KecantikanKesehatanLayanan

Pilih Mana: Guardian atau Century?

Guardian dan Century adalah kedua toko ritel atau drugstore yang menjual berbagai perlengkapan kebutuhan kamu seperti kesehatan, kosmetik hingga perlengkapan ibu dan anak. Tetapi jika dibandingkan keduanya yang mana menjadi pilihan untuk kamu? Pada artikel kali ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga kamu bisa mengetahuinya lebih baik. Langsung saja guys baca penjelasannya di bawah ini.

Guardian

Guardian merupakan jaringan toko ritel yang menawarkan produk-produk kesehatan dan kecantikan terbaik untuk kamu. Guardian didirikan pertama kali di Singapura pada tahun 1972. Setelah lebih dari 40 tahun berjalan, Guardian telah memiliki ribuan cabang di luar Singapura, termasuk Indonesia. Baca juga Pilih Mana : Watsons atau Guardian?

Di Indonesia, jaringan toko ritel yang satu ini berdiri di bawah naungan Hero Group yang telah lama berkembang dan dikenal masyarakat. Guardian Indonesia berkomitmen untuk menjadi toko ritel kesehatan dan kecantikan nomor satu di Indonesia. Misinya adalah untuk memberikan produk perawatan kesehatan dan kecantikan terbaik.

Toko ritel ini menjual produk lain yang disesuaikan dengan beberapa kategori misalnya Health Care, Beauty Care, Personal Care, dan Mother and Baby, Cosmetic, Skin Care, dan Body Care. Semua produk yang dijual telah teruji klinis dan berkualitas tinggi.

Kelebihan Guardian

  • Harga produk murah
    Dibandingkan dengan pesaingnya seperti Century, Guardian memiliki harga produk yang lebih murah. Selain murah, Guardian memiliki promo paling terkenal yaitu “+1000 get two”. Promo ini hanya ditawarkan oleh Guardian, dimana jika kamu membeli 1 produk, kamu bisa mendapatkan 2 produk sekaligus hanya dengan menambah Rp. 1.000 dari harga produk tersebut.
  • Koleksi produk lengkap
    Guardian diklaim memiliki berbagai koleksi produk kesehatan dan kecantikan yang sangat lengkap mulai dari merek hingga variasi merek tersebut. Produk yang ditawarkan Guardian bukan hanya produk yang berada di pasaran, tetapi juga produk eksklusif yang unik dan tidak dimiliki oleh pesaing lain serta produk tersebut merupakan produk impor yang kualitasnya sangat terjamin.
  • Pelayanan yang baik
    Guardian memiliki pelayanan yang patut diacungi jempol. Guardian memiliki karyawan yang teredukasi dan sangat mengenal produk-produk yang dijual sehingga karyawan tidak hanya dapat melayani konsumen tetapi juga dapat menjelaskan serta memberikan konsultasi terkait penggunaan suatu produk.

Kekurangan Guardian

  • Belum tersedia dalam mobile aplikasi
    Sayangnya, Guardian belum tersedia dalam mobile aplikasi. Guardian hanya menyediakan e-commerce via website yang dinilai kurang praktis dibandingkan mobile aplikasi.
  • Tidak ada member card
    Saat ini Guardian belum memiliki member card, sementara ini Group corporate ini menyediakan kartu Permata Hero Card yang bekerjasama dengan Bank Permata dengan banyak benefit khusus untuk customer.
  • Sulit ditemukan
    Guardian memang cukup sulit untuk ditemukan, karena pada dasarnya Guardian berada di mall-mall besar di kota kamu.

Century

Century sebenarnya lebih dikenal dengan penjualan obat-obatan atau Century lebih dikenal dengan apotek untuk mencari apa yang kamu butuhkan, tetapi juga banyak yang menyebutkan bahwa Century juga adalah drugstore yang banyak menjual makeup dan perlengkapan lainnya seperti kecantikan, kesehatan, perlengkapan mother and baby.

Tetapi memang produk yang ditawarkan oleh Century tidak begitu lengkap seperti dibandingkan dengan pesaingnya Guardian. Hal ini sudah banyak dibuktikan oleh banyak orang, maka dengan begitu banyak orang yang lebih memilih ke Guardian dibandingkan dengan Century. Tetapi untuk soal tokonya, Century lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan Guardian.

Kelebihan Century

  • Mudah ditemukan
    Sebelumnya Century ini hanya ada di mall-mall. Kalau sekarang sudah agak banyak outletnya di luar mall. Mungkin karena memang sasaran pelanggannya adalah yang sering datang ke mall.
  • Adanya mobile aplikasi
    Kelebihan dari Century juga adanya mobile aplikasi memudahkan kamu untuk mengecek barang yang ingin kamu beli nih guys, dan juga banyak diskon yang ditawarkan oleh Century ketika kamu belanja dengan mobile aplikasi seperti minimal belanjaan Rp. 50.000 diskon hingga 15% wah, keren sekali ya guys. Oh iya, Century Mobileapp ini hanya bisa di unduh melalui koneksi wifi-nya apotek Century dan baru available di wilayah Jabodetabek.
  • Obat-obatan yang lengkap
    Century memang dikenal sebagai apotek yang memang identik dengan menjual obat-obatan yang kamu butuhkan ketika kamu sedang dalam kondisi yang kurang sehat. Berbagai obatan seperti untuk demam, atau obat oles untuk luka luar guys pokoknya lengkap sekali jika kamu ingin mencari obat yang lengkap Century bisa sekali menjadi pilihan kamu.
Lihat juga:  Pilih Mana: Allianz atau Prudential?

