Home

Pilih Mana: Garasi atau Carport?

Garasi atau Carport tentunya adalah sebuah tempat yang dikhususkan untuk memarkirkan kendaraan kita supaya aman. Garasi atau Carport umumnya berada di depan atau disamping rumah kita agar memudahkan kita untuk memarkirkan atau membawa kendaraan kita keluar. Kali ini saya akan membahas mengenai Garasi dan Carport. Disini aja ya..

Garasi

Untuk beberapa orang ada yang beranggapan bahwa garasi dan carport memiliki kesamaan namun kenyataannya garasi dan carport memiliki beberapa perbedaan yang mencolok. Baca juga Pilih Mana: Ruko atau Rumah?

Garasi sendiri adalah bagian rumah yang kerap dijadikan sebagai menyimpan mobil, motor, sepeda yang berfungsi agar kendaraan kamu terhindar dari panasnya sinar matahari dan dinginnya air hujan.

Tidak hanya itu, garasi juga bisa melindungi kendaraan kamu dari pencuri yang kerap beraksi di malam hari. Jika kamu memarkirkan mobil kamu berada diluar rumah, maka ada kemungkinan bahwa mobil kamu bisa dicuri atau dibobol.

Garasi sendiri biasanya ditambahkan dengan beberapa tumbuhan atau tanaman guna lebih mempercantik garasi kamu, tidak hanya itu foto-foto atau poster juga bisa kamu tempatkan di garasi.

Garasi umumnya memiliki lebar sekitar 2,4 x 4,8 meter untuk kendaraan yang ukurannya tidak terlalu besar, dan kamu bisa pakai garasi dengan lebar sekitar 3 x 6 meter untuk kendaraan yang ukurannya besar.

Kamu bisa membeli peralatan untuk membuat garasi kamu di toko bangunan, Ace Hardware, Depo bangunan dan beberapa toko peralatan rumah lainnya.

Jenis-jenis Garasi:

Garasi Underground
Garasi Underground sendiri cocok banget digunakan untuk kamu yang memiliki kendaraan yang memiliki harga yang mahal. Garasi ini menggunakan pintu otomatis yang akan membawa mobil atau kendaraan lain kamu menuju ruang bawah tanah.

Garasi Lantai Dua
Garasi ini memiliki konsep yang minimalis dan cocok banget buat kamu yang memiliki hunian di daerah perbukitan. Garasi ini berada di lantai dua dan ruangan lainnya berada di lantai dasar.

Garasi dengan Pintu Kayu
Garasi ini adalah garasi yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia. Garasi dengan pintu kayu memang memiliki nilai artistik nya tersendiri.Garasi ini biasa digunakan oleh kebanyakan orang Bali.

Garasi Kanopi Kaca
Garasi ini tentunya dikhususkan agar kendaraan kalian yang berada didalamnya tidak kepanasan. Jenis dari kanopi nya sendiri pun beragam kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginan kalian contohnya seperti polikarbonat, spandek, kaca dan lain-lain. Kanopi ini harganya cukup mahal tentunya gunakan garasi yang sesuai dengan kemampuan kalian ya guys.

Garasi Halaman Samping
Lahan di samping rumah kerap kosong maka dari itu orang kerap memakainya sebagai garasi untuk kendaraan. Garasi halaman samping ini pun umumnya memiliki ukuran yang cukup besar sehingga bisa menampung mobil atau kendaraan anda yang lain.

Garasi dengan Konsep Split Level
Garasi ini dibuat dengan konsep rumah yang terkesan luas meskipun di atas lahan yang sempit. Konsep garasi ini adalah lantai satu setengah yang memanfaatkan perbedaan ketinggian lahan dari masing-masing ruangan tersebut.

Garasi sendiri adalah salah satu aset dari suatu rumah, seseorang akan merasa percaya diri jika garasi mereka memiliki konsep yang sangat bagus ditambah dengan kendaraan yang mahal juga.

