Kamera

Pilih Mana: GoPro atau Xiaomi Yi?

Kamera action saat ini memang tengah diminati untuk mengabadikan momen-momen ekstrim yang menarik. Kamera action pertama memang diusung oleh GoPro, namun saat ini beberapa produsen kamera dan handphone juga memproduksi kamera action, salah satunya yaitu kamera action Xiaomi yi. Jika Anda membutuhkan kamera action untuk dipakai, manakah yang akan Anda pilih? GoPro atau Xiaomi Yi?

Kamera GoPro dan Xiaomi Yi merupakan dua kamera yang dapat digunakan sebagai kamera action. Kamera GoPro merupakan pengusung kamera action pertama. Kamera GoPro telah dikenal memiliki kualitas yang sangat baik dan menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat baik pula. Sedangkan kamera Xiaomi Yi merupakan kamera action yang dibuat oleh Yi Technology yang merupakan partner Xiaomi. Xiaomi Yi dikenal dengan perangkat yang memiliki kualitas kamera yang baik, dan juga memiliki harga yang relatif terjangkau.

GoPro

GoPro merupakan sebuah kamera action yang memiliki ukuran kecil. Dengan ukurannya yang kecil ini kamera GoPro memungkinkan untuk diletakkan di mana saja. Kamera GoPro banyak disukai karena ukurannya yang kecil dan memiliki hasil yang berkualitas tinggi. Baca juga Pilih Mana: oPro vs DSLR?

Kelebihan GoPro

Berikut beberapa kelebihan kamera GoPro yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Aksesoris yang Lebih Banyak

Sebagai pendahulu di pasaran, tak heran jika GoPro punya aksesoris terbanyak. Dari mulai filter, flash tambahan, tripod atau monopod hingga case bisa dibeli dengan mudah di toko kamera, atau ecommerce favoritmu. Kalau Xiaomi Yi sendiri, aksesorinya masih belum terlalu banyak, meskipun sudah ada underwater case dan monopod.

  • Memiliki LCD untuk Display

Kelebihan lain yang dimiliki kamera GoPro adalah memiliki LCD. LCD ini memiliki banyak fungsi, selain preview gambar. LCD-nya juga menunjukkan pemakaian baterai selain setting khusus yang bisa kamu atur sendiri. Sedangkan di Yi Camera, semuanya diatur melalui smartphone-mu via aplikasi Yi Camera.

  • Memiliki Waterproof Cover

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki kamera GoPro adalah memiliki waterpfoof cover atau kover anti air. Anda tentu dapat membawanya langsung saat masuk di pantai atau kolam renang. Cover ini disertakan langsung dalam paket pembelian GoPro.

Kekurangan GoPro

Berikut beberapa kekurangan kamera GoPro yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan kamera GoPro dibandingkan dengan Xiaomi Yi adalah memiliki harga yang relatif lebih mahal. Kamera Xiaomi memberikan harga yang jauh lebih murah. Namun, harga yang diberikan oleh GoPro ini sebenarnya sesuai dengan kualitas yang diberikannya.

  • Daya Baterai Lebih Cepat Habis

Kekurangan lain yang dimiliki baterai GoPro adalah lebih cepat habis jika dibandingkan dengan baterai kamera Xiaomi Yi. Xiaomi Yi ternyata lebih unggul selama 2 jam 48 menit dalam pengambilan video. sedangkan GoPro hanya bertahan 1 jam 38 menit. Tentu ini sangat penting bagi mereka yang membutuhkan action cam untuk keperluan footage.

  • Harga Aksesoris Relatif Mahal

Untuk mendukung berbagai macam aktivitas, Anda membutuhkan aksesoris. Namun, aksesoris yang dimiliki GoPro memiliki harga yang relatif mahal. Dengan demikian, Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi.

Kelebihan GoProKekurangan GoPro
- Memiliki aksesoris yang lebih banyak- Harga lebih mahal
- Memiliki LCD untuk display- Daya baterai lebih cepat habis
- Memiliki waterproof cover- Harga aksesoris relatif mahal

Xiaomi Yi

Xiaomi Yi merupakan kamera aksi atau kamera action yang hadir sebagai pesaing kamera GoPro. Kamera ini memiliki fungsi yang sama seperti kamera GoPro. Sebagai pesaing GoPro, kamera Xiaomi Yi juga menawarkan harga yang lebih terjangkau.

Kelebihan Xiaomi Yi

Berikut beberapa kelebihan kamera Xiaomi Yi yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Kamera yang Lebih Besar

Salah satu kelebihan kamera Xiaomi Yi adalah dibekali dengan kamera yang lebih mumpuni. Kamera Xiaomi Yi berukuran 16 MP, sedangkan GoPro Hero baru 5 MP. Ukuran mega pixel yang lain lain lebih besar ini dipercaya dapat menghasilkan gambar yang lebih jernih dan lebih baik pula digunakan untuk merekam video. Dikutip dari Jalantikus.com kamera action pertama Xiaomi ini mampu merekam video beresolusi 4K (2160p) di 60 fps.

  • Harga Lebih Terjangkau

Kelebihan kamera Xiaomi adalah harga. Sesuai perkiraan, harga Xiaomi Yi jauh lebih murah dibanding GoPro apalagi yang keluaran terbaru. Karena memiliki harga yang lebih terjangkau ini, kamera Xiaomi Yi memiliki banyak pengguna karena tidak terlalu mahal untuk dijangkau.

  • Daya Baterai Lebih Tahan Lama

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki kamera Xiaomi Yi adalah memiliki daya baterai yang lebih tahan jika dibandingkan kamera GoPro. Hal ini diketahui saat kedua kamera ini difungsikan untuk merekam video dengan resolusi yang sama. Hasilnya kamera Xiaomi Yi mampu bertahan lebih lama daripada kamera GoPro.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Yi atau B-Pro?

Kekurangan Xiaomi Yi

Berikut beberapa kekurangan kamera Xiaomi Yi yang perlu Anda ketahui:

  • Belum Memiliki Kelengkapan yang Cukup

Salah satu kekurangan kamera Xiaomi Yi adalah belum memiliki kelengkapan yang cukup. Terdapat beberapa komponen yang belum ada atau belum dilengkapi pada kamera Xiaomi Yi. Beberapa komponen tersebut seperti case underwater, mounting, dan kepala charger. Kamera Xiaomi Yi hanya menyediakan baterai, kabel, dan manual book berbahasa Cina. Aksesoris Xiaomi Yi juga lebih sulit didapat dibandingkan dengan aksesoris kamera GoPro.

  • Belum Memiliki Display Kamera

Kekurangan lain yang dimiliki kamera Xiaomi Yi adalah belum terdapatnya display kamera. Meskipun memiliki tampilan dan desain yang hampir sama, namun kamera Xiaomi Yi tidak memiliki display kamera, sehingga berbeda dengan action camera biasanya. Padahal, display kamera ini memiliki fungsi yang cukup penting dan dapat membantu pengguna.

  • Kualitas Gambar Kurang Baik

Perkara kualitas gambar adalah salah satu poin penting pada action cam. Nah dalam hal ini, GoPro relatif mampu menghasilkan gambar lebih tajam dari Xiaomi Yi. Begitu juga dengan tone warna dan fokus objek. Mode pengambilan foto Xiaomi Yi juga tidak selengkap kamera GoPro.

Kelebihan Xiaomi YiKekurangan Xiaomi Yi
- Memiliki kamera yang lebih besar- Belum memiliki kelengkapan yang cukup
- Harga lebih terjangkau- Belum memiliki display kamera
- Daya baterai lebih tahan lama- Kualitas gambar kurang baik

Pilih Mana: GoPro atau Xiaomi Yi?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara GoPro dan Xiaomi Yi. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

GoProXiaomi Yi
- Memiliki LCD untuk display - Belum memiliki display kamera
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Hasil gambar berkualitas sangat baik- Hasil gambar memiliki kualitas yang cukup baik
- Cek harga GoPro online termurah, Klik di sini- Cek harga Xiaomi Yi online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai kamera GoPro dan Xiaomi Yi dapat disimpulkan bahwa keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika dilihat dari hasil kualitas gambarnya, kamera GoPro menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik, selain itu aksesoris yang beredar di pasaran juga lebih banyak. Namun, daya tahan baterai kamera GoPro masih bisa dikalahkan oleh kamera Xiaomi Yi. Harga kamera Xiaomi Yi juga lebih murah sehingga lebih mudah untuk dijangkau oleh semua kalangan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

GoPro vs Xiaomi Yi

VS

Leave a Reply