Home

Pilih Mana: Genteng Metal atau Genteng Keramik?

Atap rumah merupakan salah satu komponen penting agar rumah senantiasa aman dan nyaman untuk ditempati. Pemilihan atap rumah tentu menjadi perbincangan yang cukup menarik mengingat begitu banyaknya model dan jenis dari atap rumah itu sendiri.

Genteng Metal dan Genteng Keramik menjadi salah satu atap rumah yang kerap dipakai oleh beberapa orang yang tentunya memiliki beberapa keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Perawatan genteng juga menjadi salah satu komponen penting agar selalu awet tahan lama, tidak bocor, tidak ditumbuhi lumut dan lain sebagainya. Pembahasan kali ini akan membahas lebih detail mengenai Genteng Metal dan Genteng Keramik. Mari simak penjelasannya di postingan berikut.

Genteng Metal

Dilihat dari namanya saja, genteng metal terbuat dari material logam yang memiliki bentuk lempengan, dimana biasanya terdiri dari 4 genteng jadi satu. Bentuk genteng metal seperti lembaran seng. Jenis genteng ini ditanam pada balok rangka atap menggunakan sekrup.

Ukuran jenis genteng ini cukup bervariasi, yakni dengan lebar 60-120 cm, ketebalan 0.3 mm, dan panjang 1.2-12m. Karena berat genteng ini lumayan ringan, maka pemasangannya hanya membutuhkan sekrup sehingga tidak mudah terbawa angin.

Genteng metal menjadi genteng kekinian yang biasa digunakan untuk menggantikan genteng yang biasa dibuat dari tanah. Bentuknya pun terlihat mirip dengan genteng lainnya, hanya bahan dasar saja yang membedakan. Genteng metal terbuat dari campuran bahan logam seperti zincalume, mild steel, dan galvanized.

Ada dua jenis genteng metal yang biasa dijual di pasaran yaitu genteng polos dan sandy tile. Kelebihan genteng jenis ini sanggup menahan panas matahari dan meredam suara air hujan lebih baik dari pada genteng metal biasa. Namun harganya juga lebih mahal. Kamu bisa dapatkan genteng metal di toko bangunan atau di Depo Bangunan. Baca juga Pilih Mana: Atap Genteng atau Dak Beton?

Kelebihan Genteng Meta

  • Daya tahan tinggi
    Genteng metal memiliki daya tahan tinggi. Bahan genteng satu ini bersifat anti pecah, anti lapuk, anti jamur dan anti rayap. Dengan karakteristik ini, genteng metal, bisa digunakan selama puluhan tahun tanpa kerusakan serius. Bahkan, genteng metal diklaim bebas perawatan.
  • Memiliki bobot ringan
    Karena berbentuk lembaran, genteng metal berat memiliki bobot yang sangat ringan. Bobot rata-rata yang membentuk area seluas 1 meter persegi adalah 7 kg. Coba bandingkan dengan atap beton yang memiliki berat sekitar 60 kg untuk membentuk area yang sama. Hal ini berarti bahwa genteng metal aman digunakan dan merupakan pilihan genteng terbaik untuk daerah rawan gempa.
  • Pemasangan cepat dan mudah
    Genteng metal sengaja didesain sedemikian rupa oleh pabrikan agar mudah dipasang dengan waktu yang relatif singkat. Kamu hanya meletakkannya secara teratur di rangka atap, lalu tempelkan beberapa sekrup, viola genteng telah terpasang dengan benar. Bahkan genteng metal juga diklaim memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menahan hembusan angin kencang dan guncangan gempa.

