ElektronikPhotography

Pilih Mana: Fujifilm X-T100 atau Sony A6000?

Bagi Anda yang suka dengan dunia fotografer atau duni foto maka kamera menjadi hal yang paling utama yang harus Anda pilih dengan baik, benar? Ya, dengan kamera yang bagus akan membuat hasil foto Anda menjadi baik dan memuaskan. Banyak sekali merk atau seri yang dikeluarkan oleh produsen seperti Fujifilm X-T100 dan Sony A6000.

Fujifilm X-T100 dan Sony A6000 adalah kedua kamera yang baru-baru ini sedang naik daun sekali guys. Nah bagaimana ya dengan kualitas dan apa kelebihan juga adakah kekurangannya? Penasaran bukan? Tenang saja kami akan membahasnya untuk Anda.

Silahkan scroll down guys dan selamat membaca.

Fujifilm X-T100 atau Sony A6000

Fujifilm X-T100

Fuji X-T100 merupakan kamera mirrorless yang ditujukan pada fotografer pendatang baru, X-T100 mempunyai estetika desain seperti kamera film ataupun analog. Kamera dari seri Fujifilm seri X-T100 ini muncul dengan desain yang retro dan stylish. Baca juga Pilih Mana: Nikon D5300 atau Nikon D3300?

Menawarkan beberapa fitur termasuk jendela bidik, layar LCD belakang mendatar horizontal, teknologi bluetooth terkini untuk memindahkan gambar yang mudah serta mulus. Tidak hanya itu, X-T100 mempunyai berat hanya 448 gram.

Untuk subjek bergerak cepat, kemampuan autofokus tidak lumayan cepat dan pula nafas (buffer) kurang panjang. Kinerja auto fokus juga sangat terkait dari lensa yang dipasang. Sebagian lensa Fuji motornya agak pelan.

Satu baterai full charge umumnya cukup seharian untuk foto (430 foto per full charge standard CIPA). Untuk biayanya kamera Fujifilm X- T100 dijual dengan harga sekitar kurang dari 10 jutaan Anda sudah bisa mendapatkan kamera ini.

Kelebihan Fujifilm X-T100

  • Ukuran yang cukup ringkas
    Dimensi bodinya juga masih terkategori ringkas. Jadi, kamera ini tetap mudah buat dibawa bepergian. Ditambah dengan dukungan aksesori grip langsung di paket penjualannya, Fujifilm seri X-T100 juga terus menjadi nyaman untuk dipakai.
  • Layar yang fleksibel
    Fujifilm seri X-T100 turut membawa layar LCD Fleksibel sekitar 3 inci yang lengkap dengan fitur sentuhan. Untuk menyesuaikan sudut pengambilan, layarnya dapat dimiringkan ataupun dapat dilipat keluar buat mempermudah vlogging dan selfie. Baterainya juga tahan lama.
  • Desain yang cukup retro
    Dibanding mirrorless kelas pendatang baru lain, Fujifilm seri X-T100 tampak menonjol dengan desain retronya yang sangat menggoda. Apalagi, desainnya sangat digemari banyak orang terlihat elegan dan banyak menjadi peminat untuk banyak orang yang suka memilih dengan mengutamakan desainnya.

Kekurangan Fujifilm X-T100

  • Layar tidak bisa disentuh saat memilih menu
    Walaupun layarnya sudah dilengkapi fitur sentuhan, tetapi layar itu punya keterbatasan. Saat akses menu pengaturan, Anda tetap wajib menggunakan tombol navigasi yang ada di samping layar dan tidak dapat memilih opsi pengaturan yang ada dengan menyentuh layarnya.
  • Kemampuan rekam video 4K kurang berguna
    Hadir dengan spesifikasi yang lumayan canggih Fujifilm seri X-T100 juga dilengkapi dengan kemampuan rekam video 4K. Tetapi, sayangnya kemampuan rekam video 4K itu hampir tidak berguna sebab hanya sanggup merekam di kecepatan 15 fps.

Fujifilm X-T100 atau Sony A6000

  • Harga cukup tinggi
    Kekurangan yang terakhir merupakan bahwa saat kami menulis postingan kami kali ini untuk kamera Fujifilm seri X-T100 dijual sekitar kurang lebih Rp. 7 jutaan rupiah. Tetapi dengan harga sedemikian akan mendapatkan kualitas terbaik.

Sony A6000

Semua orang di dunia serta di Indonesia tentu telah mengenal merk yang satu ini, yaitu Sony. Mereka kali ini terjun ke pasaran kamera dengan suatu kamera berperforma tinggi namun dengan harga yang terjangkau, Sony A6000.

Dari segi desainnya yang dibentuk berukuran kecil tetapi tetap terasa elegan. Lain dari mayoritas kamera DSLR sekarang ini, Sony A6000 tampak lebih sederhana dan kecil. Pada bagian dalam, Sony A6000 ini telah dibekali dengan sensor kamera CMOS.

Resolusi yang ditawarkan oleh kamera dari Sony ini juga sangat mumpuni yaitu sebesar sekitar 24.3 MP. Dengan resolusi sebesar itu, pasti saja Anda dapat merekam video dengan kualitas Full HD atau 1080p. Sony A6000 ini juga telah dilengkapi dengan konektivitas NFC ataupun WiFi.

Kamera Sony A6000 cocok untuk jadi salah satu koleksi pertama Anda buat belajar lebih jauh mengenai fotografi serta videografi yang pastinya mendukung untuk jangka panjang. Jadi Anda tidak perlu gonta ganti kamera lagi.

