Lainnya

Pilih Mana: Hardcase atau Softcase?

Handphone seperti smartphone memiliki fungsi yang sangat banyak. Anda dapat melakukan komunikasi, mencari informasi, hingga menyelesaikan pekerjaan dengan bantuan smartphone. Karena memiliki fungsi yang penting, sebagian besar orang akan sangat hati-hati dan akan melindungi smartphone dengan baik. Salah satu cara untuk melindungi handphone atau smartphone adalah dengan cara memasangkannya case. Anda bisa menggunakan hardcase ataupun softcase. Jika Anda membutuhkan pelindung untuk smartphone Anda, manakah yang akan Anda pakai? Hardcase atau softcase?

Harcase dan softcase merupakan case yang memiliki fungsi dasar sama, yaitu melindungi handphone atau smartphone. Sesuai dengan namanya, hardcase memiliki bahan atau tekstur yang lebih keras. Sedangkan softcase memiliki bahan atau tekstur yang lebih lembut atau fleksibel. Baca juga Pilih Mana: Headset atau Earphone?

Hardcase

Hardcase merupakan case yang terbuat dari bahan yang keras. Menggunakan hardcase pada smartphone dapat membuat smartphone terlihat lebih kuat. Karena memiliki bahan yang lebih keras dan tebal, smartphone akan menjadi lebih berat dan sedikit lebih besar saat penggunaan hardcase. Hardcase ini biasanya banyak dipakai oleh kalangan pria atau laki-laki yang menyukai tampilan yang lebih kuat dan sangar.

Kelebihan Hardcase

Berikut beberapa kelebihan hardcase yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Proteksi yang Tinggi

Jika Anda memasang hardcase di seluruh bagian belakang smartphone, hal tersebut akan membuat perangkat mobile Anda terlihat lebih kuat atau sangar. Selain itu, smartphone Anda akan terproteksi dengan sangat baik. Pemasangan hardcase pada handphone dapat melindungi kemungkinan handphone rusak ketika terjatuh. Liputan6.com telah menjelaskan 5 casing tahan banting yang dapat Anda pilih untuk iPhone dan Android.

  • Terlihat Lebih Kuat

Bagi laki-laki, penggunaan hardcase lebih mampu memberikan kesan macho dan kuat daripada softcase. Dengan memakai hardcase, handphone Anda juga akan tampak lebih gagah dan garang. Tentunya hal ini dapat menjadi pilihan bagi laki-laki yang ingin melindungi handphonenya namun tidak terlalu menyukai softcase yang tampak lebih feminim.

  • Handphone Lebih Mudah Dipegang

Dengan menggunakan hardcase, handphone akan lebih nyaman pada saat digenggam. Anda tidak akan merasakan handphone licin saat menggunakan case jenis ini. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dan nyaman dalam memegang atau menggenggam handphone kesayangan Anda.

Kekurangan Hardcase

Berikut beberapa kekurangan hardcase yang perlu Anda ketahui:

  • Susah Pasang Lepas

Salah satu kekurangan dari penggunaan hardcase adalah Anda tidak bisa dengan mudah untuk memasang dan melepas hardcase ini dengan sesuka hati. Hardcase memiliki kesulitan sendiri saat pemasangan dan melepaskan, sehingga tidak mudah untuk pasang lepas case jenis ini.

  • Dapat Membuat Handphone Lecet

Sesuai dengan namanya, hardcase merupakan case handphone yang memiliki bahan yang keras. Bahan yang keras ini berkemungkinan dapat membuat handphone Anda akan lecet apabila tidak memasangnya dan tidak menjaga handphone Anda dengan hati-hati. Saat handphone Anda jatuh pun, hardcase yang keras dapat membuat bagian handphone Anda menjadi sedikit lecet.

  • Handphone Menjadi Lebih Berat

Kekurangan lain dari penggunaan hardcase ini adalah handphone menjadi lebih berat. Hal ini dikarenakan material yang digunakan pada hardcase memang lebih berat dan tebal sehingga ukuran handphone menjadi lebih besar dan menjadi lebih berat.

Kelebihan HardcaseKekurangan Hardcase
- Memiliki proteksi yang tinggi - Susah pasang lepas
- Terlihat lebih kuat- Dapat membuat handphone lecet
- Handphone lebih mudah dipegang- Handphone menjadi lebih berat

Softcase

Softcase merupakan case yang memiliki bahan yang lebih lembut, lentur dan fleksibel. Case ini dapat melindungi smartphone Anda saat terjatuh. Karena memiliki bahan yang lentur, saat terjatuh smartphone akan memantul dan tidak akan terjadi retak pada smartphone. Selain itu, softcase memiliki varian warna dan motif yang sangat banyak. Ini merupakan salah satu faktor banyak yang menyukai softcase. Bentuk dan warna yang ditampilkan banyak disukai dan digemari anak-anak muda ataupun orang tua.

Kelebihan Softcase

Berikut beberapa kelebihan softcase yang perlu Anda ketahui:

  • Melindungi Handphone dari Benturan

Softcase handphone pada umumnya terbuat dari jenis bahan yang lembut dan lentur sehingga fleksibel. Bahan softcase handphone adalah bahan yang ringan pula seperti bahan dari karet, silicon, dan busa dan bagian luarnya dilapisi dengan kulit ataupun kain. Walaupun berasal dari bahan yang ringan dan lembut, softcase handphone dinilai bisa menahan dan melindungi hp dari benturan dan juga meredam terjadinya benturan tersebut. Bahannya yang lembut serta tidak licin juga memberikan kita kemudahan dalam memegang sehingga handphone tidak mudah terjatuh dari genggaman ketika digunakan. Keunggulan lain dari penggunaan softcase handphone untuk handphone Anda adalah sifatnya yang lembut tidak menimbulkan kerusakan yang biasanya dapat diakibatkan oleh hardcase sehingga juga melindungi tampilan luar handphone Anda.

  • Mudah untuk Lepas Pasang

Kelebihan lain dari penggunaan softcase ini adalah sangat mudah jika ingin dipasang atau dilepas. Hal ini akan memudahkan Anda jika sedang tidak ingin menggunakannya Anda dapat dengan segera melepasnya. Dan jika Anda sedang ingin menggunakannya Anda dapat dengan mudah memasangnya. Tidak ada kesulitan apapun dalam pemasangan ataupun pelepasan case jenis ini. Hal ini tentu berbeda dengan hardcase yang lebih susah untuk dilepas ataupun dipasang.

  • Memiliki Banyak Varian

Dibandingkan dengan hardcase, softcase memiliki varian dan warna yang lebih banyak. Softcase juga menyediakan motif-motif yang lucu yang cocok digunakan remaja dan perempuan. Ini juga yang menjadi alasan banyak yang menyukai softcase. Karena softcase memiliki banyak varian dan motif yang lucu daripada hardcase yang memiliki tampilan yang lebih garang.

Lihat juga:  Pilih Mana: Ignis atau Brio?

Kekurangan Softcase

Berikut beberapa kekurangan softcase yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Menyerap Panas

Kekurangan dari penggunaan softcase untuk handphone Anda ini adalah adanya jenis bahan pada softcase yang digunakan kebanyakan tidak dapat menyerap panas, sehingga panas dari dalam handphone tertahan dan dapat menyebabkan over heating. Selain itu, karena sifatnya yang lentur dan juga fleksibel dapat terjadi kelonggaran casing yang menyebabkan handphone mudah terlepas dari casingnya yang juga menyebabkan handphone dapat terjatuh dari casingnya.

  • Gampang Longgar Jika Sering Pasang Lepas

Bagi pengguna softcase yang sering melakukan pasang lepas case, Anda akan menemukan softcase tampak lebih longgar. Hal ini dikarenakan softcase menggunakan bahan karet yang lembut dan dapat tertarik pada saat pemasangan dan pelepasan. Pemasangan dan pelepasan yang terlalu sering akan membuat bahan softcase menjadi tidak fleksibel lagi dan menjadi longgar.

  • Tampilan Kurang Macho

Bagi laki-laki yang mengutamakan kemaskulinan, softcase kurang cocok untuk dipakai. Softcase memiliki tampilan mulai dari yang sederhana hingga menyediakan berbagai motif yang menarik. Namun, dibandingkan dengan hardcase, softcase tidak bisa memberikan kesan yang tegas dan garang seperti yang dimiliki hardcase.

Kelebihan SoftcaseKekurangan Softcase
- Melindungi handphone dari benturan- Tidak Menyerap Panas
- Mudah untuk lepas pasang- Gampang Longgar Jika Sering Pasang Lepas
- Memiliki banyak varian- Tampilan Kurang Macho

Pilih Mana: Hardcase atau Softcase?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara hardcase dan softcase. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua hal tersebut:

HardcaseSoftcase
- Tidak memiliki banyak varian- Memiliki banyak varian dan motif
- Nyaman dan tidak licin saat dipegang- Kadang licin saat dipegang
- Tidak mudah untuk dipasang dan dilepas- Mudah untuk dipasang dan dilepas

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai hardcase dan softcase di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua case ini dapat melindungi handphone dengan baik. Hardcase dapat dipakai bagi Anda yang tidak masalah handphone menjadi lebih berat dan ingin memiliki handphone dengan tampilan yang lebih garang. Sedangkan softcase dapat Anda gunakan bagi Anda yang menyukai berbagai motif dan warna yang dapat dipakai oleh semua kalangan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Hardcase vs Softcase

VS

Leave a Reply