KesehatanLifestyleMakanan dan Minuman

Pilih mana: Granola vs Oatmeal?

Maraknya trend gaya hidup sehat akhir-akhir ini membuat masyarakat cenderung mengurangi aktivitas yang buruk. Tak luput juga dengan meningkatkan pola makan sehat yang mampu membuat tubuh sehat dan tidak mudah sakit.

Beberapa jenis makanan yang sedang populer di konsumsi yaitu Granola dan Oatmeal. Dua jenis makanan yang sama-sama terbuat dari gandum ini memang dikenal dan diyakini memiliki khasiat serta manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Keduanya juga sangat membantu untuk Anda yang sedang menjalankan pola diet loh. Karena kandungannya yang baik untuk meminimalisir lemak di tubuh Anda. Nah, jika Anda tertarik untuk mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat maka Anda perlu mencoba varian makanan menyehatkan ini.

Anda bisa menemukannya di berbagai supermarket dengan harga yang tentunya bervariasi. Namun jika Anda bingung untuk memilih mana diantara keduanya yang cocok untuk kebutuhan. Anda bisa langsung cek penjelasannya di Selera.id kali ini.

Granola vs Oatmeal

Granola

Granola dibuat dari biji oat yang dikeringkan dan dipanggang sehingga menghasilkan tekstur yang crunchy ketika Anda menikmatinya. Tekstur crunchy ini juga datang dari biji-bijian atau kacang-kacangan yang sering kali ditambahkan pada produk granola.

Granola juga bisa disebut kombinasi antara gandum, kacang-kacangan, dan pemanis seperti gula ataupun madu. Terkadang, ada juga produk granola dengan tambahan buah-buahan kering, rempah-rempah, hingga selai kacang.

Produk granola pun dapat Anda jumpai di berbagai toko makanan dan supermarket. Granola marak dijadikan makanan sehat bagi mereka yang ingin hidup sehat dan melakukan pola diet. Baca artikel lainnya Pilih Mana: Oatmeal atau Beras Merah?

Kelebihan Granola

Berikut ini Kelebihan Granola:

  • Memiliki tekstur dan rasa yang pas
    Kelebihan dari granola dibanding pesaingnya yaitu granola memiliki rasa yang umumnya manis karena pada proses pembuatannya, sudah ditambahkan pemanis alami seperti madu, maple syrup, ataupun gula kelapa di dalamnya.Teksturnya juga sangat crunchy dan gurih Anda akan mendapatkan sensasi kriuk.. kriuk di mulut.
  • Sangat mudah dikonsumsi
    Berbeda dengan oatmeal, granola justru bisa Anda santap langsung atau dikonsumsi dengan susu. Selain itu, Anda juga tak perlu menambahkan madu atau pemanis lainnya ketika mengkonsumsi granola karena pada dasarnya granola sudah manis.
  • Memiliki kandungan protein yang tinggi
    Dibandingkan dengan oatmeal, kelebihan yang ada pada granola yaitu memiliki kandungan 10 gram protein yang baik bagi kebutuhan tubuh.

Granola vs Oatmeal

Kekurangan Granola

Berikut ini Kekurangan Granola:

  • Kemasan kurang menarik
    Kekurangan yang ada pada Granola yaitu ada pada kemasan yang dihadirkannya. Kemasan granola terlihat biasa-biasa saja dan kurang menarik di mata. Hal ini yang membuat granola kurang diminati.
  • Jarang tersedia
    Selain kemasan, granola juga sangat jarang tersedia dengan bebas. Karena produknya yang terbatas di tanah air. Membuat pengkonsumsinya harus menunggu lama untuk mendapatkan makanan yang terbuat dari gandum ini.
  • Mengandung kalori yang cukup tinggi
    Beberapa produk granola mengandung kalori tinggi. Selain itu, tak sedikit granola yang diperkaya dengan gula serta lemak. Lemak seperti minyak sayur, minyak kelapa yang biasanya dijumpai pada granola memang “disisipkan” untuk mengombinasikan seluruh bahannya. Hal inilah yang malah bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Apalagi jika mengkonsumsi granola lebih dari satu porsi, dalam waktu yang berdekatan.

Oatmeal

Oatmeal sering diklasifikasikan sebagai makanan sehat untuk menunjang gaya hidup sehat Anda. Beberapa orang juga memilih mengkonsumsi oatmeal sebagai salah satu makanan pengganti nasi yang sangat bagus untuk Anda yang sedang melakukan diet.

Oatmeal dibuat dari biji gandum yang diproses dengan dipotong (steel-cut), dihancurkan (crushed), dihaluskan (ground), ataupun dibuat menjadi oat bulat (rolled oat). Perbedaan proses pembuatan ini juga berdampak pada hasil dan nama dari oat sendiri, seperti steel-cut oat, crushed oat, ground oat, dan rolled oat.

Oatmeal sendiri telah diproduksi dalam banyak bentuk kemasan dan jenis sehingga Anda bisa menikmatinya dengan mudah dan praktis. Hadir dengan berbagai ukuran membuat Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Lihat juga:  Pilih Mana: Steam atau Sauna?

Nah, tahukah Anda jika oatmeal juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri loh. Untuk mengetahuinya lebih lanjut Anda dapat simak pembahasan lengkapnya di bawah ini:

Baca artikel lainnya 7 Merk Sereal Sehat Terbaik 2020

Granola vs Oatmeal

Kelebihan Oatmeal

Berikut ini Kelebihan Oatmeal:

  • Menjaga Berat Badan
    Oatmeal sangat bagus untuk diet karena kaya akan serat larut, jadi orang akan cenderung merasa kenyang lebih cepat setelah memakannya dari mengonsumsi makanan lain. Merasa kenyang dapat membantu mengontrol porsi makan dan mencapai tujuan penurunan berat badan. Beberapa peneliti mengatakan bahwa sarapan dengan Oatmeal membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan selama 4 jam ke depan.
  • Mengandung kaya nutrisi
    Kelebihan lain dari Oatmeal yaitu kaya akan kandungan nutrisi. Oatmeal juga bisa mencukupi vitamin dan mineral dalam tubuh. Oatmeal merupakan makanan kaya nutrisi yang memiliki banyak vitamin dan mineral namun rendah kalori. Konsumsi makanan rendah kalori yang kaya nutrisi bisa memberi seseorang nutrisi yang dibutuhkan tubuh
  • Harga yang terjangkau
    Jika bicara soal harga maka produk oatmeal ini menawarkan berbagai variasi harga yang sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang pas dikantong.

Kekurangan Oatmeal

Berikut ini Kekurangan Oatmeal:

  • Gangguan pencernaan
    Kekurangan yang ada pada oatmeal yaitu adanya gangguan pencernaan. Seringkali hal ini yang justru dikhawatirkan banyak orang ketika ingin mengkonsumsi Oatmeal. Oatmeal sendiri mengandung asam phytic. Zat ini membuat nutrisi penting tidak dapat diserap oleh usus.
    Ini sebagian besar berlaku untuk kalsium, magnesium, seng dan besi, namun nutrisi lain juga dapat dipengaruhi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, ada baiknya mengkonsumsi oatmeal pada batasan tertentu ya.
  • Sensitif akan gluten
    Untuk Anda yang sensitif akan gluten dan rentan iritasi maka Anda bisa mengurangi konsumsi oatmeal dalam waktu yang lama. Karena meskipun oatmeal tidak mengandung gluten, namun kondisi lingkungan tumbuh di ladang yang memiliki biji-bijian seperti gandum dan barley atau di dekat ladang gandum dan barley, bisa mencemari oat dengan gluten. Hal ini dapat menimbulkan gejala ringan.
  • Pemicu alergi
    Avenin dan asam fitat dalam oatmeal dapat menyebabkan reaksi alergi pada seseorang yang sensitif. Tapi untuk menghilangkan senyawa itu, Anda bisa merendam oatmeal ke dalam mangkuk. Caranya rendam oat dengan waktu minimal selama 12 jam dengan ditambahkan sari cuka apel.
Keterangan Granola Oatmeal
TerbuatOat, Kacang-kacangan, Biji-bijian, dan Buah-buahan Kering.Biji Gandum
Kisaran HargaMulai 30 ribuanMulai 25 ribuan

Pilih mana: Granola vs Oatmeal?

Keterangan Granola Oatmeal
Kelebihan-Memiliki tekstur dan rasa yang pas -Sangat mudah dikonsumsi -Memiliki kandungan protein yang tinggi-Menjaga Berat Badan -Mengandung kaya nutrisi -Harga yang terjangkau
Kekurangan -Kemasan kurang menarik -Jarang tersedia -Mengandung kalori yang cukup tinggi-Gangguan pencernaan -Sensitif akan gluten -Pemicu alergi

Kesimpulan

Nah dari pembahasan di atas mengenai Granola dan Oatmeal maka dapat disimpulkan bahwa keduanya sama-sama makanan yang mengandung gizi dan manfaat yang baik untuk tubuh. Kedua makanan ini juga banyak menjadi andalan bagi beberapa orang yang ingin menjalankan pola hidup sehat dan diet karena sangat ampuh menurunkan berat badan. Tetapi tetap ingat untuk mengkonsumsinya secara wajar ya. Jangan berlebihan! Semoga Bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Granola vs Oatmeal

VS

Leave a Reply