Aplikasi

Pilih Mana: Google Drive atau OneDrive?

Saat ini banyak sekali orang yang membutuhkan sistem penyimpanan awan atau storage cloud. Karena banyaknya jumlah orang yang membutuhkan semakin banyak pula muncul berbagai macam merk layanan cloud storage. Sistem penyimpanan seperti ini memang sangat dibutuhkan agar kita dapat mengakses apapun yang telah disimpan kapan saja dan dimana saja. Jika mendengar sistem penyimpanan awan atau cloud storage bernama Google Drive dan OneDrive, manakah yang akan Anda pilih?

Secara umum, mungkin Anda telah mengetahui bahwa Google Drive memiliki ruang penyimpanan yang besar, jika dilihat dari jumlah ruang penyimpanan tentulah Google Drive dikatakan lebih layak untuk Anda pilih ketimbang OneDrive. Tapi, Anda barangkali belum mengetahui kelebihan-kelebihan OneDrive sehingga layak untuk dipertimbangkan.

Google Drive

Google Drive merupakan layanan penyimpanan daring yang dibuat oleh Google dan dirilis pada 24 April 2012. Layanan penyimpanan milik Google ini menyediakan 15 GB layanan penyimpanan gratis dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. Baca juga: Pilih Mana: Dropbox atau Google Drive?

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Berikut akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan Google Drive:

  • Kapasitas Penyimpanan dan Harga

Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB. Anda dapat menikmati layanan penyimpanan ini dengan syarat memiliki akun Google terlebih dahulu. Hal ini wajar saja mengingat pemilik Google Drive ini adalah Google. Selanjutnya jika Anda ingin meningkatkan jumlah kapasitas penyimpanan, Anda perlu membayar dengan harga sesuai dengan besarnya kapasitas yang akan Anda pakai. Untuk mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 100GB Anda perlu membayar $2, 1TB senilai $10, 10TB senilai $100, 20TB senilai $200, dan 30TB senilai $300.

  • Aplikasi Pendukung

Anda memungkinkan untuk menulis, mengedit dan berkolaborasi bersama partner Anda karena Google Drive sudah di dukung oleh Google Dokumen. Tujuan dibuatnya Google Drive ini salah satunya adalah agar Anda lebih mudah mengelola berbagai dokumen di Google Dokumen. Selain itu, Google Drive juga sudah di lengkapi oleh Google foto sehingga Anda bisa melakukan edit foto, sinkronisasi, memberi label otomatis, menganalisa wajah serta membagikan galeri foto bersama (berkolaborasi).

Untuk penyimpanan berkas-berkas seperti file, OneDrive lebih unggul karena sudah ditumpangi oleh Office 365.

  • Fitur yang Disediakan

Produk buatan Google memang tidak bisa diremehkan, termasuk Google Drive. Sistem penyimpanan ini telah memiliki berbagai fitur yang handal seperti penelusuran yang canggih. Berbintang, terbaru dan masih banyak lagi. Google Drive juga memungkinkan Anda untuk dapat meng-upload dan cadangan file Android. Anda dapat men-download dan berbagi lampiran Gmail drive.

  • Kompatibel Platform dan Jenis File yang Didukung

Google Drive tersedia dan terdapat di Windows, iOS, Mac OS dan Android. Banyak jenis file yang didukung oleh Google Drive. Jenis file yang didukung oleh sistem penyimpanan ini antara lain audio, file gambar, video, ilustrator dan Photoshop, Scalable Vector Graphics, Autodesk AutoCad dan masih banyak jenis file lainnya. Dengan keunggulan yang dimiliki, 30 macam format file dapat dibuka oleh Google Drive secara langsung melalui browser. bahkan ketika perangkat lunak tersebut tidak diinstal pada desktop Anda. Jika Anda merupakan seorang desainer yang biasanya bekerja dengan file berukuran besar, hal ini sangat berguna dan membantu Anda. Dengan demikian Anda akan lebih mudah mengakses file tersebut di setiap waktu dan tempat.

  • Keamanan

Untuk masuk ke Google Drive Anda perlu melakukan verifikasi dua langkah.