Kekurangan Genteng Metal

  • Interior terasa panas
    Masalah yang sering dikeluhkan rumah dengan genteng metal adalah suasana interior terasa panas, pengap, dan panas. Hal ini terjadi karena logam adalah konduktor yang baik sehingga panas dari matahari akan selalu diteruskan ke bawahnya yang bersuhu rendah.
  • Pengelupasan warna
    Kerugian lain dari genteng metal adalah warna bisa memudar atau mengelupas, meski bertahun-tahun mendapat garansi. Kamu juga harus memastikan bahwa saat pemasangan atap untuk menghindari goresan.
  • Mengeluarkan suara berisik
    Permukaan genteng metal mudah penyok saat diinjak terutama pada proses pemasangan, dan kebisingan yang bersentuhan dengan lapisan lainnya. Misalnya, jika hujan deras bisa menyebabkan kebisingan pada permukaan atap. Tapi ini tidak terlalu signifikan karena sekarang produsen telah melakukan inovasi untuk mengatasi masalah ini dengan permukaan genteng metal yang dilapisi pasir, batu alam (coral).

Daftar Harga Genteng Metal

Berikut ini adalah beberapa jenis dan harga dari Genteng Metal yang bisa kamu jadikan acuan dalam memilih atap rumah untuk tempat tinggal kamu. Harga ini termasuk per Agustus 2019.

Genteng Metal Harga / lembar
Genteng metal batuan Rp 35.000,-
Inti roof T.0.3Rp 60.000,-
Multiroof Rp 63.000,-
Sakura T.0.25Rp 37.000,-
Soka batuan T.0.25Rp 57.000,-
Super batuan T.0.25Rp 57.000,-
Multiroof BatuanRp 120.000,-

Genteng Keramik

Genteng keramik merupakan genteng berbahan dasar tanah liat. Cuma saja pada genteng ini terdapat banyak opsi, baik model ataupun warnanya. Untuk proses pembuatannya, genteng keramik melalui proses pembakaran yang amat lama. Proses yang lumayan lama inilah genteng keramik jadi lebih kuat, tidak gampang retak atau rusak, dan terhindar dari serangan lumut. Genteng keramik memakai sistem pemasangan interlocking.

Hal yang membedakan genteng keramik dengan tipe genteng lainnya yaitu bagian luar genteng sudah di glazur, sehingga tampak lebih mengkilap dan tidak gampang terserang lumut. Fungsi glazur tersebut ialah memantulkan cahaya matahari hingga 85%, sehingga area yang berada di bawahnya senantiasa terasa dingin. Genteng ini juga bisa dipasang pada atap kayu ataupun beton. Kamu bisa dapatkan genteng keramik dengan kualitas yang baik di toko bangunan atau di Depo Bangunan.

Lihat juga:  10 Streaming TV Online Terbaik 2020

Kelebihan Genteng Keramik

  • Warna tahan lama
    Jika genteng bahan lain memiliki warna yang tidak tahan lama maka tidak untuk genteng keramik ini. Hal tersebut disebabkan warna yang dihasilkan pada keramik sangat tahan lama dan memiliki banyak pilihan warna. Warna yang awet ini karena proses pembuatan genteng keramik adalah dengan melakukan pembakaran dengan suhu di atas 1000 derajat celcius.
  • Kekuatan superior
    Genteng keramik juga sangat kuat dan mampu menahan beban hingga 180 kg. Kamu tidak perlu khawatir jika ingin memasang genteng yang terbuat dari keramik ini karena meski menginjaknya saat pemasangan, genteng keramik tidak akan hancur. Hal ini karena proses pembakaran genteng begitu sempurna sehingga bisa menahan beban yang berat.
  • Tahan semua cuaca
    Genteng keramik tahan terhadap segala jenis cuaca. Hal ini dikarenakan genteng mampu menahan korosi dan cuaca ekstrem karena memiliki sistem interlock yang baik. Bahkan sistem interlock pada genteng lebih baik dari genteng lainnya.

Kekurangan Genteng Keramik

  • Harus dipasang secara seksama
    Genteng ini harus dipasang dengan hati-hati karena kerapatannya harus sangat diperhatikan. Jika tidak terpasang dengan benar, maka akan mudah bocor. Kamu bisa mencari ahli bangunan untuk memasang genteng ini dan bukan memasangnya sendiri.
  • Memiliki bobot yang berat
    Genteng keramik amat rentan terhadap adanya benturan maupun beban berat yang menimpanya. Semakin lama umur genteng keramik, maka akan semakin rapuh genteng keramik itu apabila terkena benturan yang lumayan keras maupun beban yang berat.
  • Kurang cocok untuk rumah minimalis
    Meski rumah minimalis memang banyak memiliki keterbatasan, tetapi biasanya para pemilik rumah minimalis ingin memaksimalkan penampilan rumahnya sehingga dipilihnya genteng tipe lain yang lebih modern serta variatif akan jadi pertimbangan dibanding genteng keramik dengan warna yang monoton.

Daftar Harga Genteng Keramik

Berikut ini adalah beberapa jenis dan harga dari Genteng Keramik yang bisa kamu jadikan acuan dalam memilih atap rumah untuk tempat tinggal kamu. Harga ini termasuk per Agustus 2019.

Genteng KeramikHarga / lembar
Kanmuri milenio naturalRp 82.500,-
Kanmuri milenio standardRp 95.800,-
Kanmuri milenio specialRp 126.000,-
Kanmuri Espanica NaturalRp 84.000,-
Kanmuri Espanica StandardRp 132.000,-
Kanmuri Espanica Special Rp 148.000,-
M Class Natural Rp 79.100,-
M Class Standard Rp 86.200,-
M Class Special Rp 114.900,-

Tips Merawat Genteng

Agar genteng kamu selalu awet tahan lama, maka kamu harus melakukan beberapa tips yang bisa menjaga kualitas genteng kamu ager senantiasa bagus dan tidak bocor. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan dirumah.

  • Meninjau atap secara berkala
    Kamu harus mengecek bagian atap secara teratur. Sebaiknya sebelum musim hujan datang, kamu melakukan pengecekan dan perbaikan seperlunya. Pengecekan idealnya dilakukan 2-3 bulan sekali. Ini karena indikasi kerusakan pada genteng tidak akan mengakibatkan kebocoran langsung. Setelah 3 hingga 4 kali hujan lebat, air baru akan mulai merembes serta menyebabkan atap lapuk.
  • Mengganti genteng rusak
    Lakukan secara hati-hati saat mengganti genteng yang rusak. Perhatikan pijakan genteng agar tidak merusak genteng yang lain.

  • Perhatikan daerah nok
    Jangan lupa buat memperhatikan bagian ujung genteng yang diplester dengan semen atau juga sering disebut dengan daerah nok. Pasalnya bagian itu kerap mengalami kebocoran. Semakin cepat ditangani, maka semakin murah biaya yang mesti dikeluarkan.
  • Genteng daerah tropis
    Untuk daerah tropis, jenis genteng rumah yang sangat pas yaitu genteng keramik liat karena lebih kuat menghadapi perubahan suhu serta cuaca. Tidak hanya itu, lakukan pengecatan ulang untuk genteng yang dicat.

Pilih Mana: Genteng Metal atau Genteng Keramik?

Genteng MetalGenteng Keramik
- Terbuat dari material logam yang memiliki bentuk lempengan- Terbuat dari bahan alami yaitu tanah liat
- Pemasangan biasanya menggunakan rangka baja- Pemasangan biasanya menggunakan kayu yang kuat
- Biasa ditemui pada rumah bergaya minimalis modern- Rumah mewah atau rumah di zaman dahulu biasanya menggunakan jenis genteng keramik
- Lebih ringan dan mudah dalam pemasangan- Meskipun lebih berat namun genteng keramik membuat udara rumah menjadi lebih sejuk

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan di atas, maka bisa ditarik kesimpulan jika genteng keramik dan genteng metal mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun saya merekomendasikan Genteng Keramik untuk atap rumah kalian, selain lebih awet Genteng Keramik tidak menimbulkan suara yang berisik kala sedang hujan lebat. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Genteng Metal vs Genteng Keramik

VS

Leave a Reply