Home

Pilih Mana: Genteng Beton atau Genteng Tanah Liat?

Genteng atau atap sebuah bangunan memiliki peran yang sangat penting. Genteng atau atap bangunan ini berfungsi untuk melindungi penghuni dari panas matahari dan dari hujan. Karena fungsinya yang penting ini, pemilik gedung pastinya ingin menggunakan atap atau genteng yang berkualitas sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan. Terdapat berbagai jenis genteng yang dapat Anda gunakan. Dua di antaranya adalah genteng beton dan genteng tanah liat. Manakah yang akan Anda pilih? Genteng beton atau genteng tanah liat?

Genteng beton dan genteng tanah liat memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Baru-baru ini genteng beton hadir dan menjadi pilihan bagi banyak orang, termasuk developer perumahan. Berbagai jenis rumah menggunakan atap jenis ini seperti perumahan minimalis, perumahan menengah, maupun perumahan mewah juga menggunakan atap jenis ini. Sedangkan genteng tanah liat merupakan jenis genteng yang telah hadir sejak dahulu dan menjadi pilihan banyak kalangan.

Genteng Beton

Genteng beton atau biasa disebut dengan atap beton merupakan jenis genteng yang terbuat dari bahan semen yang dibuat menyerupai genteng tanah liat, dilapisi dengan serat dan bahan aditif tertentu. Ada juga jenis genteng beton yang terdiri dari komposisi plastik, logam tipis, dan bahan lainnya. Genteng beton ini juga memiliki ketahanan atau kekuatan yang tinggi. Jenis atap ini tahan terhadap pelapukan. Genteng beton juga tahan terhadap kebakaran, serta tahan terhadap cuaca. Selain itu sudah barang tentu atap dengan genteng beton akan tahan terhadap serangan serangga.

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Beton

Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan genteng beton:

  • Kualitas

Jika dilihat dari segi kualitas, genteng beton memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan genteng tanah liat. Anda dapat melihat kualitas genteng beton ini dari kekokohannya dan variasinya.

  • Variasi Warna dan Bentuk

Genteng beton memiliki beberapa variasi bentuk. Ada genteng beton yang datar dan ada pula genteng beton yang bergelombang. Kesan modern dan elegan akan Anda dapatkan jika menggunakan genteng beton datar. Sedangkan kesan natural dan kuat akan Anda dapatkan jika menggunakan genteng bergelombang. Genteng beton juga menawarkan varian warna yang bermacam-macam. Dengan adanya varian warna ini, pengguna dapat menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Meski begitu, warna umum yang digunakan adalah warna abu-abu tua dan warna hitam.

Jika warna genteng beton ini memudar, Anda dapat melakukan pengecatan ulang. Dengan demikian genteng beton akan terlihat baru lagi.

  • Material

Material yang dimiliki oleh genteng beton ini memiliki bobot yang cukup berat karena terbuat dari semen. Berat genteng jenis ini jauh lebih berat daripada genteng tanah liat. Dengan demikian, untuk mengaplikasikan genteng jenis ini Anda memerlukan penopang yang kuat. Untuk memasangkan genteng beton ini biasanya akan dikombinasikan dengan rangka atap baja yang ringan.

  • Desain Rumah

Dalam menentukan apakah Anda cocok menggunakan genteng beton atau jenis genteng lainnya adalah desain rumah. Untuk menggunakan genteng beton ini tentunya rumah harus memiliki rangka atap, pondasi, balok yang kuat.

  • Harga

Salah satu kelemahan genteng beton ini adalah harganya yang sangat mahal. Sehingga untuk menggunakan genteng jenis ini, Anda harus menyiapkan budget yang cukup besar.

  • Memantulkan Panas

Dengan memakai genteng beton, anda tidak akan merasakan adanya panas. Hal ini dikarenakan panas sinar matahari dipantulkan oleh genteng beton dan tidak diserapnya. Dengan demikian suhu di dalam rumah atau ruangan Anda akan tetap sejuk dan tidak panas.

  • Perawatan

Meskipun kokoh, genteng beton juga bisa rusak. karena itu Anda membutuhkan pelindung atap yang sesuai untuk menghindari kerusakan ini. Kerusakan ini dapat terjadi karena genteng beton memiliki pori-pori sehingga akan mudah sekali untuk terjadi kelembapan.

