Pilih Mana: Giro atau Tabungan?

Loading...

Menabung di bank merupakan salah satu pilihan menyimpan uang yang terjamin keamanannya, penarikan yang mudah, dan mendapatkan bunga atau bagi hasil. Bank memiliki segudang fasilitas yang dimaksudkan untuk membantu kelancaran dan juga memberikan kemudahan dalam berbagai transaksi keuangan yang dilakukan oleh nasabah. Kali ini kami akan membahas pilih mana: giro atau tabungan? Mana yang terbaik di antara keduanya.

Pada umumnya setiap bank memiliki fasilitas rekening giro dan juga rekening tabungan dalam layanan standar yang mereka miliki. Kedua produk ini hampir memiliki bentuk yang sama dan keduanya dalam bentuk rekening yang bisa diakses oleh perorangan maupun perusahaan. Rekening giro dan rekening tabungan memiliki sejumlah saldo di dalamnya. Biasanya bank akan menentukan jumlah minimum saldo bulanan yang harus tersedia di setiap rekening. Bank juga akan menerapkan sejumlah biaya administrasi bulanan, yang jumlahnya bervariasi tergantung pada kebijakan bank yang digunakan. Selain itu, sejumlah bunga juga akan diberikan kepada nasabah sesuai dengan kebijakan dari bank yang Anda pilih.

Rekening Giro (Current Account)

Ini merupakan produk perbankan dalam bentuk simpanan dari nasabah perorangan atau badan usaha, dan dapat ditarik setiap saat dengan menggunakan Cek atau Bilyet Giro. Sementara menurut Pasal 1 butir 6 Undang-Undang Perbankan tahun 1998, Giro adalah penarikan deposito yang dapat dilakukan setiap saat dengan cek, bilyet giro, sarana perintah pembayaran lainnya atau dengan pemindahbukuan.

Giro dapat dimiliki oleh semua individu, baik dari individu, badan usaha, yayasan, pemerintah, perbankan dan lembaga keuangan. Anda bisa membuka rekening giro dalam bentuk giro valuta asing dan giro rupiah. Giro sendiri umumnya digunakan oleh pengusaha atau perusahaan sebagai tempat menyimpan uang dan mengendalikan arus keuangan perusahaan.

Setoran awal untuk rekening giro biasanya berbeda untuk masing-masing bank. Saat ini jumlah setoran awal terendah adalah Rp 250.000 untuk perorangan dan Rp 500.000 untuk perusahaan. Setelah membuka rekening giro, nasabah akan mendapatkan laporan bulanan berupa rekening koran. Rekening koran ini memberikan rincian tentang mutasi rekening, jumlah uang yang masuk dan keluar dari rekening, tujuan dan tanggal transaksi.

Umumnya rekening giro tidak memberi bunga. Kalaupun ada biasanya jumlahnya sangat kecil, bahkan lebih kecil dari tabungan biasa lainnya. Bunga rekening giro dikenal sebagai layanan giro, dan jumlahnya tergantung bank yang bersangkutan.

Rekening Tabungan

Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, Tabungan merupakan simpanan yang penarikannya hanya dilakukan dengan syarat-syarat tertentu yang telah disepakati, namun tidak dapat ditarik melalui cek, bilyet giro, atau instrumen lainnya yang serupa dengan itu. Intinya tabungan adalah simpanan uang yang bisa dilakukan sendiri-sendiri atau instansi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing bank.

Rekening tabungan, umumnya ditujukan untuk nasabah dengan nilai transaksi yang tidak terlalu besar, sehingga menurut definisinya, transaksi di rekening tabungan tidak diperlukan cek atau bilyet giro dalam bertransaksi. Simpanan uang ini bisa ditarik kapan saja, apalagi bagi bank yang sudah memiliki fasilitas ATM untuk penarikan uang secara mandiri.

Untuk tabungan, tingkat suku bunga relatif kecil yaitu 1% Р3% per tahun sebelum pajak. Suku bunga tabungan adalah 20%, sehingga bunga tabungan berada pada kisaran 0,8% Р2,4%. Nasabah disarankan untuk memeriksa daftar bunga tabungan tertinggi terlebih dahulu sebelum membuka rekening. Baca juga Pilih Mana: Giro atau Tabungan?

Loading...

Meskipun dalam bentuk yang sama berupa simpanan yang dimiliki nasabah. Namun, ada juga sejumlah perbedaan antara kedua produk perbankan tersebut. Berikut beberapa diantaranya yang perlu Anda ketahui:

1. Laporan Bulanan
Ini adalah keuntungan pertama memiliki rekening giro. Bagi pemegang rekening giro, pemantauan jumlah transaksi yang dilakukan setiap bulan tidaklah sulit. Oleh karena itu, bank akan membuat laporan dana dalam bentuk rekening koran. Tidak perlu repot pergi ke bank, laporan ini akan dikirim langsung ke alamat rumah atau kantor Anda setiap bulannya.

