Makanan dan MinumanParentingSusu Formula

Pilih Mana: Greenfield atau Frisian Flag?

Susu merupakan salah satu minuman dengan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Susu dapat dinikmati oleh berbagai usia. Dari usia sejak lahir hingga lansia, susu sudah menjadi bagian penting dalam hidup manusia. Sampai saat ini banyak merk susu yang beredar di pasaran seperti Greenfield  dan Frisian Flag.

Saat ini susu Greenfield  dan Frisian Flag menjadi pesaing untuk menghadirkan produk susu terbaik bagi masyarakat Indoesia. Dalam artikel kali ini akan kita bahas kedua produk susu tersebut dan dapat kita lihat kelebihan dan kekurangan yang ada pada keduanya. Stay tune ya!

Greenfield

Greenfields merupakan perusahaan susu yang berbasis di Malang , Indonesia dan perusahaan susu terbesar di Asia Tenggara . Greenfields memiliki 2 peternakan dan sebuah pabrik di lereng Gunung Kawi di Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar . Perusahaan ini didirikan pada 14 Maret 1997. Greenfields adalah merek susu populer di Indonesia, Singapura , Malaysia , Hong Kong , Brunei , dan Filipina.

 PT Greenfields Indonesia memproduksi susu pasteurisasi dan susu UHTdalam beberapa jenis, rasa dan ukuran kemasan.

Hingga saat ini Greenfields telah menjadi produsen susu favorit banyak kalangan. Bahkan banyak gerai coffee shop memilih hanya Susu Fresh Milk Greenfields karena mampu menampilkan karakteristik foaming yang paling baik untuk minuman coffee latte dan cappuccino. Baca juga Pilih Mana: Dancow atau Frisian Flag?

Kelebihan Greenfield

  • Susu berkualitas tinggi
    Pengolahan susu UHT Greenfields menggunakan teknologi terkini dalam mendapatkan susu berkualitas tinggi. Fasilitasnya pun terintegrasi, artinya adalah peternakan sapi perah dan pengolahan susu Greenfields berada dalam satu naungan manajemen sehingga kualitas produk lebih terjamin hingga tiba di tangan konsumen.
  • Susu sangat steril 
    susu UHT Greenfields dibuat melalui proses sterilisasi susu dengan sistem UHT (Ultra High Temperature). Susu dipanaskan pada suhu tinggi dalam waktu beberapa detik saja kemudian di kemas di kemasan aseptic untuk memastikan susu steril dan dapat bertahan hingga 9 bulan ke depan.
  • Tidak mengandung bahan pengawet
    Proses pengolah susu UHT ini menjadikan susu Greenfields ini dipastikan tidak mengandung bahan pengawet. Namun demikian semua zat gizi termasuk vitamin dan mineral bersifat alami yang terdapat pada susu dapat terjaga dengan baik.

Kekurangan Greenfield

  • Harga yang mahal
    Greenfield merupakan produk susu sapi yang memiliki kualitas yang tinggi dan telah melewati produksi yang sangat steril demi menjaga kualitas dan nutrisi yang ada. Karenanya, harga yang di bandrol oleh susu ini terbilang cukup mahal di bandingkan dengan susu Frisian Flag.
  • Tidak cocok untuk anak yang mempunyai alergi susu sapi
    Susu Greenfild ini terbuat dari susu sapi pilihan, Jika buah hati mempunyai alergi susu sapi ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi produk susu Greenfield ini.
  • Penyimpanan harus sesuai dengan suhu ruang
    Dengan penyimpanan dengan pemanasan yang tinggi membuat zat gizi yang ada pada susu sedikit berkurang.
Produk GreenfieldKeterangan
Fresh MilkTerdapat semua kandungan dan manfaat alami dari susu segar dengan rasa enak untuk dikonsumsi oleh seluruh keluarga.
Susu UHTMemberikan kenyamanan untuk menikmati kebaikan dan kesegaran susu segar dan hadir dengan masa expired yang lama.
Paket Kecil UHTmengandung semua nutrisi yang terdapat pada susu UHT, tedapat dalam kemasan kecil 250ml, 200ml, 125ml.
Yogurt Mengandung kultur probiotik dan serat prebiotik untuk membantu pencernaan, menjadikannya camilan yang lebih sehat dan enak setiap saat sepanjang hari.. Memiliki tekstur yang halus dan lembut dengan potongan buah di dalamnya.
Whipping creamRasanya yang ringan dengan tekstur yang lembut. Sangat cocok untuk topping pencuci mulut atau pelengkap untuk buah-buah irisan.

Frisian Flag

PT Frisian Flag Indonesia (FFI) adalah produsen produk-produk nutrisi berbasis susu untuk anak-anak di Indonesia. Frisian Flag telah menjadi bagian dari pertumbuhan keluarga Indonesia selama lebih dari 95 tahun. Selama itu pula, Frisian Flag selalu memberikan komitmennya untuk terus berkontribusi membantu anak-anak Indonesia meraih potensinya yang tertinggi, melalui produk-produk bernutrisi tepat.

Susu ini terkenal dengan merek Frisian Flag, yang juga dikenal sebagai Susu Bendera.

Dalam memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berbahan susu, PT Frisian Flag Indonesia tidak hanya mengikuti standar nasional dan internasional.

Kelebihan Frisian Flag

  • Sumber lemak dan energi
    Selain karbohidrat, anak juga memerlukan lemak sebagai sumber energi. Lemak diperlukan untuk perkembangan otak serta penyerapan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K. Untuk mendapatkan lemak dari susu sapi, anak sebaiknya mengonsumsi susu Frisian Flag ini.
  • Banyak varian
    Susu Frisian Flag ini memiliki banyak jenis susu yang sudah diproduksi mulai dari susu kental manis yang biasanya banyak digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan, susu cair yang siap dikonsumsi dengan kemasan kotak dan botol, hingga susu untuk balita guna mencukupi kebutuhan gizi pada tubuh anak.
  • Dapat menjadi pendamping makan 
    Susu kental Manis Frisian Flag dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan maupun minuman dan sebagai pelengkap sajian. Kombinasi susu Frisian flag dengan bahan makanan maupun minuman, dapat menghasilkan menu makanan dan minuman yang sehat dan pastinya menabah kelezatan cita rasa pada makanan dan minuman.

Kekurangan Frisian Flag

  • Tidak dapat dikonsumsi sebagai pendamping ASI
    Kandungan nutrisi pada susu kental manis Frisian Flag yang tidak setara dengan kandungan nutrisi yang ada pada susu ASI. Banyaknya kandungan gula dan juga lemak, menjadikan susu ini tidak begitu direkomendasikan bagi balita.
  • Kandungan gula yang banyak
    Berdasarkan penelitian yang ada, susu Frisian flag terbukti memiliki kandungan gula yang begitu tinggi dibandingkan kandungan nutrisi lainnya. Kandungan gula yang tinggi, tentunya sangat berdampak pada tubuh, karena dapat menyebabkan obesitas pada anak karena mengonsumsi gula yang berlebihan.
  • Banyak mengandung lemak
    Jenis susu kental Manis Frisian Flag memiliki kandungan lemak yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan produk susu lainnya. Kandungan lemak yang tinggi dapat menyebabkan kegemukan bagi anak yang mengkonsumsi susu ini.
Produk Frisian FlagKeterangan
Susu Kental ManisDiperuntukkan sebagai pelengkap sajian, dikombinasikan dengan bahan makanan lain (seperti buah-buahan segar) menjadi minuman sehat atau menambah kelezatan cita rasa makanan dan minuman.
Susu Siap Minum (UHT)Frisian Flag Indonesia menyediakan susu siap minum bergizi dengan kemasan kotak dan botol yang praktis, higienis
Susu Bubuk KeluargaSusu Bubuk Keluarga dari Frisian Flag menghasilkan susu dengan cita rasa yang lezat dan bergizi.
Susu Ibu & BalitaFrisian Flag Indonesia percaya bahwa Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi
Lihat juga:  Pilih Mana: Enfagrow atau Friso?

Kandungan Nutrisi yang ada pada Susu UHT

1. Natrium
Kandungan nutrium yang terdapat pada susu UHT dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan asupan Natrium dari susu UHT seperti Greenfield dan Frisian Flag ini membuat bercak-bercak putih di kuku jadi menghilang, tidak mudah lelah. Selain itu natrium mempunyai peran untuk menjaga fungsi dan kerja otot jantung, serta mencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti gangguan saraf.

2. Protein
Susu segar UHT Greenfield dan Frisian Flag memiliki protein yang baik, protein ini mengandung semua asam amino yang penting untuk tubuh. Protein sangat dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh, kesehatan rambut dan kuku, dan membantu perkembangan dan kekuatan otot.

