Pilih Mana: Gojek atau Grab?

Loading...

Ojek online merupakan sebuah teknologi yang semakin populer dan telah banyak berperan memberikan kemudahan dalam transportasi khususnya di ibu kota. Sebutan ojek online muncul karena adanya jasa transportasi berbasis aplikasi yang mana pelanggannya dapat memesan ojek hanya lewat sistem aplikasi melalui smartphone saja. Ada dua aplikasi yang selama ini sering dibanding-bandingkan, lantas bagus mana Gojek atau Grab?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Gojek dan Grab
– Kelebihan & kekurangan Gojek dan Grab

Gojek
Dikutip dari Republika.co.id, PT GoJek Indonesia merupakan layanan transportasi berbasis aplikasi favorit masyarakat Indonesia yang didirikan oleh Nadiem Makariem.

Kelebihan Gojek yang bisa Anda ketahui:

1. Layanan yang disediakan lebih banyak
Saat ini Gojek menyediakan 13 layanan di dalam aplikasi Gojeknya, mulai dari Go-Jek, Go-Car, Go-Food, Go-Clean dan lain sebagainya.

2. Respon yang lebih cepat
Driver Gojek memang lebih banyak sehingga akan memudahkan penggunanya menemukan drier dengan cepat. Selain itu, setiap keluhan pengguna (penumpang) dapat disampaikan melalui Twitter Resmi Gojek atau call center Gojek akan siap merespon keluhan Anda dengan cepat.

Kekurangan Gojek yang bisa Anda ketahui:

1. Perhitungan bagi hasil 80-20
Gojek menerapkan sistem bagi hasil yang lebih besar dibanding sistem bagi hasil yang dianut Grab. Perhitungan bagi hasil Gojek 80-20, yang mana 80% untuk pengemudi dan 20% untuk penyedia layanan.

Loading...

2. Hanya ada di Indonesia
Gojek sendiri merupakan besutan dari anak Bangsa, jadi tidak heran jika aplikasi Gojek ada dan digunakan di Indonesia. Masyarakat kota-kota besar di Indonesia telah dapat menggunakan aplikasi transportasi ini. Karena hanya ada di Indonesia, maka Gojek tidak akan Anda temukan di Negara lain, seperti salah satunya Negara tetangga, Malaysia.

Grab
Ide awal Grab pertama kali bermula saat sekelompok pemuda yang menetap di Singapura mengeluhkan sulitnya mendapatkan taksi atau kendaraan umum, yang kemudian sekelompok pemuda itu membuat aplikasi transportasi berbasis online dengan nama MyTeksi atau yang sekarang kita kenal dengan nama Grab.

Kelebihan Grab yang bisa Anda ketahui:

1. Sistem bagi hasil 90-20
Sama seperti Gojek yang menerapkan sistem bagi hasil, Grab pun sama. Akan tetapi perhitungan bagi hasil Grab lebih menguntungkan bagi pengendaranya, yang mana 90% untuk pengendara dan 10% untuk penyedia layanan.

2. Lebih mengincar pasar Asia tenggara
Seperti yang kita ketahui, Grab tidak hanya ada di Indonesia saja. Bahkan Grab lebih mengincar pasar Asia Tenggara yang juga hadir dan dapat digunakan penggunanya di Negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filiphina.

Kekurangan Grab yang bisa Anda ketahui:

1. Memiliki 7 layanan
Saat membuka aplikasi Grab, maka Anda akan ditawarkan dengan 7 layanan mulai dari GrabBike, GrabCar, GrabExpress dan masih banyak lagi. Tujuh layanan yang dimiliki Grab masih kalah saing jika dibandingkan dengan 13 layanan yang ditawarkan untuk pengguna Gojek.

2. Drivernya belum banyak
Jika dilihat, driver Gojek lebih mendominasi sehingga dapat dikatakan drivernya lebih banyak dibandingkan dengan driver Grab. Selain itu, banyak pengguna yang mengeluhkan respon pelayanan Grab tidak terlalu cepat meskipun aplikasi jarang menggalami error.

Pilih Mana: Gojek atau Grab?

GojekGrab
Layanan yang ditawarkan– Banyak total ada 13 layanan– Sedikit hanya 7 layanan
Wilayah– Masih Indonesia saja– Indonesia dan Negara Asia Tenggara lainnya
Layanan pengaduan– Respon lebih cepat– Respon lambat

Kesimpulan
Baik Grab maupun Gojek, semuanya menawarkan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan transportasi secara online. Jika membahas harga keduanya senantiasa bersaing secara sehat, baik menghadirkan diskon maupun promo-promo tertentu yang pastinya berubah sewaktu-waktu. Dari beberapa penjelasan di atas, kami menarik kesimpulan Gojek lebih unggul dengan banyaknya layanan yang ditawarkan sekaligus, terutama untuk memudahkan masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Gojek vs Grab

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *