Kendaraan

Pilih Mana: Gesits Motor atau Yamaha Aerox?

Motor menjadi alat transportasi yang sangat penting untuk menemani kita menelusuri kota dan daerah lainnya. Tentu kita juga menginginkan spesifikasi dan performa motor yang mumpuni. Seperti halnya motor ciptaan anak negeri bernama Gesits Motor tidak kalah dengan kualitas dari Yamaha Aerox yang sudah duluan berada di pasaran motor Indonesia. Penasaran dengan fitur dan mesin dari kedua motor ini ? So kali ini saya akan bahas Gesits Motor dan Yamaha Aerox. Stay tune ya.

Gesits Motor

Belum lama ini dikabarkan kalau mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) sudah menghasilkan suatu skuter listrik yang bertajuk Motor Listrik Gesits. Motor yang dipublikasikan pada Mei 2016 lalu di Gedung Riset Mobil Listrik Surabaya ini, kabarnya telah dibuat pada tahun 2018 serta telah melampaui serangkaian proses pengembangan sejak tahun 2015. Serta persisnya pada ajang IIMS 2019, motor listrik Gesits pun akhirnya sah diluncurkan.

Kemudian, buat soal fitur-fitur yang diusung, motor listrik garapan putra bangsa ini bakal membawa beberapa fitur dalam paket Gesits Smart Function yang mana bakal membagikan sebagian fitur penjamin keamanan serta kenyamanan dalam berkendara. Baca juga Pilih Mana: Vespa LXV 150 atau Vespa Sprint 150?

Desain Gesits Motor

Bagian depan Motor Listrik Gesits ini, nampak jelas konsep meruncing dengan lampu utama HID Projection berteknologi LED yang dibentuk sipit lengkap dengan Day Running Light (DRL) yang terpasang manis di bagian sisi kiri serta kanan. Lampu itu terpasang di bodi depan yang mempunyai guna sebagai lampu utama serta sekalian lampu sein.

Kemudian pada Motor Listrik Gesits ini, terlihat dengan jelas pula lekukan garis tegas pada bodi samping yang memanjang sampai buritannya alhasil kesan sporty kian nampak kuat. Apalagi, konsep jok juga pula didesain menyesuaikan konsep bodi samping. Bila diamati, motor listrik yang satu ini nampak langsing dibandingkan motor matic yang lain yang telah keluar pasaran.

Setelah itu, tiba pada bodi belakang, Motor Listrik Gesits ini dibekali lampu Day Running Light (DRL) yang memang sama dengan lampu depannya di mana lampu itu memanjang sampai ke samping bentuk tubuh yang mempunyai guna sebagai stoplamp serta lampu sein.

Mesin Gesits Motor

Motor Listrik Gesits diketahui akan mengangkat baterai dari tipe Li-Ion (Lithium-Ion) yang berkapasitas 5.000 WH. Baterai itu pun juga dapat diisi ulang dalam kurun durasi antara 3-4 jam buat sekali charge. Tidak hanya itu juga sistem baterai Gesits di konsep supaya dapat diganti( battery swapping) alhasil konsumen dapat dengan mudah bisa mengubah baterai motor ini, pada saat baterainya habis.

Buat mesin sendiri, motor listrik ini dibekali mesin dengan jenis Permanent Magnet Synchronous kekuatan sebesar 5 KW yang terpasang di atas rangka. Dengan mesin yang bekerja pada tekanan 96 Volt DC itu, Motor Listrik Gesits ini sanggup melesat sampai kecepatan 5 kW pada putaran ke 3600 rpm serta maksimal torsi menggapai 30 Nm per 3600 rpm.

Tidak hanya itu, dengan keahlian energi baterai itu dapat bertahan sampai jarak tempuh mencapai 50 Km dengan satu baterai atau 100 Km dengan 2 baterai. Di bagian lain, bukan seperti mayoritas skuter matic pada umumnya, Motor Listrik Gesits ini bakal memakai sistem transmisi timing belt buat memutar roda belakang yang diklaim unggul pada durabilitasnya.

Apalagi, penggerak motor listriknya dipastikan tidak mudah tergenang air ataupun terguncang dikala melampaui jalanan Indonesia yang sarat lubang serta kubangan air di masa hujan. Tentu saja, jaminan aman detail Motor Listrik Gesits itu pula ialah hasil uji dari ITS.

Fitur Gesits Motor

Motor listrik ini bakal mempercayakan fitur panel indikator smartphone yang berbasis Android buat membagikan bentuk modern serta informasi data status dari motor itu. Tidak hanya itu, buat teknologi penggerak motor listrik pada Motor Listrik Gesits ini pula telah mempunyai regenerative brake. Teknologi ini membuat saat deselerasi otomatis motor listrik bakal diiringi dengan pengisian baterai.

Apalagi, dengan memercayakan mesin listrik, pastinya Motor Listrik Gesits tidak bakal membuang gas emisi alhasil motor lokal ini bakal jadi suatu skuter listrik yang ramah lingkungan. Tidak cuma itu aja, apalagi motor ini pula telah dibekali dengan paket fitur berbentuk GESITS Smart Function yang telah mengangkat sebagian fitur handal, semacam Detection & Protection System Failure dengan Dashboard Auto Adaptive.

Setelah itu, lampu HID Projection di bagian lampu depan, LED Integrated Position Light buat lampu belakang, serta Hazard Light LED yang pula ikut disematkan. Tetapi, banyak pengamat yang mengatakan kalau detail Motor Listrik Gesits bakal dilengkapi sistem pengereman cakram serta tromol.

Harga Gesits Motor

Harga Gesits yakni Rp 24.950.000,-. Harga yang sudah dirilis pihak PT GESITS Technologies Indo sendiri itu merupakan Off The Road (OTR). Maksudnya kala kamu membeli motor Gesits ini, masih terdapat biaya tambahan buat siap kamu gunakan buat melaju di jalanan.

Yamaha Aerox

Diluncurkan pada ajang MotoGP 2016 di Sepang, Malaysia, Yamaha rupanya cukup cepat buat melakukan penyegaran pada Yamaha Aerox 155 VVA. Bagaimana tidak, alasannya belum mencapai satu tahun dari peluncurannya, Yamaha telah menawarkan pembaruan pada tampilan luar motor bertajuk Yamaha Aerox 155 VVA ini. Bukan tanpa alasan, pemasaran motor ini yang masih kalah dibandingkan dengan sebagian rivalnya, memang memaksa Yamaha buat melakukan seluruh hal buat menarik atensi para calon pelanggannya.

Detail mesinnya yang serupa dengan Yamaha NMAX rupanya membuat Yamaha Aerox 155 VVA ini masih kalah dengan motor bermutu NMAX yang jauh lebih laris. Di mana, mesinnya yang berkapasitas 155 cc memanglah buatnya bisa menciptakan daya yang terhitung cukup powerfull. Pasti perihal ini jadi suatu hal yang patut dipikirkan untuk para calon pelanggan Yamaha Aerox 155 VVA itu.

Desain Yamaha Aerox

Bila kita memandang dari depan, nampak suatu headlamp berteknologi LED lamp yang terpasang manis serta meruncing ke atas alhasil menunjukkan kesan sporty serta tajam yang amat jelas pada Yamaha Aerox 155 VVA ini. Di bagian lain, dengan ditunjang headlamp yang memakai teknologi LED itu maka penerangan pada motor ini lebih sempurna, paling utama kala dikendarai di jalur yang sepi serta sedikit lampu penerangan. Tiba pada bodi samping, kita dapat memandang sebagian lekukan tegas serta runcing dengan motif khas “X” alhasil membagikan opini yang begitu gagah serta aerodinamis.

Tidak hanya itu, pada bagian samping dari bentuk konsep detail Yamaha Aerox 155 VVA ini pula nampak suatu tangki besar yang sanggup menampung 4,5 liter bahan bakar sebagai bekal bahan bakar yang ditaksir lumayan banyak, paling utama bila dikendarai dalam perjalanan yang jauh. Tidak sampai hanya itu saja, pada Yamaha Aerox 155 VVA ini nampak pula suatu bagasi besar yang berpadu dengan bak bahan bakarnya di mana muatan itu sanggup menaruh helm Full Face berukuran XL, Jas Hujan, serta benda bawaan yang lain.

Mesin Yamaha Aerox

Motor matik besutan Yamaha ini bakal dibekali dengan jenis mesin SOHC dengan kapasitas mesin 155cc generasi terkini. Mesin itu diklaim bakal sanggup menciptakan daya yang amat gahar buat kategori skutik, yakni sanggup mencapai daya maksimal sampai 14,8 Hp pada putaran 8.000 rpm serta sanggup mencapai puncak torsi sampai 14,4 Nm pada putaran ke 6.000. Daya yang begitu besar pada Yamaha Aerox 155 VVA itu tentu juga tidak lepas dari disematkannya suatu teknologi mesin yang bernama Variabel Valve Actuation (VVA) di mana teknologi ini diklaim bakal membuat penampilan mesin lebih berenergi.

Kemudian, daya gahar yang diperoleh mesin itu bakal disalurkan lewat suatu transmisi V- Belt Automatic yang siap mendorong skutik ini dengan daya yang kokoh. Tidak cuma itu aja, detail Yamaha Aerox 155 VVA ini pun juga bakal dibenamkan suatu teknologi yang bernama Blue Core di mana teknologi ini bakal membuat motor matik ini lebih hemat bahan bakar, efisien serta pastinya lebih ramah lingkungan.

Dengan mengenali sektor mesin yang diusung skutik besutan Yamaha itu maka dapat disimpulkan kalau sektor dapur pacu dari detail Yamaha Aerox 155 VVA cc ini terhitung berenergi gahar serta powerfull tetapi senantiasa hemat bahan bakar serta pastinya ramah lingkungan.

Fitur Yamaha Aerox

Yamaha Aerox ini bakal jadi skutik pertama di Tanah Air yang akan mengandalkan sistem penguncian Keyless sehingga tidak diperlukan anak kunci kala menghidupkan motor ini. Di sisi lain, Yamaha Aerox 155 VVA ini pula dilengkapi dengan fitur Stop & Start System yang amat bermanfaat dalam menekan pemakaian bahan bakar pada dikala motor berhenti.

Tidak cuma itu aja, fitur lain juga pula ikut disematkan yakni Smart Motor Generator yang bakal menghasilkan suara mesin terdengar lebih halus pada saat dihidupkan di awal. Terdapat satu lagi fitur menarik yang jadi harapan Yamaha Aerox 155 VVA, ialah Electronic Power Socket yang dapat dipakai buat mengisi ulang smartphone kala berkendara. Di samping itu, sistem keyless Yamaha Aerox 155 VVA pula dilengkapi immobilizer serta Answer Back System yang buatnya terasa lebih canggih serta memudahkan pemakainya mencari posisi motor kala terletak diparkiran.

Tidak sampai disitu saja, buat mendukung keamanan maka Yamaha Aerox 155 VVA ini pun juga bakal dibekali dengan sistem pengereman ABS (Anti- lock Brake System) yang akan jadi salah satu fitur yang diandalkan Yamaha Aerox buat bersaing dengan Honda Vario 150 eSP. Teknologi itu bakal mengoptimalkan sistem pengereman serta menghindari penguncian roda kala mengerem secara tiba-tiba.

Sayangnya fitur ABS cuma ada pada roda depan mengenang buat roda belakang masih mengenakan rem tromol. Meski begitu, Yamaha menjanjikan kalau detail Yamaha Aerox 155 VVA itu diisi dengan bermacam pertimbangan matang.

Harga Yamaha Aerox

Harga Yamaha Aerox 155 VVA versi standar dihargai dengan nilai Rp 22,85 juta. Sedangkan buat versi S version Yamaha menaikkan biayanya jadi Rp 27,2 juta. Sedangkan itu buat versi R Version tidak mendapatkan penyegaran alhasil harga jual dari Yamaha Aerox 155 VVA R Version ini senantiasa terletak pada nilai Rp 22,5 juta.

Pilih Mana: Gesits Motor atau Yamaha Aerox?

Gesits MotorYamaha Aerox
Kelebihan - Memiliki battery management system - Memiliki speedometer indikator yang terkoneksi dengan sistem berbasis android - Memiliki suspensi Telescopic Shock- Mesin bertenaga dan responsif - Memiliki speedometer digital - Lampu sudah LED
Kekurangan- Jaringan bengkel resmi masih sedikit - Beban maksimal untuk motor listrik hanya 120an kg- Bagasi depan yang kecil - Harga mahal

Kesimpulan

Spesifikasi dari Gesits Motor tidak kalah dengan Yamaha Aerox, kita juga tentunya harus bangga dengan produk ciptaan dalam negeri yang pastinya sudah memberikan fitur dan mesin yang sudah dijelaskan diatas tadi. Tentukan pilihan motor mu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Gesits Motor vs Yamaha Aerox

VS

Leave a Reply