Elektronik

Pilih Mana: Fujifilm X-T30 atau Fujifilm XT3?

X-T30 merupakan kamera mirrorless APS-C baru yang dirilis oleh Fujifilm. Meskipun kamera ini baru saja diluncurkan namun semua orang sudah berbicara tentang kemampuannya yang luar biasa. Karena keluar tidak lama setelah Fujifilm X-T3, kedua kamera ini sangat mirip dan mereka yang mencari kamera baru mungkin memiliki masalah dalam memutuskan mana yang merupakan pilihan yang lebih baik. Oleh sebab itu pada artikel kali ini akan kita bahas dari kedua kamera tersebut.

Fujifilm X-T30

Fujifilm sudah merilis X-T30. Kamera mirrorless ini hadir bodi ringkas dan ringan, serta sejumlah fitur baru yang tidak dimiliki pendahulunya. X-T30 memiliki bobot 383 gram. Fuji memasang tuas fokus menggantikan selector buttons, memungkinkan ruang pegangan tambahan di bagian belakang untuk menambah kenyamanan. Selain itu membuat pengoperasian lebih cepat dan intuitif. Baca juga Pilih Mana: Fujifilm X-T30 atau Sony a6400?

Fitur Fujifilm X-T30

Layar LCD dibuat lebih tipis 1,3 mm. Kemampuan layar sentuhnya diklaim punya respon yang lebih baik. Di bagian jeroannya, X-T30 membawa spesifikasi yang mirip X-T3. Fuji menyematkan sensor X-Trans CMOS 4 berukuran 26,1 megapixel dan X-Processor 4 Quad Core-CPU.

Batas cahaya rendah untuk fase deteksi AF telah diperluas dari + 0,5EV ke -3EV, memungkinkan autofokus pada pencahayaan yang sangat minim seperti pada malam hari atau di bawah cahaya redup, seperti cahaya lilin.

X-T30 memiliki bobot 383 gram. Fuji memasang tuas fokus menggantikan selector buttons, memungkinkan ruang pegangan tambahan di bagian belakang untuk menambah kenyamanan. Selain itu membuat pengoperasian lebih cepat dan intuitif.

Jumlah piksel fase deteksi pada sensor gambar X-Trans CMOS 4 telah meningkat menjadi 2,16 juta, atau sekitar 4 kali lipat dari model X-Trans CMOS 3. Area AF fase deteksi pada sensor sekarang mencakup seluruh frame, sehingga memungkinkan untuk fokus secara cepat dan akurat pada subjek di mana saja dalam bingkai.

Batas cahaya rendah untuk fase deteksi AF telah diperluas dari + 0,5EV ke -3EV, memungkinkan autofokus pada pencahayaan yang sangat minim seperti pada malam hari atau di bawah cahaya redup, seperti cahaya lilin.

Fungsi Face Select turut diberikan untuk memberikan prioritas fokus otomatis pada wajah. Selain itu kinerja mode Advanced SR Auto telah ditingkatkan sejalan dengan peningkatan kinerja AF kamera.

Dalam mode ini, kamera secara otomatis memilih pengaturan pemotretan optimal untuk adegan tertentu dari 58 preset, sehingga fotografer dapat mencapai kualitas gambar terbaik tanpa harus khawatir tentang pengaturan apa pun.

Di sektor video, X-T30 mendapat peningkatan signifikan dari pendahulunya. Kamera ini merekam dalam 6K (6240×3510) untuk menghasilkan kualitas menakjubkan di format 4K (3810×2160). Kamera juga mendukung format DCI (17: 9), yang memberikan tampilan sinematis yang lebih baik pada video.

Fujifilm XT3

Fujifilm X-T3 adalah seri kamera mirrorless canggih yang diluncurkan di tahun 2018. Kinerja X-T3 meningkat dari kamera pendahulunya karena menggunakan sensor dengan arsitektur baru yaitu BSI X-Trans 26MP berformat APS-C.

Sensor ini didukung dengan prosesor yang baru juga, yang memungkinkan peningkatan kinerja menjadi 11 foto per detik dan 20 foto per detik dalam mode ES (electronic shutter). Kinerja video juga meningkat menjadi 4K 60p dengan 10 bit data.

Lihat juga:  Pilih Mana: Honor View 10 atau Honor 10?

Dibandingkan seri Fuji X-T sebelumnya, versi ketiga ini memiliki jendela bidik yang lebih besar dengan refresh rate yang lebih baik. Penyebaran titik/area fokus juga lebar, menjangkau sampai tepi-tepi frame foto.

Fitur Fujifilm XT3

Fujifilm X-T3 merupakan kamera mirrorless generasi keempat dari Fujifilm yang menerapkan sejumlah pembaruan dengan versi sebelumnya. Di jantungnya kini tertanam paduan sensor APS-C Xtrans CMOS 4 resolusi 26,1 megapiksel dan chip pengolah gambar X-Processor 4. X-Processor 4 yang memiliki CPU quad-core diklaim memiliki kinerja komputasi yang 3 kali lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Fujifilm X-T3 juga disebut dapat melacak pergerakan subyek foto (continuous AF) dengan lebih baik dari X-T2. Soal kemampuan fokus ini, X-T3 dibekali dengan titik AF phase detect sebanyak 425 dan contrast detect sebanyak 169, dengan burst rate 11 FPS. Sensitivitas AF kini mencapai -3 EV (dari -1 EV pada X-T2) sehingga X-T3 seharusnya lebih mudah mengunci fokus dalam situasi low-light.

Fitur-fitur auto fokus X-T3 seperti Face Detection dan Eye Detection yang juga berfungsi dalam mode AF-C, kini bisa pula digunakan ketika merekam video. Fujifilm X-T3 mampu merekam video hingga resolusi 4K 60 FPS dalam format H.264/ MPEG-4 dan H.265/ HEVC

Dari segi fisik, fitur baru yang paling terasa mungkin adalah layar tilting LCD 3,2 inci di bagian punggung yang kini mendukung touch input, dan tambahan jack headphone untuk memonitor audio saat merekam video. Fitur lain dari X-T3 termasuk rentang sensitivitas ISO 160-12.800, electronic view finder OLED 3,69 megapiksel dengan magnifikasi 0,75x, slot kartu memori ganda, USB charging, serta konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth.

Pilih Mana: Fujifilm X-T30 atau Fujifilm XT3?

Fujifilm X-T30Fujifilm XT3
Kelebihan - Sensor 26,1 megapiksel - Layar sentuh efektif dan responsif - Cakupan AF menjangkau seluruh area foto- Kinerja kamera terutama autofokus cepat - Banyak pilihan kustomisasi setting kamera - Kualitas gambar sangat baik meski di kondisi gelap/ISO tinggi
Kekurangan- Video 4K 30 fps, belum 60 fps seperti X-T3 - Layar sentuh masih tilting ke atas-bawah, belum ke samping - Tidak ada built-in stabilization seperti di Fuji X-H1 - Touchscreen kurang responsif dan terbatas (tidak bisa untuk navigasi menu)

Kesimpulan

Fujifilm X-T30 menawarkan fitur serupa dengan Fujifilm X-T3, tetapi jauh lebih kecil dan biaya lebih murah. Meskipun banyak keunggulan X-T3, ada di mana ia tidak dapat bersaing dengan X-T30 dan itu mereka saling melengkapi. Oleh sebab itu dapat anda pilih sesuai dengan selera kalian masing-masing dan sesuai kebutuhan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Fujifilm X-T30 VS Fujifilm XT3

VS

Leave a Reply