Aplikasi

Pilih Mana: Google Maps atau Apple Maps?

Kegunaan layanan pemetaan saat ini memang sangat penting karena sebagian besar pengguna smartphone senantiasa menggunakan dan mengandalkan layanan ini. Aplikasi pemetaan ini juga merupakan suatu perangkat dengan sistem operasi tertentu, jadi pilih mana: Google Maps atau Apple Maps. Keduanya pasti akan memberikan layanan terbaik bagi para penggunanya.

GPS

GPS sebagai perangkat navigasi petunjuk jalan yang digunakan oleh masyarakat hampir di semua penjuru dunia. Di kutip dari Okezone.com, Google Maps memang jauh lebih dulu hadir sebagai layanan navigasi dan denah lokasi. Sedangkan Apple Maps masih terus melakukan peningkatan fitur dan memperkaya denah lokasinya. Dari masing-masing peta, Google Maps terlihat lebih detail dengan jalur-jalur sempit dan bangunan sekelilingnya. Lain halnya dengan Apple Maps terlihat lebih bersih dan hanya menampilkan jalur utama serta nama tempat itu sendiri.

Pengertian

Google Maps adalah peta buatan Google yang dapat Anda unduh dari App Store jika Anda merasa membutuhkan layanan peta yang lebih berkualitas di iOS. Sementara Apple Maps adalah aplikasi bawaan iOS bagi pengguna untuk mengakses peta dan layanan navigasi. Apple Maps tersedia di iOS dan Anda tidak perlu mendownload apapun lai, Anda bahkan tidak dapat menghapusnya.

Pada waktu peluncuran pertamanya Google Maps jauh lebih baik dibanding Apple Maps. Tetapi akurasi lokasi, algoritma pencarian rute terdekat, sampai pencarian tempat di Apple Maps sudah jauh lebih baik sekarang dibandingkan awal peluncurannya. Di bawah ini beberapa point yang membuatnya kedua aplikasi peta ini berbeda:

Tampilan dan UI

Google Maps menawarkan tampilan yang bagus dan nyaman untuk mata. Ada hamburger menu di pojok kiri atas, bar pencarian di bagian tengah atas, dan pencarian suara di kanan atas. Terdapat juga tombol lokasi saat ini dan navigasi yang sama-sama ada di kanan bawah. Selain itu, ada watermark Google di kiri bawah. Semua tombol bisa dihilangkan saat Anda melakukan tap sekali di area peta, dan untuk memunculkannya kembali Anda hanya perlu tap sekali lagi di area peta.

Sama seperti Google Maps tampilan Apple Maps terlihat sederhana namun dengan informasi peta yang cukup baik. Ada tombol navigasi di pojok kiri atas, bar penelusuran di bagian tengah atas, tombol berbagi di kanan atas, tombol lokasi saat ini di kiri bawah, dan informasi lainnya di kanan bawah. Sebelum ada GPS dulu peta kertas yang identik dengan warna putih kekuningan menjadi pedoman kita. Perpaduan warna dari peta kertas tersebut diadopsi oleh Apple Maps untuk menjadi tampilan membuka aplikasi ini. Tampilan tersebut membuat cukup nyaman di mata penggunanya. Baca Juga Pilih Mana: Waze atau Google Maps?

Informasi Peta

Untuk masalah informasi peta, Google Maps menggunakan peta buatannya sendiri yang jauh lebih baik dari Apple Maps yang bekerja sama dengan TomTom. Peta Google selalu diperbarui setiap bulannya. Contoh sederhana adalah Jalan Tol Cikopo – Paliaman yang telah dibuka secara resmi beberapa hari di Google Maps. Untuk Apple Maps, hingga saat ini belum ada informasi mengenai Jalan Tol tersebut.

Dan pada Apple Maps, informasi peta berasal dari data TomTom yang bekerja sama dengan Apple. Jadi bagi Anda pengguna peta TomTom, Anda tidak akan menemukan perbedaan dari tampilan Apple Maps, kecuali tampilan yang sedikit dipermak oleh Apple seperti warna dan legenda. Nama jalan, nama daerahnya, dan lainnya akan sama dengan TomTom. Informasi peta dari TomTom sebenarnya sangat bagus, mengingat TomTom sangat berpengalaman dalam dunia navigasi tradisional mobil.

Intinya Google Maps menggunakan mobilnya sendiri dan juga citra satelit untuk terus menerus menjelajahi rute dunia untuk memperbarui ‘street view’, sedangkan Apple cenderung hanya mengandalkan data pihak ketiganya yakni TomTom.

Lihat juga:  Pilih Mana: Windows atau Linux?

Pencarian Lokal

Google Maps menggunakan data buatan sendiri dan sudah memiliki pencarian lokal yang berkaitan dengan berbagai informasi lokasi, termasuk di Indonesia. Untuk kelengkapan informasi itu sendiri sudah tidak diragukan lagi sehingga dengan Google Maps Anda sudah bisa mencari sampai berpetualang ke berbagai tempat di Indonesia.

Pencarian lokal dari Apple Maps bekerja sama dengan banyak penyedia informasi data dari Yelp, TripAdvisor, Booking.com, Foursquare, dan mungkin lebih banyak lagi, untuk meningkatkan kualitas peta mereka sendiri. Saat ini, Anda akan lebih mudah mencari dan menemukan tempat seperti restoran, kedai kopi, hotel, hingga tempat pengisian bahan bakar di peta Indonesia dari Apple Maps.

Navigasi

Google Maps juga memiliki fitur navigasi untuk menemukan rute dari suatu titik ke titik yang lain. Fitur ini sudah ada di aplikasi dan bisa langsung digunakan. Hebatnya Anda bisa memilih navigasi dengan berjalan atau dengan pilihan kendaraan, untuk menentukan waktu tempuh dari suatu titik ke titik tujuan Anda. Menemukan rute terpendek, bukan masalah bagi Google Maps. Google Maps juga mendukung navigasi suara, sehingga Anda tidak perlu melihat peta setiap saat menggunakannya.

Pada Apple Maps mampu memberi Anda pilihan berjalan atau mengemudi, serta perkiraan waktu untuk sampai kesana. Tetapi navigasi di Apple Maps masih belum sebagus Google Maps. Apple Maps memberikan navigasi yang lebih kaku. Jadi bagi Anda yang menggunakan mobil, sebaiknya selalu melihat peta beberapa waktu sekali untuk mengecek rute yang sesuai dengan yang ditampilkan oleh peta Apple Maps.

Fitur lainnya

Google Maps memiliki fitur lalu lintas yang sudah bisa digunakan di indonesia, hanya saja masih di kota-kota besar. Fitur ini sangat berguna untuk Anda dapat mengetahui keadaan jalan (seumpama macet atau lancar). Google Maps memiliki fitur pencitraan satelit, sehingga Anda bisa melihat peta berdasarkan citra satelit. Berbeda dengan fitur lain dari Apple Maps khususnya di Indonesia masih belum bisa menggunakan tampilan transit dan lalu lintas. Padahal fitur lalu lintas ini cukup penting untuk melihat kepadatan lalu lintas di daerah atau jalan tertentu yang akan dituju. Fitur tampilan satelit dapat digunakan untuk melihat peta berdasarkan citra satelit. Anda bisa melihat jalan raya, bangunan, bahkan rumah Anda sendiri.

Google MapsApple Maps
- Dapat didownload di Play Store maupun App Store- Hanya dapat didownload di App Store
- Lebih sering melakukan pembaruan dengan mobil dan satelit- Pembaruan lokasi hanya bergantung pada pihak ketiga (TomTom) sehingga terkesan tidak up to date
- Informasi rute dengan beberapa kendaraan sangat membantu pengguna- Informasi rute juga sangat membantu pengguna meskipun fiturnya agak kaku

Kesimpulan

Jika berbicara tentang integrasi dengan iOS, tentu saja Apple Maps menjadi pilihan. Namun, menggunakan peta lain seperti Google Maps akan lebih membantu Anda, mengingat fiturnya yang lebih unggul. Secara umum, Google Maps menjadi contoh bagus bagaimana pertumbuhan dan perkembangan teknologi dapat mengubah hidup karena dengan menggunakan Google Maps Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi, jarak tempuh beserta waktu dan juga keakuratan tentang kondisi jalan yang akan dituju. Semoga aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam mencari lokasi yang akan dituju. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Google Maps vs Apple Maps

VS

Leave a Reply