Kekurangan Century

  • Produk tidak terlalu lengkap
    Century memang dikenal dengan tempat menjual obat-obatan yang bisa memenuhi kebutuhan untuk kamu, tetapi sayangnya untuk produk seperti kosmetik Century tidak begitu lengkap guys seperti halnya Guardian, padahal Century juga mengklaim bahwa toko atau drugstore memenuhi keperluan make-up perempuan.
  • Harga produk termasuk mahal
    Walaupun kelebihan yang diusung oleh Century adalah memiliki produk obat-obatan dengan lengkap yang bisa memenuhi kebutuhan kamu, tetapi untuk harganya obat-obatan yang dijual di Century cukup mahal dibandingkan dengan kamu membeli di apotek biasa. Untuk harga make-upnya juga terbilang mahal.
  • Tidak begitu menjadi pilihan
    Tidak begitu menjadi pilihan maksudnya adalah bahwa jika dibandingkan dengan pesaingnya Guardian, Century tidak begitu menjadi pilihan untuk orang mencari beberapa keperluan mereka, sebagian besar orang akan lebih memilih Guardian untuk membeli seperti perlengkapan make-up karena Guardian terkenal dengan menjual berbagai jenis make-up selain itu juga Guardian menjual berbagai obat-obatan jadi mungkin orang akan lebih sekalian pergi ke Guardian saja.

Produk Guardian vs Century

1. Perlengkapan Kesehatan
Perlengkapan kesehatan yang ada di Guardian dan di Century memang sudah cukup lengkap, berbagai obatan yang bisa kamu dapatkan sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Tetapi memang untuk obat-obatan sepertinya Century jauh lebih lengkap jika dibandingkan dengan Guardian.

2. Perlengkapan Kosmetik
Untuk perlengkapan kosmetik tidak perlu kamu ragukan lagi bahwa di Guardian jauh lebih lengkap dan jauh lebih unggul dibandingkan dengan di Century.

Meski Century juga mengklaim bahwa memiliki kebutuhan kosmetik yang bisa kamu dapatkan, tetapi hingga saat ini banyak perempuan lebih memilih untuk ke Guardian untuk membeli perlengkapan kosmetik mereka, dan banyaknya diskon yang ditawarkan Guardian lho guys, menarik sekali ya.

3. Perlengkapan Personal
Untuk perlengkapan personal juga akan lebih unggul di Guardian nih guys, banyak sekali berbagai merek perlengkapan personal di Guardian yang bisa kamu dapatkan seperti shampo, minyak wangi, deodoran, sabun mandi dan lain sebagainya. Pokoknya guys, untuk kamu ingin membeli perlengkapan personal kamu, Guardian pilihan yang sangat tepat untuk kamu dibandingkan dengan Century.

4. Perlengkapan Skin Care
Untuk perlengkapan skin care juga Guardian pemenangnya guys, karena memang Guardian toko atau drugstore yang memiliki banyak produk dengan lengkap jadi untuk skin care sekaligus dijual di Guardian dengan berbagai merek-merek terbaik, skin care seperti facial foam, pelembab wajah kamu, sampai ke lotion. Jadi dibandingkan dengan Century, Guardian jauh lebih lengkap.

5. Perlengkapan Ibu dan Anak
Untuk perlengkapan Ibu dan Anak baik Guardian dan Century sepertinya keduanya sama-sama cukup lengkap nih guys, seperti yang diketahui bahwa Century memang terkenal dengan produk kesehatannya dan sekaligus perlengkapan anak yang cukup lengkap begitu juga dengan Guardian yang memiliki produk ibu dan anak yang cukup lengkap. Jadi, keduanya ini tempat yang bisa menjadi pilihan untuk kamu jika kamu ingin membeli produk untuk ibu dan anak.

KeteranganGuardianCentury
BrandGuardian Century
Nama perusahaanPT Century Franchisindo Utama Hero Group dan dinaungi oleh Dairy Farm
Perlengkapan produk"Health Care" lebih lengkap produk kesehatan tetapi tetap ada perlengkapan kosmetik, perlengkapan ibu dan anak."Guardian Pharmacy Health dan Beauty" produk lebih lengkap baik untuk kesehtan maupun untuk kecantikan bahkan untuk perlengkapan ibu dan anak.

Pilih Mana: Guardian atau Century?

GuardianCentury
Kelebihan- Harga produk murah - Koleksi produk lengkap - Pelayanan yang baik - Mudah ditemukan - Adanya mobile aplikasi - Obat-obatan yang lengkap
Kekurangan- Belum tersedia dalam mobile aplikasi - Tidak ada member card - Sulit ditemukan - Produk tidak terlalu lengkap - Harga produk termasuk mahal - Tidak begitu menjadi pilihan

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Guardian dan Century memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi ketika kamu sudah membaca artikel di atas dengan baik bahwa Guardian memang memiliki berbagai produk  yang lebih unggul dibandingkan dengan Century berbagai produknya dijual lebih lengkap di Guardian dibandingkan di Century ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Guardian vs Century

VS

Leave a Reply