AplikasiLayanan

Pilih Mana: GO-PAY atau LinkAja?

Kemudahan dalam berbelanja secara online tentu sangat menguntungkan untuk kita. Tidak perlu mendatangi sebuah gerai, mengantri panjang untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Dan sekarang sudah ada aplikasi yang memudahkan urusan manusia dalam bertransaksi apapun bernama GO-PAY dan LinkAja.

Tidak hanya berbelanja, dengan menggunakan kedua aplikasi ini pemakai juga bisa membayar tagihan listrik, air, BPJS dan lain-lain. Tentu hal ini sangat mendapat respon positif dari masyarakat luas terutama untuk mereka anak muda yang gemar berbelanja.  GO-PAY dan LinkAja sendiri bisa kamu dapatkan di Google Store untuk android dan App Store untuk pengguna IOS.

Kali ini saya akan bahas mengenai detail, fitur, cara kerja dan keuntungan dalam menggunakan GO-PAY dan LinkAja dalam kehidupan sehari-hari. Langsung aja scroll kebawah ya guys.

E-Commerce

Sebelum membahas GO-PAY dan LinkAJA saya akan membahas sedikit mengenai E-commerce dan keuntungan menggunakannya. Perdagangan elektronik (electronic commerce atau e-commerce) ialah penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang serta jasa yang mengandalkan sistem elektronik, seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.

E-commerce melibatkan transfer dana serta pertukaran data elektronik, sistem manajemen dan pengumpulan data secara otomatis. E-commerce merupakan salah satu bisnis yang paling sering dilakoni oleh warga di Indonesia sebab memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Keuntungan Menggunakan E-Commerce

Terdapat banyak keuntungan yang diperoleh dari e-commerce. Salah satunya yaitu menjual produk atau jasa secara online tanpa mesti mendirikan toko atau kantor besar seperti yang dilakukan oleh para pelaku bisnis offline sebagai tempat usaha. Hanya dengan menggunakan jaringan internet, kamu sudah dapat menjual produk atau jasa pada pelanggan kapanpun dan dimanapun.

Keuntungan yang lain yaitu kemudahan berkomunikasi antara penjual dan pembeli. Dari segi pemasaran barang juga jauh lebih menguntungkan sebab kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan promosi. Hanya dengan memakai jaringan internet, kamu sudah dapat menjual produk atau jasa Kamu secara meluas ke masyarakat.

Sama seperti GO-PAY dan LinkAJA yang akan dibahas dibawah ini, kedua aplikasi ini memberikan keuntungan yang sangat berarti untuk manusia. Tidak perlu mendatangi toko untuk membeli sesuatu karena secara online kalian bisa mendapatkan apa yang kamu butuhkan.

GO-PAY

GO-PAY atau yang tadinya disebut sebagai Go Wallet merupakan dompet virtual buat menyimpan GO-JEK Credit kamu yang dapat dipakai buat membayar transaksi-transaksi yang berhubungan dengan layanan di dalam aplikasi GO-JEK.

Supaya dapat memakai GO-PAY, kamu perlu memastikan kalau saldo di dalam GO-PAY GO-JEK memenuhi untuk melakukan pembayaran, tetapi bila saldo kamu tidak memenuhi, GO-JEK sediakan layanan pembayaran parsial, dimana kamu dapat membayar dengan saldo GO-PAY, kemudian sisanya dapat dibayarkan dengan uang tunai.

Saat ini GO-PAY telah terintegrasi dengan bank-bank besar di Indonesia untuk keringanan kamu untuk melakukan isi saldo ke dalam GO-PAY. Sebagian bank besar yang menjadi mitra GO-JEK dalam layanan GO-PAY merupakan BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, BNI, Permata Bank, CIMB Niaga, dan pengisian Saldo Via ATM Bersama dan PRIMA. Baca juga Pilih Mana: LinkAja atau OVO?

Fitur GO-PAY

GO-PULSA
Dibantu berbagai pilihan operator di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL, 3, Axis, Smartfren. Kebutuhan isi pulsa serta internet bisa selalu terpenuhi melalui GO-PULSA, pembayaran dapat langsung dilakukan dengan memakai saldo GO-PAY.

GO-BILLS
Kemudahan pembayaran tagihan Kamu sekarang jadi lebih cepat cukup dari satu aplikasi, tanpa ruwet. GO-PAY memperkenalkan GO-BILLS, satu layanan untuk bayar listrik, beli token listrik hingga BPJS. Pembayaran langsung memakai saldo GO-PAY Kamu.

Transfer GO-PAY
Saldo GO-PAY bisa ditransfer pada pengguna GO-PAY lainnya secara langsung dan tanpa biaya.

Tarik Tunai GO-PAY
Saldo GO-PAY dapat juga ditarik tunai lewat rekening bank kamu. Pastinya, untuk dapat mengaktifkan layanan Transfer serta Tarik Tunai GO-PAY, pastikan kamu sudah upgrade akun GO-PAY dengan cara mendaftarkan diri dengan foto diri dengan foto kartu identitas kamu.

Cara Menggunakan GO-PAY

Pertama-tama tentu saja kamu wajib menginstall aplikasi GO-JEK serta mempunyai akun GO-PAY dengan saldo yang cukup, bila kamu belum mempunyai saldo maka kamu dapat top up GO-PAY di atm, alfamart, driver GO-JEK atau dapat juga lewat mobile banking atau internet banking. Bila semua tadi telah kamu penuhi, maka cara memakai GO-PAY seperti berikut

  1. Setelah kasir memberikan struk yang berisi QR Code, buka aplikasi GO-JEK setelah itu pilih bayar
  2. Arahkan kamera belakang handphone kamu ke QR Code yang ada pada struk tersebut
  3. Bila sudah terbaca maka akan muncul jumlah tagihan, periksa apakah sama dengan struk, bila sudah sama hingga pilih tombol bayar
  4. Kemudian masukan 6 digit PIN GO-PAY
  5. Bila pembayaran belanja berhasil maka akan muncul informasi pembayaran berhasil

Kelebihan Menggunakan GO-PAY

  • User experience yang jauh lebih mudah sebab sudah lebih dulu dikenal
  • Memudahkan pengguna layanan GO-JEK dengan pembayaran cashless yang lebih murah
  • Bisa dipakai untuk pembayaran e-wallet di luar service GO-JEK (GO-Pulsa dan GO-Bills)
  • Lebih mudah di-top up lewat pengemudi GO-JEK
  • Menawarkan lebih banyak promo makanan dan minuman
  • Banyak promo menonton (CGV dan konser) serta menginap (Red Doorz, Zen Rooms, dan semacamnya)
GO-PAYSebelum UpgradeSesudah Upgrade
Saldo maksimumRp 2.000.000,-Rp 10.000.000,-
Transfer saldoTidak bisa transfer saldo antar penggunaBisa transfer saldo antar pengguna
Tarik tunaiTidak bisa tarik tunaiBisa tarik tunai

LinkAja

LinkAja merupakan suatu layanan uang elektronik yang berbasis aplikasi untuk melakukan bermacam transaksi nontunai dengan mudah serta praktis. Layanan yang satu ini bisa kalian gunakan sebagaimana seperti layanan keuangan berbasis digital lainnya, yang membuat berbagai transaksi keuangan dapat dicoba dengan mudah serta cepat.

Buat kamu yang menginginkan layanan keuangan yang gampang serta praktis, memakai LinkAja akan jadi opsi yang pas. Kamu dapat aktifkan serta menikmati beragam kemudahan dalam melakukan transaksi nontunai lewat aplikasi ini. Nikmati kemudahan serta kenyamanan memakai LinkAja, transaksi semudah memakai smartphone di genggaman.

Per tanggal 21 Februari 2019, layanan dompet digital TCASH sudah berubah jadi LinkAja. Konsumen layanan TCASH tidak perlu melakukan registrasi ulang untuk menikmati layanan ini. Cukup mengunduh aplikasi LinkAja melalui Google Play Store untuk smartphone android atau App Store untuk IOS.

Saldo serta akun TCASH kamu kemudian akan langsung terkonversi jadi LinkAja dan siap untuk dipakai. Bila ingin berhenti berlangganan, kamu dapat langsung menutup akun TCASH melalui gerai GraPARI Telkomsel terdekat. Saldo yang tersisa juga dapat langsung ditarik dengan cukup membawa kartu identitas pelanggan.

Fitur LinkAja

Kemudahan Transaksi
Melakukan transaksi pembayaran secara online tanpa kartu kredit atau uang tunai cukup dengan aplikasi LinkAja

Layanan Transaksi Lengkap
Jalani pembayaran transaksi online maupun offline cukup dengan aplikasi LinkAja

Cara Bayar Beragam
Bayar transaksi belanja kamu dengan bermacam cara mudah. Cukup dengan menempelkan handphone kamu (TAP) atau dengan QR Code.

