Home

Pilih Mana: Gerabah atau Keramik?

Tanah liat merupakan bahan yang diperoleh dari alam yang bisa diolah dan menghasilkan berbagai macam peralatan dan barang. Dua hal yang menggunakan tanah liat sebagai bahan dasar pembuatannya adalah gerabah dan keramik. Manakah yang paling tepat untuk Anda gunakan? Gerabah atau keramik?

Gerabah dan keramik merupakan dua material yang terbuat dari tanah liat. Gerabah murni dibuat dengan tanah liat saja tanpa memerlukan bahan campuran. Dulu, gerabah digunakan untuk peralatan rumah tangga seperti cangkir, piring hingga perhiasan rumah. Tapi kini gerabah sudah jarang digunakan, saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan keramik karena lebih kuat dan memiliki tampilan yang lebih indah.

Gerabah

Gerabah merupakan kerajinan yang dibuat menjadi berbagai macam peralatan. Dalam proses pembuatannya, gerabah hanya membutuhkan bahan tanah liat. Proses pembakaran gerabah juga tidak memerlukan suhu yang tidak terlalu tinggi. Proses pembuatan dan pembakaran gerabah ini hampir sama dengan proses pembuatan atau pembakaran batu bata dan genteng.

Kelebihan Gerabah

Berikut beberapa kelebihan gerabah yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Membutuhkan Bahan Campuran

Salah satu kelebihan gerabah dibandingkan dengan keramik adalah tidak membutuhkan banyak bahan campuran. Dalam proses membuat gerabah Anda hanya memerlukan tanah liat saja sebagai bahan untuk membuatnya. Suhu yang digunakan untuk proses pembakaran gerabah juga tidak terlalu tinggi.

  • Harga Relatif Lebih Murah

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh gerabah adalah harga yang ditawarkan sangatlah murah. Harga yang ditawarkan ini bisa dikatakan sesuai karena bahan pembuatannya juga bukanlah bahan yang mahal. Meskipun murah, gerabah saat ini telah jarang diminati, karena itulah pengrajin gerabah melakukan inovasi agar gerabah dapat disukai dan diminati lagi. Dikutip dari Timesindonesia.co.id perajin gerabah mulai berkembang membuat variasi baru seperti, gerabah berbentuk kartun modern upin-ipin, naruto, minion, dan masih banyak lainnya.

  • Cocok Digunakan untuk Beberapa Peralatan Tertentu

Gerabah merupakan kerajinan yang murni dibuat dengan tanah liat. Dari bahan yang digunakan tersebut, gerabah bisa menyerap air. Dengan demikian, gerabah ini cocok untuk digunakan untuk beberapa peralatan tertentu seperti pot. Meskipun pot gerabah tidak diberikan lubang, tapi pot ini mampu untuk menyerap air dengan baik. Meski demikian, gerabah juga tidak cocok digunakan untuk beberapa peralatan tertentu.

Kekurangan Gerabah

Berikut beberapa kekurangan gerabah yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Menyerap Air dan Merembes

Gerabah memang cocok untuk beberapa peralatan tertentu, namun gerabah juga kurang cocok untuk beberapa peralatan tertentu keran tidak bisa menahan air dan bisa menimbulkan rembesan air.

  • Lebih Rapuh dan Mudah Pecah

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki gerabah adalah kurang kuat dan lebih mudah pecah. Karena itulah dalam menggunakan peralatan gerabah, kita harus berhati-hati dan tidak dengan sengaja melemparkan atau membanting peralatan gerabah. Karena gerabah lebih rapuh dan mudah pecah, gerabah paling cocok untuk dijadikan sebagai celengan, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk membukanya.

  • Memiliki Tampilan yang Sederhana

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki gerabah adalah memiliki tampilan yang lebih sederhana dan kurang mewah. Hal ini tentu berbeda dengan keramik yang memiliki tampilan yang lebih mewah dan lebih elegan daripada gerabah.

