AplikasiTechnology

Pilih mana: Gmail vs Outlook?

Teknologi semakin hari semakin maju. Banyak hal yang sekarang dengan sangat mudah kita lakukan. Seperti halnya memilih layanan email yang terbaik untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari.

Apalagi jika Anda cukup sering menggunakan alat penyedia email ini. Tentu Anda membutuhkan layanan email yang andal dan menyediakan fitur yang lengkap.

Nah, kami memiliki pilihan yang tepat untuk Anda coba jadikan pilihan. Layanan email tersebut adalah Gmail dan Outlook. Manakah yang memiliki kualitas terbaik di antara keduanya?

Anda ingin tahu lebih jelasnya? Jangan khawatir akan kami rangkum selengkapnya di Selera.id. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Gmail vs Outlook

Gmail

Gmail merupakan kepanjangan dari Google Mail. Gmail/Google Mail adalah layanan email yang berbasis web yang disediakan oleh Google secara gratis yang diluncurkan pada tanggal 21 Maret 2004 dan langsung menyediakan kapasitas email sebesar 1GB.

Gmail juga akan tetap menjadi web mail pertama dengan teknik Pemrograman Ajax untuk antarmuka berorientasi pencarian, pengguna gmail juga dapat memanfaatkan akun mereka untuk mendapatkan akses ke layanan lain seperti youtube, picasa, google documents, dan lainnya.

Hampir mirip dengan aplikasi desktop email lainnya seperti Microsoft Outlook (Windows), Apple Mail (Mac), dan Microsoft Entourage (Mac). Gmail juga bisa menyortir email, memfilter email, kategorisasi email, dan menulis email. Gmail hanya membutuhkan koneksi internet yang ringan dan stabil.

Baca juga: Pilih mana: WhatsApp vs LINE?

Kelebihan Gmail

Berikut ini Kelebihan dari Gmail:

  • Memiliki Kapasitas yang besar
    Kelebihan dari aplikasi surel ini adalah Kapasitasnya yang nyaris tak terbatas. Selama hampir 3 tahun menggunakan Gmail tanpa menghapus satupun email, masih kurang dari 15% kapasitas yang terpakai. Jadi Gmail tidak ada bedanya dengan email berkapasitas tanpa batas. Anda tidak perlu repot-repot membersihkan surel yang tidak penting setiap waktu.
  • Memiliki integrasi tinggi
    Selain, memudahkan penggunanya. Gmail juga mampu berintegrasi dengan Aplikasi Google Lainnya. Beberapa di antaranya adalah Google Docs and Spreadsheet dan Google Calendar. Ketika Anda menerima email dengan attachment berupa file Word dan Excel, maka Anda langsung dapat membacanya via Google Docs and Spreadsheet. Ketika anda menerima undangan rapat, Anda bisa langsung menyimpan ke Google Calendar. Begitupun ketika Anda ingin chatting dengan Google Talk. Jika rekan Anda online dan juga menggunakan Gmail, Anda bisa chat dan log-nya dapat dicari menggunakan fasilitas search. Sangat gampang bukan?
  • Mampu menyortir email dengan rapi
    Kelebihan lainnya yaitu Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email. Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk “Conversation view”. Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.

Gmail vs Outlook

Kekurangan Gmail

Berikut ini Kekurangan dari Gmail:

  • Tidak ada menu drag and drop
    Beberapa fitur drag and drop email telah support di Yahoo dan aplikasi lainnya, namun tidak di Gmail. Terlihat sederhana dan tidak begitu penting, namun pada dasarnya user akan lebih senang yang praktis, ketimbang harus me-check semua email dan kemudian memilih folder lainnya ketika memindahkan sebuah email.
  • Beberapa fitur masih lemah
    Kekurangan berikutnya ada pada fitur label yang disediakan Gmail. Gmail tidak menyediakan fasilitas pembuatan folder baru, tapi hanya berupa pemberian label baru di masing-masing email. Fasilitas ini memiliki kelemahan yakni email masih akan tetap tampil di kotak inbox.
  • Adanya scanning email
    Kerapkali gmail melakukan scanning email di semua inbox, sehingga Google dapat memasang iklan yang tepat sasaran pada aplikasi ini. Oleh karena itu, email user bisa dibaca orang lain, dan pemilik inbox tidak bisa berbuat apa-apa, mengingat itu semua adalah layanan dari Gmail.

Cara Menggunakan aplikasi Gmail di HP sebagai berikut:

Lihat juga:  10 Drone Murah Terbaik 2020
  1. Buka aplikasi Gmail di HP Android Anda.
  2. Pilih icon pensil untuk menulis pesan baru.
  3. Pada kolom To, Masukan alamat email penerima. Lalu dibawahnya isi dengan judul/subjek email.
  4. Kemudian isi pesan pada bagian body.
  5. Jika ingin menambahkan lampiran, tap icon paper clip yang ada di bagian. Lalu pilih Lampirkan File dan cari file yang akan kita kirimkan lewat Gmail.
  6. Setelah semua selesai, tap icon panah untuk mengirim.

Outlook

Outlook merupakan sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal.

Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama. Aplikasi Outlook ini juga dapat membantu Anda dalam pengelolaan email yang tentunya lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan internet.

Biasanya MS Outlook menjadi paket dalam MS Office, sehingga untuk menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office. Nah untuk tahu lebih dalam mengenai aplikasi ini. Berikut penjelasannya detailnya! Baca juga: Pilih Mana: Mozilla Firefox atau Google Chrome?

Gmail vs Outlook

Kelebihan Outlook

Berikut ini Kelebihan Outlook:

  • Sangat Multifungsi
    Kelebihan yang dimiliki Outlook selain mampu mengirim dan membaca email. Outlook juga bisa berfungsi sebagai kalender, jadwal kerja. dan catatan jurnal, loh. Sangat multifungsi bukan? Anda jadi sangat mudah menggunakannya.
  • Tersedia saat Offline
    Terkadang ada kalanya Anda kehabisan kuota data internet. Dan tidak bisa membuka email dan mengecek pekerjaan atau pesan masuk. Namun tenang hal ini tidak terjadi pada Outlook Anda masih bisa mengaksesnya kapanpun meski tanpa jaringan internet dan kuota.
  • Memiliki tampilan yang sederhana dan elegan
    Kelebihan selanjutnya ada pada tampilan yang dihadirkan oleh Outlook. Bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan tampilan gambar yang padat dan full. Maka Outlook sama sekali berbeda. Tampilan yang diberikan outlook terlihat sederhana namun elegan. Sangat memanjakan mata Anda.

Kekurangan Outlook

Berikut ini Kekurangan Outlook:

  • Kurangnya keamanan
    Kekurangan yang ada pada aplikasi ini ada pada keamanannya. Jika biasanya aplikasi lain memiliki keamanan yang baik. Outlook tidak begitu memilikinya sehingga program ini mudah digunakan untuk memasukkan virus lewat attachment e-mail.
  • Sulit untuk disimpan
    Ketika menggunakan aplikasi outlook Anda harus siap jika pesan yang masuk dan terkirim akan sangat sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail.
  • Terbatasnya media penyimpanan
    Yang menjadi kekurangan aplikasi ini selain sulit diarsipkan yaitu ada pada besar kecilnya media penyimpanan yang tersedia. Besar media penyimpanan yang digunakan masih terbatas. Hal ini tergantung pada penyedia layanan e-mail tersebut.

Cara Menggunakan Email dengan Outlook, sebagai berikut:

  1. Pertama-tama anda harus memiliki email terlebih dahulu
  2. Kemudian buat email anda segera di outlook.com. Setelah memiliki email outlook, anda bisa membeli atau mendownload aplikasi Microsoft Outlook
  3. Kemudian Install aplikasinya di komputer anda
  4. Buka lalu ikuti langkah demi langkahnya
  5. Jika anda diperintahkan untuk login maka loginlah dengan menggunakan akun email yang telah anda buat sebelumnya
  6. Untuk login, anda harus terkoneksi dengan internet

Pilih mana: Gmail vs Outlook?

Keterangan GmailOutlook
Kelebihan-Memiliki Kapasitas yang besar -Memiliki integrasi tinggi -Mampu menyortir email dengan rapi-Sangat Multifungsi -Tersedia saat Offline -Memiliki tampilan yang sederhana dan elegan
Kekurangan-Tidak ada menu drag and drop -Beberapa fitur masih lemah -Adanya scanning email-Kurangnya keamanan -Sulit untuk disimpan -Terbatasnya media penyimpanan

Kesimpulan

Nah itulah penjelasan mengenai Gmail dan Outlook. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menggunakan salah satunya. Sesuai dengan kebutuhan Anda ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Gmail vs Outlook

VS

 

Leave a Reply