3. Kalium/Potassium
Kandungan kalium ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung, otak, ginjal, jaringan otot, dan organ-organ penting lainnya dari tubuh kita agar selalu dalam kondisi yang prima. Kalium sebagai peran penting dalam menjaga kerja otak dalam keadaan normal. Ini sangat penting dalam mencegah terjadinya stroke pada otak manusia.

4. Vitamin A
Vitamin A merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, aktivitas antioksidan juga terkait erat dengan pencegahan proses penuaan, terutama pada sel kulit. Vitamin A penting untuk kesehatan kulit, mata, tulang dan reproduksi. Susu full cream Greenfields dan Frisian flag mempunyai kandungan vitamin A cukup untuk kebutuhan tubuh.

5. Vitamin B1, B2, B3, B6, B 12
Kandungan Vitamin B1 juga sangat berguna untuk mengatasi rasa lelah dan stress. Vitamin B2 atau juga biasa disebut riboflavin, membantu melepaskan energi dari makanan sehingga dapat digunakan oleh tubuh. Vitamin B3 atau juga disebut niacin merupakan vitamin penting untuk kulit, syaraf dan system pencernaan. Vitamin B3 juga membantu melepaskan energi dari makanan.

Susu mengandung trytophan, yaitu asam amino yang berguna untuk tubuh dalam menghasilkan vitamin B3. Vitamin B6 dapat membantu produksi protein dalam tubuh. Protein sangat penting untuk pertumbuhan berbagai organ tubuh.

Olahraga rutin dan asupan protein yang baik dapat membentuk otot yang sehat dan kuat. Vitamin B12 dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan formasi darah dan syaraf yang baik. Susu merupakan sumber vitamin B12 yang baik.

6. Kalsium
Kalsium ternyata sangat baik untuk mengatasi gejala-gejala PMS yang dapat mengganggu aktivitas kita. Ketika wanita tidak mendapatkan asupan kalsium dari produk susu dan vitamin D, maka hormon yang berhubungan dengan kalsium di tubuh dapat bereaksi negatif menghadapi estrogen dan progesteron.

Kalsium juga dapat mengatasi kering dan pecah-pecah pada kulit kaki dan tangan. Kalsium merupakan mineral penting untuk pertumbuhan dan mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga berguna untuk fungsi syaraf, hati dan otot.

7. Zat Besi
Kandungan Zat besi pada susu Greenfield dan Frisian Flag ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh, Zat Besi juga berguna dalam mengobati insomnia (susah tidur) pada tubuh manusia dan juga sangat meningkatkan kesehatan tidur dalam kehidupan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, zat besi dapat membangun konsentrasi untuk melaksanakan kegiatan maupun pekerjaan lebih efisien.

8. Fosfor
Susu Greenfield dan Frisian Flag kaya akan fosfor yang penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang, terutama pada masa pertumbuhan. Fosfor penting untuk otot-otot.

Fosfor berfungsi untuk memelihara keseimbangan asam basa yang normal di dalam tubuh dan sangat penting bagi pembentukan gigi yang sehat dan tulang yang kuat.

Pilih Mana: Greenfield atau Frisian Flag?

Greenfield Ultra Milk
Kelebihan- Susu berkualitas tinggi - Susu sangat steril  - Tidak mengandung bahan pengawet - Sumber lemak dan energi - Banyak varian - Dapat menjadi pendamping makan 
Kekurangan- Harga yang mahal - Tidak cocok untuk anak yang mempunyai alergi susu sapi - Penyimpanan harus sesuai dengan suhu ruang - Tidak dapat dikonsumsi sebagai pendamping ASI - Kandungan gula yang banyak - Banyak mengandung lemak

Kesimpulan

Greenfield dan Frisian Flag merupakan susu yang kualitas dan rasanya tidak perlu diragukan lagi dan juga keduanya sudah mendapatkan penggemarnya masing-maasing. Seperti yang sudah kita bahas pada artikel di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa kedua susu Greenfield dan Frisian Flag  ini mempunyai keunggulannya masing-masing. Seperti Frisian Flag yang banyak di gemari anak-anak dan harga yang di tawarkan pun cukup murah. Tetapi, Greenfield juga tidak kalah menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia terutam produk seperti Fresh Milk dan Whipping cream nya yang menjadi konsumsi andalan bagi keluarga.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Greenfield atau Frisian Flag

VS