Kelebihan Genteng BetonKekurangan Genteng Beton
- Kuat dan kokoh- Lebih berat
- Mudah dirawat - Memiliki pori-pori sehingga bisa menjadi lembap
- Memiliki bentuk dan warna yang bervariasi - Lebih mahal
Lihat juga:  10 Merk Mixer Kualitas Terbaik 2020

Genteng Tanah Liat

Genteng tanah liat merupakan genteng yang dibuat dari bahan dasar tanah liat. Genteng tanah liat juga termasuk genteng yang banyak dipakai oleh masyarakat sejak dahulu hingga sekarang. Hal ini wajar saja karena genteng tanah liat memiliki banyak sekali keunggulan. Baca juga: genteng tanah liat vs genteng metal.

Kelebihan dan kekurangan Genteng Tanah Liat

Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan genteng tanah liat:

  • Kualitas

Genteng tanah liat memiliki banyak kelebihan, salah satu kelebihan yang dimiliki oleh tanah liat adalah kualitasnya. Genteng tanah liat sebenarnya cukup kokoh, tapi sayangnya genteng tanah liat tidak lebih kokoh jika dibandingkan dengan genteng beton. Hal ini wajar saja karena genteng beton terbuat dari bahan semen sehingga lebih kuat dibandingkan dari bahan tanah liat. Jika terkena tekanan berat seperti terinjak atau ditimpa sesuatu yang berat genteng tanah liat ini mudah sekali rapuh dan pecah.

  • Variasi Warna dan Bentuk

Genteng tanah liat juga memiliki variasi warna yang beragam. Sedangkan untuk bentuknya, genteng tanah liat memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Namun, genteng tanah liat ini warnanya cepat sekali pudar ketika sering terkena panas dan hujan karena dibuat dengan proses pembakaran dan tambah bahan tambahan.

  • Material

Sesuai dengan namanya, genteng tanah liat terbuat dari bahan tanah liat. Jika dibandingkan dengan genteng beton, genteng tanah liat lebih ringan dan mudah untuk mengaplikasikannya atau memasangnya. Namun, anda perlu teliti dalam memasang jenis genteng ini untuk menghindari kebocoran. Untuk mengetahui cara pemasangan genteng tanah liat, Anda bisa melihatnya di YouTube. 

  • Desain Rumah

Pada umumnya setiap rumah cocok menggunakan genteng tanah liat. Anda tidak harus memiliki rumah dengan pondasi, dinding, serta rangka atap yang kuat. Anda bahkan bisa memakai genteng tanah liat meski menggunakan rangka atap dari kayu.

  • Menahan Panas dan Suara

Kelebihan lain yang dimiliki oleh genteng tanah liat ini adalah dapat menahan panasnya sinar matahari. Sehingga pada saat siang hari Anda tidak akan merasakan panas. Panas pada siang hari ditahan dan dikeluarkan pada malam hari. Sehingga pada saat malam hari panas yang ditahan pada siang hari dikeluarkan oleh genteng tanah liat ini.

  • Harga

Genteng tanah liat ini merupakan genteng yang paling dicari oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan genteng tanah liat sangatlah murah jika dibandingkan dengan genteng beton.

  • Perawatan

Anda tidak akan kesulitan dalam merawat genteng tanah liat ini. perawatan genteng tanah liat relatif sangat mudah. Anda juga dapat dengan mudah untuk mengubah warna atau cat pada genteng jenis ini.

Kelebihan Genteng Tanah LiatKekurangan Genteng Tanah Liat
- Tidak menyerap panas- Jika tidak teliti saat memasang bisa terjadi kebocoran
- Mudah dirawat - Warna mudah pudar
- Harga lebih murah- Mudah rapuh dan pecah

Pilih Mana: Genteng Beton atau Genteng Tanah Liat?

Setelah Anda membaca berbagai kelebihan dan kekurangan genteng beton dan genteng tanah liat di atas, Anda bisa menentukan mana genteng yang paling sesuai dengan kebutuhan dan cocok dengan rumah Anda. Simpulan perbedaan antara kedua genteng tersebut dapat Anda lihat pada tabel berikut:

Genteng BetonGenteng Tanah Liat
- Terbuat dari semen- Terbuat dari tanah liat
- Membutuhkan pondasi dan rangka atap yang kuat- Tidak Membutuhkan pondasi dan rangka atap yang kuat
- Lebih mahal- Lebih murah

Kesimpulan

Jika dilihat dari kekokohannya, genteng beton merupakan juaranya. Kualitas yang dimiliki genteng jenis ini sangatlah baik. Untuk mendukung penggunaan genteng beton ini, Anda harus memiliki rangka atap yang kuat dan biaya yang cukup besar.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Genteng Beton vs Genteng Tanah Liat

VS

Leave a Reply