Akan menjadi kebanggaan tersendiri jika mempunyai garasi yang bagus. Maka dari itu buatlah garasi dengan konsep yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial kalian.

Carport

Carport sendiri merupakan sebuah tempat untuk kita menaruh mobil yang sama seperti garasi, namun perbedaannya adalah carport memiliki tempat yang umumnya berbeda dengan rumah kita.

Berbeda dengan garasi, carport hanya menyediakan tempat yang dikhususkan untuk mobil saja. Dimana yang kita tahu tempat ini terpisah dengan rumah kita jadi akan lebih baik jika hanya mobil yang berada disana.

Usahakan jangan memarkirkan kendaraan lain selain mobil seperti motor, sepeda di dalam carport, karena tidak terdapat pagar untuk melindunginya melainkan hanya atap agar terhindar dari panas atau dinginnya air hujan.

Kalau kamu memang ingin memarkirkan kendaraan kamu yang lain di carport, pakailah pengaman ganda agar senantiasa aman dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pencurian.

Berbeda dengan garasi, carport umumnya memiliki ukuran yang lebih besar. Umumnya ukuran carport 4 x 8 bahkan lebih besar lagi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Maka dari itu jika kamu hanya memiliki satu kendaraan, usahakan memakai garasi saja karena pembuatan carport sendiri tentunya membutuhkan tambahan biaya yang tidak sedikit.

Sama seperti garasi , kamu bisa membeli peralatan untuk membuat garasi kamu di toko bangunan, Ace Hardware, Depo bangunan dan beberapa toko peralatan rumah lainnya.

Jenis dari carport

Carport dari Batu Alam
Carport model ini memiliki karakteristik yang netral, artistik, bersih. Carport ini dibuat dari batu alam yang disusun secara rapi dan terstruktur. Orang-orang juga banyak yang menggunakan batu alam sebagai carport mereka.

Carport dengan Grass Brick
Carport ini dikhususkan untuk orang yang mencintai lingkungan. Jenis carport ini memberikan kesan keindahan dan kesegaran rerumputan yang tumbuh disekitaran carport ini.

Carport dengan perpaduan batu alam dan gravel
Carport ini memiliki susunan batu alam dan gravel yang disusun secara berpola kotak-kotak. Carport ini tentunya sanggup ini menahan beban kendaraan. Carport ini tentunya akan memiliki kesan yang elegan.

Carport dari beton cor
Sesuai dengan namanya carport ini memiliki atap rangka besi berwarna hitam dengan variasi garis yang semakin membuat kesan elegan serta modern carport ini. Carport model ini cukup trending di kalangan masa kini.

Carport dengan variasi warna batu alam
Carport ini memiliki desain yang tropis minimalis. Carport ini juga batu alam sebagai bahan utamanya.

Carport dengan kanopi
Carport ini paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, selain simpel carport ini juga terlihat mewah. Sama seperti garasi dari kanopi, carport dengan kanopi pun berbahan dasar polikarbonat, spandek, kaca atau semacamnya.

Sama seperti Garasi, pilihlah carport kamu sesuai dengan keinginan dan tentunya dengan kemampuan finansial kalian ya guys.

Pilih Mana: Garasi atau Carport?

GarasiCarport
Kelebihan - Terlindungi dari hujan - Lebih Aman - Multifungsi - Dapat menampung banyak mobil - Bisa kamu variasikan - Terbuat dari beberapa bahan alam lainnya
Kekurangan- Pengap - Lebih sempit- Lebih mahal - Terpisah dari bangunan utama

Kesimpulan

Garasi dan Carport tentunya sangat bermanfaat untuk kamu yang hobi mengoleksi beberapa kendaraan seperti mobil, motor, sepeda dan sebagainya. Rawat dan bersihkan selalu garasi dan carport kamu agar selalu terawat dan selalu bersih yang tentunya sedap dilihat. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Garasi vs Carport

VS

Leave a Reply