Promo-promo Menarik
Miliki keleluasan berbelanja serta penawaran menarik lainnya khusus buat Kamu konsumen LinkAja dari Telkomsel.

Layanan Pembayaran Fleksibel
Jalani transaksi pembayaran dengan LinkAja kapan saja 365 hari/1 tahun yang dapat dilakukan dimana saja lewat aplikasi LinkAja di handphone Kamu.

Dipastikan Aman
Transaksi dipastikan Aman sebab seluruh data saldo, transaksi, serta data pribadi dilindungi sistem keamanan canggih dari Telkomsel

Cara Menggunakan LinkAja

  1. Untuk memakainya, pertama yang harus dilakukan yaitu mendownload LinkAja melalui Play Store. Sesudah terinstal, aplikasi akan meminta konsumen untuk registrasi.
  2. Aplikasi akan meminta konsumen untuk memasukkan nomor handphone. Setelah itu, aplikasi mengirim SMS atau pesan pendek untuk mengonfirmasi nomor handphone tersebut.
  3. Langkah berikutnya, konsumen diminta memasukkan alamat email. Setelah memasukkan email, maka LinkAja akan mengirim verifikasi email. Bila koneksi bagus, maka registrasi dilakukan dengan cepat, tidak sampai 5 menit.
  4. Berlanjut ke langkah berikutnya, konsumen harus mengisi saldo ke LinkAja. Pengisian saldo ini dapat lewat beberapa channel seperti jaringan Himbara melalui ATM, mobile banking, serta internet banking.

Himbara sendiri merupakan Bank BUMN yang terdiri dari Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN. Pengisian saldo pula dapat melalui transfer bank lain semacam BCA, CIMB Niaga, serta jaringan ATM Bersama. Setelah itu, LinkAja dapat digunakan. Buat memakainya, cukup scan pada barcode yang ada. Setelah itu, pelanggan diminta untuk memasukan nominal dan sandi LinkAja. Alhasil, pembayaran pun langsung selesai.

Kelebihan Menggunakan LinkAja

  • Memiliki banyak promo menarik seperti bebas paket data untuk transaksi tertentu, cashback, potongan biaya administrasi hingga gratis biaya pengiriman makanan
  • Bekerja sama dengan banyak mitra yang memudahkan para pemakai untuk bertransaksi ke seluruh gerai toko yang diinginkan dimulai dari toko online sampai offline
  • Bisa juga digunakan untuk membayar tagihan listrik, air, BPJS dan lain sebagainya
  • Memiliki banyak cara untuk pengisian saldo sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu
  • Dengan menggunakan LinkAja kamu bisa mendapatkan kuota gratis yang diberikan dengan cara transaksi menggunakan RAILINK dan lain sebagainya. Tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku ya guys
LinkAjaBasic ServiceFull Service
Saldo maksimumRp 2.000.000,-Rp 10.000.000,-
Transfer Tidak bisa transfer Bisa transfer
Tarik tunaiTidak bisa tarik tunaiBisa tarik tunai

Pilih Mana: GO-PAY atau LinkAja?

GO-PAYLinkAja
Kelebihan- Transaksi 24 jam - Keamanan terjamin - Layanan transaksi beragam - Proses transaksi cepat - Terdapat promo menarik - Keamanan terjamin
Kekurangan- Fitur pembayaran e-waller cenderung sedikit - Tidak ada aplikasi sendiri, harus menggunakan aplikasi GO-JEK- Tidak semua layanan umum bekerja sama dengan LinkAja - Cara transaksi tidak semudah GO-PAY

Kesimpulan

GO-PAY dan LinkAja tentu aplikasi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Dari berbelanja online, isi pulsa, sampai membayar tagihan listrik dan semacamnya. Pengisian saldo dari kedua aplikasi tersebut juga bisa dilakukan di bank-bank terkenal dan media lainnya. Namun saat ini banyak orang-orang yang menggunakan GO-JEK untuk sarana transportasi mereka menuju suatu tempat dengan GO-PAY yang menjadi fiturnya utamanya. Maka dari itu saya merekomendasikan GO-PAY untuk aplikasi transaksi online kamu karena sudah terhubung langsung dengan GO-JEK dan transaksi menarik lainnya. Namun bukan berarti LinkAja buruk ya guys, semua tergantung dari selera dan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

GO-PAY vs LinkAja

VS

Leave a Reply