Kecantikan

Pilih Mana: Hair Clip atau Wig?

Salah satu bagian yang paling terpenting baik bagi laki-laki maupun perempuan adalah rambut. Sebagian besar orang menyukai rambut yang sehat, tebal, dan kuat. Namun, beberapa masalah kadang menyebabkan munculnya masalah pada rambut seperti kerontokan, rambut rusak hingga kebotakan. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat menggunakan dua hal, pertama hair clip dan yang kedua wig. Jika Anda mengalami masalah rambut, manakah yang akan Anda gunakan? Hair clip atau wig?

Hair clip biasanya dipakai oleh perempuan yang memiliki masalah ataupun hanya ingin mendukung penampilan saja agar terlihat lebih baik. Sedangkan wig tidak hanya digunakan oleh perempuan saja, tapi laki-laki juga kerap menggunakan wig jika memang sedang membutuhkan. Baca juga Pilih Mana: Toner atau Essence?

Hair Clip

Hair clip merupakan rambut tambahan yang dipakai dengan cara disambungkan atau dijepit pada rambut asli penggunanya. Penggunaan hair clip ini tidak mengubah ataupun menutupi rambut asli pengguna. Melainkan hanya menambahkan saja, dan dapat dipasang dari bagian tengah ataupun bawah rambut.

Kelebihan Hair Clip

Berikut beberapa kelebihan hair clip yang perlu Anda ketahui:

  • Memberi Efek Tebal untuk Pemilik Rambut Tipis

Selain memberi model rambut baru (terutama kalau Anda salah potong rambut), memasang hair clip bisa membantu Anda mengakali rambut yang tipis dan cenderung lepek. Tak hanya menjadikan rambut lebih panjang, hair clip juga mampu memberi volume di bagian tengah dan bawah. Hasilnya pun akan terlihat natural.

  • Tidak Butuh Perawatan Mahal

Jika Anda menggunakan produk yang memiliki kualitas bagus dan juga terjamin, hair clip akan bertahan selama berbulan-bulan dan tidak akan merusak rambut asli. Anda juga tak harus bolak-balik ke salon untuk melakukan perawatan khusus. Untuk perawatan rumah, Anda hanya butuh sampo dan sisir khusus.

  • Tidak Membebani Rambut Setiap Hari

Bedakan rambut tipis dan rambut rapuh, karena rambut yang tipis tidak selalu rapuh. Jika rambut Anda punya kecenderungan rontok dan ujungnya sering pecah-pecah, bisa saja rambut Anda kurang nutrisi. Memasang hair clip dapat membuat rambut tidak terlalu terbebani setiap hari. Anda dapat melepaskannya ketika sudah dipakai.

  • Memperbaiki Penampilan

Hair clip menawarkan hasil berupa penampilan yang lebih baik sehingga rasa percaya diri bagi pengguna hair clip juga akan meningkat tanpa harus meninggalkan rambut asli.

Kekurangan Hair Clip

Berikut beberapa kekurangan hair clip yang perlu Anda ketahui:

  • Sambungan Akan Terlihat Saat Mengikat Rambut

Beberapa sambungan biasanya dimulai dari tengah kepala hingga ke bagian bawah untuk menyembunyikannya dari pandangan mata. Nah, itu kalau rambut Anda sedang tergerai. Bagaimana jika Anda ingin menata rambut ke atas dengan ponytail atau cepol. Sambungan rambut bisa terlihat dan hal tersebut menjadi sesuatu yang tidak sedap dipandang mata.

  • Terkadang Rambut yang Digunakan Tidak Berkualitas

Saat menggunakan hair clip terkadang seseorang lebih mengutamakan gengsi dan terkadang memilih harga yang relatif murah. Harga yang relatif murah tersebut bisa saja merupakan tanda bahwa rambut yang digunakan untuk hair clip tidak berkualitas, seperti rambut kusam dan kasar.

  • Penyebab Kerusakan pada Rambut

Kerusakan juga bisa terjadi jika Anda menggunakan hair clip untuk extention rambut Anda. Berat rambut dari hair clip akan menyebabkan beban tambahan pada rambut asli, sehingga kemungkinan besar rambut asli akan mengalami kerontokan karena beban yang ditanggung akibat hair clip yang digunakan.

Kelebihan Hair ClipKekurangan Hair Clip
- Memberi efek tebal untuk pemilik rambut tipis - Sambungan akan terlihat saat mengikat rambut
- Tidak butuh perawatan mahal- Terkadang rambut yang digunakan tidak berkualitas
- Tidak membebani rambut setiap hari- Penyebab kerusakan pada rambut

Wig

Wig atau rambut palsu merupakan rambut yang terbuat dari bahan tertentu dan memiliki bentuk bermacam-macam yang dapat dipakai di kepala dan menutup rambut asli pada kepala. Penggunaan wig ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki masalah serius pada rambut ataupun kepala mereka.

Lihat juga:  Pilih Mana: Urang Aring atau Lidah Buaya?

Kelebihan Wig

Berikut beberapa kelebihan wig yang perlu Anda ketahui:

  • Mengatasi Masalah Kebotakan

Memakai rambut palsu akan menjadi solusi yang tepat bagi seseorang yang mengalami kebotakan yang sudah parah. Bagi kaum adam, 95 persen di antara penyebab kebotakan terkait dengan faktor keturunan. Hal ini biasanya menimpa mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Selain penyebab tersebut, ada pula kondisi kerontokan rambut yang disebut alopecia areata. Kondisi ini ditandai dengan ciri-ciri kehilangan rambut di bagian tubuh lainnya selain kehilangan rambut di kepala berupa area seperti lingkaran-lingkaran. Dugaan sementara menyebutkan bahwa penyebab gangguan ini adalah karena adanya autoimun dan bisa menimpa para lelaki maupun perempuan.

  • Membantu Kemoterapi

Seseorang dapat kehilangan rambut untuk sementara waktu ketika seseorang tersebut menjalani pengobatan kanker alias kemoterapi. Obat kemoterapi ditujukan untuk membunuh sel-sel kanker namun sayangnya dapat menyerang sel-sel sehat termasuk akar rambut. Dikutip dari Kompas.com penyebab utama kerontokan pada penderita kanker adalah penggunaan obat sitostatik. Salah satu solusinya adalah memakai rambut palsu atau dapat juga menggunakan penutup kepala. Saat menjalani kemoterapi kulit kepala kemungkinan akan lebih sensitif. Dengan demikian, jika kepala tidak ditutup, akan dapat dengan mudah iritasi oleh karena sinar matahari ataupun suhu dingin.

  • Dapat Mengubah Gaya Rambut dengan Cepat

Kelebihan lainnya yang dimiliki rambut palsu atau wig adalah Anda dapat mengubah gaya rambut dengan sangat cepat. Anda dapat memilih gaya rambut apapun yang Anda inginkan hanya dalam hitungan jam bahkan menit saja. Tentunya hal ini sangat praktis dan cepat.

Kekurangan Wig

Berikut beberapa kekurangan wig yang perlu Anda ketahui:

  • Perawatan yang Lebih Sulit

Salah satu kekurangan wig dibandingkan dengan hair clip adalah perawatan wig atau rambut palsu lebih sulit daripada perawatan hair clip. Anda juga perlu mencuci dan merawat wig dengan baik, karena memiliki ketebalan yang hampir sama dengan rambut asli kita.

  • Harga Relatif Lebih Mahal

Selain memiliki perawatan yang lebih sulit, harga wig atau rambut palsu juga relatif lebih mahal daripada clip on. Wig tersedia dalam bentuk bahan sintetis dan rambut asli manusia. Wig yang terbuat dari rambut asli manusia lebih mahal daripada wig berbahan sintetis dan hair clip.

  • Terlihat Kurang Natural

Penggunaan wig juga terlihat kurang natural karena 100% palsu. Namun, wig masih bisa terlihat lebih natural jika menggunakan wig dengan bahan rambut asli manusia. Jika wig yang digunakan adalah dari bahan sintetis maka akan terlihat sangat tidak natural.

Kelebihan WigKekurangan Wig
- Mengatasi masalah kebotakan - Perawatan yang lebih sulit
- Membantu kemoterapi - Harga relatif lebih mahal
- Dapat mengubah gaya rambut dengan cepat - Terlihat kurang natural

Pilih Mana: Hair Clip atau Wig

Di atas telah dijelaskan kelebihan dan kekurangan hair clip dan wig serta perbedaannya. Perbedaan antara kedua hal tersebut telah kami rangkum pada tabel berikut:

Hair ClipWig
- Dapat membantu menutupi rambut yang tipis - Dapat membantu menutupi kebotakan
- Tidak menutupi semua bagian kepala - Menutupi semua bagian kepala
- Memiliki perawatan yang lebih mudah- Memiliki perawatan yang lebih sulit

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai hair clip dan wig di atas. Tidak dapat disimpulkan mana jenis rambut tambahan yang paling baik, hal ini sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masing-masing. Jika Anda telah mengalami kerontokan yang parah pada rambut dan menyebabkan kebotakan, maka wig merupakan pilihan yang sangat tepat. Tapi jika Anda hanya memerlukan rambut untuk kebutuhan style atau agar tampak lebih menarik saja tanpa mengalami kebotakan, maka Anda bisa memanfaatkan hair clip.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Hair Clip vs Wig

VS

Leave a Reply