Pilih Mana: Grand Livina atau Ertiga?

Loading...

Banyak produsen mobil yang terus berlomba menciptakan mobil-mobil dengan desain terbaru serta terbaik. Bahkan terlihat jelas semuanya seperti bersaing secara buka-bukaan, semua produsen menciptakan berbagai mobil dengan tipe dan wajah yang hampir mirip dengan kompetitornya. Sebut saja Nissan Grand Livina dan Suzuki Ertiga yang bersaing ketat di kelasnya. Lantas bagus mana Grand Livina atau Ertiga? Temukan jawabannya di sini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Grand Livina dan Ertiga
– Kelebihan & kekurangan Grand Livina dan Ertiga
– Harga terbaik Grand Livina dan Ertiga

Grand Livina
Interior pada Nissan Grand Livina tipe High Way Star menyediakan pemutar DVD Grand Livina Mounted dengan layar 10 inci di tengah kendaraan (semua jenis kecuali S) dan audio dengan koneksi bluetooth (untuk tipe HWS) untuk keluarga Anda.

Kelebihan Grand Livina yang bisa Anda ketahui:

1. Mesin yang bertenaga
Mobil ini dibekali mesin 1.498 cc 4-silinder segaris DOHC dengan teknologi CVTC. Nissan Grand Livina memiliki mesin yang lebih bertenaga dari Ertiga karena lebih cc-nya yang lebih besar. ECCS yang menjadi sistem pembakaran mesin mampu menghasilkan tenaga hingga 109 Ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 148 Nm pada 4.400 rpm. Sehingga untuk urusan tenaga mesin, Nissan Grand Livina lebih unggul dibandingkan Suzuki Ertiga.

2. Akomodasi kursi belakang
Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina keduanya mampu menampung 7 penumpang sekaligus dalam satu perjalanan. Baik kursi depan dan tengah sama-sama mendukung kelegaan. Namun untuk masalah kursi belakang, Nissan Grand Livina lebih baik dari Suzuki Ertiga. untuk Anda yang memiliki tinggi lebih dari 165 cm, kepala Anda pasti terbentur dengan langit-langit Suzuki Ertiga, sedangkan untuk Nissan Grand Livina, bagi Anda yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm tidak akan mengalaminya.

Kekurangan Grand Livina yang bisa Anda ketahui:

1. Interior kurang menarik
Suzuki Ertiga tipe double blower GL (di bawah tipe top GX) sudah dilengkapi dengan interior mewah yang lebih mewah daripada Nissan Grand Livina bahkan tanpa panel kayu. Sehingga dapat dikatakan interior Nissan Grand Livina kurang begitu menarik layaknya Ertiga.

Loading...

2. Belum AC Double Blower
Bagi Anda yang terbiasa menggunakan Nissan Grand Livina tentu Anda tidak perlu meragukan kenyamanan. Mobil ini dikenal memiliki kontrol mantap dan suspensi yang sangat lembut, untuk urusan kesehatan mobil ini juga bisa diacungi jempol. Namun sayangnya mobil ini tidak dilengkapi dengan AC double blower dan masih menggunakan kisi-kisi AC di konsol tengah, sehingga masih terasa kurang untuk menjangkau penumpang belakang.

Ertiga
Interior yang diusung oleh Suzuki untuk mobil keluaran Ertiga tipe double blower GL sudah dilengkapi dengan interior mewah mulai dari desain head unitnya, desain speedometer, door trim, hingga Steering Switch Control. Dikutip dari Liputan6.com, di tahun 2018 ini menjadi ajang bagi Suzuki meluncurkan All New Ertiga dengan desain yang cukup menarik perhatian.

Kelebihan Ertiga yang bisa Anda ketahui:

1. Desain menggoda
Eksterior depan Suzuki Ertiga terlihat agresif dan sportif melebihi harapan mobil keluarga biasa. Dan ketika kita melihat ke eksterior belakang akan terjadi sebaliknya. Berkat desain kaca belakang dan pintu belakang terlalu tegak membuat bodi belakang Ertiga terlihat seperti SUV berukuran besar. Secara keseluruhan mobil ini terlihat sangat bagus dari berbagai sudut.

2. Irit bahan bakar
Suzuki Ertiga mampu menempuh 13 km/liter untuk dalam kota, sementara Nissan Grand Livina berada pada 12,8 km/liter. Suzuki Ertiga hanya berbeda 0,2 km/liter lebih irit dibanding Nissan Grand Livina. Sepertinya masalah yang sangat tipis ini adalah perbedaan antara keduanya.

Kekurangan Ertiga yang bisa Anda ketahui:

1. Akomodasi yang kurang begitu baik
Untuk masalah bagasi belakang mobil serupa. Tetapi ketika kursi belakang ditegakkan, Suzuki Ertiga sedikit lebih lebar dari Nissan Grand Livina. Untuk pengoperasian pelipatan jok belakang, rasanya Nissan Grand Livina lebih ringan untuk dilipat dan ditidurkan dibandingkan dengan Suzuki Ertiga. Sehingga Nissan Grand Livina memberikan akomodasi lebih baik dari Suzuki Ertiga meski eksteriornya terlihat lebih kecil.

2. Performa mesin di bawah Livina
Performa mesin yang dihasilkan oleh Ertiga tergolong masih di bawah Grand Livina. Ini dikarenakan Ertiga menggunakan cc yang lebih kecil yakni mesin 1.373 cc, DOHC, 4 silinder segaris dengan teknologi VVT (Variable Valve Timing). Sistem pembakaran elektronik Multi Point Injection Ertiga juga hanya dapat menghasilkan daya maksimum 95 Ps.

Pilih Mana: Grand Livina atau Ertiga?

Grand LivinaErtiga
Harga– Cenderung lebih mahal– Cenderung lebih murah
Konsumsi bahan bakar– Lebih besar – Irit dan efisien
Performa mesin– Mesin lebih bertenaga– Performa masih di bawah Livina

Kesimpulan
Nissan Grand Livina perlu diakui memiliki banyak keunggulan dalam berbagai aspek. Namun harganya jauh lebih mahal daripada Suzuki Ertiga, sepertinya Suzuki Ertiga cukup baik untuk menjadi pilihan selain Nissan Grand Livina. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Grand Livina vs Ertiga

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *