KesehatanMakanan dan Minuman

Pilih mana: Granola vs Muesli?

Siapa yang tidak mengenal makanan sehat kali ini. Datang dari Granola dan Muesli. Kedua makanan sehat ini telah hadir dengan berbagai merk dan harga. Anda bisa menemukannya di berbagai supermarket dan toko makanan lainnya.

Kedua makanan sehat ini terkenal akan khasiat dan kandungannya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, tidak perlu diragukan kualitasnya. Dengan banyaknya merk yang memproduksi makanan tersebut mungkin akan membuat Anda bingung untuk memilih.

Namun, kini tidak lagi. Anda bisa langsung cek penjelasannya di Selera.id. Karena kami telah membahasnya lengkap untuk Anda. Yuk, kalau begitu langsung saja simak dan stay tune!

Granola vs Muesli

Granola

Granola dibuat dari biji oat yang dikeringkan dan dipanggang sehingga menghasilkan tekstur yang crunchy ketika Anda menikmatinya. Tekstur crunchy ini juga datang dari biji-bijian atau kacang-kacangan yang sering kali ditambahkan pada produk granola.

Granola juga bisa disebut kombinasi antara gandum, kacang-kacangan, dan pemanis seperti gula ataupun madu. Terkadang, ada juga produk granola dengan tambahan buah-buahan kering, rempah-rempah, hingga selai kacang.

Produk granola pun dapat Anda jumpai di berbagai toko makanan dan supermarket. Granola marak dijadikan makanan sehat bagi mereka yang ingin hidup sehat dan melakukan pola diet.

Baca artikel lainnya Pilih Mana: Nasi Putih atau Oatmeal?

Granola vs Muesli

Kelebihan Granola

Berikut ini Kelebihan Granola:

  • Sangat mudah dikonsumsi
    Berbeda dengan muesli, granola justru bisa Anda santap langsung atau dikonsumsi dengan susu. Selain itu, Anda juga tak perlu menambahkan madu atau pemanis lainnya ketika mengkonsumsi granola karena pada dasarnya granola sudah manis.
  • Memiliki tekstur dan rasa yang pas
    Kelebihan dari granola dibanding pesaingnya yaitu granola memiliki rasa yang umumnya manis karena pada proses pembuatannya, sudah ditambahkan pemanis alami seperti madu, maple syrup, ataupun gula kelapa di dalamnya.  Teksturnya juga sangat crunchy dan gurih Anda akan mendapatkan sensasi kriuk.. kriuk di mulut.
  • Memiliki kandungan protein yang tinggi
    Dibandingkan dengan muesli, kelebihan yang ada pada granola yaitu memiliki kandungan 10 gram protein yang baik bagi kebutuhan tubuh. Hal ini yang membuat granola banyak peminatnya. Karena kandungan protein yang ada pada granola termasuk tinggi dibanding dengan produk pesaingnya.

Kekurangan Granola

Berikut ini Kekurangan Granola:

  • Mengandung kalori yang cukup tinggi
    Beberapa produk granola mengandung kalori tinggi. Selain itu, tak sedikit granola yang diperkaya dengan gula serta lemak. Lemak seperti minyak sayur, minyak kelapa yang biasanya dijumpai pada granola memang “disisipkan” untuk mengkombinasikan seluruh bahannya. Hal inilah yang malah bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Apalagi jika mengkonsumsi granola lebih dari satu porsi, dalam waktu yang berdekatan.
  • Kemasan yang kurang menarik
    Kekurangan yang ada pada Granola yaitu ada pada kemasan yang dihadirkannya. Kemasan granola terlihat biasa-biasa saja dan kurang menarik di mata. Hal ini yang membuat granola kurang diminati.
  • Jarang tersedia
    Selain kemasan, granola juga sangat jarang tersedia dengan bebas. Karena produknya yang terbatas di tanah air. Membuat pengkonsumsinya harus menunggu lama untuk mendapatkan makanan yang terbuat dari gandum ini.

Tips Menikmati Granola Yang Nikmat

Ada berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk menikmati makanan sehat Granola ini. Pilih sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Yang paastinya Granola bisa dinikmati bersama susu/yogurt/jus buah dengan berbagai cara yaitu bisa dicampurkan langsung, dimasak, atau direndam serta didinginkan semalaman. Granola sekarang juga populer dijadikan camilan dalam bentuk snack bar loh. Anda bisa menemukan produknya yang dalam bentuk snack ringan di supermarket terdekat.

Muesli

Muesli merupakan hidangan oatmeal dingin yang terdiri antara campuran dari oats, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan segar atau kering. Sama halnya dengan granola, Anda bisa mengkonsumsi Muesli dengan potongan buah kering seperti kismis, cranberry, dan aprikot. Karena komposisinya inilah, muesli punya kandungan gizi yang kaya akan protein dan serat.

Jika bicara penyajian dan bahan, muesli memang mirip dengan granola namun ada beberapa hal yang membuat muesli memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Nah ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Berikut pembahasannya:

Lihat juga:  Pilih Mana: Jeruk Nipis atau Lemon Untuk Diet?

Baca artikel lainnya 7 Merk Sereal Sehat Terbaik 2020

Kelebihan Muesli

Berikut ini Kelebihan Muesli:

  • Sangat menyehatkan
    Muesli memiliki campuran bahan-bahan yang apa adanya atau mentah. Karena bebas dari proses pengolahan, muesli jadi dianggap lebih menyehatkan. Namun, saat ini produsen yang memproduksi muesli mulai mengeluarkan produk terbarunya yang diolah atau dipanggang. Jadi, Anda bisa menyantap sesuai dengan selera.
  • Memiliki rasa yang alami
    Bagi Anda yang menyukai rasa alami dari biji-bijian serta bahan lain yang terdapat pada muesli maka makanan satu ini memang sangat cocok untuk Anda. Karena bisa dibilang muesli lebih alami dengan citarasa muesli yang bergantung sepenuhnya dari buah-buahan kering yang ada di dalamnya.
  • Memiliki banyak varian
    Kelebihan lain yang terdapat pada muesli yaitu hadir dalam berbagai varian dan jenis. Anda bisa mengkonsumsi produk muesli yang alami atau tanpa diolah dan bisa juga memilih varian lain muesli yang diolah dengan dipanggang.

Granola vs Muesli

Kekurangan Muesli

Berikut ini Kekurangan Muesli:

  • Warna yang cenderung pucat
    Karena tidak melewati proses pemanggangan alias dibiarkan mentah. Membuat tampilan warna yang ada pada muesli terlihat lebih pucat. Hal ini yang membuat beberapa orang merasa kurang menarik untuk mengkonsumsinya.
  • Rasa sedikit hambar
    Karena berasal dari bahan yang alami tanpa diproses atau diolah dengan tambahan bahan pemanis lain. Membuat rasa dari muesli ini sedikit hambar. Namun, Anda bisa mengatasi hal ini dengan menambahkan bahan lain seperti susu atau yogurt.
  • Harga yang cenderung mahal
    Berbeda dengan produk pesaingnya granola. Muesli sendiri mematok harga yang cenderung mahal. Oleh karena itu, Bagi Anda yang ingin mencoba mengkonsumsi muesli ada baiknya menyiapkan budget yang lebih.

Tips Penyajian Muesli Yang Nikmat

Ada banyak tips untuk menikmati Muesli. Salah satunya muesli dapat disajikan langsung ataupun nanti, dalam keadaan panas maupun dingin. Susu atau yogurt biasa jadi pendamping setia muesli. Dicampur langsung dengan susu hangat atau dingin, dimasak sebentar hingga jadi bubur, atau direndam dan didinginkan semalaman dengan susu. Jika Anda tidak suka denga campuran susu, Anda bisa menggantinya dengan berbagao bahan pendamping lain seperti buah-buahan yang telah di blender.

Pilih mana: Granola vs Muesli?

Keterangan Granola Muesli
Kelebihan-Sangat mudah dikonsumsi -Memiliki tekstur dan rasa yang pas -Memiliki kandungan protein yang tinggi-Sangat menyehatkan -Memiliki rasa yang alami -Memiliki banyak varian
Kekurangan-Mengandung kalori yang cukup tinggi -Kemasan yang kurang menarik -Jarang tersedia-Warna yang cenderung pucat -Rasa sedikit hambar -Harga yang cenderung mahal

Kesimpulan

Nah dari pembahasan di atas mengenai Granola dan Muesli maka dapat disimpulkan bahwa keduanya sama-sama makanan yang mengandung gizi dan manfaat yang baik untuk tubuh. Kedua makanan ini juga bisa menjadi andalan bagi beberapa orang yang menjalankan pola hidup sehat dan diet karena sangat ampuh menurunkan berat badan. Meskipun serupa, keduanya ternyata berbeda kan? Kira-kira mana yang lebih Anda sukai, granola atau muesli? Apapun pilihan Anda nanti. Tetap ingat untuk mengkonsumsinya secara wajar ya. Semoga Bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Granola vs Muesli

VS

Leave a Reply