Elektronik

Pilih Mana: GoPro atau DSLR?

Saat ini, hampir semua orang suka untuk membagikan momen tertentu berupa gambar atau video ke media sosial. Sebelum dibagikan, tentunya orang sangat memerhatikan kualitas gambar atau video yang akan dibagikan tersebut. Sehingga tidak heran jika saat ini banyak orang yang mencari kamera berkualitas baik. Dua kamera yang masuk ke dalam kategori tersebut yaitu GoPro dan DSLR. Manakah yang lebih baik untuk digunakan? GoPro atau DSLR?

GoPro dan DSLR merupakan dua kamera yang memiliki hasil jepretan yang sangat baik. GoPro mudah dibawa dan digunakan karena memiliki ukuran yang kecil dan ringan. Sedangkan DSLR memiliki ukuran yang lebih besar namun dapat memotret objek dengan fokus. Baca juga Pilih Mana: YouTube atau YouTube Go?

GoPro

GoPro saat ini banyak sekali digunakan dan disukai oleh banyak orang. Hal ini wajar saja karena GoPro dapat membantu mengabadikan aktivitas atau momen yang terbilang susah untuk dilakukan oleh kamera jenis lain.

Kelebihan GoPro

Berikut beberapa kelebihan kamera GoPro yang perlu Anda ketahui:

  • Kecil dan Ringan

Dengan berat 88 gram, kamera ini 5 kali lebih ringan dan kira-kira 9.7x lebih kecil daripada kamera Canon 100D yang disebut sebagai kamera DSLR terkecil. Anda akan lebih mudah untuk memasang kamera GoPro pada sesuatu tanpa tampak menonjol, seperti botol Fireball karena GoPro memiliki ukuran yang kecil.

  • Anti Air dan Anti Guncangan

Jika anda berencana untuk membawa kamera DSLR untuk masuk kedalam air, kemungkinan besar harga untuk perawatan kamera tersebut akan menjadi lebih mahal daripada harga kamera itu sendiri. Tapi, GoPro dapat memberikan solusi atas masalah tersebut dan dapat membuat takjub bagi yang yang melihat hasilnya. Dengan casing kedap air, GoPro sangat bisa digunakan dalam air. Bahkan hingga kedalam 30 meter atau lebih GoPro action cam bisa menjadi salah satu kamera yang direkomendasikan bagi pencinta wisata air. Gambar yang bagus, dan juga adanya anti fog untuk membersihkan embun dalam housing active cam yang membuat kamera ini membantu mengambil gambar dengan kualitas yang bagus.

  • Memiliki Berbagai Aksesoris

Aksesoris kamera GoPro ini sangat membantu dalam proses pengambilan gambar. Tentu saja, dengan aktivitas outdoor kita, tentu kita membutuhkan mencari gambar dengan view dan spot yang berbeda. Kamera ini membantu kita dalam hal tersebut. Kita bisa menggunakan kamera ini dengan aksesoris tertentu dan bisa dipakai di mana saja. Dikutip dari Tribunnews.com kamera ini memang cocok untuk digunakan dalam kegiatan aoutdoor seperti bersepeda, menggunakan papan seluncur, surfing, hiking, skating dan sebagainya.

  • Dapat Disambungkan dengan Alat Elektronik

Anda bisa menggunakan ponsel sebagai layar dan untuk mengatur kamera GoPro yang anda miliki apabila menggunakannya dari kejauhan, memberikan lebih banyak kebebasan untuk seorang pengguna yang kreatif. Untuk membuat gambar yang dihasilkan berkualitas bagus, maka kamera ini menyediakan software dengan fasilitas yang lengkap, seperti untuk Apps, iPhone, Windows phone, dan juga Android. Dengan fasilitas dari software ini, kita bisa mengecek melalui smartphone view finder untuk mengecek posisi objek foto yang ingin dibidik. Software ini juga memudahkan untuk transfer data dari GoPro ke ponsel.

  • Memiliki Desain Simple dengan Manfaat yang Kompleks

Harga GoPro nampaknya sesuai dengan fungsinya. Meskipun harga kamera ini lebih mahal dibanding harga kamera digital pada umumnya, namun kegunaannya sangat komplek, mulai dari kamera yang aman untuk petualangan, pendakian, dan menyelam, kemudahan ini karena GoPro active cam memiliki desain dan bentuk yang simpel, kecil, dan mudah dibawa atau disimpan. Hal ini membuat GoPro sangat fleksibel untuk digunakan baik di darat maupun di air.

Kekurangan GoPro

Berikut beberapa kekurangan GoPro yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Baterai Tidak Bisa Bertahan Lama

GoPro hanya mampu bertahan hidup 1-2 jam saja. Sangat kurang jika kita gunakan untuk keperluan dokumenter. Anda mengakalinya dengan membeli baterai tambahan atau baterai cadangan, tapi artinya akan keluar uang lagi untuk menambah kapasitas baterainya. Jadi memang GoPro ini cocok untuk mengabadikan momen yang durasinya tidak terlalu panjang.

  • Kapasitas Memori Relatif Kecil

Kapasitas memori yang dimiliki GoPro terbilang kecil. Ketika kita merekam video dengan kualitas 4K, untuk satu jam video bisa sampai 20GB. Untuk itu kalau travelling, pastikan untuk memiliki memory card cadangan atau membawa laptop untuk mentransfer video yang sudah direkam ke laptop.

  • Belum Dilengkapi Optical Image Stabilization

GoPro belum dilengkapi optical image stabilization sehingga guncangan yang terjadi selama merekam akan cukup terasa. Untungnya ada software yang bisa menambahkan digital stabilization sehingga gambarnya tidak terlalu goyang.

  • Harga Aksesoris Relatif Mahal

Harga aksesoris GoPro terbilang mahal. Jenis Black harganya mencapai 499 dolar, Silver 399 dolar, dan Hero 129 dolar. Lalu untuk mountingnya ada yang 20 dolar, 40 dolar, 50 dolar dan sebagainya. Jadi untuk bisa menggunakan GoPro diberbagai aktivitas, kita harus membeli mount yang harganya relatif mahal ini.

Kelebihan GoProKekurangan GoPro
- Kecil dan ringan sehingga mudah dibawa dan digunakan- Kapasitas baterai tidak bisa bertahan lama
- Anti air dan anti guncangan- Kapasitas memori relatif kecil
- Memiliki desain yang simple dengan manfaat yang kompleks- Belum dilengkapi optical image stabilization
Lihat juga:  Pilih Mana: iPhone 5s atau iPhone 6?

DSLR

Kamera DSLR merupakan jenis kamera yang memiliki banyak komponen untuk memaksimalkan hasil jepretannya. Kamera jenis ini banyak disukai karena hasil akhir yang diberikan sangat baik. Kamera DSLR sangat cocok untuk memotret objek dengan fokus.

Kelebihan DSLR

Berikut beberapa kelebihan kamera DSLR yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Fleksibel

Keuntungan yang paling penting dari DSLR adalah fleksibilitas untuk pertukaran berbagai jenis lensa. Ada lebih dari berbagai macam lensa tersedia yang dapat digunakan dengan kamera digital SLR. Anda dapat memanfaatkan lensa ultrawide jika ingin menangkap landscape gunung. Demikian pula, jika Anda ingin fokus pada subjek dan pada saat yang sama mengabaikan latar belakang, Anda harus memilih lensa tele. Dan banyak lagi jenis lensa yang dapat dipakai sesuai kebutuhan.

  • Kualitas Gambar Lebih Baik

Jika Anda bandingkan dengan kamera GoPro, DSLR akan menghasilkan gambar yang lebih baik. Ini lebih jelas dengan kamera DSLR memiliki kepekaan cahaya yang lebih tinggi. DSLR memiliki lensa yang lebih luwes untuk memotret burung, arsitektur, atau genre-genre lain. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh kamera GoPro dalam fotografi karena lensa GoPro bukan merupakan lensa yang luwes. Kamera DSLR memang jauh lebih baik untuk mengambil gambar, sedangkan GoPro lebih dikhususkan untuk merekam.

  • Kecil dan Ringan

Walaupun sekarang sudah tersedia kamera video yang ukurannya kecil, namun DSLR masih tetap menjadi pilihan yang cocok digunakan dalam segala kondisi. Karena kamera DSLR bisa dipindahkan dan dibawa kemana-mana tanpa repot. Keuntungan kamera yang kecil dan ringan, membantu situasi pengambilan gambar di ruang public tanpa terlihat mencolok.

Kekurangan DSLR

Berikut beberapa kekurangan kamera DSLR yang perlu Anda ketahui:

  • Kualitas Audio Kurang Baik

Kekurangan DSLR untuk pengambilan video yang kedua adalah kualitas audionya kurang baik. Video yang dihasilkan DSLR kurang memuaskan meskipun DSLR memiliki mic internal, hasil akan lebih buruk lagi jika suaranya direkam dalam posisi yang jauh. Solusinya bisa menggunakan mic eksternal atau mic clip-on agar hasil suaranya lebih maksimal.

  • Lebih Besar dan Lebih Berat dari GoPro

Meskipun DSLR relatif kecil, namun masih lebih besar jika dibandingkan dengan GoPro. Orang yang baru untuk fotografi akan merasa sulit untuk mengoperasikan DSLR langsung. Untuk memakai DSLR, pengguna harus mulai membiasakan diri terlebih dahulu.

  • Agak Sulit Dioperasikan

Orang akan merasa sulit untuk mengoperasikan DSLR jika belum terbiasa untuk mengubah lensa atau terus mengoperasikan banyak tombol. Akhirnya, banyak orang yang malas untuk menggunakan kamera DSLR karena sulit dioperasikan dengan harga yang relatif mahal.

Kelebihan DSLRKekurangan DSLR
- Lebih fleksibel untuk pertukaran jenis lensa- Kualitas audio kurang baik
- Kualitas gambar lebih baik-Lebih besar dan lebih berat dari GoPro
- Memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan ringan- Agak sulit untuk dioperasikan

Pilih Mana: GoPro atau DSLR?

Di atas telah dijelaskan kelebihan dan kekurangan dua jenis kamera tersebut. Perbedaan tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

GoProDSLR
- Memiliki ukuran yang kecil dan ringan- Memiliki ukuran yang lebih besar daripada GoPro
-Daya baterai mudah habis- Daya baterai lebih tahan lama
- Cocok untuk merekam video- Cocok untuk memotret gambar dengan fokus

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai kamera GoPro dan DSLR di atas, tidak dapat disimpulkan mana yang lebih baik. Keduanya memiliki kemampuan yang sangat baik sesuai dengan tujuan penggunanya. GoPro merupakan jenis kamera yang lebih cocok untuk digunakan untuk mengabadikan aktivitas ekstrim yang membutuhkan kamera yang kecil dan dapat diletakkan di mana saja. Sedangkan DSLR merupakan kamera yang sangat baik digunakan untuk memotret gambar secara detail.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

GoPro vs DSLR

VS

Leave a Reply