Kelebihan GerabahKekurangan Gerabah
- Tidak membutuhkan bahan campuran - Dapat menyerap air dan merembes
- Harga relatif lebih murah - Lebih rapuh dan mudah pecah
- Cocok digunakan untuk beberapa peralatan tertentu- Memiliki tampilan yang sederhana

Keramik

Keramik juga merupakan peralatan yang dibuat menggunakan tanah liat sebagai bahan dasarnya. Namun tanah liat ini diberikan campuran bahan tertentu agar menghasilkan tekstur yang lebih kuat dan lebih keras. Baca juga Pilih Mana: Lantai Granit vs Keramik.

Kelebihan Keramik

Berikut beberapa kelebihan keramik yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Kuat dan Tidak Mudah Pecah

Salah satu kelebihan keramik adalah lebih kuat dan tidak mudah pecah. Hal ini dikarenakan dalam proses pembuatannya keramik memerlukan bahan tambahan agar lebih keras dan kuat. Tekstur keramik yang lebih keras dan kuat inilah yang membuat keramik tidak mudah pecah.

  • Tidak Menyerap Air

Kelebihan lain yang dimilik oleh keramik adalah tahan terhadap air. Karena tahan terhadap air ini, keramik banyak digunakan untuk berbagai peralatan yang berhubungan dengan air. Keramik dapat digunakan untuk pembuatan peralatan rumah tangga dan banyak perlengkapan lainnya.

  • Memiliki Tampilan yang Lebih Mewah

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki keramik adalah memiliki tampilan yang lebih mewah. Tampilan mewah ini dihasilkan karena kesan kilap dan glossy yang diberikan. Pada zaman dahulu keramik dianggap sebagai barang mewah dan hanya dimiliki oleh para bangsawan.

Kekurangan Keramik

Berikut beberapa kekurangan keramik yang perlu Anda ketahui:

  • Memerlukan Bahan Campuran Lain

Salah satu kekurangan keramik adalah membutuhkan bahan campuran lain untuk proses pembuatannya. Dengan demikian, Anda perlu menyiapkan bahan pembuatan yang lebih banyak. Selain itu, dalam pembuatannya keramik membutuhkan suhu pembakaran yang lebih tinggi daripada proses pembuatan gerabah.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Karena memiliki bahan campuran yang lebih banyak dan membutuhkan suhu yang lebih tinggi, keramik memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada gerabah. Namun harga yang mahal ini sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh keramik yang kuat dan memiliki tampilan yang lebih mewah.

  • Tidak Cocok Digunakan untuk Peralatan Tertentu

Sama seperti gerabah, keramik juga tidak cocok untuk beberapa peralatan tertentu. Misalnya, keramik tidak cocok digunakan untuk celengan, untuk pot, serta untuk peralatan-peralatan lainnya yang dibuat dari gerabah.

Kelebihan KeramikKekurangan Keramik
- Lebih kuat dan tidak mudah pecah - Memerlukan bahan campuran lain
- Tidak menyerap air - Harga relatif lebih mahal
- Memiliki tampilan yang lebih mewah - Tidak cocok digunakan untuk peralatan tertentu

Pilih Mana: Gerabah atau Keramik?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara gerabah dan keramik. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan antara gerabah dan keramik pada tabel berikut ini:

Gerabah Keramik
- Tidak membutuhkan bahan campuran lain untuk proses pembuatan - Membutuhkan bahan campuran lain untuk proses pembuatan
- Memiliki tampilan yang sederhana - Memiliki tampilan yang mewah
- Lebih rapuh dan mudah pecah - Lebih keras dan tidak mudah pecah

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai gerabah dan keramik, dapat disimpulkan bahwa keramik memiliki tampilan dan memiliki daya tahan atau kekuatan yang lebih baik daripada gerabah. Saat ini gerabah sudah sangat jarang digunakan, karena itulah inovasi dalam pembuatan gerabah perlu dikembangkan agar bisa melestarikannya. Jika dulu keramik dianggap sebagai bahan yang mewah dan mahal, sekarang keramik sudah dianggap sebagai bahan atau peralatan yang biasa saja dan banyak digunakan oleh orang-orang.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Gerabah vs Keramik

VS

Leave a Reply