Kelebihan Sony A6000

  • Ukuran kecil dan ringan
    Kelebihan yang pertama dari kamera Sony A6000 dibuat dengan ukuran yang cukup kecil serta memiliki bobot yang relatif ringan. Jadi, kamera ini sangat nyaman dan mudah untuk dibawa kemanapun Anda pergi.
  • Hasil jepretan sangat memuaskan
    Di sektor fokus juga kamera ini tidak kalah mengagumkan, teknologi autofocus dapat berjalan dengan sangat cepat pada tempat terang. Kualitas gambar yang dihasilkan tidak main-main, karena sudah tergolong memiliki kualitas teratas pada kelas APS-C.
  • Baterai yang cukup tahan lama
    Kelebihan lainnya dari kamera Sony A6000 sama halnya dengan kamera Fujifilm seri X-T100 yaitu baterai yang dipunya akan lebih tahan lama. Sangat cocok untuk Anda gunakan dalam waktu seharian penuh.
Lihat juga:  Pilih Mana: Samsung Galaxy S10e atau Samsung Galaxy S9?

Kekurangan Sony A6000

  • Tidak layar sentuh
    Yang menjadikan kekurangan yang pertama yang banyak disayangkan oleh pecinta fotografer adalah yaitu layar yang bisa Anda gunakan hanya layar fisik. Dalam artian kamera ini tidak layar sentuh. Untuk mengubah fokus dari suatu objek ke objek lainnya juga membutuhkan beberapa waktu.

Fujifilm X-T100 atau Sony A6000

  • Tidak mendukung pada keadaan gelap
    Jendela bidiknya menjadi muncul bintik-bintik yang cukup mengganggu hasil jepretan. Pada saat kondisi gelap, kecepatan AF untuk subjek yang dibidik juga terasa sedikit lambat dibanding Anda menggunakannya pada tempat terang.
  • Harga yang tinggi
    Meski banyak juga kekurangan yang ada pada kamera Sony A6000 ini sama halnya dengan yang sudah kami jelaskan di atas kamera Fujifilm X-T100 dimana harga yang dijual cukup tinggi. Namun bagi Anda yang suka fotografer hal ini tidak menjadi masalah besar, benar? Hehe.
KeteranganFujifilm X-T100Sony A6000
Sensor24.2 MP24 MP
KameraKualitas terbaik dan jernihKualitas terbaik
Berat448 gram285 gram
LCDLCD 3 inciLCD 3 inci
DesainDesain retro dan menarikDesain elegan dan cantik

Tips Merawat Kamera

1. Jauhkan Dari Air
Jauhkan kamera dan lensa dari air, karena kondisi basah dapat menimbulkan kelembaban di dalam kamera dan membuat komponen di dalamnya rusak. Kecuali jika kamera dan lensa Anda memiliki kemampuan waterproof atau weather sealed.

2. Selalu Jaga Kebersihan Kamera dan Lensa
Dan yang kedua Anda harus selalu jaga kebersihan lensa kamera walaupun kamera tersebut tidak akan digunakan.

Salah satu cara membersihkan kamera dan lensa adalah menggunakan cleaning kit, yaitu peralatan pembersih kamera dan lensa yang dijual secara paket.

3. Biasakan Menutup Lensa Kamera
Saat Anda tidak sedang menggunakan kamera, pastikan lensa dalam keadaan tertutup. Begitupun saat lensa dilepas dari bodi kamera. Pastikan depan belakang, semua tertutup cap agar tetap terjaga bersih. Apalagi jika memotret di outdoor, harus ekstra hati-hati.

4. Isi Baterai Sebelum Digunakan
Meski Anda tidak menggunakan kamera dalam jangka waktu lama tetap charge baterainya sebelum dipakai. Sebab isinya pasti akan tetap berkurang, apalagi jika kondisi penyimpanan terlalu panas ataupun terlalu dingin.

Jangan lupa bawa cadangan baterai dan charger-nya kemanapun saat Anda membawa kamera. Baterai yang mendadak habis tentunya bakal membuat Anda kehilangan momen berharga kan.

5. Lebih Baik Gunakan Strap
Hal sederhana yang satu ini juga bagian dari merawat kamera. Anda sebaiknya menggunakan strap saat sedang mengambil gambar di mana pun Anda berada. Tali ini berfungsi untuk menggantung kamera di leher saat Anda sedang mengambil foto.

Pilih Mana: Fujifilm X-T100 atau Sony A6000?

Fujifilm X-T100Sony A6000
Kelebihan- Ukuran yang cukup ringkas - Layar yang fleksibel - Desain yang cukup retro - Ukuran kecil dan ringan - Hasil jepretan sangat memuaskan - Baterai yang cukup tahan lama
Kekurangan- Layar tidak bisa disentuh saat memilih menu - Kemampuan rekam video 4K kurang berguna - Harga cukup tinggi - Tidak layar sentuh - Tidak mendukung pada keadaan gelap - Harga yang tinggi

Kesimpulan

Jika sudah membaca penjelasan di atas sudah pasti Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua kamera tersebut Fujifilm X-T100 dan Sony A6000. Untuk harga keduanya hampir sama, jadi Anda bisa pilih sesuai dengan selera Anda. jika ingin lebih modern dengan layar sentuh maka Fujifilm X-T100 bisa menjadi pilihan. Karena Sony A6000 belum mengusung layar sentuh. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Fujifilm X-T100 vs Sony A6000

VS

Leave a Reply