Berbeda dengan pemilik rekening tabungan. Jika nasabah ingin melihat dan memeriksa berbagai transaksi keuangan yang dilakukannya setiap bulannya, nasabah harus pergi ke bank dan meminta bank untuk mencetak transaksi pada buku tabungan yang dimilikinya. Namun, bisa juga dilakukan dengan cara lain. Jika nasabah memiliki fasilitas internet atau mobile banking, yang membuat nasabah dapat mencetak transaksi online mereka sendiri secara online.

2. Media Penarikan
Untuk rekening giro, bank akan memberikan layanan cek atau bilyet giro sebagai alat pembayaran. Kedua pembayaran ini memang memiliki beberapa kesamaan, namun juga memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Cek adalah alat pembayaran yang setara dengan uang tunai. Artinya, sejumlah dana yang tercantum di dalamnya bisa langsung dicairkan di bank yang tercatat di cek tersebut. Sementara bilyet giro adalah alat untuk mentransfer atau pemindahbukuan. Artinya, sejumlah dana yang tercantum di dalamnya hanya bisa ditransfer ke rekening penerimanya saja. Karena itu, giro tidak bisa langsung diuangkan secara tunai.

Rekening tabungan akan disertai dengan penerbitan kartu ATM (Automated Teller Machine) bagi setiap pemiliknya. Kartu ini kemudian digunakan sebagai alat untuk berbagi transaksi keuangan dari para nasabah tersebut. Berbagai transaksi keuangan bisa dilakukan melalui kartu ATM, seperti belanja, penarikan tunai di mesin ATM, transfer dana (sesama bank atau antar bank), membayar berbagai tagihan, serta berbagai transaksi lainnya.

2. Jumlah Penarikan
Bagi Anda yang terbiasa melakukan transaksi harian dengan nominal yang cukup besar, rekening giro adalah pilihan yang tepat. Selama jumlah dana tersedia dan cukup, tidak ada batasan jumlah transaksi baik dalam pengambilan maupun pemindahbukuan untuk pemegang rekening ini.

Pihak bank memberlakukan pembatasan jumlah penarikan tunai dan juga transfer yang berbeda-beda sesuai ketentuan bank pada semua pemilik rekening tabungan. Sebanyak apapun jumlah tabungan tersebut biasanya bank akan membatasi jumlah transaksi penarikan tunai dan juga transfer yang dilakukan. Meski begitu, bank tetap memberikan kemudahan bagi pemilik rekening tabungan yang ingin melakukan transaksi besar. Nasabah bisa melakukannya dengan pergi ke bank dan melakukan transaksi langsung melalui teller bank.

4. Target Pengguna
Rekening tabungan dan rekening giro keduanya dapat diakses oleh perorangan atau perusahaan. Ini menjadi alasan banyak perusahaan atau orang yang melakukan transaksi keuangan dengan nilai cukup tinggi setiap hari lebih memilih menggunakan rekening giro. Penggunaan cek dan bilyet giro sangat efisien untuk transaksi keuangan yang tinggi.

Lain halnya dengan rekening bank yang membatasi nilai transaksinya. Ini sangat tidak efisien bagi nasabah yang memiliki sejumlah kesibukan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan dengan nominal yang tinggi.

GiroTabungan
- Penarikan menggunakan Cek atau Bilyet Giro- Penarikan dapat langsung ke teller bank atau atm terdekat
- Bunga giro sangat kecil bahkan tidak ada jika dibandingkan dengan tabungan lain- Bunga tabungan ditentukan di awal pembuatan rekening
- Laporan keluar masuk dana dalam bentuk rekening koran yang dikirim setiap bulannya- Mutasi rekening dapat dicetak di buku rekening dengan mengunjungi bank atau dapat dilihat pada transaksi mobile banking
- Memudahkan pengguna dengan transaksi yang cukup besar dan tinggi- Sangat cocok untuk pengguna dengan transaksi yang sedang bahkan kecil

Kesimpulan

Tabungan dan rekening giro keduanya merupakan bentuk deposito di bank. Namun, keduanya memiliki fungsi yang berbeda, rekening tabungan akan sangat tepat bagi nasabah yang tidak banyak melakukan transaksi dalam jumlah besar. Dan jika Anda adalah nasabah yang memiliki jumlah aktivitas keuangan tinggi dengan jumlah yang besar, rekening giro lebih tepat Anda pilih. Kedua rekening ini akan memberikan manfaat dan juga kemudahan melakukan transaksi keuangan, tentunya jika digunakan dengan pemahaman yang benar.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Giro vs Tabungan

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *