Home

Pilih Mana: Guci atau Kendi?

Pada dasarnya Guci dan Kendi adalah 2 hal yang berbeda, Guci adalah aksesoris untuk mempercantik suari ruangan, dan kendi diperuntukan sebagai wadah untuk minum. Tetapi tak sedikit juga kendi dijadikan sebagai aksesoris untuk mempercantik suatu ruangan. Kali ini saya akan membahas mengenai Guci dan Kendi. Disini aja ya.

Guci

Guci merupakan salah satu pernak-pernik yang bisa kamu pakai buat mengubah tatanan rumah yang sebelumnya nampak biasa jadi nampak lebih menarik. Terlebih apabila diletakkan di sudut ruang tamu yang kosong, tentunya keberadaan sebuah gucci bisa mencuri perhatian setiap orang yang melihatnya. Baca juga Pilih mana: Gelas atau Cawan?

Guci dapat kamu jadikan ornamen penghias ruang yang lumayan eksentrik serta bisa berikan sentuhan menawan. Maka dari itu, meletakkan guci tidak dapat dilakukan sembarangan.

Terdapat sebagian trik spesial yang mampu kamu jalani supaya tampilannya tidak cuma menarik, tetapi juga fungsional. Tentunya diperlukan kecermatan di kala kamu hendak memastikan di mana guci hendak diletakkan. Jangan sebab ruangannya luas, lalu kamu dapat dengan leluasa meletakkan guci di mana aja tanpa terdapat perencanaan yang matang.

Buat guci yang ukurannya lumayan besar, maka guci bagusnya diletakkan di lantai, berdiri berdampingan dengan meja konsol atau sisi kabinet. Berbeda dengan guci yang berukuran kecil, guci kecil dapat diperlakukan sama dengan aksesoris lain, semacam bingkai. Kamu mampu meletakkan guci berdampingan dengan bingkai yang terletak di atas meja konsol.

Tidak hanya itu, yang butuh kamu cermati pula adalah komposisi. Kamu dapat mendisplay guci dalam jumlah yang lebih dari satu. Tetapi, supaya tampilannya tidak mengganggu estetika ruangan, sebagian guci itu mesti diatur.

Triknya yakni dengan menyusunnya sesuai dengan ukuran ketinggian sang guci itu sendiri. Semisal guci yang berukuran besar diletakkan di bagian belakang serta yang rendah pada bagian depan supaya senantiasa nampak jelas ornamen dan corak dari guci tersebut.

Buat meletakkannya, guci enggak wajib terletak di pojok ruangan. Guci dapat diletakkan di tengah ruangan sampai-sampai sanggup jadi pemanis ruangan yang menarik.

Kamu bisa dapatkan guci kualitas yang baik di Ace Hardware, Informa, IKEA dan sebagainya.

 

Jenis-Jenis Guci

1. Bronze Sculpture
Patung-patung perunggu merupakan cara yang indah buat tampilan yang dicintai sebagai riasan yang luar biasa dan dapat jadi hiasan yang menarik dan mampu diletakan di meja kamar, ruang tamu, serta mampu pula diletakkan dalam rak novel dengan style seperti rusa, kura- kura, penyu, kerang serta elang.

2. Cloisonne
Dengan memakai wujud seni Tiongkok kuno, guci nampak simpel, unik serta meningkatkan sentuhan klasik elok buat tiap ruangan di mana itu hendak ditampilkan.
Guci ini terbuat oleh susunan tembaga, kuningan serta nuansa enamel blush biru, merah serta emas, pink, mutiara putih, serta hijau produktif. Dekorator interior dipakai cloisonne Earrings sepanjang bertahun-tahun supaya menambah corak serta bunga buat riasan rumah.

3. Pottery
Guci mampu meningkatkan sentuhan pedesaan buat tiap ruangan. Dibuat dari tanah liat alamiah, guci ini pula mampu meningkatkan rasa keabadian. Alangkah baiknya guci ini tidak terkena cahaya matahari langsung sebab cahaya matahari mampu menimbulkan kepudaran ataupun pergantian corak dari waktu ke waktu.

4. Ceramic Ginger Jar
Diidentifikasi dengan bentuknya yang bundar, mulut yang kecil serta kubah yang tertutup, guci ini merupakan salah satu yang dapat mempercantik dekorasi ruangan.

5. Traditional vase style
Guci tipe ini dibuat dari logam, marmer ataupun keramik yang juga mempunyai gambar bunga di atasnya dan juga terdapat corak pelangi nya.

Cara Merawat Guci

1. Antisipasi corak pudar
Dikala mensterilkan permukaan keramik jangan memakai produk pembersih yang sangat keras.

2. Pakai pembersih
Dikala mensterilkan permukaan guci keramik wajib bersihkan memakai lap basah ataupun spons yang lembut.

3. Jangan ada noda di guci kamu
Sebisa mungkin jangan terdapat bercak cairan yang tumpah ke atas keramik karena perihal ini bisa menimbulkan pergantian corak pada permukaan guci.

4. Jauhi guci dari ruangan lembab
Antisipasi jamur dengan sistem menempatkan guci keramik jauh dari ruangan yang lembab karena hawa lembab pemicu jamur berkembang di keramik. Bila terlanjur berjamur kamu bisa pakai pembasmi jamur sesuai dengan petunjuk penggunaan. Kamu bisa dapatkan pembasmi jamur di toko kimia.

Kendi

Kendi adalah suatu perabotan yang dibuat dari tanah liat dengan bentuk menggelembung semacam balon serta memiliki ukuran yang variatif, dimulai dari diameter 10 centimeter sampai 35 centimeter.

Dalam perabotan tanah liat yang sangat umum dipakai, kendi ada 2 tipe. Yakni kendi masak serta kendi air.

Jenis-Jenis Kendi

1. Kendi Masak
Kendi masak adalah kendi yang bermanfaat buat memasak, atau sebagai wadah masakan serta dapat difungsikan buat merebus jamu herbal. Dalam Bahasa Jawa, kendi ini diucap kendil, yakni perabot yang berupa gelembung dengan bagian atas berlubang agak lebar (diameter lubang serta perut kendil cuma selisih sedikit).

Tidak hanya untuk memasak serta merebus jamu, kendil pula kerap dipakai sebagai wadah ari-ari balita yang baru lahir. Dalam keyakinan warga Jawa, ari-ari dari balita yang baru lahir hendaknya diwadahi kendi setelah itu digantung di langit-langit sudut luar rumah ataupun dikubur di tanah dekat rumah.

2. Kendi Air
Kendi air adalah perabot yang berperan buat menampung air minum. Bentuk dari kendi air yakni menggelembung di tengah dengan memiliki leher / tangkai sebagai jalur pengisian air, serta lubang corot ataupun mulut kendi sebagai tempat keluarnya air supaya dapat dituangkan ke gelas ataupun langsung ke mulut untuk meminumnya. Ukuran dari kendi air sendiri amat variatif.

Di Indonesia, banyak sekali istilah buat kendi air minum tersebut. Semisal, di Banyumas serta sekitarnya, orang menyebut kendi air minum dengan sebutan gogok, di Lampung diucap dengan sebutan hibu, di Aceh diucap dengan sebutan geupet bahlaboh, di Bali orang menyebutnya dengan kundi atau caratan, dan masih banyak lagi sebutan- sebutan kendi di bermacam penjuru negara kita ini.

Orang-orang yang saat ini berumur 50 tahun ke atas, terlebih mereka yang dahulu sempat tinggal di desa, banyak sekali yang merindukan kesegaran air kendi. Sayangnya, kendi air minum saat ini susah dicari, terlebih di kota- kota besar, bisa jadi 1 banding 1000 yang menjualnya. Tetapi, apabila kota besarnya seperti Yogyakarta, masih amat gampang buat mencari serta membeli kendi air minum.

Tiap orang pasti memakai kendi buat keperluan yang berbeda-beda. Ada yang memakai kendi buat diisi air putih biasa, dan ada pula yang diisi dengan minuman lain. Apapun tipe minuman ataupun santapan yang ditaruh di dalam kendi, kamu wajib melakukan perawatan supaya kendi senantiasa bersih serta higienis.

Cara Merawat Kendi

1.Sehabis digunakan, cucilah bersih kendi ataupun perlengkapan gerabah dengan sabun pencuci piring hingga bersih. Yakinkan tidak terdapat sisa minyak ataupun minuman yang masih melekat.

2. Bilas kendi dengan air hangat dengan temperatur mendekati 70 derajat celcius buat membersihkan bagian dalam kendi serta mensterilkan sisa makanan ataupun minuman yang melekat pada pori-porinya.

3. Jemur kendi serta perlengkapan gerabah yang baru dicuci di bawah cahaya matahari supaya air yang terletak di dalam pori-pori perlengkapan gerabah ini mengering.

Pilih Mana: Guci atau Kendi?

GuciKendi
Kelebihan - Motifnya yang sangat beragam - Membuat ruangan semakin indah - Memiliki nilai artistik yang tinggi- Harganya murah - Bisa dijadikan wadah minum dan aksesoris - Ringan
Kekurangan- Harganya mahal - Berat - Mudah pecah - Tidak memiliki banyak motif / corak

Kesimpulan

Guci dan kendi merupakan aksesoris untuk mempercantik suatu ruangan, guci terkesan lebih modern sedangkan kendi terkesan lebih artistik dan tentunya sedikit memberikan nuansa pedesaan. Tidak hanya sebagai aksesoris, kendi juga bisa dijadikan untuk wadah minum dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Guci vs Kendi

VS

Leave a Reply