OneDrive

OneDrive merupakan sebuah nama resmi Microsoft OneDrive, yang sebelumnya bernama SkyDrive, Windows Live SkyDrive, dan Windows Live Folders. Sistem penyimpanan ini dibuat oleh Microsoft dan termasuk sebagai layanan daring Windows Live. Sistem penyimpanan yang dirilis tahun 2014 ini memberikan Anda ruang penyimpanan gratis sebesar 5GB dengan mendaftar Microsoft akun terlebih dahulu.

Lihat juga:  Pilih Mana: Quad Core atau Octa Core?

Kelebihan dan Kekurangan OneDrive

Berikut akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan OneDrive:

  • Kapasitas Penyimpanan dan Harga

Anda dapat memanfaatkan penyimpanan gratis sebesar 5GB dengan mendaftar Microsoft akun terlebih dahulu. Sebelum memberikan kapasitas sebesar 5 GB, OneDrive pernah memberikan kapasitas sebesar 15GB hanya saja saat ini kapasitas tersebut tidak berlaku dan telah diturunkan. Selanjutnya untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar, misalnya 50GB anda dapat membayar $2 per bulan. Sama seperti Google Drive, Anda dapat menyimpan berbagai jenis file. Microsoft Office juga telah terintegrasi dengan OneDrive dan tersedia di berbagai platform.

  • Aplikasi Pendukung

Jika sebelumnya Google Drive memiliki Google Dokumen sebagai aplikasi pendukung, maka Onedrive memiliki paket Office 365 di mana semua versi terbarunya telah tersedia pada paket tersebut. Dengan memiliki paket Office 365 yang meliputi Word, Exel, Power Point, OneNote, Outlook dan lainnya. Anda dapat melakukan aktivitas dengan mudah.

OneDrive memang lebih unggul untuk jenis dokumen, tapi untuk penyimpanan data seperti foto-foto Google Drive lebih unggul karena didukung oleh Google Foto.

  • Fitur yang Disediakan

Tidak kalah dengan Google Drive, OneDrive juga menyediakan berbagai macam fitur pada layanannya. Beberapa fitur yang disediakan oleh OneDrive antara lain tata letak yang dapat di ubah-ubah, template yang menarik juga disediakan untuk mempercantik tata letak tersebut. Selain itu, OneDrive juga menyediakan tampilan yang elegan dan navigasi yang sederhana sehingga dapat membantu memudahkan Anda dalam mengakses layanan ini. selain itu, masih banyak fitur lain yang disediakan oleh OneDrive. Aplikasi ini juga memberikan dukungan kepada Anda untuk meng-upload dan foto, video, file backup dari ponsel, tablet internet. Anda dapat berbagi file untuk siapa pun melalui mengundang orang, mengirimkan link, dan mengirim file. Dan Anda dapat men-download dan menyimpan file cadangan dari OneDrive ke perangkat portabel.

  • Kompatibel Platform dan Jenis File yang Didukung

OneDrive mendukung Windows, Mac OS, iOS, Android dan Windows telepon. Anda juga dapat melihat dan mengedit kebanyakan jenis file Microsoft Office pada OneDrive. Selain itu Anda juga bisa mengakses file lain seperti audio, video, dan gambar juga didukung.

  • Keamanan

Sebagai keamanannya, OneDrive akan mengirimkan kode keamanan ke alamat email sekunder ketika Anda mencoba untuk mengedit info kontak Anda. Kode keamanan ini juga dikirimkan ke email anda ketika Anda ingin menghubungkan komputer Anda untuk akses jarak jauh.

Pilih Mana: Google Drive atau OneDrive?

Setelah dipaparkan di atas, Anda telah dapat menilai perbedaan serta kelebihan dan kekurangan antara Google Drive dan OneDrive. Perbedaan antara Google Drive dan OneDrive telah dirangkum  pada tabel berikut:

Google DriveOneDrive
- Didukung oleh Google Dokumen- Didukung oleh Office 365
- Memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB- Memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 5 GB
- Tersedia dan terdapat di Windows, iOS, Mac OS dan Android- Tersedia dan terdapat Windows, Mac OS, iOS, Android dan Windows telepon

Kesimpulan

Artikel di atas telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Google Drive dan OneDrive. Jika ditanya mana yang lebih baik? Jawabannya sesuai dengan tujuan Anda. Jika Anda sering melakukan pencarian di Google dan memiliki akun Google maka sebaiknya Anda menggunakan Google Drive.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Google Drive vs One Drive

VS

Leave a Reply