Pilih Mana: FWD atau RWD?

Loading...

Kita semua tahu bahwa mobil adalah salah satu barang yang mahal. Oleh karena itu, biasanya ada banyak hal yang calon pembeli akan pertimbangkan sebelum memutuskan mobil apa yang akan mereka beli. Sebagian besar mobil MVP (multi-purpose vehicle), hanya menggunakan dua sistem penggerak dua roda, yaitu FWD dan RWD. Lantas bagus mana FWD atau RWD?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat FWD dan RWD
– Kelebihan & kekurangan FWD dan RWD

FWD
Dikutip dari GridOto.com, FWD (Front Wheel Drive) adalah sistem penggerak roda depan. Sederet mobil di Indonesia yang menggunakan sistem FWD adalah Honda Brio, Toyota Vios, Suzuki Swift, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, Honda Mobilio, Nissan Livina, Mitsubishi Mirage dan Mitsubishi Xpander.

Kelebihan FWD yang bisa Anda ketahui:

1. Lebih ringan
Secara teknis, mesin pada mobil FWD akan memasok daya langsung ke roda depan. As roda depan pada mobil jenis ini langsung terhubung dengan transmisi dan mesin tanpa harus melalui propeler dan diferensial (gardan). Karena itu, jumlah komponen menjadi lebih sedikit dari mobil RWD sehingga lebih ringan.

2. Efisien mengonsumsi bahan bakar
Bobot ringan membuat sebagian besar mobil FWD lebih kuat. Bahkan kelebihan lainnya, yakni mobil FWD lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar karena kekuatan mesin tidak perlu melalui gardan.

Kekurangan FWD yang bisa Anda ketahui:

1. Membutuhkan perawatan intens
Seperti yang diketahui, setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Nah di sini, kekurangan tersebut dapat dilihat dari kaki-kaki mobil FWD sering lebih pendek, dan ban depan cenderung lebih cepat habis. Karena itu disarankan Anda tidak boleh mengabaikan perawatan di sektor mobil yang menggunakan sistem FWD.

Loading...

2. Sering kehilangan daya cengkram
Secara pengendalian, risiko understeer pada mobil FWD termasuk besar karena sering ban depan kehilangan daya cengkram (grip) saat membelok. Understeer adalah efek limbung pada kendaraan akibat dari dorongan pada bobot kendaraan saat menikung. Namun risiko understeer dapat dikurangi dengan menginjak pedal saat berputar, yaitu dengan melakukan gas penuh karena bagian belakang mobil secara spontan akan mengikuti.

RWD
RWD (Rear Wheel Drive) adalah sistem penggerak roda belakang. Mobil keluarga penggerak roda belakang termasuk Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova, Daihatsu Terios, Wuling Confero S dan Daihatsu Xenia.

Kelebihan RWD yang bisa Anda ketahui:

1. Lebih tangguh melewati lintasan
Mobil RWD secara umum akan terasa lebih tangguh sehingga dapat melewati berbagai lintasan dengan lebih mudah. Kedua komponen seperti mesin dan penggerak roda yang berjauhan maka hal tersebut dapat membuat komponen tersebut tidak mudah rusak sehingga lebih tahan lama. Di jalan menanjak, umumnya mobil RWD bisa lebih baik daripada FWD.

2. Power steering lebih enteng
Selain itu, radius putar dari mobil RWD bisa lebih dalam atau lebih patah karena ruas rotasi ban depan yang lebih luas, tidak dibatasi drive shaft. Sehingga power steering pada mobil RWD jelas lebih enteng. Namun, ketika kecepatan tinggi, pengemudi akan merasakan kecenderungan efek oversteer.

Kekurangan RWD yang bisa Anda ketahui:

1. Mengganggu ruang kabin
Berbeda dengan mobil keluarga tipe FWD, tenaga mesin mengalir ke roda belakang melalui gardan. Kehadiran gardan tersebut berdampak pada ruang kabin mobil. Posisi kaki penumpang biasanya agak terganggu karena terowongan untuk gardan di bagian bawah sasis.

2. Akselerasi kurang cepat
Selain itu, karena harus mengakomodasi diferensial, bagian belakang mobil RWD cenderung lebih kecil. Berat yang lebih berat dari FWD membuat MPV RWD rata-rata lebih boros bahan bakar. Akselerasi mobil juga kurang cepat.

Pilih Mana: FWD atau RWD?

FWDRWD
Kabin– Lebih lega– Lebih sempit
Akselerasi– Lebih bertenaga– Kurang cepat
Penggunaan bahan bakar– Tergolong efisien– Cenderung boros

Kesimpulan
Saat ini, jika dilihat dari perbedaan maka penggunaan bahan bakar pada FWD jauh lebih efisien dibandingkan mobil yang menggunakan sistem RWD. Namun, pada kinerjanya RWD jauh lebih tangguh dibandingkan dengan FWD. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

FWD vs RWD

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *