: Fujifilm X-A3 atau X-A5?

Loading...

Fujifilm merupakan salah satu produsen kamera mirrorless yang ternama. Telah banyak tipe dan jenis mirrorless yang dirilis oleh Fujifilm untuk kebutuhan Anda. Dua di antara kamera mirrorless yang dapat Anda gunakan yaitu Fujifilm X-A3 dan Fujifilm X-A5. Manakah kamera mirrorless yang lebih baik? Fujifilm X-A3 atau X-A5?

Fujifilm X-A3 dan Fujifilm X-A5 merupakan dua kamera mirrorless yang sama-sama dirilis oleh Fujifilm. Fujifilm X-A3 dirilis lebih dahulu daripada X-A5. Kedua mirrorless ini juga memiliki banyak perbedaan jika dilihat dari spesifikasi, harga, dan hal lainnya.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Oppo F3 atau F5?

Fujifilm X-A3

Fujifilm X-A3 dirilis pada Agustus 2016. Kamera mirrorless ini memiliki resolusi video sebesar 1920 x 1080. Mirrorless ini juga memiliki hasil gambar yang baik sehingga banyak digemari penggunanya.

Kelebihan Fujifilm X-A3

Berikut beberapa kelebihan Fujifilm X-A3 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Harga yang Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan Fujifilm X-A3 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Fujifilm X-A5. Jika Anda membutuhkan kamera dengan harga yang lebih terjangkau, maka Anda bisa memilih kamera Fujifilm X-A3 sebagai alternatif.

  • Memiliki Fitur Touchscreen

Salah satu kelebihan Fujifilm adalah telah memiliki fitur touchscreen LCD. Dengan adanya fitur touchscreen ini dapat digunakan untuk bisa mengakses menu yang terdapat pada LCD. Selain itu, touchscreen itu juga memiliki fungsi sebagai shutter untuk mengambil gambar. Saat mengambil gambar, fitur touchscreen ini sangat bermanfaat dalam menentukan titik fokus gambar.

  • Memiliki Fitur Eye Detection dan Potrait Enhancer

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Fujifilm X-A3 adalah telah memiliki fitur eye detection serta potrait enhancer. Dengan adanya fitur yang dimilikinya ini, saat LCD masuk ke mode selfie maka autofokus kamera dapat secara langsung bisa mendeteksi dan memfokuskan pada mata. Selanjutnya, potrait enhancer bisa membuat cahaya pada wajah menjadi lebih cerah.

Kekurangan Fujifilm X-A3

Berikut beberapa kekurangan Fujifilm X-A3 yang perlu Anda ketahui:

  • Masa Pakai Baterai Lebih Cepat Habis

Salah satu kekurangan Fujifilm X-A3 adalah daya baterai yang dimiliki lebih cepat habis dan kurang tahan lama jika dibandingkan dengan Fujifilm X-A5. Baik fujifilm X-A3 dan X-A5 sebenarnya menggunakan baterai yang sama. Namun baterai X-A5 memiliki masa pakai baterai yang lebih baik daripada Fujifilm X-A3.

  • Memiliki Sensor Prosesor yang Kurang Baik

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Fujifilm X-A3 adalah memiliki sensor prosesor yang kurang baik dan tidak lebih maju jika dibandingkan dengan Fujifilm X-A5. Fujifilm X-A3 memiliki kecepatan yang 1,5 lebih lambat daripada Fujifilm X-A5. Fujifilm X-A3 juga belum dikembangkan dengan fase deteksi AF piksel-chip.

Loading...
  • Kualitas Gambar Kurang Baik

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Fujifilm X-A3 adalah kualitas gambar dan video yang diberikan masih kurang baik. Fujifilm X-A3 menawarkan lebih sedikit dalam hal spesifikasi video, ataupun gambar dengan kemampuan memotret pada maksimal Full HD (1920 x 1080) pada 30/25 / 24p. Sedangkan Fujifilm X-A5 dapat memotret dalam 4K (3840 x 2160) pada kecepatan frame maksimum 15fps.

