Pilih mana: Gelas atau Cawan

Loading...

Setiap wadah tentunya memiliki kegunaannya masing-masing, seperti halnya Gelas yang digunakan untuk minum sedangkan cawan yang umumnya digunakan untuk wadah sebagai uji laboratorium tetapi tak jarang pula cawan digunakan untuk wadah sebagai cuka atau kecap asin. Kali ini saya akan membahas mengenai Gelas dan Cawan. Stay tune guys..

Gelas
Gelas merupakan barang yang kita kerap temui tiap hari baik di rumah ataupun di tempat-tempat lain yang memerlukan gelas seperti restoran, cafe, warung kopi dan sebagainya. Baca juga artikel sebelumnya Pilih mana: Cangkir atau Gelas

Gelas tentunya wadah untuk biasa kita minum, biasanya ada yang transparan namun banyak pula gelas yang dibuat dengan bermacam-macam corak.

Gelas umumnya memiliki bentuk panjang dengan permukaan yang bulat di kedua sisi yang tentunya salah satu sisinya digunakan untuk kita minum. Bentuk nya sendiri ada yang memiliki pegangan dan ada juga gelas yang tidak memiliki pegangan.

Kamu bisa menemukan gelas dengan kualitas yang baik di IKEA, Ace Hardware, Informa, toko dapur, mall dan sebagainya.

Sifat gelas:

Sifat estetika guna keindahan
Sifat elastis / lentur
Sifat transparasi atau tembus mata
Sifat tahan atau resisten terhadap zat/respon kimia

Gelas kaca
Gelas yang dibuat dari olahan kaca biasanya berat, gelas ini sanggup tahan terhadap temperatur yang tidak begitu panas serta sanggup menampung air yang tidak begitu dingin.

Namun gelas ini mudah pecah jika terbanting, atau terbentur dengan benda tumpul dan juga bisa pecah jika terisi oleh air yang sangat panas.

Gelas Plastik
Gelas plastik dibuat dari olahan plastik, mempunyai massa yang ringan dan juga mempunyai wujud yang elastis. Gelas ini tentunya tidak mudah rusak apabila terjatuh atau terkena benda tumpul.

Gelas Organik
Gelas tipe ini masih terbilang baru sebab memanglah masih sedikit diproduksi ke masyarakat, gelas tipe ini amat ramah lingkungan. Apabila jadi sampah tentunya gampang dijabarkan bakteri sehingga tidak jadi polusi untuk tanah.

Gelas organik ini ada yang dibuat dari sekam padi, kulit jagung yang kering dan juga ada gelas yang dibuat dari rumput laut yang dapat dimakan serta dipadukan dengan buah sampai-sampai menciptakan rasa yang unik.

Gelas sudah jauh tumbuh dari masa ke masa apalagi guna gelas juga telah jauh berbeda dari guna utamanya, salah satu guna gelas yang unik merupakan gelas yang digunakan buat riset ataupun pengolahan olahan kimia yang biasa diucap gelas kimia.

Loading...

Gelas kimia ini tidak hanya mempunyai guna buat menampung olahan kimia, gelas ini juga dapat berperan buat memanaskan hingga melarutkan zat kimia, semisal prereaksi / reagen buat analisa kimia kualitatif ataupun cuma semata-mata membuat larutan kimia sekunder di kala titrasi / volumentri.

Gelas kimia yang kerap dipakai yakni:

Gelas ukur
Umumnya dibuat dari olahan polipropilen sebab olahan tersebut amat resisten terhadap olahan kimia, gelas ukur terbuat transparan serta diberi garis buat mengukur berapa volume larutan yang tertampung dalam gelas. Gelas ukur ini kerap dipakai buat mengukur volume cairan karena gelas ukur mempunyai akurasi serta presisi yang amat besar.

Tabung reaksi
Merupakan perlengkapan gelas yang biasanya berupa tabung kurang lebih sebesar jari-jari tangan manusia dewasa. Gelas ini dibuat dari kaca dan ada juga yang dibuat dari plastik dengan mulut gelas berbentuk huruf- U.

Tabung reaksi bagian atas dilengkapi dengan bibir lebar buat menuang isi larutan, lalu  bagian dasar yang rata, terdapat juga yang bundar, dan ada juga yang menguncup.

Sebagian tabung reaksi sengaja dibuat tertutup atau dipasang kaca kasar (ground glass) ataupun berglazuur sehigga gampang diberi ciri memakai pensil.

Tabung reaksi dibuat dalam bermacam ukuran, biasanya dari diameter 10 milimeter hingga 20 milimeter serta panjang 50 milimeter hingga 200 milimeter.

Cara membersihkan gelas:
1. Buang isi gelas yang ingin kita cuci.
2. Bersihkan dengan sabun cuci dan gosok seluruh bagian dalam dan bagian luar gelas.
3. Lap dengan kain yang bersih lalu keringkan ditempat yang terbuka.

Cawan
Cawan adalah wadah yang bentuknya seperti mangkuk namun memiliki ukuran yang lebih kecil.

Biasa kita gunakan untuk menaruh cuka, atau cairan kimia yang ingin diujikan di laboratorium.

Cawan sendiri ada yang terbuat dari kaca dan ada juga yang terbuat dari plastik.

Untuk di daerah Jepang dan sekitarnya, cawan sendiri digunakan oleh masyarakatnya untuk meminum sake.

Kamu juga bisa dapatkan cawan di mall, toko online dan sebagainya.

Dalam dunia laboratorium cawan sendiri terbagi menjadi 2 jenis:

Cawan Petri
Dipakai sebagai wadah buat mereaksikan ataupun mengganti suatu zat pada temperatur besar. Semisal penguapan larutan dari sesuatu olahan yang tidak gampang menguap dan mengabukan kertas saring.

Cawan Porselin
Dipakai buat membiakkan sel. Cangkir petri senantiasa berpasangan, yang ukurannya agak kecil sebagai wadah serta yang lebih besar sebagai tutupnya.

Cara membersihkan cawan:
Cara membersihkan cawan juga tergolong sangat mudah karena ukurannya yang kecil yang tentunya gampang untuk dicuci

1. Buang isi dari cawan tersebut.
2. Cuci pakai pembersih di dalam permukaan dan di luar permukaan cawan tersebut.
3. Lap dan keringkan cawan di tempat yang bersih.

Pilih mana: Gelas atau Cawan

GelasCawan
Kelebihan - Memiliki tampilan yang cantik - Mudah ditemukan - Dapat menampung air minum- Cocok untuk wadah uji coba di laboratorium - Tidak memakan banyak tempat - Mudah dibawa / enteng
Kekurangan- Mudah pecah - Akan pecah jika diisi dengan air panas - Relatif sedikit lebih berat dibandingkan cawan - Mudah pecah - Mudah hilang karena ukurannya yang kecil - Sedikit lebih sulit ditemukan dari pada gelas

Kesimpulan:
Gelas biasa kita gunakan untuk minum sehari-hari, dan cawan kebanyakan digunakan untuk menaruh cairan kimia untuk diuji di laboratorium dan cawan juga bisa dijadikan wadah untuk menaruh cuka, kecap asin atau sebagainya. Pergunakan Gelas dan Cawan pada kegunaannya masing-masing ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Gelas vs Cawan

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *