Pilih Mana: Granit atau Marmer?

Loading...

Pemilihan bahan material memang menjadi hal penting dalam membangun sebuah rumah. Tidak hanya kualitas dan kekokohannya saja, melainkan juga tampilannya yang dapat menambah keindahan desain dari rumah Anda. Salah satu pertanyaan yang sering menjadi pertimbangan ialah tentang Granit dan Marmer. Keduanya tampak sama, namun bagus mana Granit atau Marmer? Mari cari tahu jawabannya disini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Granit dan Marmer
– Kelebihan & kekurangan Granit dan Marmer
– Harga terbaik Granit dan Marmer

Granit
Granit merupakan bebatuan yang dihasilkan dari aktivitas metamorfosa gunung berapi dan mempunyai tekstur yang lebih keras. Dikutip dari TribunNews.com, popularitas Granit saat ini menjadi naik daun dikarenakan banyak orang kesulitan menemukan corak dan serat yang seragam dalam jumlah yang besar.

Kelebihan Granit yang bisa Anda ketahui:

1. Cenderung lebih tahan lama
Pori-pori Granit yang lebih sedikit membuat Granit cenderung lebih tahan lama, awet, kokoh dan tidak mudah kusam. Sementara Marmer yang memiliki pori-pori besar membuatnya lebih cepat kusam dan kurang tahan lama.

2. Harga di bawah Marmer
Harga yang dibanderol untuk membeli Granit tergolong lebih terjangkau dibandingkan membeli Marmer. Hal ini dikarenakan harga Granit lebih rendah dari harga Marmer.

Kekurangan Granit yang bisa Anda ketahui:

1. Semua corak hampir sama
Corak Granit pada umumnya hampir sama atau seragam, corak ini dipengaruhi oleh prostase mineral (kuarsa, mika, felsdar dan lain-lain) yang terkandung di dalamnya.

Loading...

2. Mampu menahan air
Bahannya yang keras dan memiliki pori-pori yang sedikit membuat Granit tahan air. Sedangkan Marmer yang memiliki karakteristik batu kapur akan mampu menyerap air sehingga batu Marmer mudah kusam dan patah.

Marmer
Marmer merupakan bebatuan yang dihasilkan dari gunung kapur yang terkena suhu panas dan kemudian bebatuan itu mengeras dan membentuk sedimen dan berpola gradasi yang membuat tampilannya lebih indah dan berstruktur halus.

Kelebihan Marmer yang bisa Anda ketahui:

1. Lebih elegan
Tampilan kilap dari Marmer membuatnya terlihat mewah dan elegan, tidak heran rumah-rumah gedongan sering menggunakan material ini untuk mengaplikasikan seluruh bagian-bagian rumahnya.

2. Tidak memiliki batasan ukuran
Marmer cenderung tidak memiliki batasan ukuran. Lain halnya dengan Granit yang hanya memiliki ukuran maksimal 100 x 100 cm. Selain itu sambungan nat pada pada Marmer lebih tipis sehingga antara Marmer satu dengan Marmer yang lain terlihat lebih menyatu

Kekurangan Marmer yang bisa Anda ketahui:

1. Cenderung sulit dibersihkan
Apabila terkena kotoran maka Marmer lebih sulit untuk dibersihkan sehingga pemilik rumah harus menyiapkan perawatan ekstra agar tampilan indah dari Marmet tetap terjaga. Untuk itu, apabila Marmer terkena kotoran harus dibersihkan sesegera mungkin.

2. Tergolong mahal
Jika dilihat dari harganya, maka Marmer tergolong memiliki harga lebih mahal dibandingkan Granit. Selain itu, masa jenis batu Marmer juga lebih berat dibandingkan Granit.

Pilih Mana: Granit atau Marmer?

GranitMarmer
Corak – Cenderung seragam– Coraknya lebih beragam
Daya tahan– Bertahan lama– Kurang tahan lama
Kemampuan menyerap air– Cenderung berpori besar sehingga tahan air– Mampu menyerap air

Kesimpulan
Dari penjelasan di atas, dapat kami simpulkan pemilik rumah yang mengidamkan kemewahan dari interior di dalam rumahnya, maka Marmer bisa menjadi pilihannya. Akan tetapi meskipun memberikan kesan mewah dan sejuk di dalam rumah, sayangnya pengguna Marmer butuh perawatan ekstra untuk menjaga penampilan Marmer-nya. Sementara untuk mendapatkan interior yang terlihat kokoh dan memikirkan daya tahan material, maka Granit pilihan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Granit vs Marmer

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *