AplikasiLayanan

Pilih Mana: Gopay atau Dana?

Dompet elektronik adalah suatu aplikasi yang menyimpan uang kamu dalam bentuk saldo, dan dari uang berbentuk saldo tersebut dapat kamu gunakan untuk keperluan kamu, seperti membayar makanan saat kamu makan di restoran, membayar tagihan listrik dan lain sebagainya. Dan dengan dompet elektronik ini banyak promo-promo menarik yang diberikan dari layanan aplikasi dompet elektronik itu sendiri. Ketika kamu menggunakan promo-promo tersebut maka akan banyak potongan yang akan kamu dapatkan saat kamu membayar belanjaan atau makanan kamu. Banyak sekali aplikasi dompet elektronik yang bisa kamu gunakan seperti Gopay dan Dana. Nah, disini saya akan menjelaskan mengenai dua aplikasi dompet elektronik tersebut. Yuk, dibaca.

Gopay

Gopay atau yang sebelumnya disebut sebagai Go Wallet adalah dompet virtual untuk menaruh di Gojek Credit kamu yang dapat digunakan untuk membayar transaksi-transaksi yang berkaitan dengan layanan di dalam aplikasi Gojek. Agar dapat menggunakan Gopay, kamu butuh memastikan bahwa saldo di dalam Gopay, Gojek kamu mencukupi untuk melakukan pembayaran. Baca juga Pilih Mana: Doku atau Ovo?

Tetapi jika saldo kamu tidak mencukupi, di Gojek menyediakan layanan pembayaran parsial, dimana Kamu dapat membayar dengan saldo Gopay, kemudian sisanya bisa dibayarkan dengan uang tunai. Saldo Gopay dapat digunakan buat membayar biaya pengantaran dan atau biaya produk yang dipakai di dalam aplikasi Gojek seperti Go-Ride transport untuk Go-Busway, membeli makanan di Go-Food, membayar produk berbelanja di Go-Mart, proses pindah barang di Go-Box, dan pengiriman barang dengan Go-Send.

Layanan Pembayaran Gopay

Pembayaran transportasi atau antar jemput(Go-Ride, Go-Car)
Pembayaran layanan pesan antar makanan(Go-Food).
Pembayaran layanan pengiriman atau angkutan barang( Go-Send dan Go Box).
Pembayaran layanan booking dan pembelian tiket bioskop(Go-Tix).
Pembayaran layanan petugas kebersihan(Go-Clean).
Pembayaran layanan pembelian pulsa(Go-Pulsa).
Pembayaran layanan jasa belanja(Go-Mart dan Go-Shop).
Pembayaran tagihan listrik, BPJS, Voucher Google Play, Multifinance, dan Internet dan juga Kabel Televisi(Go-Bills).
Transfer saldo ke sesama pengguna(Gopay Transfer)(hanya untuk Verified Account).
Penarikan saldo(Gopay Withdrawal)(hanya untuk Verified Account).

Cara Penggunaan Pembayaran Gopay

Cara penggunaan untuk pembayaran di Gopay sangat mudah, kamu secara otomatis dialihkan ke aplikasi Gojek saat melakukan pembelian di smartphone. Selesaikan pembayaran pada aplikasi Gojek kamu.

Transaksi selesai dan saldo Gopay pada Gojek kamu akan berkurang secara otomatis. History transaksi dapat dilihat di history akun Gopay kamu.

Dana

Dana adalah dompet Digital(e-wallet) Dana resmi diluncurkan pada 5 Desember 2018. Dompet digital Dana besutan Indonesia ini dirancang untuk dimanfaatkan oleh warga Indonesia dari berbagai latar belakang sosial, budaya, ekonomi, hingga dunia usaha baik online maupun offline. Chief Communication Officer Dana Chrisma Albandjar menerangkan, dompet digital Dana menggunakan bank domestik dalam melakukan transaksinya.

Dengan begitu tidak terdapat aliran dana dari Indonesia ke luar maupun penguasaan dan pengendalian transaksi yang dilakukan oleh asing. Investor utama dari Dana adalah PT Elang Sejahtera Mandiri dengan porsi kepemilikan mencapai 99 persen. Elang Sejahtera Mandiri merupakan akan usaha dari PT Elang Mahkota Teknologi Tbk(EMTEK). EMTEK mempunyai kerjasama dengan Ant Financial, pemilik Alipay. Dengan kerja sama antara Emtek dan Ant Financial, Dana mendapatkan dukungan teknologi dari Ant Financial.

Teknologi Alipay sudah diakui keamanan dan kehandalannya di dunia transaksi digital. Dana ialah program pembayaran digital yang mengusung open platform dan dapat digunakan oleh berbagai aplikasi, gerai-gerai online maupun konvensional manapun. Dompet digital ini mengembangkan infrastruktur pembayaran digital dengan mempelajari best practice yang telah digunakan dan melayani ratusan jutaan pengguna dan telah terbukti keamanannya secara global.

Layanan Pembayaran Dana

Dengan dompet digital yaitu Dana, kamu tidak butuh repot- repot untuk bayar tagihan di tempat lain. Kamu bisa bayar tagihan Listrik, Air, Internet, Telepon, Asuransi, BPJS, Angsuran, Kabel Televisi, Telepon Pasca-bayar. Dengan melunasi tagihan di aplikasi Dana, kamu juga dapat memperoleh voucher 50% pada pembayaran kedua maksimal Rp. 25. 000.

Semakin mudah untuk belanja online, karena kamu bisa menggunakan Dana di aplikasi Bukalapak dan TIX ID. Jadi saldo di Dana bisa kamu gunakan untuk berbelanja berbagai berbagai barang di Bukalapak dan beli tiket di TIX ID.

Cara Penggunaan Pembayaran Dana

Cara pembayran menggunakan Dana adalah sama halnya dengan kamu membayar menggunakan aplikasi dompet elektronik lainnya. Cara Belanja Offline pakai Dana kalau kalian ingin berbelanja di toko offline seperti pada rumah makan di mall, kamu juga bisa membayar menggunakan aplikasi Dana.

Tidak seluruh restoran menyediakan cara pembayaran menggunakan Dana sehingg kamu harus benar-benar memastikan tempat yang kamu datangkan ada atau memiliki aplikasi Dana atau tidak. Biasanya ada terlihat seperti plang pada kasir dan bertulisan Dana.

Pilih Mana: Gopay atau Dana?

Gopay Dana
Kelebihan - Banyak layanan untuk bisa membayar menggunakan Gopay - Banyak promo-promo menarim ketika kamu sering menggunakan Gopay - Cara untuk top-up saldo sangat mudah - Cara top-up saldo sangat mudah - Banyak layanan untuk bisa membayar menggunakan Gopay - Banyak promo-promo menarim ketika kamu sering menggunakan Gopay
Kekurangan - Aplikasi Gojek terkadang eror sehingga tidak bisa menggunakan Gopay - Gopay tidak ada aplikasi sendiri- Terkadang aplikasi Dana eror sehingga tidak bisa menggunakan saldo untuk membayar kebutuhan kamu - Saldo terkadang lama masuk saat kamu top-up saldo

Kesimpulan

Dari kedua aplikasi dompet elektronik tersebut, keduanya adalah aplikasi dompet elektronik yang banyak digunakan oleh orang-orang. Tetapi yang membedakan dari keduanya adalah seperti yang kamu ketahui bahwa Gopay adalah suatu dompet elektronik yang memang berasal dari Gojek, jadi Gopay tidak adalah aplikasi sendiri khusus Gopay karena Gopay memang sebenarnya dikhususkan untuk kamu membayar saat kamu menggunakan layanan aplikasi dari Gojek itu sendiri seperti saat kamu memesan Go-Send kamu dapat membayar uang kepada pengemudi menggunakan Gopay, tetapi juga Gopay sekarang dapat digunakan untuk kamu membayar belanjaan kamu. Sedangkan Dana memang mempunyai aplikasinya sendiri dan banyak sekali yang bisa kamu bayar menggunakan Dana. Untuk Promo keduanya mempunyai banyak promo yang menarik.jadi, kamu lebih suka Gopay atau Dana guys? Tentukan pilihan sesuai selera kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Gopay vs Dana

VS

Leave a Reply