Kelebihan Fujifilm X-A3Kekurangan Fujifilm X-A3
- Memiliki harga yang lebih terjangkau - Masa pakai baterai lebih cepat habis
- Memiliki fitur touchscreen- Memiliki sensor prosesor yang kurang baik
- Memiliki fitur eye detection dan potrait enhancer- Kualitas gambar kurang baik

Fujifilm X-A5

Fujifilm X-A5 merupakan salah satu kamera mirrorless yang dirilis pada Januari 2018. Fujifilm X-A5 memiliki spesifikasi yang mumpuni dan sangat baik karena Fujifilm X-A5 telah memiliki resolusi 3840 x 2160.

Kelebihan Fujifilm X-A5

Berikut beberapa kelebihan Fujifilm X-A5 yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Sensor Prosesor yang Lebih Baik

Salah satu kelebihan Fujifilm X-A5 adalah memiliki sensor prosesor yang lebih baik jika dibandingkan dengan Fujifilm X-A3. Fujifilm X-A5 memiliki versi yang baru dikembangkan dengan fase deteksi AF piksel-chip. Sensor ditangani oleh prosesor gambar yang diperbarui yang menawarkan kecepatan pemrosesan 1,5 kali lebih cepat dari model sebelumnya.

  • Memiliki Masa Pakai Baterai yang Lebih Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Fujifilm X-A5 adalah memiliki masa pakai baterai yang lebih baik. Menurut spesifikasi resmi, X-A5 memiliki masa pakai baterai yang lebih baik daripada pendahulunya meskipun fakta bahwa mereka menggunakan baterai NP-W126S yang sama. Dengan satu kali pengisian, ia mampu mengambil sekitar 450 frame versus 410 frame dari X-A3.

  • Memiliki Kualitas Gambar yang Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Fujifilm X-A5 adalah memiliki kualitas gambar yang sangat baik. Dikutip dari Merdeka.com kamera Fujifilm memiliki sensor APS-C 24,2 yang lebih mutakhir. Kamera ini dapat membuat hasil gambar menjadi lebih baik dengan menawarkan variasi Film Simuation Mode yang unik.

Kekurangan Fujifilm X-A5

Berikut beberapa kekurangan Fujifilm X-A5 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Salah satu kekurangan Fujifilm X-A5 adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Fujifilm X-A3. Harga yang lebih mahal ditawarkan ini bisa dikatakan sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Karena itulah kamera ini lebih sulit untuk dijangkau.

  • Memiliki Frame yang Terlihat Kaku

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Fujifilm X-A5 adalah memiliki bentuk frame yang kaku. Bagian frame ini juga terbuat dari bahan plastik. Meskipun begitu, Fujifilm X-A5 tetap memiliki desain yang baik.

Kelebihan Fujifilm X-A5Kekurangan Fujifilm X-A5
- Memiliki sensor prosesor yang lebih baik- Harga relatif lebih mahal
- Memiliki masa pakai baterai yang lebih baik- Memiliki frame yang terlihat kaku
- Memiliki kualitas gambar yang baik- Tidak mudah dimiliki semua kalangan

Pilih Mana: Fujifilm X-A3 atau X-A5?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Fujifilm X-A3 dan Fujifilm X-A5. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Fujifilm X-A3Fujifilm X-A5
- Harga lebih terjangkau- Harga lebih mahal
- Masa pakai baterai lebih cepat habis- Masa pakai baterai lebih baik
- Memiliki sensor prosesor yang masih kurang- Memiliki sensor prosesor yang lebih baik
- Cek harga Fujifilm X-A3 online termurah, Klik di sini- Cek harga Fujifilm X-A5 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Fujifilm X-A3 dan Fujifilm X-A5 dapat disimpulkan bahwa Fujifilm X-A5 memiliki spesifikasi dan teknologi yang lebih baik daripada Fujifilm X-A3. Namun harga yang ditawarkan oleh Fujifilm X-A5 memang lebih mahal, namun harga yang ditawarkan ini sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Fujifilm X-A3 vs X-A5

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *